BULLET JOURNAL INDONESIA | [ PANDUAN DASAR ] PENGERTIAN THE INDEX DAN CARA MEMBUATNYA

panduan dasar the index bullet journal
Panduan Dasar Bullet Journal Untuk Pemula 

Daftar Isi Bullet Journal atau The Index. Dalam Bullet Journal ada elemen-elemen penting yang tidak bisa kita sepelekan begitu saya. Elemen ini menjadi salah satu pilar dalam Bullet Journal , meskipun kadang dianggap kurang fungsional.

Kali ini saya ingin membahas tentang beberapa point terkait THE INDEX PADA BULLET JOURNAL berikut ini :




Buat saya pribadi, pasti ada alasan tertentu kenapa elemen-elemen ini dijadikan pilar atau komponen utama dalam Bullet Journal oleh Ryder Caroll. Dan elemen-elemen ini juga menjadi salah satu hal yang tak terpisahkan dari Bullet Journal.

THE INDEX



The Index atau daftar isi Bullet Journal adalah halaman dan komponen khusus yang terdapat pada Bullet Journal, yang berisi tentang judul Collection dan Nomor Halamannya. Jika disederhanakan dalam Bahasa Indonesia, The Index ini adalah Daftar Isi yang kita ciptakan sendiri sebagai komponen pelengkap dalam Bullet Journal.


daftar isi bullet journal
Contoh The Index Dalam Bullet Journal


PERANAN THE INDEX


PERANAN THE INDEX PADA BULLET JOURNAL

Tujuan diciptakannya Bullet Journal, menurut Ryder Caroll adalah untuk Merekam jejak atau memories yang telah lewat (Track The Past), Membantu Fokus pada keadaan sekarang (Order The Present), dan Merencanakan hal-hal yang akan dikerjakan di kemudian hari (Design The Future) . 

Dari 3 tujuan yang sudah ditetapkan tersebut, membuat peranan The Index ini tidak bisa dianggap remeh. Track The Past.

Fungsi The Index adalah memudahkan penggunanya saat membutuhkan informasi yang terdapat dalam Bullet Journal. Entah itu informasi yang telah lalu ataupun Informasi yang sedang berlangsung. 

Supaya lebih efektif dan efisien, saat kita mencari informasi yang kita butuhkan dalam Bullet Journal, kita hanya perlu membuka halaman The Index, dan mencari kategori atau judul informasi yang kita butuhkan serta letak di halaman mana informasi tersebut berada. Karena itu penting untuk selalu mengupdate halaman The Index dengan Judul dan nomor halaman terbaru. 



Baca Juga : Panduan Dasar Membuat The Future Log 


CARA MEMBUAT THE INDEX


CARA MEMBUAT THE INDEX PADA BULLET JOURNAL

Cara membuatnya mudah kok sebenarnya, gak ribet ataupun sulit (kecuali di improvisasi sendiri, hihi.. ). Hanya dengan mempersiapkan halaman kosong yang nantinya akan kita isi dengan judul dan nomor halaman. Untuk memudahkan proses pengupdateannya kelak, cukup kita beri keterangan diatasnya dengan Title atau Judul ,  dan page atau Halaman.

Contoh The Index yang saya lakukan adalah The Core Index. The Core Index adalah proses indexing yang hanya dilakukan pada komponen-komponen utama saja. Seperti komponen Collection (future log, Bucket List, Migration Page, dll), Monthly Log (yang sebenarnya di dalam Monthly Log banyak terdapat weekly spread maupun setup collection bulanan (expense tracker, Memories, dll)).

Cara ini bertujuan agar lebih efisien waktu dan tidak melakukan proses indexing setiap minggu. Cukup kita kelompokan menjadi satu dan memberi nama atau judul sesuai dengan Nama Bulan dalam Masehi.

Baca Juga : Panduan Dasar Monthly Log 

PROSES INDEXING


PROSES INDEXING PADA BULLET JOURNAL

Proses Indexing pada Bullet Journal ini seperti rapid logging pada umumnya aja. Bedanya, Jika Rapid logging setiap hari, Indexing hanya perlu dilakukan saat ada Collection baru yang muncul. Gak harus selalu halaman baru di Index, meskipun sah-sah saja apabila dilakukan. Hihi.. (Karena dalam Bullet Journal gak ada salah dan benar, hahaha.. ).

Ada 2 Cara yang bisa kita lakukan dalam Indexing pada Bullet Journal : 


Ada lagi yang menggunakan Calendar sebagai Future Log dan Index secara bersamaan, yang terkenal dengan sebutan CALENDEX. Untuk ulasan tentang calendex saya akan masukkan ke dalam Panduan Dasar Future Log minggu depan. Hihi.. 

  • MANUAL INDEXING : Indexing yang dilakukan secara berkala setiap kali ada collection baru yang dibuat. 


Contoh Threading Index 

  • TREADING INDEXING : Indexing yang dilakukan dengan hanya menambahkan nomor halaman pada collection yang sama. Jadi tidak perlu membuat Judul baru jika memiliki collection yang setipe tapi terletak di halaman lainnya. Contohnya adalah gambar diatas yang berjudul PODCAST LOG / TRACKER.

    Nah itulah tadi ulasan tentang The Index. Supaya minggu depan gak ketinggalan berita tentang Panduan Dasar selanjutnya, akan ada informasi seputar Bullet Journal yang lainnya. Jangan lupa untuk subscribe di Blog ini ya ? 


    Biar makin lengkap lagi, jangan lupa ikutan gabung bereng teman-teman lainnya untuk mendapatkan informasi melalui newsletter tiap bulan.

    Gak cuma tentang update artikel, tapi juga ada freebie dan tips lainnya. Caranya dengan mengklik tombol gabung berikut ini !


    HAPPY BUJOING !