BULLET JOURNAL INDONESIA | SETUP MAY 2016

setup bujo ideas may 2016


Setup May 2016 saya lakukan di Moleskine Cahier Chapter Large. Seneng banget rasanya, karena bisa mencoba jenis kertas dotted. Karena Leuchttrum 1917 sulit dicari, untuk sementara kita bisa manfaatkan Cahier Chapter ya ? Hmm.. Yuk daripada kelamaan ngebahas yang lainnya, kita langsung mulai bahas tentang Setup Ideas Bulan ini ya ? 

SETUP BUJO MAY 2016


Yang namanya punya buku baru, bawaannya pingin buru-buru ngisi setup ya ? hihi.. Apalagi nie notebook jenis kertasnya emang paling saya pingin. Bahkan saking senangnya saya langsung beli 2 sekaligus. hihihi..

Komponen yang saya setup kali ini, adalah sebagai berikut.

CALENDEX SEBAGAI FUTURE LOG & MONTHLY LOG


Bullet Journal Indonesia Calendex
CALENDEX FOR FUTURE LOG



Kali ini saya menggabungkan Future Log dan Monthly Log secara bersamaan. Dengan menggunakan simple layout untuk montly log kali ini (+ color) ◀ tetep hehe.. Saya bisa melihat aktivitas apa saja yang akan saya kerjakan selama bulan mei, by the way , warna itu bukan sembarang warna, tapi sebagai color code untuk menandai aktivitas apa saja yang harus saya selesaikan.

Dan setelah setup montly log, mungkin komponen kedua yang bikin semangat saat membuatnya adalah..


HABIT TRACKER


 

Bullet Journal Indonesia Calendex
HABIT TRACKER ON MOLESKINE CAHIER



Sejujurnya, pas bikin setup may tracker ini semangArt banget, nah pas ngisi trackernya ini, butuh kedisiplinan tingkat tinggi.. Hihi... Padahal sebenernya cuma mewarnai aja ya.. ? Tapi kok yo kadang-kadang malesnya itu gak ketulungan.

Yup tracker ini selain membantu kita untuk mereview kegiatan yang sudah kita jalankan, ternyata juga mampu membentuk kedisiplinan (walaupun sedikit) hihi.. Semoga suatu saat nanti kedisiplinan ini bisa menjadi kebutuhan hidup.

COLLECTIONS : READING LOG 


Nah ada book collection yang menurutku paling ngehits di dalam bullet journalku, bukan karena buku-buku yang dibaca, tapi karena setupnya yang makan tempat, hahahaa.. Plus hobby doodleku juga tetep tersalurkan..


Bullet Journal Indonesia Reading Log ideas
READING LOG ON MOLESKINE CAHIER

Di bookshelves buatan sendiri itu saya tulis beberapa judul buku yang ingin saya baca. Dan jika sudah saya baca, setiap judul akan saya warna sebagai tanda saya sudah selesai membacanya, nah supaya lebih menarik, warna yang saya gunakan gradasi pelangi.. Hehe.. Biar jadi semangat bacanya dan ngisinya kalo liat book lognya menarik. Hihi..

COLLECTION : DOODLE PAGE



Bullet Journal Idea Doodle page
COLLECTION IDEA ON MOLESKINE CAHIER


O.m.g ini adalah halaman yang paling saya suka , hahaa.. Selain hobbi doodle tersalurkan, setiap harinya ada prompt yang berbeda-beda. Cara ini juga bisa mengasah ketrampilan saya saya dalam hal membuat Doodle. Bulan ini saya ikutan  #365doodlewithjohannafritz Seneng banget liat hasilnya setelah satu bulan penuh, hehe... My mini me memenuhi satu halaman.

RAPID LOGGING MAY 2016 


Nah yang gak boleh ketinggalan dalam bullet journal itu adalah rapid log. Kalo menurut bohoberry , Rapid log adalah jiwanya Bullet Journal (dan karena rapid log adalah jiwanya Bullet Journal), sampai saat ini saya masih meraba-raba layout seperti apa yang paling cocok buat Bullet Journal saya.. Oleh karena itu, hampir setiap bulan saya mencoba untuk menggunakan beberapa layout yang berbeda (setiap minggunya berganti model layout).

Rapid log minggu pertama saya mencoba menggunakan layout ini


Bullet Journal ideas daily log
Rapid logging | Daily Log ideas

Pada halaman kedua bagian bawah, saya menyelipkan brain dump untuk minggu pertama, jadi saya bisa fokus, task apa saja yang harus saya kerjakan.

Dari layout ini saya belajar sesuatu, bahwa icon weather dan time trackernya kurang berfungsi maksimal untuk kebutuhan saya .. So.. Sepertinya layout ini banyak menghabiskan tempat, dan tak terlalu efektif buat saya.

Minggu kedua saya mencoba layout yang berbeda.. Seperti berikut ini ..


Bullet Journal ideas daily log


Masih menggunakan 2 halaman seperti minggu lalu, hanya saja saya mencoba mengkelompokan beberapa task dalam satu kategori, misal tentang blog/social media, appoinment/erranda, meal dan to do list. Tetapi sepertinya layout ini kurang maksimal , cuma memang terlihat lucu dengan doodle mini me di setiap kategorinya.. Hehe.. Dari layout ini saya sudah tidak menyertakan time tracker dan weather icon lagi.

Minggu ketiga saya mencoba dengan layout yang berbeda tapi sistem masih sama dengan minggu kedua, cuma sepertinya kurang maksimal juga.. Ya.. Huhu..,


Bullet Journal ideas daily log


COLLECTION : GRATITUDE PAGE


Bulan ini saya ingin mencoba Gratitude Log, supaya pikiran saya bisa lebih positif setiap hari. 


Bullet Journal ideas daily log


Dengan begini saya bisa terhibur dan bersyukur , bahwa ternyata setiap hari ada hal positif yang kita dapatkan, gak melulu hal yang negatif atau bikin sengsara, iya kan.. ? Hihi..

Baiklah.. Sekian dulu postingan dari saya, next saya akan posting tentang setu bulan May ya... Hehehe..

HAPPY BUJOING