PENGHASILAN GOOGLE ADSENSE BLOG PERTAMA

PENGHASILAN GOOGLE ADSENSE BLOG PERTAMA



[ewafebri.com] | PENGHASILAN GOOGLE ADSENSE BLOG PERTAMA. 

Akhirnya, saya  bisa menikmati digaji oleh Adsense setelah 25 bulan berjuang dengan drama yang bikin deg-degan. Hahaha.. Rasanya tuh, apa yang saya perjuangkan tidak sia-sia, asal sabar dan percaya, pasti ada hasilnya. Hihihi... Alhmadulilah. 

Lantas, gimana sih proses dari awal hingga mendapatkan gaji adsense untuk pertama kali ? 

PENGHASILAN GOOGLE ADSENSE BLOG PERTAMA


Tanggal 21 Oktober 2020 saya mendapat email notifikasi dari Google Payment. Dalam email tersebut , Google Asia Pasifik menuliskan bahwa mereka sudah mengirimkan gaji pertama saya melalui rekening bank yang sudah terverifikasi sebelumnya. Bahagia banget donk, tentunya. Hihihi.. 

MEKANISME PEMBAYARAN GOOGLE PAYMENT


Jadi nie, awalnya saya salah memahami mekanisme pembayaran adsense. Tadinya saya kira, penarikan gaji adsense itu bisa dilakukan kapan saja setelah mencapai batas revenue. Karena niatnnya saya gak akan withdrawl untuk sementara waktu, alias ingin saya tabung dulu. 

Tapi ternyata, pada setingan di paymentnya, secara default gaji adsense akan dikirimkan seteipa bulan. Walapun sebenarnya ada opsi lainnya. Berhubung saya takut malah gak digaji (hihihi..) akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti setingan defaultnya. 

Dan benar saja, Alhamdulilah tanggal 21 Oktober saya mendapatkan email dari Google Payment tentang pembayaran Adsense. Tepat tanggal 22 Oktober sekitar jam 10 an, Gaji Adsense saya pertama kali masuk rekening bank yang sudah terverifikasi. Yeaaay.. 

Untung banget cepet prosesnya, mungkin karena pas ahri kerja juga ya ? Melalui email tersebut, Adsense juga memberitahukan tentang estimasi waktu terhadap proses tranfer, yaitu 5 hari kerja. Apabila lebih dari 5 hari, uang belum masuk rekening, kita bisa menghubungi pihak Bank untik informasi selanjutnya. 

PROSES AWAL HINGGA GAJIAN




25 Bulan memang bukan waktu yang pendek untuk bisa mencapai batas revenue. Bahkan saya sempet putus asa dan menyerah ketika beberapa kali proses verifikasi tidak berjalan mulus. Apalagi pada prosesnya, iklan yang tayang juga sempat menghilang dari Blog ini

Entah kenapa saya masih memiliki sedikit keyakinan bahwa suatu hari nanti, pasti bisa menikmati hasilnya. Caranya dengan tidak menyerah dan tetap berusaha mencari solusi dari setiap drama Adsense yang terjadi. Alhamdulilah keyakinan kecil itu terbukti saat ini. 

Nah, untuk mengingatkan saya dan juga menginformasikan kepada teman-teman semuanya, hari ini saya akan bercerita tentang proses yang saya hadari dari awal alias 25 bulan lalu. 

APPLY ADSENSE


Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk mencapai target tentu saja membuat akun adsense terlebih dahulu. Hihihi.. ya gimana mau dapet duit adsense kalo gak punya akunnya. Yekan ? Nah, sesuai pengalaman yang pernah ditolak 2 kali serta apply untuk akun web lainnya, untuk bisa di-approve oleh Adsense, saya  memiliki sedikit tips dan trik. Hihihi.. 

  • Pastikan Blogmu lebih dari 3 bulan. 
  • Selama masa 3 Bulan tersebut, aktiflah dalam mempublish tulisan. Usahakan tulisan tersebut minimal 300 kata dengan memanfaatkan teknik-teknik SEO. 
  • Upayakan untuk membuat navigasi di Blog yang jelas. Ada privacy policy. ada disclaimer, ada contact dan about me pagenya, sehingga Blog kamu meyakinkan untuk direview Adsense sebagai Blog yang berkualitas. 
  • Jika berkeinginan menggunakan TLD, mungkin lebih afdol kalo kalian apply ketika sudah berganti TLD, karena dikuatirkan proses transisinya akan banyak hal yang harus dilakukan. 
  • Selama proses review Blog, usahakan untuk sering publish tulisan dan jangan gonta-ganti template. Takutnya masih dianggap Blog galau oleh Adsense. Hahaha.. 
  • Berdoa ! karena apapun aktivitas dan targetmu, berdoa adalah cara terbaiknya. Hihihi.. 

MENGUMPULKAN TRAFIK


Jika apply Adsense kalian sudah disetujui, bukan berarti PRnya sudah selesai ya ? Karena justru kalian sedang memasuki zona tantangan. Di mana untuk bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, hal mutlak yang harus dilakukan adalah dengan mengumpulkan trafik organik sebanyak-banyaknya. hahaha..

Pada masa inilah kita harus punya tips dan trik meningkatkan pendapatan Adsense secara natural. Di zona uni pula kita diuji kesabaran untuk terus mengupdate Blog serta bisa mendapatkan trafik yang nantinya akan mempengaruhi seseorang untuk mengklik iklan yang ada di Blog kita. 

Cara mengumpulkan trafik pun beragam. Tapi saya mah orangnya agak kuno, jadi saya melakukan cara-cara yang tak terlalu beresiko. Seperti : 


VERIFIKASI DATA


Seperti yang pernah saya bahas di tulisan daya sebelumnya, bahwa ada beberapa tahapan verifikasi yang diminta oleh Adsense. Paling tidak saya diminta 3 kali tahapan verifikasi. Nah soal berapa banyak verifikasi saya tidak tahu pasti. Tapi sesuai dengan pengalaman saya, ada 3 tahapan yang dilakukan : 

  • Verifikasi data pribadi. Yaitu verifikasi berupa data personal, seperti KTP atau tanda pengenal lainnya. 
  • Verifikasi Rekening Bank. Nah ini untuk memudahkan proses transaksi perbankan saat kita mendapat gaji Adsense. 
  • Verikasi Pin alamat rumah. Nantinya Adsense akan mengirimkan pin ke domisili kita yang selanjutnya harus diverifikasi kodenya.

Setelah melewati 3 tahapan verifikasi tersebut, kita tunggu proses hingga pendapatan Adsense mencapai batas revenue dan siap kita nikmati hasilnya. hehehe.. 

Perlu dicatat juga bahwa setiap verifikasi itu memiliki rentan waktu yang berbeda, tak selalu di waktu yang sama. Misalnya saja saat verifikasi pin rekening Bank, kita baru mendapatkan notifikasi setelah Blog bisa menghasilkan adsense $10 atau Rp. 130.000.

MENINGKATKAN PENDAPATAN ADSENSE


Langkah selanjutnya adalah konsisten meningkatkan pendapatannya. Soal ini ada banyak tipe manusia. Kalo kalian tipikal orang yang santai terhadap pendapatan, ya gak perlu bingung dengan proses ini. Cukup santai menulis saja dan lakukan sesuka hati. 

Namun, apabila kalian ingin mendapatkan hasilnya secepat mungkin, harus ada usaha yang dilakukan untuk mencapainya. Lagi-lagi ini hanya selere kita dalam hal Blogging. Ada yang ogah-ogahan karena sudah punya banyak uang, ada yang santai dan berpikir, " itung-itung dapet bonus", ada juga yang ngebet biar cepet dapet penghasilan. Semua sah-sah saja. hehe.. 

Bagaimana cara meningkatkan pendapatan Adsense ? saya pernah membahasnya di sini

Paling tidak ini beberapa kisi-kisinya : 


  • Membuat Ads Unit In Article
  • Memanfaatkan eksperimen yang ada. 
  • Membuat Custome Chanel. 
  • Membuat beberapa Ads Unit yang berbeda-beda
  • Optimasi SEO dan SERP..

Sebenarnya tipsnya ya itu-itu aja sih Gaes. Tapi jujur, dengan memanfaatkan tips di atas, pendapatan saya selalu meningkat setiap bulannya, meski di bawah 20 % hahaha.. Lumayan kan ya ? Daripada gak sama sekali. hehehe.. 

KESIMPULAN


Setelah melewati tahan proses yang saya sebutkan di atas, kita tinggal tunggu hasilnya saja. Tentang kurun waktu kapan gajiannya, setiap orang tentu berbeda-beda, tergantung pendapatan dan trafik yang kita dapatkan. hehehe.. 

Bagaimana ? Apakah kalian tertarik mendaftarkan diri ke Adsense. Dari lamanya waktu untuk mendapatkan Gaji pertama, saya sarankan untuk mendaftarkan diri dari awal. Hahaha.. Tapi jika kalian gak sabaran, gunakan teknik monetize lainnya yang lebih cepat menghasilkan. hehehe.. 

Ngomong-ngomong target Blogging saya sudah tercapai, bahwa saya mendapatkan gaji dari Adsense ! Yeay !!!.. 


Post a Comment

0 Comments