METODE PENCATATAN DENGAN SKETCHNOTE DAN MANFAATNYA

by - July 03, 2018

Hello there..

Belakangan ini saya merasa sangat produktif sekali, mungkin karena habis liburan panjang kali ya.. ? hahaha.. Alhamdullilah. 
Saking produktifnya hampir setiap hari saya bisa menghasilkan karya yang berhubungan dengan art. Lukisan abstrak , illustrasi, Artzine, New character, bullet journal dan yang terbaru adalah Sketchnoting. 

SKETCHNOTING 


SKETCHNOTE BY @EWAFEBRI


Apa itu sketchnote ?  hmmm.. Tepat sekali, hari ini saya ingin membahas tentang materi yang satu ini. 

Apa itu Sketchnotes ?


Sketchnotes are a visual note-taking approach that extend text-only notes to make use of drawings, icons, lettering and other visual elements to capture and share ideas.

- Mike Rohde -


Bahasa lugasnya, Sketchnote adalah :


Teknik pencatatan yang berisi tentang tulisan dan gambar atau element lainnya (seperti gambar-gambar icon) yang bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah idea dan membaginya ke khalayak ramai.
(bahasa lugas dari mana ini ? hihi... ) Tapi begitulah kira-kira definisi dari sketchnote. Sketchnote pertama kali dipopulerkan oleh Mike Rohde, didalam bukunya Sketchnote the Handbook, Mike mengatakan bahwa ;


Sketchnote tercipta dari rasa frustasi yang dia alami ketika dia harus membuat catatan dengan detail dalam sebuah pertemuan atau konferensi. Frustasi itu timbul ketika dia harus mampu menangkap setiap informasi yang disampaikan oleh pembicaranya  dan menuangkannya ke dalam sebuah catatan. Yang membuat dia lebih frustasi lagi adalah ketika dia harus membaca kembali informasi tersebut  untuk kedua kalinya sebagai cara penguasaan materi yang telah disampaikan oleh nara sumber.
Sama halnya seperti kita harus nyatet di sekolah, trus pas ngulang belajar dirumah jadi pusing sendiri sama catatan kita. huhuhu....

Kemudian, timbullah ide untuk membuat catatan yang mudah dipahami, tidak monoton, lebih kreatif dan jauh dari kesan membosankan bahkan bisa memberikan detail informasi dengan menggabungan visual gambar dan juga deskripsi dalam bentuk kalimat yang dia namakan dengan sketchnote.  Dengan sketchnote dia bisa lebih fokus dan rileks dalam mendengarkan materi yang disampaikan oleh nara sumber.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel Tentang Metode Pencatatan Lainnya : 



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

IDEAS NOT ART


Pada dasarnya cara membuat sketchnote tak sesulit definisinya, karena semua orang bisa membuatnya. Tak harus pandai menggambar karena yang ditekankan pada proses pembuatan sketchnote adalah tentang idenya. Entah itu tentang cara penyampaian idenya, atau informasi dari ide itu sendiri. 

credit : mike rohde


Ada 5 elemen dasar yang perlu dikuasai dalam pembuatan sketchnote selain tentang cara penulisan ( Lettering) : 
  1. Membuat Lingkaran
  2. Membuat Kotak
  3. Membuat Segitiga
  4. Membuat Garis
  5. Membuat Titik
Dari 5 elemen tersebut kita sudah mampu membuat sebuah gambar sederhana , misal membuat sebuah layar komputer , terdiri dari kotak dan beberapa garis pemisah. 


Sketchnote Anatomi dari Sketchnote itu sendiri ( Sketchnote Inception 😁)


Dan berikut ini beberapa contoh Sketchnote yang saya buat : 

SKETCHNOTE YANG BERHUBUNGAN DENGAN MENTAL HEALTH WWW.CHANGEDIRECTION.ORG

Sketchnote ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kejadian menghilangkan nyawa diri sendiri. Guys jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ya ?, tidak hanya raga tapi juga mental kita, selain bisa menggunakan journaling sebagai salah satu solusinya, jangan lupa untuk selalu dekat dan meminta pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga kita semua dijauhkan dari tindakan yang merugikan diri kita dan orang lain. Aaamiiin. 


Sketchnote yang berhubungan dengan kreativitas

Sketchnote diatas adalah ide tentang cara-cara bagaimana kita melatih otak kita untuk bisa lebih kreatif berdasarkan buku yang berjudul THINKERTOYS karya MICHAEL MICHALKO. Dibandingkan dengan sketchnote  sebelumnya, isi dari sketchnote ini lebih banyak tentang definisi dibandingan dengan illustrasi gambar. Jadi sketchnote juga bisa hanya berupa tulisan saja. Yang penting memudahkan pembuatnya untuk mereview catatannya. 

Sketchnote tentang proses ide pembuatan bank idea
Jadi pada intinya sketchnote adalah metode pencatatan yang menggabungkan gambar, icon dan tulisan yang kaya akan informasi tentang sebuah ide ataupun penjelasan tanpa banyak detail penulisan. Tak harus jadi seorang seniman untuk bisa membuat sketchnote karena siapapun bisa melakukannya asal berani mencoba dan sering melatih diri untuk membuatnya.

Adapun beberapa manfaat dari Sketchnote yang saya rasakan adalah sebagai berikut :


  1. Sketchnote bisa membuat kita lebih fokus dalam menyimak dan menerima materi dari nara sumber, karena tanpa penerimaan informasi yang  baik, sulit rasanya menuangkan dalam sketchnote. Fokus adalah Kunci.
  2. Mengasah ketrampilan kita dalam hal menuangkan ide kedalam sketchnote.
  3. Mengasah ketrampilan kita dalam hal menggambar atau membuat illustrasi.
  4. Bisa mengekspresikan kreatifitas kita.
  5. Sketchnote kaya akan informasi secara visual dan juga detail deskripsi yang memudahkan kita untuk mengingat materi itu kembali.
  6. Kita tak perlu banyak menuliskan deskripsi dengan banyak detail.
  7. Bisa meningkatkan daya konsentrasi kita.
  8. Dan yang pasti catatan kita jadi tidak membosankan. hehehe.. 
Itulah tadi beberapa manfaat Sketcnote, Jangan takut untuk mulai mencobanya karena gak harus bisa menggambar dengan baik untuk bisa menciptakan sebuah sketchnote tapi cukup dengan niat dan kemampuan menangkap informasi yang baik.

Sketchnote tak hanya digunakan bagi mereka yang sedang dalam konferensi atau mendengarkan presentasi ataupun seminar lho... Tapi juga bisa digunakan untuk anak sekolah ataupun mahasiswa yang hobbi mencatat sambil ngedoodle. Hehe... biar gak dimarahin sama Bu/Pak Guru/Pengajar kalo pas tercyduk ngedoodle. hahaha... 

Jika kalian ingin belajar lebih dalam lagi, kalian bisa membeli bukunya THE SKETCHNOTE HANDBOOK karya MIKE ROHDE

Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa dipostingan berikutnya. 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel Menarik Lainnya :




You May Also Like

0 comments

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏