BULLET JOURNAL INDONESIA | [ PANDUAN DASAR ] THE FUTURE LOG UNTUK PEMULA

the future log bullet journal indonesia



BULLET JOURNAL INDONESIA |  [ PANDUAN DASAR ] THE FUTURE LOG UNTUK PEMULA. Dalam Bullet Journal, terdapat banyak komponen yang di setup di bagian awal. Salah satunya adalah The Future Log. Pentingkah the future log dalam Bullet Journal ? Wajibkah memilikinya ? Bagaimana cara membuat layoutnya ? Postingan ini semoga bisa menjawab pertanyaan kalian semua.


THE FUTURE LOG BULLET JOURNAL INDONESIA



Sebelum kita bahas panjang lebar tentang The Future log - Bullet Journal, mari nyruput kopi dulu.. ! Biar ada tenaga nulis, dan biar punya semangat di Monday Ceria ini. hahaa... Setelah minggu lalu yang semacam Roller Coaster buat pikiran saya, semoga dengan nyruput kopi pagi ini , membuat seminggu ke depan saya akan menjadi lebih menyenangkan.






Kadang memang kita gak pernah tahu, mendadak banyak kejadian yang tidak diinginkan muncul ( malah curhat ). Ok lanjut... ! Jika sebelumnya saya pernah membahas Panduan Dasar Bullet Journal tentang The Index dan Key bulletskali ini saya akan membahas komponen lain yang tak kalah pentingnya dan menjadi pilar dalam Bullet Journal

Setelah membaca buku The Bullet Journal Method, saya jadi lebih paham fungsi dari The Future Log itu sendiri. Tapi sebelum membahas lebih detail penggunaan The Future Log, terlebih dulu kita kenali apa pengertian the Future Log. Apa sih Future log ? dan apa fungsinya ? 

***

PENGERTIAN FUTURE LOG


The Future Log adalah halaman khusus atau collection khusus yang isinya tentang kegiatan, peristiwa atau task yang akan kita lakukan pada masa mendatang. Khususnya pada Bulan berikutnya dari bulan yang kita lakukan sekarang ini.

Misalnya nie, sekarang kan Bulan November 2018, nah.. kegiatan atau task yang akan dilakukan di Bulan Desember 2018, atau Januari 2019, disebut dengan Future Log.



Keadaan ini yang kemudian menjadi perhatian Ryder Caroll Gaes, kalo pada Planner biasa yang sudah ada print Bulannya, tentu mudah banget. Tinggal masukin jadwal ke bulan yang di maksud. Tapi kalo Bullet Journal ?



PERANAN DAN FUNGSI FUTURE LOG


Sebagai sistem yang mandiri dan fleksibel (terserah penggunanya), Future log dirancang sesederhana mungkin oleh Ryder Caroll.

Cukup dengan membuka halaman baru, membaginya menjadi beberapa area (minimal 3 area untuk 3 bulan ke depan). Dan mengisinya dengan kegiatan atau peristiwa yang akan dilakukan di masa mendatang.

Dari konsep sederhana ini kemudian muncul ide-ide layout yang digunakan oleh para Bullet Journalist. Dan tentunya menyesuaikan kebutuhan mereka juga. Untuk Bullet Journal versi aslinya The Future log itu hanya berbentuk seperti ini :


ORIGINAL FUTURE LOG , SIMPLE !

Pentingkah peranan The Future Log dalam Bullet Journal


Jawabannya iya !

Terutama jika kita melakukan setup sendiri untuk Bullet Journal kita, tapi jika buku yang kita gunakan sudah ada Template Monthly Log-nya, saya kira tidak menggunakanpun tidak jadi masalah. hehehe..

Selain The Future Log asli yang mengutamakan kemudahan dan sederhana,  kemudian munucul The Future Log yang sudah dimodifikasi, yang  banyak diciptakan oleh Bullet Journalist. Contoh penggunaannya. Misalnya , Year at A glance, Calendex atau Alastair's Method.

Meskipun begitu, Karena BuJo merupakan sistem yang fleksibel dan tidak mengikat, maka pilihan menggunakan komponen ini jatuh pada pilihan kalian sendiri. Gak perlu takut salah kalo gak menggunakannya. Hihihi.. Yang terpenting sistemnya bisa berhasil membantumu makin produktif.


Baca Juga : Panduan Dasar The Index Bullet Journal Indonesia.






JENIS THE FUTURE LOG BULLET JOURNAL YANG UMUM DIGUNAKAN. 


1. YEAR AT A GLANCE


Year at A glance itu adalah Jenis Future log yang menampilkan 12 Bulan dan tanggalnya pertahun. Dan biasanya memberikan area kosong di sekitarnya untuk menuliskan peristiwa atau task yang akan dilakukan di masa mendatang.

Kenapa 1 tahun ke depan ? Mungkin supaya mudah melihat dan memeriksa kira-kira jadwalnya apa saja sih.. ?


FUTURE LOG MODIFIKASI


2. CALENDEX


Calendex adalah Future log yang memadukan kalender dan juga index halaman. Metode ini diciptakan oleh Eddy Hope.

Dalam Calendex kita tidak perlu memberikan penjelasan panjang lebar tentang aktivitas yang akan kita lakukan, cukup dengan menambahkan halaman indexnya pada tabel kalendar yang sudah dipersiapkan.


CALENDEX METHOD


Perhatikan gambar di atas, pada kolom tanggal 16 ada simbol lingkaran yang di dalamnya ada angka 12.

Ini artinya :


  • Lingkaran adalah simbol untuk mendeskripsikan event atau kegiatan.
  • 12 adalah nomor halaman dimana Rapid Logging tersebut berada. 

Dan berikut contoh penulisan pada Rapid Logging, Daily spread :


PENULISAN PADA RAPID LOGGING


Metode ini sederhana dan minimalis, tapi juga butuh ketekunan untuk mengupdatenya setiap hari. Saya pernah menggunakan metode ini di awal. Tapi kemudian tidak menggunakan lagi. Mungkin tahun depan ingin mencobanya lagi. Entahlah.. haha.. semoga makin tekun mencoba.

3. ALASTAIR'S METHOD


Alastair Method adalah metode yang dikembangkan oleh Alastair Johnston. Metode yang sederhana dan efektif - Alastair Johnston.

Saya pribadi belum pernah mencobanya. Tapi dilihat dari tabel layoutnya, memang mudah, minimalis dan efektif.


ALASTAIR'S METHOD


Perhatikan gambar di atas, Metode Alastair hanya membutuhkan 2 kolom. 1 untuk bagian Bulan ( biasanya dibuat minimal 6 Bulan, di sampingnya adalah Event atau peristiwa yang akan dilakukan di masa mendatang.

Cara penulisan juga cukup mudah. Pada kolom nama Bulan kita hanya perlu memberikan tanda pada tanggal di mana event tersebut akan berlangsung. 

Sementara pada keterangan, cukup membubuhkan nama atau tanggal detail event berlangsung. Selanjutnya detail bisa kita tulis dibagian Rapid Logging.

KESIMPULAN


Dan.. Setelah membaca pengetahuan yang lebih tentang The Future Log pada Bullet Journal, kebingunganpun melanda saya.. haha.. kira-kira tahun depan pake The Future Log model siapa ya ?. Calendex atau Alastair. Huhuhu..

Pada Calendex, hal mutlak yang harus dikerjakan adalah konsisten mengisi indexnya. Enaknya sistem ini, kalian tak perlu membuat the Index-pun tak masalah. Hehe.. Karena nomor halaman akan tercatat di bagian layout calendexnya. 

Karena masih ada waktu 2 Bulan ke depan, biarkan pikiran saya tenang dalam memutuskan permasalahan ini (aeeelaaah). Hahhaa.. Metode apapun yang saya gunakan nanti semoga bisa membantu saya makin produktif. Hmm..

Apakah kalian sudah mulai bersiap-siap membuat Setup Bullet Journal 2019 ? Hihi.. Kalo belum dan ingin mencoba Bullet Journal START HERE. Saya tunggu komentar dan idenya.






HAPPY BUJOING !