5 CARA MENGHADAPI ANXIETY UNTUK MENJAGA KESEHATAN MENTAL

by - December 01, 2018


Ewafebri Menghadapi Anxiety


Kenapa saya merasa bahwa tema challenge kali ini sangat sulit sekali ya ? Huhuhu.. Barangkali karena saya gak pernah menerapkan hidup sehat yang seharusnya. Hahha..  Hidup saya mah sekehendak saya kayaknya. Makanya kemarin saya sempet ketakutan kena Kolesterol. Huhuhu.. tapi, beberapa cara berikut ini adalah cara sederhana yang saya lakukan (hingga sekarang) untuk menjaga kesehatan mental, terutama saat menghadapi serangan anxiety. Yup.. meskipun pola hidup (fisik) gak sehat, mental harus tetep dijaga. Jangan sampai gak sehat dua-duanya. Iya kan.. ? Iya kan.. ? Hihi..

[ Table Of Content ]


  1. MENCARI SUMBERNYA
  2. MENYADARI SUMBERNYA
  3. MENERIMA SUMBERNYA
  4. THINK POSITIF
  5. ALWAYS PRAY


5 CARA SEDERHANA MENJAGA KEWARASAN MENTAL 





Walaupun saya sering menulis tentang postingan yang positif , bukan berarti saya gak terserang anxiety atau depresi loh. Sering, dan kadang membuat saya jadi males ngapa-ngapain. Bawaannya pingin mengurung diri, gelap-gelapan, males berinteraksi dan lebih suka membiarkan pikiran kemana-mana. Tak jarang pikiran itu kemudian mengarah ke suatu hal yang negatif. Gak bisa tidur, lelah, gelisah, kuatir berlebihan dan kadang sesak nafas bisa menjadi indikatornya. Kalo bisa nangis sih masih mending. Kadang karena gak bisa, jadi malah susah nafas. 

Nah berikut ini adalah beberapa cara  sederhana yang sering saya lakukan jika si Anxiety dan depresi mulai menyerang : 

1. MENCARI SUMBER KEGELISAHAN


Mencari akar dari kegelisahan ini penting menurut saya, caranya dengan jujur pada diri sendiri. Tak perlu malu kepada diri sendiri apapun akar permasalahan yang sedang kita hadapi. Makin kita jujur sama diri sendiri makin kita bisa memahami bagaimana cara mendapatkan solusinya.



Cara saya mengurai akar masalah ini biasanya dengan menggunakan Journal, hahaa.. (kan.. kan.. jatuhnya ke sana lagi... ) tapi ini memang benar Gaes.. hihi.. Bagi saya, segala sesuatu yang  tertulis bisa lebih mudah saya urai dan pahami. Dan cara ini membuat saya bisa lebih berpikir jernih. 


2. MENYADARI SUMBER KEGELISAHAN


Menyadari sumber kegelisahan. Apakah berakar dari dalam diri atau dari pengaruh luar. Dengan menyadari kegelisahan akan membuat kita lebih bisa menentukan pilihan akan solusi. Dilupain aja apa dihadepin ? Hihi.. gitulah kira-kira. 


3. MEMBERIKAN KESEMPATAN DAN MENERIMA APAPUN PERASAAN YANG SEDANG KITA HADAPI


Setelah menyadari sumber kegelisahan, saatnya kita memberikan kesempatan pada kegelisahan itu sendiri. Jika memang kegelisahan itu berasal dari sendiri, akui ! Dan nikmati (maksudnya kita notice , atau kita terimalah rasa gelisahnya, gak perlu buru-buru diusir. Hahaha.. * duh kok susah ngejelasinnya ya.. ? 😂😂😂 *).

Ewabowgel

Intinya tuh kayak melakukan percakapan dengan diri sendiri , (Evva to Ewa) " owalaaah karena ini toh Wa... ? Baiklah... ! Saya mengerti perasaanmu Wa.. !" (Semoga kalian mengerti maksud saya... ? 😭😭😭😭).

Baca Juga : KEBIASAAN BURUK YANG HARUS DIHINDARI SUPAYA LEBIH BAHAGIA


4. MENGGANTI PIKIRAN NEGATIF MENJADI POSITIF


(Evva adalah nama saya sebenarnya, sementara Ewa adalah nama untuk Perasaan Saya) 😂😂😂


Ewabowgel


Setelah mengiyakan perasaan si Ewa tadi , sudah saatnya Evva mulai pintar mengubah pikirannya dari yang negatif menjadi yang positif.

Misalnya nie sih Ewa ngomong ke si Evva, " gara-gara gw , semua jadi berantakan, mendingan gw pergi aja ! ", Nah Si Evva harus bisa menimpalinya , dengan mengubahnya menjadi hal yang positif , " tapi Wa, justru karena ada kamu, masalahnya jadi kelihatan nyata ! Gak masalah kalo sekarang berantakan, mari kita perbaiki satu demi satu ".

Ewafebri Art Illustration


Jadi, Apapun hal negatif yang sempat dilontarkan oleh si Ewa, si Evva harus bisa mengubahnya menjadi hal yang positif. Sehingga otak kita hanya akan menerima informasti positif sebagai informasi terakhir yang akan diproses.

5. MENINGKATKAN ASPEK SPIRITUAL DAN RELIJIUS


Jika mengolah pikiran negatif menjadi pikiran positif tidak mempan, aspek yang paling bisa menolong tentu aspek spiritual dan relijius. Kadang hati saya bisa merasa sangat tenang hanya dengan mengingat Tuhan. Saya merasa bahwa saya tidak sendiri, saya merasa bahwa apapun masalahnya saya akan mampu mendapatkan solusi, saya merasa bahwa saya selalu di lindungi, dan saya merasa tidak ketakutan lagi.

Semakin sering saya MengingatNya, semakin berkurang beban dan kegelisahan yang saya rasakan. " MengingatNya " itu gampang-gampang susah, bukan sekedar mengingat " NamaNya " , tapi mengingat dalam artian merasakan KehadiranNya dalam kehidupan kita, dalam tingkah laku kita dan dalam ibadah kita.


Itulah 5 cara sederhana yang sering saya lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Dalam menghadapi kegelisahan, nomor 2 dan 5 itu penting banget. Kita harus tahu dari mana kegelisahan itu berasal. Jika dari dalam diri kita sendiri, artinya kita memang harus mencari solusinya. Tapi jika sumber kegelisahan kita dari luar, kita bisa saja mengabaikannya.



Yang harus kita ingat adalah, kita tidak harus selalu menyalahkan diri sendiri atas tindakan dan pilihan yang dilakukan oleh orang lain. Jika kegelisahanmu berasal dari hal ini, langkah utamanya cukup dengan " Mengiyakan/memaafkan diri sendiri ", kemudian berfikir positif, dan setelahnya pasrahkan pada Tuhan.

(Sek bentar saya tak ngakak dulu )


Gak tahu kenapa pas bikin tulisan ini tuh rasanya pingin ketawa. Sebenarnya cara ini memang benar saya lakukan setiap saya mulai terserang Anxiety, tapi saya pingin ketawa dengan cara saya menyampaikan. Kok gini banget ya.. ? Tapi ya sudahlah.. udah kejar tayang.. semoga kalian semua tetap diberi kewarasan setelah membaca postingan yang semrawut ini. AMIIIIIN...



You May Also Like

19 comments