MENGELOLA BANYAK BLOG, INI KESULITANNYA !

mengelola banyak blog



[ewafebri.com] | MENGELOLA BANYAK BLOG, INI KESULITANNYA !

Entah datang darimana ide saya ini. Kok tiba-tiba sekarang banyak Blog yang saya tangani. Meskipun semuanya seru tapi ternyata gak semudah bayangan saya dulu. Berikut ini beberapa kesulitan yang saya hadapi setelah mengelola Blog lebih dari 2 biji. hihihi..

MENGELOLA BANYAK BLOG, INI KESULITANNYA !


Rakus atau gak pernah merasa puas ? apapun itu, memang saya kadang begitu orangnya. Apalagi kalo punya ide dadakan gitu, pinginya sok merasa rapi dan perfeksionis tapi gak sesuai dengan harapan. hahaha.. 

Pun ketika saya dulu memiliki ide untuk memisahkan topik seni dan journaling dalam 2 Blog yang berbeda. Padahal ternyata semua itu bisa diakali dengan membuat subdomain saja. Hadeeeh... Saya telat mengetahui tentang ini. Hahaha.. Tapi tak apalah dengan begini saya bisa belajar dan sharing pengalaman di sini. Plus bisa jadi konten ewafebri. hahaha.. 

TUJUAN MEMBUAT BLOG LEBIH DARI SATU


Jadi dulu itu topik tentang seni dan art therapy berada di dalam Blog ini. Hingga kemudian saya memutuskan untuk membuat Blog dengan niche khusus seni. Meskipun begitu, bahasan tentang seni masih bisa kalian cari di sini kok Gaes, Kalian bisa eksplore di bagian menu navigasi START HERE. 

Semakin berkembangnya Blog ewafebri, semakin berkembang juga ide dan keinginan saya dalam membahas sebuah topik. Dari yang cuma tentang Journaling, akhirnya merambah pada bagian material lukis yang kadang gak berhubungan langsung dengan kegiatan journal.  

Pertimbangan inilah yang kemudian membuat saya memutuskan untuk memisahkan Blog Journal dan Blog seni. Supaya pembaca juga jadi gak bingung, ke sini mau baca tentang apa sih sebenarnya ? gitulah tujuannya. 

Masalah timbul ketika berjalannya Blog ewafebri dan ewafebriart, saya juga menjadi admin web di salah satu komunitas menulis 1 Minggu 1 Cerita. Belum lagi saya juga mengelola website forum seni di Jakarta Selatan, serta web khusus kerjaan. Total Blog yang saya kelola sekitar 6. Dan kemudian membuat saya pusing. hahaha.. 

Beberapa kesulitan yang muncul di antaranya : 

JADWAL PUBLISH 


Walaupun tak semua artikel yang dipublish merupakan buatan saya, tapi proses publish artikel tersebut melalui editing saya lebih dulu. Bagaimana menyusun paragrafnya, bagaimana menambahkan imagenya, bagaimana menentukan SEOnya dan lain-lain. Hal ini tentu memakan waktu dn energi juga. 

Beruntung di Komunitas 1 Minggu 1 Cerita, pekerjaan saya lebih dipermudah karena sudah dibuat template artikelnya. Tapi tetap harus melewati editing juga, karena saya harus mengimput data-data yang diperlukan dalam artikel tersebut. 

Nah yang kuwalahan justru saat mengelola Blog pribadi ini, hahaha...

Demi mempertahankan kesan personal dan ciri khas ewafebri, saya harus membuat artikel dari awal. Biar kalo orang baca itu, memang sedang membaca tulisan ewafebri. Jadi ciri khas tersebut gak hilang. Yang menjadi persoalan adalah waktu saya membuat artikel dari awal hingga publish ini yang kadang tersela dengan aktivitas bloggimg lainnya. hehehe.. 

So.. saya minta maaf kalo belakangan ini, publish artikel di Blog ewafebri gak sesering beberapa bulan lalu. Tapi tenang saja, saya tetap usahakan untuk selalu update 1 kali seminggu, hehehe.. 

RESEARCH MATERI


Mungkin kalian yang udah lama mengikuti Blog ini, bisa melihat perubahan tentang jenis artikel yang saya publish. Kalo dulu saya seringkali membuat artikel yang berfaedah dengan tutorial maupun tips-tips, belakangan ini justru postingan receh tentang pengalaman pribadi yang muncul di sini. hihihi.. 

Alasannya tak lain adalah minimnya waktu saya dalam mengumpulkan data / research tentang pengetahuan yang berfaedah. hahaha.. Maklum, selain pengalaman pribadi, beberapa artikel tips maupun tutorial di Blog ewafebri biasanya saya buat berdasarkan pengetahuan maupun sumber dari Blog lainnya. Di mana biasanya saya sertakan link atau credit pada resource yang saya gunakan. 

Hal itu saya lakukan untuk menguatkan pengalaman yang terjadi, sehingga informasi yang saya berikan lebih valid dan tidak mengada-ada. Gitu gaes ! 

TIME CONSUMING


Aktivitas Blogging meskipun aktif saya lakukan, bukan menjadi pekerjaan utama saya. Di luar aktifitas menulis dan update Blog, saya memiliki pekerjaan yang memiliki tanggu jawab penuh untuk dilakukan. Ibaratnya mah, Blogging cuma ekstra kulikuler saja gitu Gaes. 

Ngomongin ekstra kulikuler, blogging bukan cuma satu-satunya, saya juga punya hobi yang belakangan saya gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu di bidang gambar. Nah inilah aktivitas lainnya yang juga membutuhkan banyak waktu, di mana saya harus membuat suatu produk yang bisa saya jual untuk menambah pendapatan. 

Produk apa saja yang saya jual ? kalian bisa langsung klik My Shop di bagian menu navigasi, atau di tulisan ini. hihihi.. (Promosi donk ! ) hehehe.. 

Hal inilah yang membuat saya kadang hanya bisa mengupdate Blog-blog tertentu, sementara Blog lainnya, untuk sementara saya anggurkan lebih dulu. Hihihi.. (bahasa macam apa ini ?).

MINIM IDE TULISAN


Kesulitan lain yang saya rasakan adalah mendapatkan ide yang fresh untuk membuat tulisan yang berkualitas dan bermanfaat. Gara-gara waktunya sudah tersita untuk pekerjaan dan aktivitas lainnya, saya jadi jarang brainstorming lagi tentang topik konten yang ingin saya publish. 

Beruntung di awla tahun 2020 ini saya membuat prompt untuk journaling. Paling tidak dengan mengandalkan prompt tersebut saya masih memiliki tema apa saja yang akan saya publish tiap minggunya. Hehehehe.. 

KESIMPULAN


Mengelola banyak Blog memang seru, tapi juga bikin puyeng mengaturnya, hahaha... Saya salut pada orang-orang yang mampu mengelola banyak Blog, terutama dijadikan bisnis oleh mereka. Hihihi.. Karena gak gampang bisa fokus pada beberapa Blog sekaligus. 

Beruntung saya terselamatkan dengan fitur Schedule Post, sehingga ketika saya sudah memiliki tabungan artikel, saya gak perlu pusing mengurusi kapan waktu publishnya. Dengan begitu saya bisa lebih fokus untuk menulis atau mengedit artikel baru dan seterusnya. Hehehe.. 

Bagaimana dengan kalian ? berapa banyak Blog atau web yang dikelola ? Apa trik kalian untuk bisa terus mengupdatenya ? Share tipnya di kolom komentar yuk ! hihihi.. siapa tahu bisa saya atau teman-teman lain gunakan. Hehehe...   

Post a Comment

0 Comments