SELF DEVELOPMENT | 5 MANFAAT UTAMA BELAJAR ILMU IKHLAS

by - November 07, 2018

Ewafebri art


Ikhlas adalah kata-kata yang mudah diucapkan tapi paling sulit dilakukan. Apalagi dijadikan materi Blog ini (malah curhat) Sebagai manusia yang terlahir akan banyak kekurangan kita senantiasa selalu belajar tentang makna ikhlas yang sebenarnya. Gak cuma sekedar ucapan ikhlas saja. Karena ikhlas itu membawa dampak yang luar biasa dalam kehidupan kita. Ada banyak manfaat jika kita melakukan keikhlasan dalam tindak-tanduk di kehidupan kita.


Ewafebri art therapy


***

5 MANFAAT BELAJAR ILMU IKHLAS


Membahas ilmu ikhlas itu susah-susah gampang, karena maknanya terlalu dalem buat saya. Tema ini tema yang sangat tricky dan challenging untuk materi Blog ini, karena sejujurnya saya merasa kesulitan menyampaikan ilmu yang bisa saya bagikan tentang rasa ikhlas, karena setiap individu harus mencari cara dan ilmu ikhlasnya sendiri-sendiri. Ikhlas juga tak hanya tentang " pasrah aja dizholimi ", tapi juga tentang " kerelaan hati ". Pasrah dan rela itu hal yang berbeda. Pasrah karena sebuah kondisi yang gak memungkinkan untuk membalasnya atau hanya punya satu pilihan, sementara rela adalah kondisi di mana kita bisa memilih antara 2 pilihan (  misal : membalas atau rela ). Tapi saya ingin berbagi tentang pengalaman dan manfaat yang kita dapatkan jika kita melakukan segala hal dengan ikhlas.

ALASAN KENAPA SAYA BELAJAR ILMU IKHLAS ? 


Pernah suatu hari saya mengalami hal yang membuat saya kesal. Bagaimana mungkin saya gak kesal, lawung gambar yang susah payah saya buat trus main dicomot aja gitu sama orang, eh trus dia pake buat maskot dagangannya. Mending kalo orangnya itu sedikit mau usaha pake tangannya dia sendiri buat gambar, walaupun obyeknya nyontek gambar saya. Lah ini bener-bener tinggal ngecrop aja donk ! Gondok banget ! Tapi itu dulu.. 😁. Karena tak ada kerelaan hati di sana. Walhasil saya membabi buta di sosial media. Hal yang paling saya sesali saat ini (kok dulu kamu bisa-bisanya ngoceh - ngoceh sih Vva ?).


Ewafebri art therapy ideas


Itulah kenapa kemudian saya mencoba merubah cara pikir saya tentang bagaimana saya berbagi tentang hal yang saya miliki. Salah satunya belajar kerelaan hati dengan membagikan apa yang saya ketahui lebih dulu melalui postingan - postingan di Blog ini. Awal-awal saya mengaktifkan kembali Blog ini, ada suara-suara sumbang yang mencibir apa yang saya lakukan. Kemudian saya ingat tujuan ngeblog saya yang utama adalah " Berbagi ilmu ". Saya gak punya banyak harta benda yang bisa saya bagikan, setidaknya saya masih punya ilmu pengetahuan yang bisa saya sebarkan.

Belajar tentang kerelaan hati lainnya dengan Random Act Of Kindness Challenge yang pernah beberapa kali saya lakukan. Dan kenapa saya melakukan hal itu ? Saya sudah pernah membahasnya DISINI.

Ikhlas itu banyak keuntungannya Gaes. 5 manfaat belajar ilmu ikhlas Diantaranya :


HATI TENANG




Dengan belajar ilmu ikhlas hati kita itu lebih tenang Gaes. Semisal kita melakukan kebaikan pada orang lain, dan kemudian (karena kurang ikhlas) kita menunggu-nunggu kapan giliran dia membalas kebaikan apa yang sudah kita lakukan padanya. Tanpa keikhlasan, kita jadi kepikiran dan picik sendiri terhadap pikiran kita. " Ah besok lagi gw ogah ngasih dia, gak tahu berterima kasih ! Hih ! ". Kalo kamu melakukannya karena imbalan dan pujian, ya mungkin hatimu dan dan pikiranmu akan kemrungsung Gaes, menunggu-nunggu kapan gilirannya tiba. Beda jika kamu melakukannya hanya karena Allah semata. Hanya mencari RidhoNya. Setelah memberi, ya udah gitu aja... ! Nyahaha..

Baca Juga : CARA MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF DI KEPALA


HIDUP LEBIH BAHAGIA


Ewafebri art therapy


Dengan ikhlas hidup kita akan lebih bahagia. Hidup bahagia itu terjadi jika hati kita tenang dan damai. Bukan sekedar punya banyak uang tapi dikejar-kejar sifat greedy atau rakus. Bayangkan kamu banyak uang tapi gak tenang hidupnya. Tiap hari merasa tertekan karena takut ketahuan korupsi, atau banyak uang tapi gak bisa tidur nyenyak karena takut uangnya diambil orang. Nah, kekemrungsungan ini gak akan terjadi jika misalnya kita bekerja karena Allah SWT, dan sebagian yang kita miliki kita berikan dengan ikhlas. Gak ada rasa takut kita dikejar-kejar KPK karena dari awal kita sudah takut Allah SWT, gak ada rasa takut uang kita diambil orang, lawung kita rela memberikannya kok.

PERCAYA DIRI


Ewafebri artwork


Ikhlas itu bisa membuat kita makin percaya diri. Gak cuma penampilan aja yang bisa Gaes. Misalnya kita membagikan ilmu yang kita ketahui dengan kerelaan hati. Tanpa disadari kita akan terpicu untuk mencari ilmu lainnya yang bisa kita bagikan lagi. Makin nambah ilmu jadi makin percaya diri kan ya... ? Karena bisa memiliki pegangan hidup yang mumpuni. Hihi..

MENINGKATKAN KESABARAN


Ikhlas itu bisa meningkatkan level kesabaran kita Gaes.. huhu.. Kita mampu menjadi orang yang sabar dan kuat menjalani hidup. Bukan orang yang dikit-dikit mengeluhkan hidup. Kita menjadi orang yang gak mudah putus asa dalam menghadapi problematika hidup. Karena kita rela menjalankannya dengan ikhlas.

Ewafebri illustration


Baca juga : 11 KEBIASAAN BURUK YANG HARUS DI HINDARI SUPAYA HIDUP LEBIH BAHAGIA


IKHLAS MENINGKATKAN KETAQWAAN DAN MENDEKATKAN DIRI KITA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA


Ikhlas itu meningkatkan ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ikhlas artinya mengakui KeEsaanNya. Itupun sudah tertuang dalam AlQuran Surat Al Ikhlas :

Allah SWT berfirman:

قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌ  
qul huwallohu ahad

"Katakanlah (Muhammad), Dialah Allah, Yang Maha Esa."
(QS. Al-Ikhlas 112: Ayat 1)

اَللّٰهُ الصَّمَدُ  
allohush-shomad

"Allah tempat meminta segala sesuatu."
(QS. Al-Ikhlas 112: Ayat 2)

لَمْ يَلِدْ    ۙ  وَلَمْ يُوْلَدْ  
lam yalid wa lam yuulad

"(Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan."
(QS. Al-Ikhlas 112: Ayat 3)

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ 
wa lam yakul lahuu kufuwan ahad

"Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia."
(QS. Al-Ikhlas 112: Ayat 4)

Maknanya dalam banget ya Gaes..? Bahwasannya kita sebagai manusia harus percaya akan KeEsaanNya dan melakukan segala sesuatu karena Ridho nya. Bukan karena pujian orang lain, dan bukan karena imbalan dari orang lain. Begitupun kita saat beribadah. Janganlah melakukannya seolah karena ingin di puji orang lain.

Allah SWT berfirman:

اِنَّاۤ اَنْزَلْنَاۤ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ فَاعْبُدِ اللّٰهَ مُخْلِصًا لَّهُ الدِّيْنَ 
innaaa anzalnaaa ilaikal-kitaaba bil-haqqi fa'budillaaha mukhlishol lahud-diin

"Sesungguhnya Kami menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Allah dengan tulus ikhlas beragama kepada-Nya."
(QS. Az-Zumar 39: Ayat 2)

Dari beberapa kutipan ayat di atas, sudah bisa kita simpulkan bahwasannya Ikhlas itu bisa meningkatkan ketaqwaan kita kepada Illahi. Kepada Sang Pencipta kita.

Itulah 5 Manfaat yang kita peroleh dengan belajar Ikhlas. Penerapannya bisa pada banyak hal. Bisa pada hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam atau makhluk lainnya.

Baca Juga : 11 MANFAAT MEMILIKI KEBIASAAN BAIK

Contoh sederhana penerapan Ikhlas :


  • Beribadah khusyu tanpa ingin dipuji orang lain , " wah anaknya alim , pinter beribadah ". Gak perlu juga nulis status.
  • Berpenampilan sesuai perintah Agama bukan karena ingin dilihat orang lain dan mendapat pujian , " hebat, Sudah hijrah !". Padahal perilakunya tidak seimbang dengan perbaikan penampilannya. 
  • Bersedekah tanpa perlu diumbar kemana-mana karena ingin julukan dermawan. 
  • Berbuat baik tanpa harus mengungkit-ngungkitnya kembali di suatu hari nanti. " Dulu aku pernah ngehadiahin kamu pesawat loh, gak inget ? " 🙄
  • Blogwalking tapi gak ada yg blogwalking balik, ya gak usah marah-marah (wkwkwkwk... Pengalaman ini mah.. 🤣🤣🤣). BerBlogwalkinglah dengan niat ikhlas.

©ewafebri

Kita tidak perlu melakukan semua itu. Lakukanlah kebaikan tanpa harus  ada embel-embel yang lain (kecuali kerja loh ya, emang harus ada embel-embel yang sesuai dengan kemampuan kita, hihi..) kecuali rela melakukannya demi ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan begitu hidup kita akan lebih tenang, damai , percaya diri dan Bahagia. 


Ewafebri art



Disclaimer : 

Postingan ini dibuat bukan untuk menggurui ya Gaes, hihi.. tapi untuk memenuhi tantangan tema #1Minggu1Cerita . Hahahhaa.. 


©ewafebri


HAPPY READING !

You May Also Like

14 comments

  1. Terimakasih banyak tulisan bagusnya Mbak Ewa :)

    Saya pembaca setia blognya lho, dari sebelum Mbak Ewa ikut 1m1c sampai sekarang :) Ditunggu tulisan menarik berikutnya ya Mbak..

    Salam,
    Amalina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Amalina.. terima kasih banyak .. jadi terharu.. ❤️❤️

      Delete
  2. Saya belum pun nulis tentang Ikhlas uy u 1minggu1cerita. Bener siiih kenyataannya sulit menerapkan keikhlasan tuh. Seringnya gampang aja diomongin. Yg ikhlas yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata tema yang cukup sulit ya.. kelihatan mudah tapi sebenarnya gak juga.

      Delete
  3. Ikhlas itu memang gampang diucapkan tapi maknanya luar biasa memang. Karena kalau sudah praktek, namanya manusia, kadang ... ya gitu deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... Sebagai manusian yang banyak kekurangan ya begitulah kita.. hihi.. setidaknya kita masih terus belajar ya kak..

      Delete
  4. Bacanya udah serius bngt dan termotifasi eh terakhir2 bikin aku ngakak.. tp aku lbh ikhlas nggak di bw balik drpd dikhianati mba wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa... Ikhlas bacaaanya ya kaaaaaak.. hahahahhaaa... Maapkeun

      Delete
  5. Halo mba salam kenal saya ini lagi Blogwalking, hiihihi. saya malah salfok sama challenge #1minggu1cerita seru juga jadi sedkit 'memaksa' diri untuk rajin blogging hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbaaak.. hihi.. terima kasih sudah Blogwalking disini. Hahhaa... Iya.. 1 minggu 1 cerita memaksa kira rajin menulis. Saking takutnya di kick out, saya jadi lebih kreatif 🤭🤭🤭

      Delete
  6. Ikhlas ini yang paling susah banget emang. Easier said than done kalo istilah Ratu Elizabeth mah. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul mbak.. butuh belajar trus soal ini.. pelajaran seumur hidup kayaknya.. 🤭

      Delete
  7. Yang nomor 5 nampol mbaaa, wkwkwkwk

    Ah saya juga lagi belajar ilmu ikhlas, sedikit demi sedikit, meskipun belum juga komplit ikhlasnya, kacau lagi sehingga mulai dari awal lagi hahaha.

    Btw untuk poin 5, BW ikhlas belum bisa saya lakukan nih, bukannya gak ikhlas, tapi lagi memaksimalkan waktu,jadi saya hanya bisa BW untuk membalas komen orang di blog, karena menurut saya itu penting.

    Kalau BW ikhlas tanpa disuruh, wew belom bisa, waktunya masih dikuasain bayi hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahhahhaa.. idem mbak.. tapi untungnya gabung sama komunitas saya jadi tahu banyak tentang Blogger yang artikelnya bagus2.. kadang emang suka baca-baca artikelnya sambil cari ilmu dan hiburan juga.. hihi..

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏