SGE SEARCH ENGINE GENERATIVE AI : APA ITU DAN BAGAIMANA CARA OPTIMASI UNTUK GOOGLE SEARCH

SGE Search Generative Experience


[ewafebri.com] |  SGE SEARCH ENGINE GENERATIVE AI : APA ITU DAN BAGAIMANA CARA  OPTIMASI UNTUK GOOGLE SEARCH ? 

Search Generative Experience atau SGE adalah teknik pencarian baru yang di keluarkan oleh Google sebagai upaya meng-upgrade dari Google Search terdahulu yakni SERP atau mesin pencarian, di mana dalam teknik ini Google memanfaatkan AI untuk membuat rekomendasi artikel yang disajikan pada pengguna.

 SGE SEARCH ENGINE GENERATIVE AI  : APA ITU DAN BAGAIMANA CARA  OPTIMASI UNTUK GOOGLE SEARCH ? 


"Sebagai seorang Blogger, apa yang perlu kita lakukan dengan perubahan seperti ini ? Meski SGE saat ini masih dalam ujicoba." 

Pertanyaan ini belakangan meresahkan saya karena bagaimana pun saya harus mempelajari hal baru dan tetap uptodate agar tidak ketinggalan zaman. Oleh sebab itu, saya mulai rajin membuat riset tentang SGE dan berikut ini hal-hal yang saya dapatkan.

Apa itu SGE dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa sih SGE ?


SGE atau Search Engine Generative / Search Generative Experince adalah teknologi baru dari Google yang menggunakan kecerdasan buatan generatif (AI Generate) untuk meningkatkan pengalaman pencarian pengguna.

SGE dapat menghasilkan gambaran singkat, pertanyaan tindak lanjut, dan sumber web berkualitas yang relevan dengan query pencarian pengguna. SGE juga dapat menyesuaikan hasil pencarian berdasarkan konteks, preferensi, dan tujuan pengguna.

Secara umum SGE sama seperti SERP, hanya saja ia mampu membuat hasil pencarian yang lebih relevan dan komprehensif. Ia juga mampu menindak lanjuti pertanyaan sebelumnya sehingga kita akan mudah mendapatkan ide lanjutan yang berhubungan dengan query sebelumnya. 

Meski begitu, ada perubahan mendasar yang sangat signifikan dalam teknik baru ini, di mana ranking / peringkat tulisan memang sudah tidak lagi menjadi prioritas utama. Sehingga, hasil pencarian lebih mengutamakan informasi yang lebih generatif, secara luas, relevan dengan pengguna dibanding trik-trik manipulasi untuk menjadi peringkat teratas pencarian.

Setelah kurang lebih 2 bulan saya menggunakan SGE, saya merasa lebih terbantu dalam membuat suatu artikel, karena hasil pencarian yang direkomendasikan lebih relevan dengan query yang saya cari, meskipun begitu, tetap saja kita harus memeriksa sumbernya satu per satu untuk mengecek sekaligus memvalidasi relevansinya. 

Fitur dan Manfaat dari SGE

SGE memiliki beberapa fitur dan manfaat yang dapat membantu pengguna mendapatkan informasi yang lebih akurat, lengkap, dan bermanfaat. Beberapa fitur dan manfaat tersebut adalah:

  • Gambaran singkat >> SGE dapat memberikan gambaran singkat tentang topik pencarian pengguna, yang mencakup definisi, fakta, dan statistik penting. Gambaran singkat ini dapat membantu pengguna memahami topik secara umum dan menentukan arah pencarian selanjutnya. Bisa dibilang ini adalah bentuk summary dari setiap informasi yang sefrekuensi dari data Google Mesin Pencari.
  • Pertanyaan tindak lanjut >> SGE dapat mengajukan pertanyaan tindak lanjut yang berkaitan dengan query pencarian pengguna, yang dapat membantu pengguna memperdalam pengetahuan mereka tentang topik dan menemukan informasi yang lebih spesifik dan relevan. Fitur ini hampir mirip dengan PAA (People Also Ask) dalam SERP, di mana fitur PAA direkomendasikan oleh Google karena banyaknya pengguna yang mencari informasi yang berhubungan dengan query yang kita cari.
  • Sumber web berkualitas >> SGE dapat merekomendasikan sumber web berkualitas yang terkait dengan query pencarian pengguna, yang dapat membantu pengguna mendapatkan informasi yang lebih terpercaya, terverifikasi, dan bermutu.

Dengan adanya ketiga fitur yang diberikan oleh SGE. sebagai seorang narablog tentu saya harus berpikir bagaimana cara agar blog saya bisa menjadi salah satu sumber yang dianggap memiliki kualitas.

Tujuan dan Pokok Bahasan Tulisan SGE

Search Generative Experience

Keinginan untuk memberikan informasi dan pengetahuan yang uptodate terpercaya dan terbaik adalah salah satu motivasi saya untuk menulis. Untuk memberikan informasi yang uptodate dan terpercaya, tentu harus melalui serangakaian riset dan pengalaman pribadi. Hal ini sebanding lurus dengan tema SGE di mana pengalaman pengguna dan penulis menjadi prioritas utama yang harus diperhatikan. 

"Mengapa saya ujicoba pada diri saya terlebih dahulu ? alasannya agar informasi yang saya sampaikan memiliki jiwa dan lebih terasa personal karena saya mengalaminya. Termasuk tentang bagaimana ujicoba saya menggunakan SGE ini. Pengalaman pribadi akan memberikan dampak informasi yang kuat dan terpercaya dibandingkan hanya berdasarkan pengetahuan dari luar diri kita."

Ada pun tujuan lain dari tulisan ini adalah untuk memberikan informasi dan panduan tentang SGE dan bagaimana cara mengoptimasikan artikel kita agar bisa berada di Google SGE. Untuk itulah, dalam bahasan kali ini kita akan mencoba mengulas dan mendapatkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di bawah ini : 
  1. Bagaimana cara mengaktifkan dan menggunakan SGE di Google Search ?
  2. Bagaimana cara mengoptimalkan konten untuk SGE, seperti menggunakan keyword yang relevan, membuat judul dan meta deskripsi yang menarik, dan menyediakan informasi yang akurat dan lengkap
  3. Bagaimana cara mengukur dan meningkatkan performa SGE, seperti menggunakan Google Analytics, Google Search Console, dan Google PageSpeed Insights

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan SGE di Google Search

Cara mengaktifkan SGE

SGE ini hanya bisa diaktifkan di Google Search ya ? Bisa di desktop atau pun android phone. Itu pun hanya berlaku untuk mobile phone dengan batasan tertentu. 

Pengalaman saya, tidak semua jenis mobile phone kompatibel dengan teknologi ini, salah satunya Hape saya LGK10 tidak bisa diaktifkan fitur SGE-nya. Untuk mengaktifkan dan menggunakan SGE di Google Search, Kita perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Pastikan perangkat yang digunakan sudah terhubung dengan internet dan memiliki aplikasi Google terbaru yang diinstal. Fitur ini tersedia di Android dan iOS, serta versi desktop Chrome. Kebetulan saya menggunakan android di mobile atau pun di desktop, 
  2. Buka aplikasi Google di perangkat Android atau iOS.
  3. Pada halaman hasil pencarian, perhatikan ada rekomendasi untuk menemukan kotak pencarian yang lebih canggih dengan label "SGE". Fitur ini menggunakan kecerdasan buatan (AI generatif) untuk menghasilkan informasi yang lebih relevan dan interaktif.
SGE Generative AI

  1. Jika fitur ini belum muncul, maka klik "search lab" yang terletak pada bagian ujung kanan atas sebelah kiri "Google apps". atau icon seperti bentuk botol lab. Klik lalu tombol yang tersedia untuk mengaktifkan. Kamu akan diberikan kesempatan untuk mempelajari dengan menekan "Contoh Buat Kueri".
  2. Jika kotak pencarian SGE telah muncul, kita bisa langsung memasukkan pertanyaan atau kata kunci pencarian seperti biasa. Fitur ini akan memberikan hasil pencarian yang lebih informatif dan interaktif, dengan tautan langsung ke halaman yang relevan.
  3. Perhatikan bahwa pengalaman menggunakan SGE dapat bervariasi tergantung pada perangkat dan sistem operasi yang digunakan.

Setelah kita mengaktifkan SGE, kita bisa langsung mulai menggunakan fitur-fitur SGE di Google Search. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan SGE:

Search Engine Generative AI

  • Ketik query pencarian di kotak pencarian Google dan tekan [Enter]
  • Lihat gambaran singkat yang muncul di bagian atas halaman hasil pencarian, yang memberikan informasi dasar tentang topik pencarian yang kita gunakan.
  • Lihat pertanyaan tindak lanjut yang muncul di bagian bawah gambaran singkat, yang memberikan opsi untuk mengeksplorasi topik pencarian kita lebih lanjut.

Fitur Follow Up

  • Klik salah satu pertanyaan tindak lanjut untuk melihat hasil pencarian yang lebih spesifik dan relevan dengan pertanyaan tersebut
  • Lihat sumber web berkualitas yang muncul di bagian kanan halaman hasil pencarian, yang memberikan rekomendasi situs web yang terpercaya, terverifikasi, dan bermutu tentang topik pencarian kita.
  • Klik salah satu sumber web berkualitas untuk mengunjungi situs web tersebut dan mendapatkan informasi yang lebih detail dan mendalam tentang topik pencarian.

Bagaimana ? cukup gampang kan caranya ? SGE bisa membantu kita dalam mendapatkan data-data untuk penulisan di blog secara efisien. Meski untuk membangun artikel kita tetap membutuhkan gagasan lain.

Cara Mengoptimalkan Konten untuk SGE

Hasil SGE

Hingga tahapan ini, SGE masih sangat bermanfaat bagi semua pengguna mesin pencarian. Lain halnya dengan seorang blogger, di mana kami memiliki PR baru agar tulisan yang dibuat nantinya bisa memenuhi standar SGE dan bisa direkomendasikan kepada pembaca melalui mesin pencarian. Lantas, apa yang harus diperhatikan dalam membuat artikel ?

Untuk mengoptimalkan konten pada SGE, Kita perlu memperhatikan beberapa aspek berikut:

  1. Keyword >> Keyword adalah kata atau frasa yang menggambarkan topik konten yang dicari oleh pengguna di Google Search. Keyword masih menjadi elemen utama yang digunakan untuk mendapatkan hasil informasi dari query yang kita inginkan. Kita perlu menggunakan kata kunci yang relevan, populer, dan memiliki kompetitif rendah yang diletakkan di judul, sub judul, meta deskripsi, dan isi konten . Sama seperti di SERP, kita juga perlu menggunakan variasi dan sinonim dari keyword untuk meningkatkan relevansi dan keterbacaan konten yang kita miliki. Kita bisa menggunakan alat seperti [Google Keyword Planner], [Google Trends], dan [Google Suggest] untuk menemukan keyword yang tepat.
  2. Judul >> Judul adalah elemen paling utama yang dilihat oleh pengguna dan mesin pencari saat menemukan konten yang kita buat di Google Search. Maka, kita perlu membuat judul yang menarik, informatif, dan mengandung keyword utama yang telah kita tentukan sebelumnya. Kita juga perlu memastikan bahwa judul tidak terlalu panjang atau terlalu pendek, disarankan sesuai dengan standar SEO. Kita bisa menggunakan alat seperti CoSchedule Headline Analyzer dan SEOPressor Blog Title Generator untuk membuat judul yang efektif untuk konten yang akan kita publikasi.
  3. Meta Deskripsi: >> Meta deskripsi adalah elemen kedua yang dilihat oleh pengguna dan mesin pencari saat menemukan konten yang kita tulis di Google Search. Meta deskripsi adalah ringkasan singkat yang menjelaskan isi dan tujuan konten yang dipublikasi. Kita perlu membuat meta deskripsi yang menarik, informatif, dan mengandung keyword utama dan sekunder yang kita tentukan. Kita juga perlu memastikan bahwa meta deskripsinya tidak terlalu panjang atau terlalu pendek, dan sesuai dengan standar SEO. Kita dapat menggunakan alat seperti Yoast SEO dan Meta Tags untuk membuat meta deskripsi yang efektif.
  4. Isi >> Isi adalah elemen terpenting dalam memberikan informasi dan nilai kepada pengguna dan mesin pencari saat mengunjungi blog kita. Kita perlu membuat isi yang akurat, lengkap, bermanfaat, dan mampu menjawab pertanyaan dan kebutuhan pengguna tentang topik yang dicari. Jangan lupa untuk mengoptimalkan keyword dalam sub judul, gambar, video, dan elemen lain yang relevan dan menarik. Untuk memudahkan pembuatan isi kita bisa menggunakan alat seperti Grammarly, Hemingway, bahkan SGE Content Generator agar lebih efektif.

Cara Mengukur dan Meningkatkan Performa SGE


Setelah menerapkan optimasi pada artikel yang kita tulis, tentu kita ingin mengukur performa SGE, ada beberapa alat yang bisa digunakan. Alat--alat ini hampir sama seperti alat yang kita gunakan untuk mengukur performa pada SERP, hanya saja dengan adanya teknologi baru, tentu alat pengukur pun juga diupdate untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  1. Google Analytics >> Google Analytics adalah alat yang dapat membantu kita mengukur dan menganalisis lalu lintas, perilaku, dan konversi pengguna yang mengunjungi situs web. kita bisa memanfaatkan Google Analytics untuk melihat berapa banyak pengguna yang datang dari SGE, berapa lama mereka tinggal di situs web, apa yang mereka lakukan di situs web dan apakah mereka melakukan aksi yang kita inginkan, seperti berlangganan, membeli, atau menghubungi.
  2. Google Search Console >> Google Search Console adalah alat wajib yang harus diketahui oleh Blogger. Alat ini dapat membantu kita memantau dan meningkatkan kesehatan situs di Google Search. Kita bisa menggunakan Google Search Console untuk melihat bagaimana situs web ditampilkan di SGE, berapa banyak klik dan impresi yang di dapatkan, apa keyword yang paling populer, dan apakah ada masalah teknis yang menghambat performa situs web, seperti kesalahan indeksasi, kecepatan loading, atau keamanan.
  3. Google PageSpeed Insights >> Google PageSpeed Insights adalah alat yang dapat membantu kita mengoptimalkan kecepatan dan kinerja situs web di semua perangkat. kita bisa menggunakan Google PageSpeed Insights untuk melihat skor kecepatan situs web, faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan situs web, dan saran-saran untuk memperbaiki masalah yang ada, seperti mengompres gambar, menghapus kode yang tidak perlu, atau menggunakan cache.

Dengan menggunakan alat-alat di atas, kita dapat mengukur dan meningkatkan performa SGE dengan cara:

  • Mengatur tujuan dan metrik yang ingin dicapai dengan SGE, seperti jumlah pengunjung, tingkat Bounce Rate, rasio konversi, atau pendapatan.
  • Mengukur performa SGE saat ini dengan menggunakan data dari Google Analytics, Google Search Console, dan Google PageSpeed Insights.
  • Menganalisis data yang di dapatkan dan menemukan area-area yang perlu ditingkatkan, seperti konten, keyword, judul, meta deskripsi, atau kecepatan situs web.
  • Menerapkan strategi dan tindakan untuk meningkatkan area-area tersebut, seperti menggunakan keyword yang relevan, membuat judul dan meta deskripsi yang menarik, dan menyediakan informasi yang akurat dan lengkap.
  • Mengukur kembali performa SGE setelah menerapkan strategi dan tindakan tersebut dan membandingkannya dengan performa sebelumnya.
  • Mengulangi proses ini secara berkala untuk terus memantau dan meningkatkan performa SGE.

Hal tersulit dalam tingkatan ini adalah kita harus melakukannya secara berkala atau konsisten. Itulah sebabnya, optimasi suatu web atau blog itu membutuhkan waktu yang panjang.

Kelebihan dan Kekurangan SGE

Kelebihan dan kekurangan SGE

Dalam masa ujicoba saat ini tentu kita bisa membandingkan kinerja SERP dan SGE. Paling tidak kita bisa mengetahui apa saja sih kelebihan dan kekurangan dalam pandangan ewafebri, berikut ini ulasannya :

Kelebihan SGE:


  1. SGE dapat memberikan informasi yang lebih akurat, lengkap, dan bermanfaat kepada pengguna, tanpa perlu membuka banyak situs web.
  2. SGE dapat membantu pengguna memperdalam pengetahuan mereka tentang topik pencarian, dengan mengajukan pertanyaan tindak lanjut yang sesuai dengan minat dan tujuan mereka.
  3. SGE dapat merekomendasikan sumber web berkualitas yang terpercaya, terverifikasi, dan bermutu, yang dapat meningkatkan kredibilitas dan otoritas situs web tersebut.

Kekurangan SGE:

  1. SGE dapat mengurangi jumlah klik dan kunjungan ke situs web, karena pengguna sudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dari gambaran singkat SGE.
  2. SGE dapat meningkatkan persaingan antara situs web, karena hanya situs web yang memiliki konten yang relevan, menarik, dan berkualitas yang dapat masuk ke SGE.
  3. SGE dapat mengubah hasil pencarian sesuai dengan personalisasi pengguna, yang dapat mempengaruhi keragaman dan objektivitas informasi yang diterima oleh pengguna.
  4. SGE masih memiliki banyak kelemahan, sehingga meski kita mendapatkan hasil pencarian, tapi kita tetap membutuhkan verifikasi manual. 

Kesimpulan SGE

Kesimpulan SGE

Sebagai blogger dalam kapasitas sebagai seorang pengguna yang notebene sering mencari data dan informasi melalui SGE, teknologi yang satu ini sangat membantu dan justru bisa memberikan hasil riset yang sesuai, relevan dan komprehensif. Meski begitu saya tetap membutuhkan kroscek agar informasi yang dihasilkan lebih sesuai dengan konteks yang saya inginkan. 

Namun, jika saya melihat dari sudut pandang sebagai seorang blogger yang harus menyediakan informasi, teknologi SGE ini tentu memberi dampak perubahan yang sangat besar. Hal ini berdasarkan pada pemikiran >>

"kemungkinan besar tidak semua pengguna yang sudah mendapatkan informasi di mesin pencarian SGE, akan berlabuh ke blog kita. Kecuali ia membutuhkan informasi yang lebih mendalam."

Tentu hal ini akan menjadi PR tersendiri, karena kita bisa merasakan persaingan yang ketat antar blogger untuk menghasilkan informasi yang lebih akurat, unik, menarik dan tidak asal-asalan agar bisa direkomendasikan SGE pada hasil pencariannya. Maka memiliki niche, karakter dan gaya penulisan tersendiri, informasi yang lengkap dan komprehensif juga akan menjadi salah satu daya tarik agar orang datang untuk berkunjung lagi.

Dengan teknologi SGE, tulisan akan menjadi primadona yang tak terbantahkan lagi. 

Jika selama ini kita sering mengganggap SEO pemegang kunci di atas isi konten, dan bisa menggunakan trik-trik tertentu untuk meningkatkan rangking, kini tidak lagi. Justru konten yang relevan dengan query dan sesuai dengan pengalaman pribadi, akan menjadi prioritas SGE untuk merekomendasikan situs atau blog kita. 

"Sesuai dengan istilahnya, Search Generative Experience (SGE) di mana pengalaman menjadi salah satu faktor penting dalam membuat artikel / tulisan. Pengalaman ini bersifat dua arah. Pengalaman yang terdapat artikel yang dibuat, sekaligus pengalaman yang dirasakan pengguna ketika mereka mencari informasi di Google Search." 

Semoga dengan adanya ulasan ini, kita bisa bersama-sama belajar dan tumbuh menjadi seorang blogger yang mampu berbagi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca. Mumpung masih ujicoba, tidak ada salahnya kita mulai mempelajari mulai sekarang. 

Selain itu kita bisa memaksimalkan cara-cara agar mudah dipahami browser serta selalu berupaya memberikan informasi yang terbaik dan tulus kepada pembaca. Jangan lupa subscribe blog ini untuk mendapatkan informasi tentang bloggin dan journaling lainnya. Atau kalian bisa menulis di kolom komentar tentang topik apa saja yang ingin dibahas di blog ewafebri.

Referensi

  1. Penilaian Kinerja Karyawan: Pengertian, Contoh, Cara Mengukur. https://www.talenta.co/blog/cara-mengukur-penilaian-kinerja-karyawan/.
  2. Key Performance Indicators KPI Sebagai Contoh Alat Ukur Kinerja. https://www.talenta.co/blog/definisi-dan-cara-alat-ukur-kinerja-karyawan-dengan-kpi/.
  3. Mengulas Performa Kerja: Tetapkan, Evaluasi dan Tingkatkan. https://www.linovhr.com/cara-meningkatkan-performa-kerja/.
  4. PANDUAN PENILAIAN KINERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) - Kemdikbud. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/pdf/file-9.
  5. Perbedaan SGE dan SERP Serta Dampaknya - SEO Indonesia. https://seoindonesia.co.id/perbedaan-sge-dan-serp/.

Post a Comment

0 Comments