CREATIVE JOURNALING

by - July 16, 2020

creative journaling adalah



[ewafebri.com] CREATIVE JOURNALING. Pernah mendengar istilah Creative Journaling ? Apa sih sebenarnya ? Kok bikin penasaran. Ini dia ulasannya. 

CREATIVE JOURNALING



Jika membahas tentang Journaling, rasanya banyak hal baru yang bisa dijadikan materi. Ternyata, kalo kita fokus membahas satu tema, ada banyak hal baru yang bisa dikulik. Contohnya, journal yang satu ini. 

APA SIH CREATIVE JOURNAL ? 


Creative Journal adalah journaling yang mengutamakan kreativitas kita sebagai modal utamanya. Hihi... 

Sejujurnya saat saya membuat postingan ini, tidak ada artikel mengenai creative journal berbahasa Indonesia yang membahasnya. 

Jadi pengertian Journal di atas merupakan buah pikir sendiri setelah mencari informasi tentang materi ini. 

Bahasa mudahnya Creative Journal itu bisa meliputi traditional journaling ditambah dekorasi kreatif pada halamannya. Dekorasi ini bisa berbentuk doodle, lukisan, illustrasi maupun tempel menempel sticker atau collage. 

APA MANFAAT CREATIVE JOURNALING ?


Seperti halnya manfaat journaling lainnya, creative journal juga bisa mempengaruhi hal-hal berikut ini : 

  • Kreativitas. Entah berbentuk collage, illustrasi, doodle atau jenis kreatif lainnya, semakin sering kita mendekorasi journal, semakin terasah kemahiran kita dalam berkreasi. 
  • Terapis. Journaling memiliki sifat terapis. Mampu membuat kita lebih tenang dan rileks dalam menghadapi kenyataan. Hihihi.. Hal ini juga yang bisa kita dapatkan dalam creative journal. 
  • Memory Keeper. Menjadi wadah memori ataupun kenanangan yang menurut kita bermanfaat. 
  • Media mengembangkan skill. Semakin kita sering mendekorasi / membuat karya pada journal, semakin berkembang kemampuan yang kita miliki. Misalnya saja Lettering, typography dll.

APA SAJA CONTOH CREATIVE JOURNALING ?


Creative Journaling bisa diimplementasikan menjadi banyak jenis. Bisa berbentuk Art Journal, Doodle Journal, Vintage Journaling bahkan Junk Journal. Tergantung bagaimana cara kita membuatnya. 

Ada juga beberapa artists yang membuat collage atau mixed media dalam membuat journalnya. Tak masalah metodenya yang terpenting bisa membuat kita makin kreatif. 

Karena menurut saya, kreatif itu memang harus dilatih, ya meskipun gak bisa dipungkiri bahwa "rasa" juga memegang peranan penting. Akan tetapi jika kreativitas tersebut tak pernah kita perlakukan dengan baik dan (welcoming), maka secara perlahan kreativitas itu akan menjaih dan meninggalkan kita. 

Jadi jangan takut untuk mencoba kreatif, karena dalam urusan kreativitas tak ada kesalahan dan kebenaran yang mutlak. Yang mengambil peranan paling penting adalah rasa dan selera yang membuatnya. (Udah kayak yang paling bener aja evva ! hahaha !)

KESIMPULAN


Buat kalian yang merasa kurang kreatif mungkin karena takut mencobanya ! bukan karena kalian tidak kreatif ! semakin sering otak kita dirangsang berpikir kreatif, dengan sendirinya kita akan mendapatkan ide-ide lainnya pula. 

Jangan menunggu kreatif untuk melakukan sesuatu. Lakukan dulu baru kita asah kreativitas kita 1 setujuuuh ? hihihi... !

You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :