5 PERALATAN WAJIB BULLET JOURNALIST INDONESIA

Bullet Journalist Indonesia Blog Challenge


Sebagai Bullet Journalist Indonesia, saya ingin berbagi ide tentang peralatan yang paling sering dan wajib saya bawa kemanapun saya pergi. Nah, buat teman-teman yang ingin mencari ide, apa saja yang harus dibawa untuk memenuhi kegiatan berBullet Journal ?Semoga postingan berikut ini bisa membantu kalian untuk mempersiapkan barang bawaan.


[ Table Of Content ] Peralatan Wajib Buat Bullet Journalist Indonesia :



PERALATAN WAJIB BULLET JOURNALIST INDONESIA


" Tas kamu berat amat Vva.. ! "

Pernyataan itu yang paling sering saya dengar dari orang-orang yang mengangkat tas saya. Hihi.. mereka seringkali penasaran dengan barang-barang yang saya bawa kemanapun saya pergi.

Kadang saya cukup menggunakan 1 tas (backpack), tapi kadang saya juga perlu tas tambahan (tottebag). Dari dalam tas-tas itu, barang yang wajib saya bawa pergi adalah :

BULLET JOURNAL BOOKS


Meskipun saya sudah bukan lagi pelajar, barang wajib yang saya bawa kemanapun saya pergi adalah Buku Bullet Journal saya. Hihi.. Ada 2 sampai 4 Buku yang hampir setiap hari saya bawa. Bullet Journal For Blogger, Moleskine Bullet Journal , Sketchbook dan Midori size Passport.

Keempat-empatnya memiliki peranan yang berbeda-beda, jadi seringkali saya membawa semuanya, atau minimal 2 diantaranya. Hihihi..

BULLET JOURNAL FOR BLOGGER


Untuk Bullet Journal For Blogger ini saya menggunakan Buku dari Miniso yang ukurannya B6. Di dalamnya terdiri dari Monthly log yang sudah diprint out bertekstur kotak-kotak besar ukuran 4 cm, dan bagian lainnya adalah kertas bertektur kotak-kotak kecil (grid) di seluruh halamannya.


Bullet Journal For Blogger Ideas


Beberapa minggu lalu saya suga sudah pernah membahas dan memberikan contoh tentang penggunaan Bullet Journal untuk Blogger.

Ada beberapa komponen yang bisa kita setup dan kita gunakan untuk Bullet Journal kita. Termasuk penggunaan Monthly log yang sudah tersedia dalam Miniso.

MOLESKINE BULLET JOURNAL


Moleskine Bullet Journal adalah Buku utama Bullet Journal saya. Buku ini ukurannya agak lebih besar 14 x 21 cm. Dan memuat banyak hal yang ingin saya catat dalam Rapid Logging.


Ewafebri Bullet Journalist Indonesia


Seperti yang sudah pernah saya review tentang Moleskine Bullet Journal. Kertas tammoenya mudah buat saya untuk mencatat sekaligus menggambar (mendoodle). Dan Hard Covernya membuat bukunya tetap kokoh meskipun tertimpa banyak barang di tas.

SKETCHBOOK


Bullet Journalist Indonesia - Midori Travelers's review


Buku sketchbook (polos/plain) juga merupakan buku yang paling sering saya bawa kemana-mana. Walaupun saya membawanya tak sesering saya membawa Miniso Dan Moleskine.

Bagi yang suka coret- coret kayak saya. Membawa buku Sketchbook itu hukumnya (hampir) wajib. (Hukum macam apa ini). Hahhaa..  karena kalo mendadak ide muncul, saya gak mau ide itu menghilang begitu saja.

MIDORI TRAVELER'S NOTEBOOK PASSPORT


Midori traveler's notebook ini adalah jenis cover notebook yang paling sederhana tapi sekaligus sangat fungsional. Midori sendiri memiliki nilai tersendiri bagi yang suka journaling sekaligus travelling.

Bentuknya yang simple dan awet karena berbahan baku kulit, menjadi banyak pilihan journaler untuk menemani mereka saat melakukan travelling.




Bagi saya Midori Passport menjadi pengganti dompet. Karena di dalamnya ada beberapa pocket tambahan yang bisa saya gunakan untuk menyimpan card, Id card, dokumen ataupun uang. Selain itu saya juga memiliki buku catatan kecil yang saya fungsikan sebagai catatan keuangan.


BULLET JOURNAL PENS


Pada dasarnya kita bisa menggunakan jenis pen apa saja. Gak harus seperti yang saya sebutkan dibawah ini. Tapi saya punya alasan khusus, kenapa saya menggunakan pilihan pena seperti berikut ini.




DRAWING PEN


Drawing Pen menjadi senjata utama saya dalam hal menulis dan sketsa. Karakternya yang waterproof menjadikannya pilihan utama saya jika ingin melukis dan mewarnainya dengan cat air.  Yup.. seperti yang kalian lihat, kadang ada beberapa illustrasi sederhana yang saya gunakan untuk penghias Bullet Journal saya.

Selain itu, Drawing Pen juga sangat cocok saya gunakan di atas kertas sticker. Karena ada beberapa kertas sticker yang saya fungsikan sebagai post it, tidak bisa ditulisi menggunakan gell pen. Kecuali Drawing Pen.

SARASA 0.5


Pilihan selanjutnya adalah Sarasa Pen. Dulu saya kurang tertarik menggunakan Sarasa, tapi entah karena alasan apa (lupa), saya membeli yang warna hitam. Dan jatuh cinta dengan hasilnya. Walhasil saya hanya perlu membeli refillnya saja. Hahaha..




Saat ini saya memiliki 5 warna yang berbeda. Hitam, Biru Tua, Merah, Orange dan Ungu. Kelima warna tersebut saya gunakan untuk sistem Color Code pada Bullet Journal saya.

KOI BRUSH PEN


Untuk kebutuhan Highlight atau Penghias Bullet Journal, pilihan saya jatuh kepada Koi Brush Pen. Saya pribadi memiliki hampir semua koleksi warnanya, karena memang saya gunakan untuk kebutuhan mewarnai doodle Bowgel juga.




Alasan kenapa saya memilih Koi Brush pen ? Karena kertas Moleskine yang sangat tipis, tidak memungkinkan bagi saya untuk menggunakan marker warna yang berbasis alkohol. (Permanent marker) karena, tinta sangat mudah tembus ke belakang kertas.

Sementara kalo kita menggunakan marker waterbased, masih cukup aman digunakan meski kita menambahkan 2 layer sekalipun.

BULLET JOURNAL TOOLS


Selain Buku dan Pen, beberapa item ini juga sering saya bawa kemanapun saya pergi. Kadangkan ide itu gak bisa kompromi, bisa datang kapan saja dan hilang semaunya.

Nah, daripada menghilang tanpa jejak. Saya selalu membawa beberapa item tambahan untuk kepentingan sketch dan Bullet Journal.

PENGGARIS



Bullet Journalist Tools


Bullet Journal Modifikasi itu syarat akan garis-garis penghubung atau pemisah yang kita gunakan saat membuat layout atau spread. Tujuannya biar kelihatan lebih rapi.

Bagi yang memiliki mata sehat, tanpa bantuan penggaris pun gak masalah, karena masih bisa menciptakan garis lurus. Tapi bagi mata silinder parah seperti saya , hasil garis acap kali miring jika tidak menggunakan alat bantu.

PENSIL MEKANIK


Entah untuk alasan sketsa ataupun membuat layout Bullet Journal, pensil mekanik selalu menjadi andalan saya. Sebelum saya menggunakan Drawing Pen sebagai hasil akhir, saya selalu menggunakan pensil mekanik untuk membuat gambar atau garis bantuan.


PENGHAPUS


Bawa pensil mekanik gak lengkap kalo gak membawa soulmatenya. Yaitu penghapus. Hihi.. Saya menggunakan Black Eraser Premium merk Deli, karena hasilnya lebih bersih (tidak meninggalkan banyak noda), dibandingkan penghapus lainnya.

Selain itu, harganya juga terjangkau, saya lupa tepatnya berapa. Karena saya sudah lama banget membelinya. Ukurannya yang jumbo, membuat penghapus saya ini awet dan gak habis-habis. Hahhaa.

STICKER



Ewafebri illustration


Sebagai Sticker Creator, tentu Sticker menjadi barang wajib yang saya bawa kemanapun. Hahaha.. selain saya gunakan sendiri, juga bisa sekaligus menjadi bahan promosi. Hihihi..

Alasan utama kenapa saya menggunakan sticker, salah satunya karena ingin mendekorasi journal tapi gak mau ribet. Sticker menjadi pilihan yang tepat dan mudah.


GADGET


Setelah perlengkapan Bullet Journal yang menguasai isi tas saya, barang wajib level selanjutnya adalah Gadget atau gawai.

MOBILE PHONE


Sebagai alat komunikasi, Mobile Phone atau handphone menjadi alat wajib yang saya bawa kemanapu saya pergi. Tak hanya itu, widget jamnya juga sangat penting buat saya untuk mengetahui waktu. Maklum saya bukan pencinta jam tangan. Karena sering alergi dengan bahan material jamnya dan berakhir menjadi gudikan 😂😂😂.


Image : pixabay


CHARGER


Nah ini juga barang yang harus saya bawa. Ibaratnya ini kan pasangannya si Hape tadi.. hihi.. Saya sering gak enak hati kalo urusan charger harus pinjam orang lain. Apalagi charger saya yang sekarang modelnya gak terlalu umum. Mau gak mau harus bawa sendiri kemanapun saya pergi.

EARPHONE


Ini alat penting lainnya yang harus banget saya bawa, apalagi saat saya harus melakukan perjalanan (entah di commuter line ataupun di angkot). Karena alat ini mampu menyelematkan saya dari yang namanya Mati Gaya. Hahaha.. lumayanlah bisa dengerin Podcast atau lagu selama perjalanan. Jadi gak bosan.

OTHER STUFF


Benda lainnya yang wajib saya bawa kemanapun adalah berikut ini :

WALLET [ DOMPET ]


Yang namanya dompet walaupun gak ada isi uang, tetap saya bawa. Hahaha.. karena di dalamnya saya gunakan untuk menyimpan beberapa kartu tanda pengenal dan ATM.  Plus biar cantik aja gitu dibawa kemanapun. Hahhaa..

KUNCI


Anak kost mah, kemana-mana memang harus bawa kunci. Ntar gak bisa keluar masuk kalo gak. Mendadak dikunciin pemilik rumah bisa gedor-gedor dulu kan ribet ya... Hahaha.

OBAT-OBATAN DAN KEBUTUHAN WANITA


Yang ini bukan obat terlarang loh ya.. ? Tapi obat-obatan buat jaga-jaga kalo mendadak terserang penyakit, terutama kepala.

Credit : Klik-Apotek dot com
Credit : Klik-Apotek.com


Dalam tas saya selalu tersedia Counterpain yanh Cool (kalo yang coklat mana tahan panasnya), Bodrex (sering sakit kepala dadakan), dan Antangin (menolak masuk angin). Haha.. kemakan iklan.

Selain obat-obatan, saya juga pasti membawa pembalut atau pantyliner buat jaga-jaga serangan dadakan. Hihi..

❤️❤️❤️❤️❤️


Itulah beberapa benda wajib bawa untuk Bullet Journalist Indonesia yang  kemanapun saya pergi. Kok gak ada daftar beauty produknya mbak ?. Ya.. memang gak ada, karena saya gak pernah pake sama sekali. Hihihi..

Jangan harap kalian menemukan beauty produk di tas saya. Hahha.. karena isinya cuma penuh dengan buku dan pensil. Hahaha.. 

Begitulah buka-bukaan episode kali ini. Hihi.. disuruhnya bikin 5 list saja, kalo saya banyak list. Padahal intinya cuma buku dan pulpen doank. Hahaha.. selamat beraktifitas you guys !. 

Buat teman-temen yang ingin membeli Bullet perlengkapan Bullet Journal, bisa juga menggunakan Link affiliate berikut ini. Setiap transaksi yang kalian lakukan melalui link ini akan memberikan komisi beberapa persen yang akan digunakan untuk memperpanjang domain Blog ewafebri. Hihihi..


Bagi teman-teman yang menggunakan link affiliatenya saya ucapkan terima kasih banyak. Semoga kalian semua dilancarkan rezekinya. Loveee..


HAPPY BUJOING !