Skip to main content

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)






Dengan menggunakan simple layout untuk montly log kali ini (+ color) ◀ tetep hehe.. Saya bisa melihat aktivitas apa saja yang akan saya kerjakan selama bulan mei, by the way , warna itu bukan sembarang warna, tapi sebagai color code untuk menandai aktivitas apa saja yang harus saya selesaikan.

Dan setelah setup montly log, mungkin komponen kedua yang bikin semangat saat membuatnya adalah..

MAY TRACKER 

 




Sejujurnya, pas bikin setup may tracker ini semangArt banget, nah pas ngisi trackernya ini, butuh kedisiplinan tingkat tinggi.. Hihi... Padahal sebenernya cuma mewarnai aja ya.. ? Tapi kok yo kadang-kadang malesnya itu gak ketulungan.

Yup tracker ini selain membantu kita untuk mereview kegiatan yang sudah kita jalankan, ternyata juga mampu membentuk kedisiplinan (walaupun sedikit) hihi.. Semoga suatu saat nanti kedisiplinan ini bisa menjadi kebutuhan hidup.

Yang selanjutnya adalah..

Hmm..

Collection..
Nah ada book collection yang menurutku paling ngehits di dalam bullet journalku, bukan karena buku-buku yang dibaca, tapi karena setupnya yang makan tempat, hahahaa.. Plus hobby doodleku juga tetep tersalurkan..



 


Di bookshelves buatan sendiri itu saya tulis beberapa judul buku yang ingin saya baca. Dan jika sudah saya baca, setiap judul akan saya warna sebagai tanda saya sudah selesai membacanya, nah supaya lebih menarik, warna yang saya gunakan gradasi pelangi.. Hehe.. Biar jadi semangat bacanya dan ngisinya kalo liat book lognya menarik. Hihi..

Selanjutnya mari kita membahas tentang






DOODLE PAGE

O.m.g ini adalah halaman yang paling saya suka , hahaa.. Selain hobbi doodle tersalurkan, setiap harinya ada doodle prompt yang berbeda-beda. Bulan ini saya ikut #365doodlewithjohannafritz
Seneng banget liat hasilnya setelah satu bulan penuh, hehe... My mini me memenuhi satu halaman.

Nah yang gak boleh ketinggalan dalam bullet journal itu adalah rapid log (kalo menurut bohoberry , rapid log adalah jiwanya bullet journal) dan karena rapid log adalah jiwanya bullet journal, sampai saat ini saya masih meraba-raba layout seperti apa yang paling cocok buatku.. Oleh karena itu, bulan kemarin saya mencoba untuk menggunakan beberapa layout (setiap minggunya, yang berbeda-beda)

Rapid log minggu pertama saya mencoba menggunakan layout ini






Pada halaman kedua bagian bawah, saya menyelipkan brain dump untuk minggu pertama, jadi saya bisa fokus, task apa saja yang harus saya kerjakan.

Dari layout ini saya belajar sesuatu, bahwa icon weather dan time trackernya kurang berfungsi maksimal untuk kebutuhan saya .. So.. Sepertinya layout ini banyak menghabiskan tempat, dan tak terlalu efektif buat saya.

Minggu kedua saya mencoba layout yang berbeda.. Seperti berikut ini ..




Masih menggunakan 2 halaman seperti minggu lalu, hanya saja saya mencoba mengkelompokan beberapa task dalam satu kategori, misal tentang blog/social media, appoinment/erranda, meal dan to do list. Tetapi sepertinya layout ini kurang maksimal , cuma memang terlihat lucu dengan doodle mini me di setiap kategorinya.. Hehe.. Dari layout ini saya sudah tidak menyertakan time tracker dan weather icon lagi.

Minggu ketiga saya mencoba dengan layout yang berbeda tapi sistem masih sama dengan minggu kedua, cuma sepertinya kurang maksimal juga.. Ya.. Huhu..,



 


Tapi, gak apa apa lah ya., namanya juga masih coba-coba hihi.. Belum nemu yang pas dihati.

Nah daripada sedih gak nemu-nemu layout yang pas, mendingan baca gratitude log ini ya... Hehe..





Dengan begini saya bisa terhibur dan bersyukur , bahwa ternyata setiap hari ada hal positif yang kita dapatkan, gak melulu hal yang negatif atau bikin sengsara, iya kan.. ? Hihi..

Baiklah.. Sekian dulu postingan dari saya, next saya akan posting tentang setu bulan may ya... Hehehe..

Stay tuned.

Comments

  1. bagus banget bullet journalnya, saya jadi mau buat juga. Biasanya beli buku untuk bullet journalnya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo terima kasih kak.. Saya beli di counter moleskine.

      Delete
  2. Bagus BuJo nya. Saya sedang ada rencana untuk membuat BuJo juga. Lalu saya mencari buku agenda (browsing online), mau beli moleskine tapi kok mahal banget ya? Adakah rekomendasi buku agenda yang lebih terjangkau? Dan buku agenda yang seperti apa yang cocok? (Apakah yg bergaris, polos atau yang dengan titik-titik). Terima kasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo.. Terima kasih..
      Sebenernya buku agenda apa saja bisa kok dipake bullet journal. Yang penting nyaman dan enak ditulis. Karena bullet journal sifatnya modular dan banyak komponen yang dipake (misal tracker) mungkin model kotak2 atau titik2 lebih membantu dipake.

      Delete

Post a Comment

Thank you for visiting this blog, if you have any questions, please leave comment. have a nice day good people .

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.

BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..