REKOMENDASI TOKO BUKU ONLINE TERLENGKAP, BOLEHBACA.COM

by - September 23, 2019

rekomendasi toko buku online


[Start Your Day With Ewafebri] Rekomendasi toko buku online terlengkap - Siapa penggemar buku di sini ? atau penggemar "membeli" buku saja ? Bacanya mah, entah kapan tahu. Hihi.. Wah kalo kalian salah satunya, selamaaat ! Hari ini saya akan memberikan ulasan tentang tempat membeli buku secara online.

REKOMENDASI TOKO BUKU ONLINE TERLENGKAP, BOLEHBACA.COM


bolehbaca


Sejujurnya saya bukan penggemar buku layaknya saya menggemari journaling, namun untuk memberikan gizi pada otak, saya selalu menyempatkan waktu untuk membaca. Entah itu membaca artikel digital ataupun dalam bentuk buku. 

Yang menjadi persoalan buat saya ini sebenarnya adalah hasrat membeli buku tak sebanding lurus dengan minat membaca. Seringkali nafsu membelinya lebih besar daripada menyelesaikan buku yang dibaca. Hadeeeh !

Walhasil, banyak banget buku yang tak terjamah dan hanya menghiasi rak buku saja. Sayang banget kan ? Padahal itu buku bisa saja lebih bermanfaat jika dibaca oleh orang lain, ketimbang hanya berdiam diri di tumpukan rak saja.


SITUS APA SIH BOLEHBACA ?



Tapi ada hal yang baru tentang situs yang akan saya bahas berikut ini.

Umumnya toko buku online itu menjual buku dalam bentuk satu arah saja, yekan ? Maksudnya mereka saja yang menjual pada kita, sementara kita tak bisa menjualnya kepada mereka (yaiyalah Vva !).

Wah ini, sekarang ada konsep baru yang diusung oleh BolehBaca.com.  BolehBaca Dot Com merupakan situs toko buku online yang menggunakan konsep start up. Di mana kita bisa menjadi penjual sekaligus pembeli jika memiliki akun di sana.

Diluncurkan pada tanggal 04 Februari 2019, BolehBaca mencoba menawarkan solusi tentang permasalahan yang sering muncul di dalam dunia buku, yaitu pembajakan.

Lha kok ? Apa hubungannya ?

Jadi gini.. 🤭 Untuk mengurangi pembajakan, BolehBaca menyediakan layanan jual beli dan simpan pinjam.

Mungkin sebagian dari kita tahu bahwa harga buku import itu melebihi harga bodymistnya Body Shop (apa sih ?). Buat beberapa orang yang ingin membaca buku tersebut tapi gak punya uang, kadang memilih jalan pintas dengan membeli barang bajakan (walaupun gak semua).

Supaya kejadian seperti ini gak sering terjadi, BolehBaca menawarkan konsep baru dalam dunia buku. Dengan membawa konsep perpustakaan ke dunia digital, kita bisa meminjam buku asli dari para member yang memilikinya.

Nah, ini cocok banget buat teman-teman yang punya kebiasaan kayak saya ini, menimbun buku tanpa menyentuhnya. Hihihi.. Sambil menunggu mood membaca datang, kita bisa meminjamkan buku yang dimiliki ke member lainnya loh. Itung-itung bisa dapet uang jajan tambahan. Hihihi..

Atau misalnya kalian ingin membaca baca buku terbitan lama (yang udah gak beredar) tapi ternyata salah satu user ada yang menjual atau meminjamkan, lumayan kan tuh ? 


FITUR YANG DIMILIKI


Yang unik dari BolehBaca dibandingkan toko buku online lainnya adalah tentang fitur yang dimiliki. Ada 4 fitur keren yang bisa menunjang pendidikanmu. Yaitu :

BOLEH BEASISWA 


toko buku online


Platform ini adalah layanan yang menyediakan tentang bimbingan persiapan beasiswa di dalam dan ke luar negeri. Kalian bisa memilih beberapa layanan seperti TOEFL PREAPARATION, IELTS Preparation, atau bahkan persiapan dokumen beasiswa

Sama halnya dengan konsep pinjam meminjam dan jual beli, pada layanan bolehbeasiswa ini juga menggunakan konsep vice versa, sebagai pengguna jasa atau menjadi mentornya. 

BOLEH BELAJAR


Bolehbelajar adalah fitur yang menawarkan layanan penyedia pengajar privat untuk TK, SD, SMP, SMA, dan Umum. Kalo dalam bahasa gampangnya sih, ini adalah arena les privat. Hihihi.. 

Dalam platform ini kalian juga bisa mendaftar sebagai pengguna jasa maupun yang menjadi pengajarnya. Apalagi jika kalian ingin menyebarkan ilmu yang kalian miliki, bisa menggunakan layanan ini untuk berbagi.

BOLEH TERJEMAH




Fitur ini adalah layanan yang menyediakan terjemahan (translation) dan proofreading (penyuntingan). Barangkali kalian bercita-cita membuat buku untuk diterbitakan, dan ingin mencari jasa yang bisa membantumu dalam hal terjemahan maupun penyuntingan, bisa banget memanfaatkan layanan ini. 

Uniknya lagi nie, jika kalian mempunyai kemampuan dalam hal penyuntingan maupun terjemahan, bisa juga mendaftakan diri sebagai penerjemahnya loh. Untuk Informasi lebih lanjut, kalian bisa melihatnya di sini.

BOLEH REFERENSI 


Kalo kalian seorang penulis dan ingin menjadi kontributor di Bolehbaca, bisa juga kok. Pada fitur Boleh referensi, bolehbaca menerima kiriman tulisan untuk beberapa rubrik yang sudah disediakan. 

  • Pengantar
  • Konsep
  • Figur
  • Glosarium
  • Beasiswa

Nah, kalo kamu punya tulisan yang ingin dimuat dan ingin berbagi sudut pandang maupun ilmu pengetahuan bisa banget menjadi kontributor di sana. Tentang informasi selengkapnya kalian bisa membacanya di sini


KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN BOLEHBACA


Dengan konsep yang ada, banyak keuntungan yang diberikan oleh Bolehbaca.

  • Waktu yang fleksibel
  • Biaya terjangkau
  • Mudah diakses
  • Kita bisa mencari jasa dalam bidang pendidikan yang sesuai kebutuhan.
  • Kita bisa ikut berkontribusi menjadi mentor atau pengajar. 
  • Ada evaluasi berkala selama proses belajar di sana, sehingga kita bisa mengetahui progresnya seperti apa. 
  • Proses efisien karena kita tak perlu bingung mencari-cari di luar rumah. Tinggal duduk, buka gadget, browsing, dan tentukan masa depanmu. Hihihi..

Kita jadi lebih mudah mengakses ilmu pengetahuan, entah itu berbentuk sebuah buku, maupun pelajaran yang diberikan pengajar ataupun mentor.

KEKURANGAN DAN SARAN UNTUK BOLEHBACA



evaBLG004



Jika ada banyak kelebihan, bukan berarti tak ada kekurangannya. Walaupun mungkin tak banyak. Jujur saya belum menggunakan semua layanan yang dimiliki oleh Bolehbaca, namun ada beberapa kekurangan yang ingin saya sampaikan.

Kekurangan yang ingin saya soroti adalah perihal tampilan websitenya saja, mengingat itu materi yang saya sukai dan pahami. Adapun kekurangan Bolehbaca yang bisa saya sampaikan adalah :


  • Kecepatan loading website yang lama. Mungkin ini terlihat biasa saja, tapi bagi yang sering gemes sama proses yang lama, bisa membuat calon pengunjung jadi mental duluan sebelum sampai proses log in. Saya tidak tahu ini karena pengaruh sinyal operator atau memang loading websitenya yang mempengaruhi. Ya saya memaklumi, mungkin karena masih baru dan dalam proses berkembang, Bolehbaca masih kurang bisa maksimal. 
  • Menu navigasi versi desktop yang sulit ditemukan. Mungkin karena saya orang jadul, saya butuh menu navigasi yang mudah terlihat oleh mata sehingga bisa mencari infomasinya dengan lebih mudah. Jika saya membuka Bolehbaca melalui mobile version, menu navigasinya lebih gampang diakses dibandingkan versi desktopnya. Bahkan untuk mencari informasi yang saya butuhkan mengenai fitur-fiturnya, saya merasa sangat kesulitan. Walhasil, saat menulis artikel ini saya mencarinya menggunakan mobile version
  • Faktor Keamanan. Bukan bermaksud menggurui, namun sangat disayangkan ada subdomain Bolehbaca belum menggunakan HTTPS (Hypertext Tranfer Protocol Secure). Mengingat sebagai sebuah start up, akan banyak data pelanggan yang akan digunakan, sehingga faktor keamanan harus menjadi hal utama yang difokuskan. 
  • Kemudahan. Semoga ke depannya Bolehbaca juga hadir dalam bentuk aplikasi mobile phone, sehingga memudahkan pelanggan untuk bertransaksi dengan aman.

Masalah keamanan ini juga merupakan faktor penting banget loh, karena ketika saya membuka beberapa fitur menggunakan laptop, Chrome versi desktop saya langsung memberikan warning. Ya mungkin sebenarnya gak sebahaya yang seperti yang saya pikirkan, tapi tak ada salahnya ini menjadi salah satu perhatian, supaya para pelanggannya merasa sangat aman bertransaksi di sana.  

KESIMPULAN




Menjadi salah satu pelopor start up di bidang buku tentu akan menjadi sejarah tersendiri bagi Bolehbaca. Sebagai pelanggan baru saya berharap Bolehbaca bisa meningkatkan performanya dan berkembang menjadi start up yang sukses.

Secara umum layanannya cukup komplit dan memudahkan kita dalam hal mencari dan mendapatkan ilmu pengetahuan. Gak cuma tentang jual beli buku, tapi juga layanan kemudahan lainnya.

Di jaman yang serba digital seperti saat ini, memang sangat sulit untuk tidak ikut arus globalisasi. Jika kita tak beradaptasi, maka kita yang akan tertinggal.

Buat teman-teman yang memiliki banyak buku tak digunakan lagi, memiliki kemampuan untuk menterjemahkan, bisa melakukan penyuntingan atau berniat menjadi pengajar privat dan mentor, bisa gabung bareng Bolehbaca nie.

Semoga kontribusi kita dalam dunia pendidikan bisa membantu memajukan bangsa ini dan menyebarkan hal-hal yang positif.




Disclaimer :

  • Review ini saya buat setelah saya menjadi member dan tidak berbayar. Sebagai gantinya saya menjadi salah satu kolaborator Bolehbaca.
  • Buat teman-teman yang ingin membantu Blog ini tetap berjalan, gunakan kode evaBLG004 saat bertransaksi pada fitur Bolehbeasiswa dan Bolehbelajar.
  • Setiap kali kalian menggunakan kode tersebut, kalian akan mendapatkan  potongan Rp. 50.000 lho. Lumayan kan ?



You May Also Like

0 comments