INSPIRING PEOPLE | BELAJAR TEKNOLOGI KOMPUTER SEJAK DINI DENGAN SKACI

by - November 16, 2018



Akhirnya Segmen ini muncul lagi, hehe.. Segmen yang saya ciptakan untuk mendukung temen-temen saya yang memiliki keahlian masing-masing pada bidangnya. Inspiring People kali ini datang dari teman masa kuliah saya di Bandung. Tepatnya di Unikom. Kami sama-sama mengambil Fakultas Teknik, meskipun kelas dan jurusan kami berbeda. Walaupun saya gak selesai sampai semester akhir, saya patut bangga menjadi alumnus dan memiliki teman yang satu ini loh. Kebetulan teman saya ini profesinya masih berhubungan dengan jurusan kuliah yang dia ambil dulu. Dunia teknologi digital. Dan beliau bersedia untuk berbagi ilmu dan kisahnya pada pembaca Blog ini. 


INSPIRING PEOPLE | SOFIERYU



Saya sering kagum dengan orang-orang yang mau mendedikasikan hidupnya untuk menyebarkan banyak ilmu kepada orang lain. Seringkali merasakan , " Betapa bermaknanya hidup mereka dengan berbagi pengetahuan yang mereka miliki ! ". Dan biasanya, orang yang bersedia membagikan ilmunya, adalah orang-orang yang memiliki semangat belajar yang tinggi juga. Karena salah satu cara belajar, diantaranya dengan membagikan ilmunya tersebut kepada orang lain. Pun berlaku pada sosok ibu muda yang satu ini. Ibu yang tak hanya mengabdikan diri pada keluarga, tapi juga pada masyarakat. Tak main-main, dengan bantuan ibu ini dan teman teamnya, anak-anak muda Indonesia mampu mencetak prestasi yang luar biasa di bidang teknologi dalam naungan SKACI. Hebatnya nie, bukan cuma skala Nasional loh, tapi sudah berskala Internasional juga. Luar biasa bangga !.


APA SIH SKACI ? 


Pertanyaan itu juga yang membuat saya penasaran. Terutama tentang bidang dan metode pendidikannya. Yuk daripada ngobrol ngalor-ngidul, kita langsung simak wawancara saya dengan beliau.


prestasi skaci
PRESTASI SKACI ( CREDIT : SOFIERYU)


WAWANCARA SOFIERYU


Dear Dina, 

Maafkan lama banget ngelist pertanyaannya. Ngomong-ngomong terima kasih banyak, udah mau meluangkan waktu buat tanya jawab pertanyaan untuk segmen Inspiring People, terima kasih juga sudah bersedia memberikan informasi kepada Pembaca setia Ewafebri.com. Dan berikut ini beberapa pertanyaan untuk Dina, Mohon bantuannya untuk menjawab. 


Hallo Ewafebri... maaf ya sudah menunggu lamaa..., senang bisa bertemu kembali dengamu 🤗 semoga yang sedikit & tak berarti bisa bermanfaat untuk semuanya 😁🙏




1. Sebelum membahas tentang materi kita hari ini, supaya pembaca gak penasaran sama sosok Dina, bolehkah sedikit berbagi cerita tentang keseharian Dina dan memperkenalkan diri ke pembaca ? 


Hallo..., Saya Dina Sofiana lahir & besar di Surabaya, dewasa dan menetap di Bandung. Saya seorang Ibu dari A.G.A.M dan istri dari Rio Yunanto, karenanya saya merasa sangat bersyukur ditakdirnya ada diantara mereka berdua 😇
Selain itu, keseharian saya adalah seorang tutor di SKACI Pusat (yang mengajarkan program belajar TIK kreatif untuk anak usia SD & SMP) & tim riset dari Bapak  Yusep Rosmasyah., S.T., M.Sc., Ph.D. (Dosen ITB).



2. Beberapa bulan lalu , saya sempet melihat postingan Dina di sosial media tentang Skaci. Penasaran saya tentang Skaci ini udah lama sebenarnya, hihi.. Biar gak penasaran , Sebenarnya SKACI ini bergerak di bidang apa sih ?


Nah berbicara tentang SKACI ini... Ada 2 produk di SKACI (Sekolah Komputer Aku Cinta Inovasi) yaitu:


  • SKACI Coding Academy, khususnya untuk anak usia sekolah dasar. Untuk yg Coding Academy sendiri merupakan Lembaga Pendidikan, yang artinya ada kegiatan belajar dan mengajar di dalamnya, tp non formal (after school).
  • SKACI Smart Education, khusus untuk jenjang menengah sampai atas untuk para tenaga pendidik (guru/dosen) dan juga murid (SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi).

Dan yg Smart Education, kami merupakan penyedia LMS (Learning Management System). Kami membuat sistem pembelajaran online & offline, yang beberapa tahun lalu hingga saat ini sudah dipakai oleh sekolah2 SMP, SMA/SMK baik Negeri maupun Swasta di seluruh Indonesia.







3. Tujuan dari didirikan Skaci ini sebenarnya untuk apa ? 


Tujuan dari didirikannya SKACI ini bisa dilihat dari visi & misi nya yaitu:


  • Visi: Mencetak generasi belia Indonesia mahir dan kreatif dengan komputer. 
  • Misi: Berinovasi metode belajar komputer (TIK/ICT) yang menyenangkan, mudah dan murah.


4. Siapa saja yang boleh ikutan atau belajar di Skaci ? 


Semua anak-anak usia dasar di seluruh Indonesia bisa bergabung dengan SKACI Coding Academy dan untuk jejang yg lebih tinggi bisa bergabung di SKACI Smart Education.

5. Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk bisa belajar di Skaci ? Dan Bagaimana cara gabung dengan Skaci ?


Tidak ada syarat khusus untuk bisa bergabung di SKACI, untuk:

  • Coding Academy, anak-anak minimal harus sudah bisa baca.
  • Smart Education, untuk sekolah apabila ingin mendapatkan subdomain untuk sekolah masing2 bisa mengirimkan data sekolah ke email humas@skaci.com

6. Lokasi Skaci ini adanya dimana saja ? Ataukah sudah ada di seluruh Indonesia ? 


Berikut Alamat Bimbel SKACI:


SKACI PUSAT:

Jl.Rereng Adumanis No.43, Sukaluyu
Bandung - West Java - 40123 - Indonesia
Telp: (022) 2500677

CABANG SKACI:

SKACI ARCAMANIK - BANDUNG
Alamat : Jl. layar No. 17-19 Arcamanik, Bandung
Telp : (022) 8724 1063

SKACI BATUNUNGGAL - BANDUNG
Tempat     : Jl. Batununggal Indah 2 No. 81 (depan pintu masuk TK.
Santo Aloysius)
Ivan - 0851 0582 8441
Lucy - 022 8752 8405 (pk 10.00 sampai 17.00). BBM: 22854F21

SKACI BINTARO - TANGERANG SELATAN
Alamat : Ruko Emerald Boulevard Blok AA2 No.15. Bintaro Sektor 9, Tangerang Selatan.
Telp : 0812 8742 5588

SKACI PURI
Jl. Kencana Indah I, Blok J4 No.38A, Puri Kembangan, Jakarta Barat ( Belakang Gedung Kawan Lama)
Hub. 081284257342

7. Kapan waktu atau jadwal belajar SKACI  ? 

Jadwal untuk bimbel SKACI semuanya fleksibel, bisa dikondisikan sesuai dengan waktu masing2 anak/ybs. Silahkan hubungi kontak masing2 SKACI. 






8. Selama aktif dalam Skaci adakah kesulitan yang pernah Dina rasakan selama menjadi pengajar disana ? 


Coding Academy:

Sejauh ini belum ada kendala atau kesulitan yang berarti untuk materi pembelajaran, hanya saja karena berhubungan dengan anak-anak, apalagi mereka yang aktif, sangat aktif, ABK.. perlu penangan khusus. Jadi intinya kita harus suka dulu sama anak-anak. Dengan demikian kita bisa menyampaikan segala sesuatu dengan bahasa yang mereka bisa mengerti, bukan bahasa teori. Jadii... 90% pakai hati 💙❤😍 

Smart Education (Kebalikan dari hal di atas 😁)

Untuk  Smart Education ini, saya berhubungan langsung dengan para guru & murid-murid (SMP, SMA/K)
Dalam pelatihan penggunaan sistem pembelajarn online kita kerjasama dengan Dinas pendidikan Propinsi Jabar & juga Kementerian Pendidikan. 

9. Selain Beberapa informasi tentang Skaci, saya juga pernah melihat postingan tentang beberapa Prestasi yang sudah didapatkan Anak-Anak Indonesia  di dalam maupun luar negeri  yang ikutan dalam Skaci. Adakah pesan khusus untuk anak-anak Indonesia atau para bunda yang ingin putra-putrinya bisa berprestasi ? 


Buat para bunda-bunda dimanapun berada, khususnya untuk saya sendiri...


  • Prinsip utama yaitu kenali bakat & minat anak-anak kita, dukung mereka dengan mencarikan & memberikan wadah yang tepat sesuai dgn minat & bakat anak-anak. 
  • Selalu semangat Belajar, Berlatih & Berkarya. Pendidikan formal itu perlu, tp kreativitas & kreatifitas itu jauh lebih penting untuk tumbuh kembang anak-anak usia dasar.


10. Nah... Pertanyaan terakhir, bagaimana cara mendapatkan informasi tentang Skaci ? 


Untuk mengetahui SKACI lebih jauh dan detail lagi silahkan hubungi humas@skaci.com atau untuk fast respon silahkan kontak langsung via WA saya 082137035025 atau kalian juga bisa mampir ke website www.skaci.com

Terima kasih Wa, semoga sukses dengan rumah virtualnya dan bisa memberikan manfaat bagi peselancar dunia maya.


Regards ,


Terima kasih banyak Dina, sudah mau meluangkan waktunya  untuk menjadi Inspiring People bulan ini. Semoga sukses selalu dengan kegiatannya dan bisa mencetak Anak Indonesia yang berprestasi melalui bidang Teknologi, gak cuma percaya kehoaxan yang seringkali terjadi. Hihi.. 



❤❤❤❤❤❤️ 

Owh.. Jadi SKACI ini adalah sekolah anak-anak yang berbasis komputerisasi toh ? Gak heran kalo jaman sekarang anak-anak kecil udah pada pinter banget bikin pemrograman untuk robot. Ternyata memang sebagian dari mereka sudah dibekali pendidikan sejak dini. Lah saya sebagai alumnus Unikom hanya mentok sanggupnya ngutak-atik kode html Blog saja. huhuhu.. *malu aku tuh.. *




By the way, buat Bunda yang ingin putra-putrinya memiliki kegiatan positif yang berhubungan dengan teknologi (gak cuma  tentang main game aja), barangkali bisa mengarahkan buah hatinya masuk sekolah ini, siapa tahu suatu saat nanti mereka justru menjadi pencipta games. hehehe.

Itulah tadi kisah tentang inspiring people kali ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca, jika ingin mendaftarkan buah hatinya ke SKACI, silahkan menghubungi nomor kontak yang sudah tersedia di atas. Selamat berakhir pekan bersama keluarga. Salam... 

HAPPY READING ! 


You May Also Like

4 comments

  1. wah, ini penting banget buat ngarahin anak2 jaman sekarang biar main komputer gak cuma game juga, tapi di arahin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak.. apalagi kalo buat hatinya memang suka banget sama yang namanya teknologi. Menjadi nilai positif kalo mereka juga belajar cara membuatnya. Hihi..

      Delete
  2. qiqiqiqiqi.. awalnya mata saya sekilas bacanya KWACI mbaa wakakakak
    Makanaaaaaannn aja yang di pikirin, wkwk

    Kece banget ya anak2 zaman sekarang, mau apaaaaa aja semua tersedia, pokoknya rajin2nya ortu aja sediain dana buat kesempatan luas buat anaknya.

    Btw juga, mba Ewa (eh btw juga baru tau nama asli mba mba EVA aka EVVA wkwkwkwk) keren deh suka wawancarain orang2 yang penuh inspirasi.
    Lebih asyik ya, dapat berita dan ilmu langsung dari yang bersangkutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jadi ikutan laper bacanya mbak. Hahaha.. duh.. hahaaha..


      Dulu segmen ini saya kasih nama ewa's and friend tapi kalo dibaca-baca kok rasanya terlalu narsis. Hahha.. akhirnya saya ganti nama Inspiring People. Niatnya 1 Bulan sekali muncul segmen ini. Hihi.. tapi kadang ngedapetin Blog Guestnya agak susah.

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏