SCROLLING IS THE NEW ADDICTION

by - October 28, 2019

scrolling is the new addiction


[Start Your Day With Ewafebri] Scrolling is the new addiction. Siapa yang relate banget sama hal ini ? Hayo ngaku ! 🤭 Saya sih salah satu orang yang terkena dampak ini. Apa dampak buruknya bagi kita ? Yang namanya sesuatu yang berlebihan pasti punya dampak tak baiknya. Pun tentang scrollling ini.


SCROLLING IS THE NEW ADDICTION



Kalo the minimalist mengatakan Scrolling is the new smoking, sama halnya dengan scrolling is the new addiction. Kedua (srolling dan merokok) memang sama-sama menyebabkan kecanduan yang parah. Tak hanya tentang kesehatan secara psikologis. Tapi juga kesehatan tubuh kita. Seperti yang saya alami beberapa hari terakhir ini.


KENAPA SCROLLING MENJADI CANDU ? 


scrolling is the new smoking


Entah disadari atau tidak, sosial media membuat kita menjadi kecanduan secara aktif maupun pasif. Aktif artinya kita memang turut serta dengan aktif mengelola sosial media untuk berbagai kepentingan. Bisa untuk branding, hiburan ataupun mencari informasi saja. 

Sementara peran pasif adalah kita menggunakan sosial media sebagai media hiburan dan informasi saja. Apapun kebutuhan kita terhadap sosial media, ini bisa membuat kita menjadi pemain aktif dalam hal scrolling. 

Pingin cari gosip, scroll. Pingin cari diskonan, scroll. Pingin cari informasi, scroll. Bahkan mau cari mantan aja bisa scroll, eh. Nah inilah yang kemudian mengawali candu Scrolling di jaman ini.


Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Anxiety


APA DAMPAK BURUK DARI SCROLLING ? 



Yang namanya candu, rasanya ada yang kurang jika tidak dilakukan. Ada yang sudah merasa demikian ? Ada yang gak lengkap, jika jari-jari ini gak mengutak-atik layar smartphone. Yang tanpa kita sadari, muncul banyak dampak buruknya. 

GELISAH


Pernahkah kalian merasa gelisah setelah scrolling di timeline ? Entah itu karena menemukan berita yang tak diinginkan ataupun kejadian yang tak diharapkan ?. 

Misalnya saja, pas scrolling timeline mendadak kita ngeliat si doi lagi godain orang lain. Meskipun sebenarnya biasa aja, tapi jadi bikin kesel pingin salto aja. Atau misalnya, habis beli barang baru, eh ternyata teman ngeposting barang yang sama dengan caption harga yang sangat murah sekali, kan jadi KZL. 

Itu hanya sebagian cerita aja, yang kita tahu sekarang ini banyak banget berita yang bikin hati berdesir. Apalagi kalo menyangkut tentang politik. Haha...

Kemarin sempet bersitegang sama sodara dan tetangga gara-gara pilihan politik, njuk sekarang elitnya malah biasa aja. 🤭🤭🤭🤭 Sudahlah ! Jangan mau digombalin politik ! Kalo udah punya pilihan, ya sudah saja. Cukup sekian ! Mari hidup bertetangga dan bermasyarakat lagi.

OBSESI


Hayo siapa yang pagi-pagi serasa "harus" banget scrolling segala sosial media meskipun gak ada notifikasi apa-apa ? Berasa ada ritual pagi yang gak komplit kalo belum scrol.

Jujur belakangan ini saya mengalami masalah ini. Yang saya scrol sih bukan tentang messenger atau notifikasi instagram maupun twitter, tapi ke aplikasi Adsense. Hahaha.. parah banget ya ! Serasa pingin tahu, kemarin pendapatan Adsense saya berapa gitu ?


MATA BERMASALAH

dampak buruk gadget


Dan inilah salah satu alasan kenapa saya mengurangi aktifitas di sosial media belakangan ini. Yup ! Mata saya mulai parah dibandingkan beberapa waktu lalu.

Sebelumnya memang saya pernah mengalami hal ini, tapi hanya 1 minggu kemudian mata saya membaik lagi. Sayangnya, belakangan ini sudah lebih dari 2 minggu, mata saya gak sembuh juga.

Oleh karena itu, mulai membatasi sosmed dengan menguninstall hampir semuanya, termasuk whatsapp. Satu-satunya platform yang gak saya install ya cuma Blog ini. Hahaha..

Bagaimanapun saya butuh media untuk menyalurkan hobbi dan juga terapi. Dan mau tidak mau Blog menjadi salah satu pilihannya.


Baca Juga : Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Di Kepala


BEGADANG


dampak negatif gadget


Pernah gak sih, saking asiknya scrolling jadi lupa waktu ? Eh, tau-tau udah jam 2 malam. Ini sering banget terjadi sama saya. Gegara asik scrolling saya lupa waktu, tau-tau udah larut dan gak bisa tidur. Padahal keesokan harinya saya harus kerja lagi 😭.

Ini berakibat tidak fit di badan. Sering ngantuk, lelah dan lesu menjadi dampak yang gak bikin semangat kerja di pagi hari.

Oleh sebab itu, supaya tidak makin menjadi, saya mulai mengurangi aktifitas di dunia maya. Sejujurnya, aktivitas scrolling belakangan ini memang mulai mendominasi hari-hari saya. Jika tidak saya kurangi, saya takut efeknya makin negatif di kemudian hari.

Bagaimana dengan kamu ? Apakah kalian juga merasakan dampak yang sama tentang aktifitas scrolling ini ? Solusi apa yang biasa kalian terapkan untuk mencegah dampak negatifnya ? Yuk, share di kolom komentar. Siapa tahu tips kita bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari solusinya. 

You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :