ART THERAPY IDEAS | CARA MENJADI CREATOR LINE STICKER

by - December 23, 2018


Cara Menjadi Creator Line Sticker - ewafebri

Adakah beberapa hari yang lalu memantau Insta Story saya.. (emang kamu sepenting apa Vva ? Hahha..) ? Kalo ada , pasti kalian tahu kalo beberapa hari lalu saya sedang gencar memasarkan Sticker digital. Hehe.. Entah itu Whatsapp Sticker, ataupun Line Sticker. Dan kali ini saya ingin berbagi kisah bagaimana proses saya membuat sticker hingga menjadi Creator Line Sticker

[Table Of Content]


*****

CARA MENJADI CREATOR LINE STICKER


Gak pernah terbayang sebelumnya, kalo akhirnya saya bisa menjadi Creator Line Sticker. Dulu mendengarnya saja nyali saya langsung ciut. Pernah teman saya semasa kuliah menawari untuk kerjasama membuat sticker Line. Saat itu saya menolaknya dengan alasan saya kurang Percaya Diri dengan karakter gambar yang saya hasilkan. 

Ewafebri line sticker

IDE MEMBUAT DIGITAL STICKER


Kepercayaan diri itu bangkit beberapa minggu lalu. Menghadapi masalah di kehidupan nyata membuat saya makin produktif melakukan sesuatu. Tujuannya untuk mengalihkan perhatian saya dari gundah gulana, hihi... Tapi justru keadaan ini membuat saya lebih aktif dalam menggambar. Karena bagi saya menggambar adalah Therapy

Awal Bulan lalu dunia messenger sempat heboh karena WhatsApp meluncurkan fitur baru dengan menambahkan format sticker menenemani emoji dan format Gif yang terlebih dahulu ada. Sebagai anak tiri yang menggunakan Mobile Operating System minoritas, saya baru bisa merasakan fitur ini belakangan banget dibandingkan android dan IOS. 

Tapi Alhamdulillah bisa merasakan juga. Hihi... Nah.. Dari sinilah ide membuat digital sticker ini datang. Maraknya sticker personal yang bermunculan, membuat saya penasaran bagaimana cara menciptakan sticker-sticker itu ? Akhirnya saya bertanya kepada Mbah Google.

PROSES MEMBUAT DIGITAL STICKER


Proses membuat digital sticker diawali dengan cara membuat gambar manual menggunakan kertas, pensil, penghapus dan drawing pen. Normalnya saya membuat gambar di atas kertas, dengan beberapa macam ekspresi dan pose.



Ada beberapa tahapan yang saya lewati :


  • Buat gambar manual dengan bantuan drawing pen atau medium lainnya. (Syukur-syukur kalo bisa langsung membuat digital)
  • Tranfer gambar ke bentuk digital. Dalam hal ini kalian bisa menggunakan scanner atau camera photo
  • Edit dan jadikan transparant background. Saya biasa menggunakan Photoshop atau aplikasi Eraser.
  • Simpan dalam format .png karena Jpeg akan membuat gambar memiliki background putih

Setelah gambar kita tranfer menjadi format .png, saatnya kita membutuhkan aplikasi lainnya untuk membuat sticker pack.

WHATSAPP STICKER MAKER


Whatsapp Sticker Maker adalah aplikasi Third Party yang bisa kita download di Playstore untuk membuat digital sticker. Hanya dengan merubah background gambar menjadi transparant dan menyimpannya dalam format .png , sticker whatsapp siap upload di aplikasinya dan kemudian bisa langsung kita gunakan.




Nah kebetulan banget nie, saya punya 8 gambar menggunakan transparant background. Gambar-gambar ini saya gunakan untuk illustrasi Blog yang saya design melalui aplikasi Canva. Dengan semangat membara saya mulai membuat Whatsapp Sticker menggunakan aplikasi. Dan saat ini saya sudah memiliki 5 sticker pack hasil buatan sendiri. Hihi..




Jika kalian menggunakan Whatsapp Sticker Maker, sebenarnya tak perlu mengedit gambar melalui photoshop ataupun Eraser. Karena dalam aplikasinya sudah terdapat form edit menghilangkan background gambar.

LINE STICKER STUDIO





Sama halnya dengan Whatsapp Sticker, cara membuat Line Sticker juga diawali dengan gambar manual yang akhirnya ditranfer ke digital. Dari gambar digital yang dihasilkan, terlebih dahulu kita menjadikan format .png dan membuat backgroundnya transparant. Agar nantinya mudah saat digunakan untuk submit ke aplikasinya.

Jika pada Whatsapp saya menggunakan Sticker Maker, pada line sticker saya menggunakan Line Sticker Studio. Aplikasi resmi dari Line bagi Creator sticker.

Apakah sulit prosesnya ?


Tidak juga ! Hanya saja kita memang harus mengerjakannya dalam beberapa tahapan. Apalagi buat saya yang sulit banget menggambar digital langsung. Musti bolak-balik prosesnya.

PROSES MENSUBMIT LINE STICKER


Setelah kita memiliki beberapa gambar (minimal 8 gambar), saatnya kita mendaftar ke Line Sticker sebagai Creator. Caranya cukup mudah ! Kita hanya perlu mendownload aplikasi sticker makernya di Playstore.




Cara Mensubmit Line sticker :


  • Memiliki akun Line. 
  • Mengajukan diri sebagai Creator.
  • Mengisi data pribadi yang berhubungan dengan Creator. 
  • Memiliki minimal 8 gambar yang siap di Submit. 
  • Pastikan gambar bukan milik orang lain, dan patuhi Guideline yang ada.
  • Submit satu persatu dan edit gambar sesuai keinginan dengan menggunakan aplikasinya.
  • Setelah di Submit, maka gambar tersebut masuk pada tahapan Review oleh pihak lain. Tunggulah hingga ada berita konfirmasi dari Line tentang disetujui atau tidaknya gambar kita. 

Proses kita tak cuma sampai di sini. Karena masih ada proses lainnya yang harus kita selesaikan.




Berdasarkan pengalaman saya kemarin mensubmit Line Sticker, butuh waktu 3 hari untuk mendapatkan informasi tentang disetujui tidaknya sticker kita oleh line.

GUIDELINE CREATOR LINE STICKER


Sebelum mensubmit karya kita ke Line Studio, terlebih dahulu baca Guidelinenya. Jangan sampai seperti saya, belum-belum udah ke reject aja stickernya. Hahaa.. tapi kalo gak gitu kan, gak belajar ya... ?




Masalah review karya ini juga sempat menyisakan tanda tanya. Karena pihak Line Creator tidak memberikan penjelasan manakah karya kita yang melanggar kebijakan. Awalnya saya pikir masalah copyright ini karena Line merasa bahwa itu bukan karya saya pribadi. Apalagi kan Si Bowgel pertama kali sudah nampang di halaman Web ini. Siapa tahu sama si Line dikiranya kami 2 orang yang berbeda 😁.

Pas baca pemberitahuan saya sempet putus asa. Ah barangkali karena sebelumnya saya mensubmit gambar yang hampir sama dengan Whatsapp Sticker. Ya sudah ! Tapi sisi Aquarius saya masih penasaran " masa iya sih ? "







Dan benar saja, menurut pemberitahuan Line, ada salah satu dari sticker saya yang mengandung unsur sexual harasment. Agak bingung juga tadinya, dalam hati " Hah Bowgel ? Sexual expression ? Yang Bener aja ! " Hahhaa.. Tapi yang namanya peringatan ya harus diperbaiki saja.

Setelah saya amati, sepertinya ekspresi dibawah ini yang kena semprit Line. Menurut saya sih biasa aja, entah kalo menurut Line. Hahha..


Untuk mengatasi keraguan, akhirnya saya mencoba mensubmit 1 karya lagi agar saya tahu di mana letak melanggarnya. Review kedua berjalan lancar. Bahkan sticker saya disetujui oleh Line. Dari sini saya baru yakin, pelanggaran bukan karena gambar  yang sudah pernah saya publish di Blog ini.

Dan berikut ini daftar Review Guideline nya :

Part 1




Kalo diterjemahkan ke Bahasa Indonesia seperti ini : 

  • Gambar yang mengandung unsur kriminal
  • Gambar yang mengandung unsur kekerasan dan pornografi anak.
  • Gambar yang lebih tepat masuk ke dalam theme bukan untuk stiker
  • Gambar yang mengandung unsur minuman beralkohol atau rokok
  • Gambar yang mengandung unsur membahayakan 
  • Gambar yang digunakan untuk spaming atau phishing
  • Gambar yang mengandung unsur kekerasan. Seperti penembakan, pembunuhan dll
  • Gambar yang bertujuan untuk merusak reputasi orang lain
  • Gambar yang mengandung unsur penyalahgunaan informasi.


Part 2 


Ini sebenarnya kalo diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya jadi rada gimana gitu ya.. ? Hahha.. owh iya karena saya bukan beneran jebelon Sastra Inggris, jadi terjemahannya saya gunakan bahasa yang mudah saya pahami saja. Hihi..





  • Gambar yang mengandung unsur penghinaan 
  • Gambar yang mengandung unsur penghinaan terhadap agama, budaya, grup atau kebangsaan.
  • Gambar yang mengandung unsur politik
  • Gambar yang membuat orang lain bingung dan merasa jijik.
  • Gambar yang memperlihatkan dengan jelas elemen yang berhubungan dengan seksual.
  • Gambar yang mengandung unsur ajakan untuk berjudi
  • Gambar yang mengandung unsur kesengajaan untuk mendapatkan informasi password atau data pelanggan.
  • Gambar yang mengandung unsur bunuh diri, menyakiti diri sendiri dll.
  • Gambar yang mengandung unsur bullying
  • Gambar yang mengandung unsur diskriminasi dll

Itulah beberapa Moral Guideline yang dijadikan acuan untuk review gambar. Sebenarnya kalo gak salah ada  25 points. Kalian bisa membaca selengkapnya di Creator.line.me

PROSES MENDAPATKAN VERIFIKASI LINE STIKER


Nah ini adalah puncaknya. Hihi.. setelah kita Submit karya untuk direview. Kemudian kita mendapatkan hasil reviewnya, saatnya kita memverifikasi account kita.

Cara memverifikasi account kita itu sebenarnya sangat mudah. Kita hanya di minta untuk melengkapi data terutama yang bersangkutan dengan masalah pembayaran. Dan disinilah peranan Paypal itu penting.

Untuk mendapatkan Verifikasi resmi Line Sticker kita harus memiliki Account Paypal yang telah terverifikasi juga. Jadi bukan sekedar memiliki accout Paypal. Dan disinilah letak masalah utama buat saya.

Karena saya bukan pemegang Kartu Kredit, awalnya saya tidak mendapatkan Verifikasi account Paypal. Masa iya saya harus apply kartu kredit dadakan ? iya kan ?. Ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan Verifikasi Accout Paypal, meski kita tak menggunakan kartu kredit. Tapi saya akan membahasnya di dalam postingan Cara Verifikasi Paypal Tanpa Credit Card. Hihi..

KESIMPULAN 


Ada beberapa point yang bisa saya simpulkan tentang bagaimana membuat dan mensubmit sticker line buatan sendiri.


  • Pastikan memiliki minimal 8 gambar yang akan disubmit 
  • Pastikan gambar tersebut tidak mengandung unsur pelanggaran Guideline yang ditentukan oleh Line
  • Download aplikasi Creator Line Studio untung mengunggah hasil karya kita
  • Submit karya kita untuk direview oleh pihak Line. 
  • Verifikasi akun Line Creator kamu
  • Pastikan memiliki Akun Paypal yang sudah terverifikasi. 
  • Karya siap dijual dan kalian bisa menunggu pundi-pundi. Hihi.. 

Dan Berikut karya Ewafebri yang sudah masuk ke Line Market : 

Ewa Emotion


Satu Set sticker terdiri dari 16 gambar yang berhubungan dengan ekspresi setiap harinya. Sticker yang ini lebih berwarna Gaes. Hihi.. Untuk mendapatkannya kalian bisa Klik Di Sini atau bisa Klik bagian gambarnya. 


 Line Sticker Ewa's emotion


Ewa's Blogger 


1 Set sticker terdiri dari 16 gambar yang berhubungan dengan aktivitas Blogging. Untuk mendapatkannya kalian bisa Klik Di Sini atau pada bagian gambar. 


 Line Sticker Ewa Blogger


Ewa and Iwawa 


1 Set Sticker Ewa dan kroninya yang terdiri dari 16 gambar. Untuk mendapatkannya kalian bisa Klik Di Sini atau klik pada gambar. 


 Line Sticker Ewafebri ewa and iwawa


Itulah tadi pengalaman saya menjadi Creator Line. Semoga secepatnya saya juga biaa merasakan hasilnya. Hahhaa.. Apakah kalian juga tertarik menjadi seorang Creator Line juga ? Hehehe.. 


You May Also Like

8 comments

  1. Stikernya lucu banget...khas. jadi gimana gitu. Maklum saya nggak bisa gambar tapi seneng lihat gambar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. iya mbak. Saya gambar juga baru 4 tahun belakangan. Nyiptain karakter sendiri. Hihi..

      Delete
  2. Wow pembayaran pake paypal, itu yang ngatur pembayaran berarti line pusat gitu kah mbak?

    ReplyDelete
  3. Mbaaa... akoohhh padamuhh deh.
    Salut banget, ngerjainnya manual? wow..
    Kuingin memiliki sedikit saja keluwesan tangan seniman hahaha

    Handmade itu keren doongg, dan ga semua orang bisa.
    Kalau digital mah kita terbantukan pihak lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. bisanya manual diriku. Hahaha.. Gak tahu kenapa di jaman sekarangpun masih suka yang manual 🤣🤣

      Delete
  4. Membacanya saja saya sudah angkat tangan hahaha dirimu memang luar biasa bertalenta euyyyyy... Salut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahha.. Kepaksa bertalenta ini mah.. hahhaa.. Nggak Dink bohong. Asal kita tetep berusaha dan yakin, pasti bisa ! ❤️❤️❤️

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏