INSTO DRY EYES : SOLUSI CEPAT DAN AMAN UNTUK ATASI DRAMA MATA KERING

INSTO DRY EYES : SOLUSI CEPAT DAN AMAN UNTUK ATASI DRAMA MATA KERING

[ewafebri.com] | Insto Dry Eyes : Solusi Cepat dan Aman untuk Atasi Drama Mata Kering.

Gejala mata kering sering tidak kita indahkan, bahkan terkadang kita tidak menyadarinya. Walhasil kita merasa tidak nyaman pada penglihatan kita. Eits, Insto punya solusinya loh ! Apa sih solusinya ? Yuk kita bahas bareng-bareng.

Insto Dry Eyes : Solusi Cepat dan Aman untuk Atasi Drama Mata Kering

Sebagai seorang blogger yang selalu bersinggungan dengan layar gadget atau laptop dalam jangka waktu yang lama, sering kali mengalami masalah dengan mata, entah itu dalam bentuk kedutan, perih bahkan kadang terasa sangat panas dan berair. Kalian pernah mengalaminya juga atau tidak ?

Kondisi seperti ini biasanya akan sangat mengganggu dan menyiksa penglihatan kita ya ? Apalagi jika kita merasa ada butiran pasir ada di dalam mata, wah ini sih sepertinya menjadi tanda-tanda mata kita mengalami kekeringan nih. Kok kekeringan sih Vva ? emangnya tanah bisa jadi kering ?

Weiits, gara-gara masalah ini saya pun mulai mencari banyak informasi tentang masalah mata kering. Dan berikut ini beberapa poin tentag definis, penyebab, gejala dan solusi yang saya dapatkan selama masa riset tentang penyakit ini.

Apa itu Mata Kering dan Bagaimana Gejalanya ?

gejala mata kering

Mata kering adalah kondisi ketika mata kita tidak mendapatkan pelumasan yang cukup dari air mata, sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di mata. Untuk kasus terparah, masalah mata kering bahkan bisa merusak lapisan bening di bola mata.

Wah, ngeri juga ya dengernya, jadi takut kalo mengabaikan. Padahal nih ya, saya adalah orang yang paling takut berurusan dengan mata. Terutama ketika orang lain mengeluhkan rasa sakit di mata mereka. Meski hanya mendengar ceritanya saja, saya merasa sangat merinding dan seolah-olah saya merasa bahwa mata saya ini ada yang sedang mencoloknya, hahaha... fenomena empati yang berlebihan ini !

Penyebab Mata Kering

Penyebab mata kering bisa bermacam-macam, mulai dari faktor usia, hormon, penyakit, obat-obatan, hingga lingkungan. Jika tidak segera diatasi, mata kering dapat menimbulkan komplikasi yang serius, seperti infeksi, kerusakan kornea, hingga kehilangan penglihatan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala, bahaya, dan penyebab mata kering, serta solusi yang tepat untuk mengatasinya. Penurunan produksi air mata yang dihasilkan oleh kelenjar air mata bisa mengganggu kenyamanan kita dalam melihat loh. Hal ini menyebabkan mata kita menjadi sangat kering. Faktor yang menyebabkan mata menjadi kering, di antaranya karena kondisi berikut ini :

  • Penurunan produksi air mata ini bisa terjadi ketika seseorang mengalami kondisi atau penyakit tertentu, seperti sindrom Sjogren, diabetes, rheumatoid arthritis, lupus, skleroderma, gangguan hormon tiroid, dan kekurangan vitamin A.
  • Konsumsi obat-obatan, seperti antihistamin, dekongestan, antidepresan, obat hipertensi, obat jerawat, obat penyakit Parkinson, atau obat terapi pengganti hormon
  • Kerusakan kelenjar air mata akibat terapi radiasi atau operasi laser mata.
  • Peningkatan penguapan air mata yang bisa menyebabkan mata menjadi cepat kering.

Produksi air mata yang berkurang dipengaruhi oleh peningkatan kadar penguapan air mata, di mana kondisi ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya :

  • Blefaritis posterior >> Kondisi yang membuat pasien jarang berkedip, misalnya ketika membaca dan bekerja terlalu lama di depan layar komputer, atau karena menderita penyakit Parkinson
  • Gangguan pada kelopak mata, yaitu kelopak mata yang berbalik ke luar (ektropion) atau berbalik ke dalam (entropion)
  • Memiliki alergi pada mata
  • Cuaca kering atau berangin >> belakangan ini, cuaca berubah secara ekstrim dan sulit ditebak, terutama berhubungan dengan hawa panas dan menyengat.
  • Polusi udara
  • Kekurangan vitamin A juga menyebakan mata kering.

Faktor Resiko Mata Kering

Penasaran gak sih siapa aja yang berpotensi mengalami penguapan mata kering ? berikut ini ada beberapa faktor yang membuat seseorang berpotensi besar mengalami masalah mata kering, di antaranya :

  • Memiliki usia di atas 50 tahun
  • Berjenis kelamin wanita
  • Mengalami perubahan hormon, misalnya karena kehamilan, konsumsi pil KB, atau menopause
  • Menderita penyakit yang melemahkan daya tahan tubuh, seperti lupus atau rheumatoid arthritis
  • Mengalami kekurangan vitamin A
  • Menggunakan lensa kontak dalam waktu yang lama
  • Pernah menjalani operasi refraktif untuk memperbaiki penglihatan

Meski faktor di atas tidak saya miliki kecuali jenis kelamin perempuan, nyata saya juga mengalami masalah mata kering, Artinya mata kering bisa saja diderita oleh siapa pun terutama yang memiliki kondisi tertentu seperti sering menatap laptop atau gadget pada saat kita bekerja dalam waktu yang lama.

Gejala Mata Kering

gejala mata kering adalah


Terus terang saat membuat sebuah artikel, saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop hanya untuk membuat riset dan draft penulisan. Belum lagi ketika kita melanjutkan mengedit tulisan dan gambar pendukung. Keasyikan yang seperti ini terkadang membuat kita tidak sadar mengalami kekeringan pada mata. Apa sih gejala kita mengalami mata kering ?

Gejala mata kering dapat bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Gejala tersebut dapat memengaruhi satu atau kedua mata. Beberapa gejala yang umumnya dialami penderita mata kering adalah :

  • Mata menjadi merah
  • Mata terasa panas sehingga terasa perih dan sulit dipejamkan.
  • Mata terasa seperti berpasir atau ada yang mengganjal, jika ini terjadi jangan sering dikucek ya ? nanti malah akan menyebabkan luka pada mata.
  • Pernah mengalami mata berair ? ini tandanya kita sedang mengalami iritasi pada mata
  • Sensitif terhadap sinar matahari
  • Penglihatan buram dan membaik setelah berkedip. Keadaan ini berbeda dengan gangguan mata lainnya ya ? buramnya ini seolah hanya sementara.
  • Muncul lendir di dalam atau sekitar mata, terutama saat bangun tidur atau belekan.
  • Mata terasa cepat lelah.

Apa Bahaya Mata Kering jika Tidak Ditangani dengan Tepat?

Mata kering tidak hanya menyebabkan rasa tidak nyaman, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan mata secara keseluruhan. Kondisi mata kering yang dibiarkan bisa menyebabkan beberapa gangguan mata, seperti :
  1. Infeksi mata. Air mata berfungsi untuk melindungi mata dari kotoran dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi. Jika air mata tidak cukup, mata akan lebih rentan terhadap bakteri, virus, atau jamur yang bisa menimbulkan konjungtivitis, blefaritis, atau ulkus kornea.
  2. Kerusakan kornea. Kornea adalah lapisan bening di permukaan mata yang berperan dalam melindungi mata dan membantu fokuskan cahaya. Jika mata kering, kornea akan kekurangan nutrisi dan oksigen, serta mengalami gesekan dengan kelopak mata. Hal ini bisa menyebabkan kornea mengalami iritasi, inflamasi, erosi, atau perforasi yang bisa mengganggu penglihatan.
  3. Kehilangan penglihatan. Pada kasus yang parah, mata kering bisa menyebabkan kehilangan penglihatan sebagian atau total. Hal ini bisa terjadi jika kornea mengalami luka terbuka, infeksi, atau keratitis. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa berujung pada kebutaan.

Ngeri juga kalo tidak lekas diatasi ya ? dalam kasus ekstrim bahkan bisa merusak kornea mata. Tentu hal ini membuat kita menjadi semakin tidak nyaman. Untuk kasus yang parah bisa saja kita harus operasi mata loh ! waduh, serem !

Tips Mencegah Mata Kering

Insto Dry Eyes Solusi Mata Kering

Mata kering adalah kondisi yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, iritasi, dan gangguan penglihatan. Untuk mencegah mata kering, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, yaitu :

  1. Berkedip secara teratur >> Kedipan mata membantu menyebarkan air mata ke seluruh permukaan mata dan menjaga kelembaban mata. Bagi yang sering bersinggungan dengan gadget perlu dijadikan kebiasaan nieh, agar mata kita selalu lembab.
  2. Istirahatkan mata >> Mata yang terlalu lelah dapat menyebabkan mata kering. Oleh sebab itu kita harus memberikan waktu istirahat yang cukup untuk mata kita, terutama jika kita bekerja di depan layar. Kita bisa mengikuti aturan 20-20-20, yaitu setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Atau mengikuti teknik Pomodoro.
  3. Melindungi mata dari lingkungan yang menyebabkan mata kering >> seperti cuaca berangin, cuaca kering, berasap, atau berdebu. Anda bisa menggunakan kacamata untuk melindungi mata Anda dari angin atau debu, atau menggunakan pelembab atau penyaring udara di dalam ruangan.
  4. Menghindari pemakaian riasan pada mata >> Beberapa produk riasan mata, seperti maskara, eyeliner, atau eyeshadow, dapat menyumbat kelenjar air mata dan mengurangi produksi air mata. Jika kita harus menggunakan riasan mata, pilihlah produk yang hypoallergenic dan bersihkan mata kita dengan baik sebelum tidur.
  5. Tidak merokok >> Rokok mengandung zat kimia yang dapat merusak mata dan mengganggu produksi air mata. Rokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit mata lainnya, seperti katarak atau glaukoma. Jika kamu perokok, sebaiknya dikurangi atau berhenti jika diperlukan.
  6. Mengkonsumsi makanan yang sehat >> Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, vitamin A, dan antioksidan dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dan produksi air mata. Beberapa contoh makanan yang baik untuk mata adalah ikan, telur, wortel, bayam, brokoli, alpukat, dan kacang-kacangan.
  7. Minum air putih yang cukup >> Air putih dapat membantu menjaga hidrasi tubuh dan mata. Anda disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih setiap hari. Hindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, atau gula, karena dapat menyebabkan dehidrasi.
  8. Menggunakan obat tetes mata >> Jika tips di atas tidak cukup untuk mencegah mata kering, kita bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung pelumas atau air mata buatan.

Mengapa Insto Dry Eyes Menjadi Solusi Terbaik untuk Mata Kering ?

Obat tetes mata dapat membantu melembabkan dan melindungi mata dari kondisi kering, gatal, atau iritasi. Kita bisa membeli obat tetes mata di apotek tanpa perlu resep dokter, tetapi harus mengikuti aturan pakai yang tertera di kemasan. Salah satu obat tetes mata yang direkomendasikan adalah Insto Dry Eyes, yang mengandung Sodium Hyaluronate yang dapat mengembalikan keseimbangan air mata.

Cara penggunaan Insto Dry Eyes juga tergolong mudah, selain kita bisa membaca aturan pakai, setidaknya kita juga bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air bersih sebelum menggunakan obat ini.
  2. Buka tutup botol dan pegang botol dengan posisi terbalik di atas mata yang akan diteteskan.
  3. Tarik kelopak mata bawah ke arah pipi dan lihat ke atas.
  4. Teteskan 1-2 tetes Insto Dry Eyes pada setiap mata, 3 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.
  5. Tutup kembali botol setelah selesai menggunakan obat ini.
  6. Jangan menyentuh ujung botol dengan mata, jari, atau benda lain untuk mencegah kontaminasi.

Keunggulan Insto Dry Eyes

#InstoDryEyes adalah #SolusiMataKering, seperti rasa tidak nyaman, gatal, atau iritasi. Dengan beberapa tetes yang rutin dilakukan pada saat kondisi tidak nyaman, akan membuat mata kita terasa dingin dan lembab. Dan beberapa keunggulan lain dari produk ini adalah :
  • Mengandung Sodium Hyaluronate, yang dapat membantu melembabkan dan melindungi mata dari kering, gatal, atau iritasi. Sehingga mata menjadi lembab dan sehat.
  • Mengembalikan keseimbangan air mata alami, sehingga meningkatkan kualitas penglihatan dan mencegah komplikasi mata kering.
  • Tidak mengandung bahan pengawet yang berpotensi merusak mata.
  • Dapat digunakan oleh pengguna kontak lensa.
  • Tersedia dalam ukuran yang praktis dan mudah dibawa.
  • Harganya terjangkau, hanya sekitar di bawah Rp 20.000 per botol dengan ukuran 7,5 ml. Bahkan di Official Storenya Combiphar sangat murah loh harganya, Kalian bisa cek di sini
  • Bisa didapatkan di toko obat, toko online atau supermarket terdekat karena tidak membutuhkan resep dokter. 

Jadi bagaimana ? Sudah tidak panik lagi kan, kalo mata terasa lelah dan perih karena terlalu sering di depan layar laptop ? Pertolongan pertama bisa langsung menggunakan obat tetes mata Insto Dry Eye kok, tetapi jika sakit dan ketidaknyamanan masih terasa dalam jangka waktu yang panjang, jangan ragu untuk mendatangi dokter mata. Bisa jadi, ketidaknyamanan tersebut karena faktor tertentu dan membutuhkan penangan lebih lanjut. So, dengan Insto Dry Eye, No Drama-Drama Lagi ya Yuk beli sekarang biar mata kita jadi lembab dan sehat !

Referensi

  1. Insto Dry Eyes Spesifikasi Lengkap | Tokopedia .... https://www.tokopedia.com/catalog/insto-72633/insto-dry-eyes.
  2. Hubungan Antara Mata Kering dan Menopause; Serta Tips Pencegahannya .... https://www.honestdocs.id/hubungan-antara-mata-kering-dan-menopause;-serta-tips-pencegahannya
  3. 8 Makanan untuk Mata Kering yang Kaya Gizi .... https://hellosehat.com/mata/perawatan-mata/jenis-makanan-mengatasi-mata-kering/
  4. 12 Cara Mengatasi Mata Kering secara Alami .... https://halosehat.com/tips-kesehatan/mata/cara-mengatasi-mata-kering
  5. Mata Kering .... https://www.alodokter.com/mata-kering
  6. Insto Dry Eyes 7.5 ml - Kegunaan, Efek Samping, Dosis dan ... - Halodoc. https://www.halodoc.com/obat-dan-vitamin/insto-dry-eyes-7-5-ml.
  7. Insto - Manfaat, dosis dan efek samping - Alodokter .... https://www.alodokter.com/insto.
  8. Insto Dry Eyes - KlikDokter ... https://www.klikdokter.com/obat/obat-mata/insto-dry-eyes.
  9. Insto Dry Eyes - Klinik Sengkang .... https://kliniksengkang.id/produk/insto-dry-eyes/.
  10. Insto Dry Eyes untuk Mengatasi Gejala Mata Kering .... https://insto.co.id/produk/insto-dry-eyes.
  11. Credit images : design @canva

Post a Comment

0 Comments