INGIN MENJADI SEORANG FASHION ILLUSTRATOR ? SIMAK KISAH DAN TIPS DARI BLOG GUEST KITA !

by - August 22, 2018

BLOG GUEST : WENING SEKAR (FASHION ILLUSTRATOR)


Selain mengupas tentang segala hal yang berhubungan dengan bullet journal dan art therapy ideas, Blog Bullet Journalist Indonesia juga berkomitmen untuk berbagi ilmu pengetahuan dari teman-teman kepada pembaca blog ini, dari teman ke teman (bahasnya belibet🤭). Salah satunya menjadi wadah untuk teman-teman yang ingin berbagi cerita kepada pembaca. Hihi.. 

Setelah sempat vakum beberapa lama, akhirnya segmen ini terisi kembali. Hehee.. segmen ini adalah salah satu cara saya untuk mendukung teman-teman yang punya hobbi yang sama dan bersedia membagi kisahnya untuk kita semua. 

Kali ini, kisah yang berhubungan dengan illustrasi gambar, dibagikan oleh blog guest kita, IJO KUGO ILLUSTRATION  Yuk, kita simak obrolannya. 


Disclaimer :
This post may contain affiliate links which means I may receive commissions for purchases made through links in this post. Check out my disclaimer and privacy policy if you're curious!




Dear Mbak Wening,

Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang akan saya posting untuk blog guest ewafebri. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak sudah bersedia meluangkan waktunya untuk menjadi salah satu tamu di blog saya. Ada 8 pertanyaan dibawah ini, mohon bantuannya untuk dijawab ya. Hehehe..


Sebelum kita bahas soal dunia yang sedang mbak wening geluti (hihi..), bersediakah berbagi kisah tentang keseharian dan kegiatan mbak wening apa saja ?



Halo salam kenal, saya Wen dari Yogyakarta, seorang ilustrator lepas yang bekerja dari rumah. Kegiatan sehari-hari saya antara menggambar (mengerjakan projek pribadi atapun pesanan), mengerjakan urusan admin sosial media dan email, mencari inspirasi, dan jika ada waktu luang bermain dengan anak teman saya ;p . . .



Fashion Illustrator Wening


Kalo saya liat beranda instagram mbak wening kan penuh dengan illustrasi cantik-cantik..  Sejak kapan mbak wening mulai tertarik untuk menjadi seorang illustrator.




Hahaha, terima kasih ^^ . . . Sejak kapan tertarik menjadi ilustrator? Hm, . . . secara official saya mempersiapkan diri untuk menjadi ilustrator pada tahun 2016. Sebelumnya, selama setahun saya belajar menggambar secara otodidak setilah melihat akun instagram Laura Kay @diarysketcheslk, seorang fashion ilustrator, yang membuat saya berpikir bahwa menggambar ternyata bisa jadi menyenangkan tanpa harus terlihat sempurna detail dan kemiripannya. Setelah menggambar terus menerus selama setahun dan melihat perubahan bagus dari hasil gambar saya, saya jadi tertarik untuk menjadi ilustrator. Selain karena melihat perkembangan hasil gambar juga karena saya menikmati semua kegiatan dan proses kerja ilustrator lepas.

Motivasi apa yang membuat mbak Wening jatuh hati pada dunia illustrasi ini.. ?



© wening 


Yang membuat saya jatuh hati pada dunia ilustrasi sebenarnya karena saya melihat ada perubahan dan perkembangan kemampuan menggambar dalam waktu yang tidak terlalu lama plus dapat dilihat hasilnya dengan indera. I found this fact fascinating ^^.Juga karena saya menikmati kegiatan dan proses kerja ilustrator lepas dan saya menemukan diri saya menjadi lebih bahagia dan lebih percaya diri selama proses kreatiif membuat ilustrasi. 


Kalo boleh sedikit kepo.. hihi… project apa yang sedang mbak wening kerjakan saat ini.. ?



Instagram ijokugoillustration

Untuk saat ini, selain mengerjakan pesanan pelanggan, saya juga mengerjakan projek pribadi untuk mengembangkan brand ilustrasi saya; Ijo -Kugo. Saya menggambar beberapa ilustrasi dalam sebuah tema dan berseri sebagai salah satu isi portofolio saya. Selain itu juga menggambar ilustrasi yang bisa dipasang di produk barang. Juga sedang berlatih membuat video ;D untuk ke depannya ingin berbagi di platform YouTube.

Proses pembuataan illustrasi mbak wening itu , seperti apa.. ? Apakah sketch manual dulu atau langsung digital ?



Ilustrasi saya kerjakan secara tradisional mulai dari membuat sketsa dengan pensil lalu memberi warna dengan cat air dan untuk menambah detail biasanya saya juga menggunakan pensil warna. Jadi prosesnya simpel; sketsa pensil, warna cat air, detail pensil warna. Saya belum tertarik untuk melakukannya secara digital. Semua gambar saya kerjakan secara tradisional.


Salah satu karya wening yang menjadi favorite saya


Darimana saja inspirasi dan ide untuk membuat illustrasi ?



Biasanya saya terinspirasi oleh gaya ilustrasi ilustrator lain (ini salah satu cara saya belajar menggambar), palet warna sebuah foto atau film, bentuk dan kombinasi beberapa objek, lookbook brand clothing, ide yang tiba-tiba muncul di kepala, dan dari cerita yang saya dengar.. Tapi yang sering menginspirasi adalah orang, terutama wajahnya; warna pipi, bentuk mata, bentuk wajah, warna mata, senyuman, bentuk rambut, cara berdandan, cara berpakaian, dll.


© wening 


Siapa illustrator favorite mbak wening ?  Alasannya ?



Ilustrator favorit? Banyak sekali, boleh saya sebut semua? Hahaha . . . Alasannya dulu saja ya? Secara umum saya menyukai mereka karena gaya ilustrasinya, palet warna yang digunakannya, dan ide-ide ilustrasinya. Ini saya benar-benar tidak bisa hanya memilih tiga atau lima karena saya suka semua dan semua punya gayanya masing-masing #tutupmuka #malu . . . Laura Kay dari diarysketcheslk, Eilidh Ho dari bookofdeer, Cecile dari coucou_illustration, Maggie Cole dari maggiecoledraws, Asma Enayeh dari asmaoriginal, Fran Meneses dari frannerd, Nelleke Verhoeff dari redcheeksfactory, Jordan E. Clark dari jordan.e.clark, Christine MyLinh dari blushandmay, Sara Faber dari sarafaber_, Naela Ali dari naelaali, unskilledworker, leighellexson, pearfleur, laura.johnston.art , cocobeeart, valearmstrong_illustration, Les Chosettes yang ilustrasinya banyak saya temukan di Pinterest, ilustrator-ilustrator buku anak di bawah agensi MATS, agenualdosemiskimmedmin, andrinamanonillustration, mia.minerva, laurabeedraws, taryndraws, ybryksenkova, studiosilvana, monann_illustration, phoebewahl, paulinepolom, melodiestacey, annasilivonchick, julianna.bibor, hellena_illust, fotinitikkouillustration, kristinaskland.


Tips dan Saran bagi yang pingin belajar illustrasi, kira-kira apa saja ?



© wening

Tips dan saran untuk yang mau belajar ilustrasi? Hm, #berpikirkeras, hahaha. Kalau dari pengalaman saya pribadi yang terpenting adalah terus menggambar. Kalau sudah menemukan medium yang diminati (pensil, cat air, cat minyak, akrilik, gouache, digital), langsung saja menggambar, dimulai dengan mengambar hal-hal yang diminati, secara konsisten. Seorang ilustrator pernah bilang, "Seperti halnya tongkat sihir memilih penyihirnya di dunia Harry Potter, begitu pula gaya ilustrasi." Jadi, perbanyaklah menggambar. Gambarlah apa saja yang menarik dan yang membuat inspirasi muncul. Ada banyak video tutorial tentang teknik menggambar menggunakan suatu medium. Ikuti tutorialnya, berlatihlah dari sana, itu sangat membantu.

Mbak Evva sekali lagi terima kasih, saya sangat menikmati obrolan virtual kita ^^

Itu tadi beberapa pertanyaan mendasar buat blog saya mbak. Mohon bantuannya untuk menjawab pertanyaan diatas. Dan sebagai pelengkap postingan, saya juga perlu beberapa foto karya atau selfi juga boleh. Hehehe.. sekaligus watermark kalo bisa. (Nglunjak mintanya.. hahhaa.. )

---------------------------------------❤️----------------------------------

Itulah tadi kisah bagaimana mbak Wening memulai karirnya menjadi fashion illustrator. Semoga kisah mbak Wening bisa menginspirasi kita semua, terutama yang hobbi menggambar, dan memberikan keberanian untuk kita semua dalam hal berkreasi. Start somewhere ! Jangan takut gagal, kerja keras pasti akan membuahkan hasil. 


❤️❤️❤️

HAPPY READING !


You May Also Like

0 comments

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏