BUJO INDONESIA | TIME MANAGEMENT GUIDE

by - August 28, 2017

time management guide


Hari ini saya ingin berbagi ide tentang time management guide. Yaitu Bagaimana saya membagi waktu dari pagi hingga malam, dan apa saja yang ingin saya fokuskan dalam pengaturan waktu ini. 

TIME MANAGEMENT GUIDE


Membangun rutinitas itu tidak mudah, perlu niat dan yang pasti usaha. Nah, time management guide ini salah satu usaha saya untuk membangun rutinitas dalam kehidupan sehari-hari.

Supaya mudah terlihat (maklum mata saya udah rabun 🤭), saya membutuhkan objek yang eye catching. Supaya mudah mengenali informasi, makanya saya tambahkan gambar Bowgel. Bukan cuma itu, letak time management guidepun saya pasang di tembok pas di depan ( arah mata memandang ). 🤣🤣🤣

MENGGUNAKAN COLOR CODE



how to time management
TIME MANAGEMENT GUIDE

Dalam menentukan pembagian waktu, saya membutuhkan alat pendukung. Sekaligus sebagai reminder (pengingat) supaya saya bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Karena itu, saya membuat gambar pembagian waktu yang saya sebut dengan Time Management Guide.

Untuk memudahkan saya mengetahui berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk satu aktivitas, saya menggunakan Color Code sebagai pembeda.

Seperti terlihat pada gambar di atas, ada beberapa warna diagram yang saya buat. Ini berfungsi untuk membedakan kegiatan yang saya lakukan pada saat itu. Dan berikut ini penjelasan setiap warna yang saya gunakan :


  • Warna Biru 💙 adalah tentang personal (meliputi spiritual) dimana waktu itu adalah waktu yang harus saya gunakan untuk hal-2 yang sifatnya personal. (Sholat, Membaca Quran, melakukan pekerjaan rumah/kost (karena saya anak kost).
  • Warna kuning 💛 adalah tentang Bullet Journal seperti Rapid logging di pagi hari dan Review, Fillng tracker, spending log dll.
  • Warna Hijau 💚 adalah jam dimana saya bekerja.
  • Warna ungu 💜 adalah waktu dimana saya melakukan creative work. Seperti melukis, DIY atau yang lainnya.

Jika kita perhatikan gambar diatas, akan ada pembagian waktu siang dan malam. Bagian terdalam adalah waktu jam 1 pagi sampai dengan 12 siang, sementara lingkaran terluar adalah jam dari 1 siang hingga 12 malam.

PEMBAGIAN WAKTU 



time management by ewafebri


Dalam mengatur waktu, saya harus menentukan pembagian rutinitas kerja. Ini saya lakukan untuk bisa memaksimalkan waktu yang ada. Pembagian waktu sendiri sebenarnya terbagi menjadi 3 bagian utama. Yaitu Pagi hari sebelum kerja, Jam kerja, Sore hari sepulang kerja.

Namun ada 2 pembagian waktu yang saya fokuskan. Karena saat jam kerja, rutinitasnya sudah terbentuk. Justru waktu di luar jam kerja itulah yang sering tidak saya manfaatkan dengan baik.

MORNING ROUTINES


how to set up morning routine


Morning Routine adalah kegiatan pagi hari, yang saya lakukan selepas bangung tidur hingga sebelum berangkat kerja. Aktivitas ini saya mulai dari jam 5 pagi sampai dengan jam 9 pagi sebelum jam kerja. Biasanya, kisaran jam ini adalah waktu yang rawan, alias bikin mager kalo gak dimanfaatkan dengan baik. Karena itu,  harus dibagi waktunya dengan benar. 

Contoh pembagian waktunya, saya buat seperti di bawah ini :

~ Jam 5 sampai jam 6 saya gunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan spiritual : 
* sholat subuh
* Rapiin kamar tidur
* siapin sarapan (kopi yang pasti, hihi..)

~ Jam 6 - 7 pagi saya gunakan untuk hal yang berhubungan sama Bullet Journal.
* planning hari itu , membuat 3 hal terpenting yang harus saya kerjakan saat itu.
* check migration page. Pindahin ke hari itu jika ada yang bisa dilakukan di hari itu.
* 15 minute morning journal ( yang ini akan saya bahas dipostingan selanjutnya).

~ 7 - 8 pagi saya gunakan untuk :
* 15 minute membaca entah yang fiksi atau non fiksi
* mempersiapkan diri untuk bekerja (seperti mandi atau menyiapkan bekal buat kerja).

~ 8 - 9 pagi bisa saya gunakan untuk melanjutkan atau menyelesaikan creative work , mencari ide2 di sosmed atau blogwalking.

Jam 9 pagi sampai dengan jam 6 sore adalah waktu bekerja.

EVENING ROUTINE



how to set up evening routine


Sama halnya dengan morning routine , Evening Routine adalah rutinitas yang saya lakukan setelah pulang kerja. Waktunya dari jam 6 sore sampai dengan waktu tidur. (Saya biasa tidur jam 10 / 11 malam).

~ Jam 6 - 7 adalah waktu personal
* spritual (magrib & Isya')
* 15 Reading Al Quran
* Pekerjaan Anak Kost (seperti nyapu , ngepel, cuci baju, dan setrika dll, hihi..)

~ Jam 7 - 8.30
* creative work (bisa meliputi banyak hal, seperti melukis, Blogging, desain dll)

~ Jam 8.30 - 9 malam
* update Bullet Journal.

Waktu bersifat fleksible (jika ada perubahan 15 / 30 menit tidak masalah) yang penting, kita punya patokan di jam berapa saja kita melakukan kegiatan tersebut.

Dalam Time Management ini, saya hanya menekankan pada kegiatan Morning Routine Dan Evening Routine. Karena saya ingin membuat kegiatan tersebut menjadi otomatis nantinya. Selama ini diwaktu-waktu tersebut, banyak yang terbuang sia-sia di sosial media. Semoga dengan cara ini, saya bisa lebih produktif di dunia nyata daripada produktif di dunia maya. 😌


cara mengatur waktu

MANFAAT TIME MANAGEMENT


Ngomong-ngomong apa sih manfaat memiliki time management ? . Well, bagi saya banyak manfaatnya. Diantaranya :


  • Memaksimalkan waktu untuk kegiatan produktif. Kita bisa tahu kapan saja waktu senggang kita, dari pada dimanfaatkan untuk hal yang tak berfaedah, lebih baik digunakan untuk hal produktif. 
  • Bisa menyelesaikan banyak hal. Dengan mengatur waktu yang tepat, kita bisa mengerjakan banyak hal. Ini menjadi keuntungan tersendiri kan ? Jadi pekerjaan gak numpuk ! 😌
  • Disiplin mengolah waktu. Dengan pembagian waktu yang sudah kita tentukan, semoga bisa membangun rasa disiplin dalam diri kita sendiri. Maj sukses ? Harus disiplin donk ! 🤣🤣🤣
  • Mendapatkan banyak kesempatan. Terutama kesempatan mencoba hal baru. Hehehe... 
  • Mengurangi tingkat stress yang tinggi. Biasanya nie ya, kita itu akan stress kalo dikejar-kejar waktu. Padahal sebenarnya kita punya banyak waktu, mungkin karena membaginya kurang pas, jadi seolah kita sibuk tak berkesudahan. 🤭🤭🤭


Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan Time Management yang baik. Dan semoga contoh illustrasi di atas, mudah dipahami oleh teman-teman semua.

Pembagian Time Management Guide ini jadwalnya tidak harus sama seperti yang saya lakukan ya ? Boleh diubah dan disesuaikan sama kepentingan kita sendiri.

Buat teman-teman yang tertarik untuk mencobanya, silahkan. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai diagram ataupun istilah-istilahnya, monggo ditanyakan. Bisa langsung di kolom komentar atau lewat DM instagram.

Dan saya akan sangat berterima kasih jika teman-teman bersedia menyebarkannya. Supaya kita semua makin produktif di dunia nyata. Hihi..





You May Also Like

0 comments