7 BLOG KEREN UNTUK DIBACA

blog keren untuk dibaca


[Start Your Day With Ewafebri] 7 Blog Keren Untuk Dibaca. Belakangan ini saya lagi rajin banget bertandang ke beberapa Blog untuk mencari ilmu yang bermanfaat (berasa kayak Sun Go Kong) hihi.. Dan beberapa Blog di bawah ini, memberikan saya banyak perspektif tentang ilmu menulis dan ngeblogging. Blog siapa aja sih yang saya anggap keren untuk dikunjungi di bulan November 2019 ini ?


7 BLOG KEREN UNTUK DIBACA


Owh iya, sebelum saya muat daftar Blog keren, terlebih dahulu saya buat disclaimernya ya ?. List blog keren berikut ini murni opini pribadi. Jadi, misalnya kalian tidak setuju akan kekerenan list Blog ini, tidak menjadi masalah.

Ya.. kan kita memang memiliki pandangan dan selera yang berbeda-beda dan itu sah-sah saja. Baiklah, tak usah berpanjang lebar. Ini blog keren menurut ewafebri.


TOLD BY PUTY


credit : Puty


Bagi saya, Puty adalah sosok kreatif dan produktif yang bisa dijadikan inspirasi dalam hal membuat illustrasi maupun menulis. Cara Puty menyampaikan cerita ke dalam tulisannya, membuat saya terpesona. Kalimat yang ia tulis ringan, tapi secara konten materi itu sangat informatif dan bermanfaat. Belum lagi illustrasi yang ia tampilkan sebagai pelengkap tulisannya.

Kadang saya pingin pinjam tangannya deh. Hahaha.. Tak hanya itu, Puty juga merupakan tokoh idola dengan segudang prestasi yang bukan kaleng-kaleng. Sangat menginspirasi bagi pemula kayak saya ini. Saya berharap suatu hari bisa menginspirasi orang lain seperti Puty. 

ANDRA ALODITA



credit : Alodita


Kalo Blogger yang satu ini mungkin sudah gak asing lagi kan ya ? Apalagi yang sering baca Blog tentang Lifestyle. Meski mengenal Blognya cukup lama, tapi saya baru jatuh cinta pada tulisannya belakangan ini. Saya belajar banyak pada setiap kata yang Alodita tulis. Karena alur dia bercerita itu seperti air mengalir. 

Buat saya yang sering menulis kalimat pendek dan to the point, cara menulis ala Alodita ini cukup sulit dilakukan. Oleh karena itu, bulan ini  saya ingin fokus belajar bercerita dengan gaya menulis seperti para ahlinya.

Satu lagi yang membuat saya senang membaca tulisannya, meskipun beberapa tulisan sebenarnya berbayar, tapi saya tidak pernah merasa membaca iklan. Pilihan kata dan susunan kalimat yang digunakan sangat halus, bahkan membuat yang membacanya sulit membedakan. 

Dan masih ada satu lagi dink. Hihihi.. Saya selalu merasakan emosi di setiap cerita yang ia tulis. Nah, hal ini yang kadang sulit banget saya pelajari. Bagaimana menciptakan sebuah tulisan yang bisa menyajikan pengalaman emosi bagi pembacanya ? 

Kenapa saya selalu merasa bahwa tulisanku kurang ada " feel " nya ya ? Hmmm...

CAROLINA RATRI



credit : Carolina Ratri


Saya mengenal sosok narablog ini dari kumpulan emak Blogger. Beliau ini sering banget berbagi tips dan menjadi kontributor tetap di Blog emak-emak blogger. Jenis tips yang sering dia bagikan, terutama soal blogging dan digital. 

Bila kalian seperti saya, sedang belajar mengembangkan Blog, Saya sarankan rajin-rajin berkunjung di Blognya Kak Ratri ini. Di jamin bakalan banyak ilmu dan inspirasi yang bisa kita dapatkan di sana. 

Tulisan kak Ratri ini juga cukup mudah dipahami loh Gaez, dan praktikal banget. Dia sering membuat tips dengan memisahkan poin-poin tertentu. Dan itu membuat kita-kita yang sedang belajar jadi mudah banget mengikuti tips-tipsnya. 



CREAMENO 

credit : Creameno


Ada yang pernah mendengar nama Blog ini ? saya mengenalnya gara-gara si embak pemiliknya berkunjung dan berkomentar di Blog ini. Sebagai newbie narablog, saya dengan santuy harus berkunjung balik donk, itung-itung silahturahmi 五. Dan di Blog inilah, hati saya tertinggal "halaaah". 

Yang saya kagumi dari Blog Creameno adalah tampilan Blognya yang asik dan kekinian banget. Belum lagi, foto-foto yang dia sisipkan dalam tulisannya itu selalu tidak pernah ada kata cukup untuk dinikmati. Tone warna foto yang terkesan mewah dan konsisten membuat mata saya betah berada di berandanya. 

Kemampuan dia menceritakan pengalamannya bertraveling juga sangat sayang untuk dilewatkan. Belum lagi foto-foto featured-nya sangat memanjakan mata. Saya yakin kalian bakalan betah berpetualang di rumah mayanya. 

DIAH DIDI


credit : lifestyle.kompas

Hayoo... siapa yang sering terdampar ke Blognya mbak Diah gara-gara nyari resep masakan ? kalo kamu salah satunya, berarti kita sama. Hahaha.. Sebelum saya aktif menulis Blog ini (2 tahun lalu), saya sudah menjadi penggemar Mbak Diah dalam hal menjiplak resep masakan. 

Penyampaian bahasa mbak Diah ini sangat mudah dipahami, bahkan bagi orang yang jarang masak kayak saya ini. Dan entah kenapa, setiap resep yang dia bagikan di Blognya, selalu berhasil saya praktekkan. Soal rasa makanan mah, relatif lah ya ? yang penting penampakan gak pernah gagal. 不不不

Jika kalian ingin belajar masak, boleh banget bertandang ke Blognya mbak Diah. Banyak banget resep yang dia bagikan. Dari mulai masakan,  kue -kue hingga makanan ringan semuanya ada. Kalo resep yang kalian praktekan berhasil, boleh banget makanannya dikirimkan ke saya. Tenang ! gak akan saya tolak, beneran ! hihihi.. (lah kok malah nodong...).


BACA JUGA : MY TOP 5 FAVORITE BLOGGER 

INDAH JULIANTI



credit : Indah Julianti


Pemilik Indahjulianti dot com ini, saya kenal melalui kanal twitter emak Blogger, hihihi.. Beliau ini salah satu suhunya di Kumpulan Emak Blogger.

Blognya mbak Indah ini bahasannya sangat variatif, dari mulai lifestyle sampai dengan parenting. Kalo baca tulisannya tuh rasanya pingin banget bisa kayak dia, tapi kemudian saya sadar, bahwa saya adalah Evva bukan Indah (apa sih ? ).

Selain Blogger, mbak Indah ini ternyata juga penulis buku anak-anak loh. Judul tulisannya juga sering menggelitik, seperti pertanyaan " Kapan Boleh Pacaran ? Pertanyaan Tiap Tahun ", jadi inget pertanyaan yang bikin ngeri-ngeri sedap itu, " kapan kamu nik.... ah sudahlah !". Hahaha.. 

Tampilan Blognya mbak Indah juga Clean Gaez, sangat nyaman dipandang mata kalo bertandang ke sana. Selain kita bisa belajar tentang pengalaman yang dibagikan, kita juga jadi bisa menikmati berandanya dengan tenang. 

TIKA INSANI PUTRISIA



Credit : Tika Insani


Apabila saya harus menyebutkan Book Blogger yang sering saya kunjungi, maka pemilik Thebookholic ini menjadi daftar pertamanya. Meskipun Blognya belum TLD, tapi jangan salah sama kontennya, sangar abiz !

Beberapa bulan terakhir ini, saya memang sering banget mengunjungi Blog yang mengulas tentang buku. Entah itu untuk alasan mencari rekomendasi tentang buku, maupun untuk belajar cara mengulas buku. 

Menurut saya (yang buta akan sastra), entah kenapa setiap reviewer buku itu bahasanya tidak pernah biasa aja. Kecuali saya tentunya 五五. Pilihan tata bahasa yang mereka gunakan itu selalu di atas rata-rata.

Mereka juga pintar mengupas setiap karakter, setting, alur bahkan hal yang tersirat di dalam ceritanya. Dan saya akui, ini adalah kelemahan utama saya dalam membuat review. Bahkan, setiap review yang mereka berikan itu selalu berbeda-beda cara pandangnya. Nah, bedanya sama saya, kayaknya bahasan yang saya berikan ya berkutat di area yang itu-itu saja. Hahaha.. 

Itulah kenapa, belajar dari para reviewer ini menjadi segala-galanya buat saya. Meski waktu SMA saya adalah anak bahasa, nyatanya saya belum mampu menangkap bahasan sastra dengan baik. Ya harap dimaklumi saja, dulu saya lulusnya pun dengan nilai bahasa yang pas-pasan (Curhat teroooosss Vva... !). 五五五


BACA JUGA : 



Itulah 7 Blog keren untuk dikunjungi versi ewafebri kali ini.

Masa cuma 7  ?

Banyak sebenarnya, tapi buat ide konten selanjutnya aja. 不不  Owh iya, Niche Blog mereka juga berbeda-beda loh ! kalian bisa mengunjungi salah satu niche yang kalian sukai, atau bisa juga dikunjungi semunanya. Kan gak ada salahnya juga belajar dari sesama Blogger, yekan ? 

Kira-kira, kalo saya harus membuat list tentang Blogger keren lagi, Niche apa yang ingin kalian rekomendasikan ? siapa tahu segmen, tips dan rekomendasi ini menjadi postingan tetap setiap bulan. Jujur, belakangan saya mulai kehabisan ide tentang journaling. hihihi.. Di draft banyak ide, tapi entah kenapa kok eksekusinya belum mood gituh. 

Rupanya postingan ini gak cuma tentang opini ya ? tapi juga banyak curcol di mana-mana. Hahaha.. Mendingan saya sudahi dulu, nantikan postingan lainnya di hari Jum'at nanti ya ? Sampai jumpa.


HAPPY READING !