BULLET JOURNAL INDONESIA | SETUP OCTOBER 2017

by - October 03, 2017

setup ideas october 2017


Setup October 2017 mengusung tema warna Pink. Sementara untuk spreadnya, saya membuat beberapa layout wajib dan layout baru untuk eksperimen. Ada yang ingin saya tonjolkan di layout kali ini. Salah satunya adalah editorial dan study. Seperti apa layoutnya ? Simak sampai habis ya ? 🤭


BULLET JOURNAL INDONESIA | SETUP OCTOBER 2017


Sebagai permulaan, gak lengkap kalo bagian depannya tidak diberi Divider. 🤭. Divider ini berfungsi sebagai pembatas setup Bujo antara satu Bulan dan Bulan yang lainnya. Biar ketahuan batas awalnya. Hihi..


divider bullet journal ideas


Saya membuat illustrasi Bunga menggunakan cat air untuk mempercantik Divider. Sebenarnya ini juga menjadi ajang eksperimen saya membuat illustrasi bunga. Hihihi... Alhamdulilah, berhasil juga membuat Bunga Mawar. Hal lain yang menjadi berbeda adalah adanya The Index yang saya buat setiap Bulannya.

Setup lainnya yang sudah saya buat untuk Bulan October ini, sebagai berikut : 

1. Monthly log.



monthly layout ideas


Ada 2 bentuk Monthly Log yang saya gunakan Bulan ini. Berbentuk Vertikal sesuai Basic Bullet Journal, dan Grid (kotak-kotak) yang saya manfaatkan dengan Color code. Pada bagian Vertikal, saya mengisinya dengan memori yang atau catatan penting.

Sementara pada bagian Kotak (Grid), saya mengisinya dengan aktivitas yang sudah saya tentukan. Misalnya appointment, chorus, ataupun tanggal-tanggal yang penting. Jadi semacam Pra dan Pasca peristiwa yang terjadi sebulan penuh.

2. Reading Log, Migration and Goal


Layout selanjutnya tentang adalah Reading Log. Meskipun di bulan lalu reading log hanya berjalan di bagian Reading Quran aja, tapi saya senang melihat hasilnya. Dalam kurun waktu 15 menit saya hanya mampu membaca kira-kira 10 - 15 ayat (yang panjang) sampai dengan 20 - 25 ayat (pendek). Tapi buat saya ini lumayan progress baik.





Karena itu bulan ini pun saya ingin tetap mempertahankan layout ini. Bentuk layout masih tetap sama. Saya membaginya menjadi 2 kolom. Satu kolom untuk Quran Reading, yang satu untuk Book Reading. Dengan begitu saya jadi tahu sejauh mana bisa memanfaatkan waktu dengan baik.





Di samping halaman reading log, saya membuat halaman khusus untuk migration dan Focus di bulan october. Bagian migration membantu saya mengingatkan bahwa ada beberapa project in progress yang harus diselesaikan dari bulan lalu. Dengan begitu, saya bisa tahu seberapa banyak progress yang sudah saya kerjakan dari project tersebut. 

Bagian focus adalah bagian task/ide baru yang ingin saya kerjakan di bulan oktober. Bisa juga ini semacam The Task Page atau Master Task List untuk bulan ini. 

3. Editorial and Study


Editorial and study calender ini adalah salah satu komponen yang sering gagal tapi tetap ngeyel saya coba.. Haha.. Entah kenapa saya belum bisa menyerah sama komponen yang satu ini. Hihi..

Layout editorial ini berisi tentang jadwal posting di Blog maupun di media sosial. Apalagi saat ini saya sedang berusaha memajukan performa Blog ini supaya lebih bermanfaat untuk orang lain.





Pada bagian sebelah kanan adalah Blogger Planner yang saya buat secara manual. Isinya tentang ide pikiran, remider, to do list bahkan catatan feedback terhadap artikel yang sudah saya publish sebelumnya.


4. Notes


Salah satu kelebihan Bullet Journal adalah One For All. Satu untuk semua komponen. Dari mulai to do list, tracker bahkan catatan seperti contoh berikut ini.





Hampir setiap bulan saya kosongkan 2 sampai 3 lembar untuk saya gunakan sebagai catatan. Terutama catatan dari hasil membaca artikel atau buku.

5. Weekly log




Bulan ini saya sedang mencoba menggunakan weekly log dengan time frame. Karena bulan lalu time log gagal lagi, saya menyerah dan mengubah strategi nyoba yang lainnya. Hihi..
Ide weekly layoutnya adalah dari adaptasi hobonichi layout. Karena mahal bukunya, saya buat sendiri saja. Hihi..

Yang tidak ada di bulan oktober ini adalah spending log, karena saya buat di buku terpisah khusus finansial.
Yang belum sempet baca, silahkan mampir ke sini.

Begitulah teman-teman setup bujo oktober saya kali ini.. Hihi.. Semoga bisa membantu teman-teman yang ingin mencoba mensetup bullet journalnya.. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya..


Ps : pssst.. Minggu depan ada bintang tamu di blog saya ini. Hihi.. Stay tuned yes.. !

See ya..

You May Also Like

2 comments