CERITA SORE HARI | FAKTA-FAKTA 3 KOMUNITAS BLOGGER INDONESIA TERBAIK 2018

3 komunitas besar indonesia


Ternyata Komunitas Blogger di Indonesia itu banyak macamnya dan rupa-rupa karakternya, hihi.. Namun ke 3 komunitas Blogger yang berikut ini, yang saya anggap terbaik (Ya iyalah Vva, orang kamu ikut jadi membernya, hahaha). Dan berikut ini adalah 3 komunitas Blogger terbaik di Indonesia yang akan saya bahas.


Table Of Content :



3 KOMUNITAS BLOGGER TERBAIK INDONESIA 



Ewafebri art



Belakangan memang saya berniat untuk belajar ke beberapa komunitas Blogger untuk memperkaya Ilmu yang berbeda-beda. Ada beberapa komunitas yang memang harus memiliki persyaratan tertentu untuk menjadi membernya. Ada juga yang hanya menampung para anggotanya saja tanpa memiliki visi atau misi tertentu. Terutama komunitas grup-grup di Facebook.

Ada 5 komunitas grup di facebook yang saya ikuti. 2 Diantaranya sangat bermanfaat dan berfaedah sekali, sementara yang lain ya gitu deh.. hihihi..  Komunitas Blogger campuran (gak spesifik), beberapa di antaranya yang menjadi fokus utama mereka justru bukan pada masalah Blog atau Kontennya. Tapi pada Adsense ! . Banyak akun-akun yang melakukan transksi jual beli akun adsense atau bahkan akun Blognya.



3 Komunitas Blogger Indonesia Terbaik


Penasaran juga sebenarnya, kenapa mereka memperjualbelikan Blognya ? atau karena sudah gak berniat mengurusnya atau memang untuk bisnis jual beli ? . Jujur agak kaget melihat fenomena jualan artikel, jualan akun GA, jualan Blog.

Saya kira cuma jualan kursus-kursus yang berhubungan dengan ilmunya gitu. Entah ilmu SEO atau ilmu tentang tata cara penulisan konten. Eh ternyata ada yang model begini juga toh. Ealaaah.

Bukan hanya itu, ada beberapa postingan di Grup yang memprovokasi orang lain untuk menghancurkan Blog orang lain. Yang bikin miris lagi, ini PPnya mbak-mbak..(semoga PPnya aja).. Oalaah mbak.. kurang piknik apa yak.. ?

Duh Gusti.. ! Kok ya ada yang model begini, gara-gara Blognya kalah saing sama Blog hosted, dia rela ngajakin yang lain buat ngehancurin Blog orang lain. Bukannya fokus memperbaiki Blog sendiri aja mbak, daripada jadi provokator.


3 Komunitas Blogger Indonesia Terbaik


Nah tapi beda banget dengan anggota-anggota 3 Komunitas yang saya ikuti ini. Sebelumnya memang saya pernah membuat postingan tentang masing-masing komunitas ini. Kali ini saya ingin membuat list komunitas yang saya rekomendasikan dan terbaik menurut saya. 3 Komunitas yang ikhlas membantu anggotanya makin maju dan berkibar. Hehhee..


BLOGGER PEREMPUAN 





Dari namanya saja sudah terlihat bahwa sebagian besar anggotanya adalah perempuan. Para kontributor dan foundernya pun perempuan semua (barangkali ada bapak admin juga, saya belum tahu) karena yang saya temui, mayoritas perempuan semua. Hihi..

Kenapa Blogger Perempuan itu masuk komunitas Terbaik ? Karena :


  • Komunitas Blogger Perempuan menyediakan wadah bagi para Blogger Newbie untuk belajar dengan memberikan ilmu-ilmunya melalui grups whatsapp. (Saya sih gak ikutan, karena untuk masuk ke dalam grupnya, maksimal akun Blog adalah 1 tahun, sementara Blogku beberapa tahun.. hiks.. 9 tahun akunnya , yang 8 tahun jadi sarang laba-laba.. huhuhu..)
  • Komunitas Blogger Perempuan sering mengadakan lomba (berpartner dengan media lain), dan itu memacu anggotanya untuk membuat postingan yang tak hanya menarik tapi juga memiliki nilai.
  • Komunitas Blogger Perempuan sering banget memberikan kesempatan anggotanya untuk mengikuti event-event besar yang diadakan lembaga tertentu atau media tertentu.
  • Komunitas Blogger Perempuan memiliki program-program tertentu seperti affiliate yang memberikan kesempatan anggotanya untuk bisa mengoptimalkan Blognya dalam hal menambah pendapatan. 
  • Kegiatan Blogwalking lebih mudah karena setiap hari mereka menyediakan postingan khusus untuk berbagi link Blog dengan tema yang berbeda-beda setiap harinya. 
  • Soal Giveaway.. ? Jangan ditanya ! Banyak dan sering. 
  • Karena anggotanya dari beberapa kalangan dan memiliki jenis dan gaya Blog yang berbeda-beda membuat orang yang kepo akan ilmu perblogging mudah terpenuhi. 
  • Bisa meningkatkan Backlink tentu saja. Hihi.. Terima Kasih Blogger Perempuan. 

Cara gabungnya gimana ? Saya pernah membahasnya DISINI.

KUMPULAN EMAK-EMAK BLOGGER





Kumpulan Emak-Emak Blogger ini juga komunitas Blogger yang kece banget. Sama halnya dengan Blogger Perempuan yang menyemangati dan membagikan ilmunya ke para anggotanya.

Kenapa saya mengkategorikan menjadi komunitas terbaik : 


  • Kumpulan Emak-Emak Blogger terdengar merakyat di telinga (apa deh nie.. ? Hahaha) serasa lekat di hati kalo dipanggil dengan sebutan " Emak ".
  • Menyediakan wadah untuk para membernya saling berbagi link tulisannya di beranda grup.
  • Sering memberikan kesempatan anggotanya untuk mengikuti event-event besar. 
  • Bahkan mereka menciptakan Buku untuk para emak-emak Blogger loh. Buku yang sangat menginspirasi (saya belum punya tapi, baru sekedar baca ulasannya aja #jujur saya mah).
  • Nah ini bagian yang paling saya suka selama menjadi anggotanya. Setiap hari Senin dan Rabu malam, emak mimin di Twitternya selalu membagi ilmu tentang Blogging Gaes. Saya jadi banyak tau tentang masalah jenis-jenis konten, Cara membuat konten bahkan soal menghasilkan uang dari Blog. Sangaaat Berfaedah pake Banget. 
  • Bonus lainnya udah pasti mendatangkan traffic buat Blog kita, lawung Makmin gak pelit soal ngeretweet kok. Luaar biasa... 

Gimana cara gabungnya ? Kalian bisa membacanya DISINI

1 MINGGU 1 CERITA





Nah.. Berbeda dengan 2 Komunitas yang sudah saya sebutkan di atas, yang mayoritas anggotanya cewek-cewek, komunitas yang satu ini anggotanya campur. Karena memang bukan Komunitas Blogger yang spesifik.

Kalian males nulis ? Butuh motivasi ? Mendingan gabung di komunitas ini deh !. Komunitas ini mewajibkan anggotanya menulis minimal 1 artikel dalam kurun waktu satu 1 minggu. Gak sulit kok, yang sulit komitmen kitanya. Hahhaa.. Karena ada begitu banyak alasan kita buat ngeles gak bikin artikel ? Iya kan.. ? Nah..

Kenapa 1 Minggu 1 Cerita masuk kategori terbaik : 


  • 1 Minggu 1 Cerita mengubahmu menjadi Blogger yang produktif. Ya, paling gak punya 1 tulisan yang tiap minggu bisa disetorin sih. Hihihi..
  • Kak miminnya aktif ngoprak-ngoprak anggotanya buat bikin tulisan gitu. Hihi.. ini kadang yang kita butuhkan ! Ada yang Noa'in ( dari kata Toa 😁😁 ) Telinga supaya lekas-lekas setor.
  • Banyak ilmunya mah udah pasti. Karena tulisan membernya dari berbagai macam latar belakang. 
  • Eh.. ada polling tulisan favorite juga Gaes. Hihi.. ini yang bikin semangat buat artikel. Mood Booster kerennya, nyahahaha.. Kalo masuk nominasinya setidaknya saya yakin ada ada yang baca tulisannya. Hahhaa.. Saya udah pernah di nominasiin tapi belum pernah kepilih hahaha.. Tapi semangat aja gitu, kali aja suatu hari menang. Hahaha.. 
  • Soal setor tulisan, jangan kuatir ! Komunitas ini udah punya aplikasi sendiri. Kyaaaa... ! Keceeee banget !
  • Yang bikin chalenging ( menantang 🤣) nie , ada 1 minggu dalam 1 bulan yang menggunakan tema khusus untuk postingannya. Buat saya yang agak ngawur dalam menulis, tantangan ini sangat menguras tenaga dan pikiran, apalagi yang gak ada aaubungannya dengan Niche. Hahha.. Seperti Minggu ini, temanya Ikhlas ! Percayalah.. saya juga ikhlas menulis ini semua. Hahha..
  • Saking cintanya saya sama komunitas ini, saya ampe punya menu khusus Cerita Sore Hari yang saya dedikasikan untuk komunitas ini. Hahaha. 

Cara gabung komunitasnya, kalian bisa membaca DISINI.

Itulah tadi 3 Komunitas terbaik versi saya beserta fakta-fakta tentang mereka. Hahhaa.. Sebagai Blogger baru kita harus banyak belajar dari sumber manapun, oleh karena itu, gabung dengan komunitas yang kece bisa menambah ilmu kita loh !. Dan bisa menjadikan kita lebih baik lagi secara harifiah (dalam dunia nyata) ataupun di dunia maya. 

Apakah kalian memiliki rekomendasi komunitas Blog berfaedah lainnya ? Boleh share di kolom komentar ya Gaes, siapa tahu saya bisa gabung dan ikutan juga. Biar makin nambah ilmu. 


HAPPY BLOGGING !