PENGALAMAN MENGIKUTI PROGRAM PRAKERJA

Pengalaman mengikuti program prakerja


[ewafebri.com] | PENGALAMAN MENGIKUTI PROGRAM PRAKERJA.

Alhamdulillah ! Di tahun 2023 saya disibukkan dengan suasana belajar tentang banyak hal. Tidak hanya tentang kehidupan tetapi juga ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk mengasah skill saya dalam bidang penulisan. Salah satunya proses pembelajaran melalui program prakerja di tahun 2023.

 PENGALAMAN MENGIKUTI PROGRAM PRAKERJA


Belajar memang bisa berasal dari banyak sumber, bisa dari alam semesta, karakter manusia, pengalaman hidup dan juga ruang formal yang memang menyediakan pendidikan. Salah satunya saya bisa mendapatkan sumber pengetahuan dari Program Prakerja.

Mungkin bagi sebagian orang, program Prakerja hanya media yang digunakan untuk mendapatkan bantuan insentif berupa uang kas, tetapi banyak juga dari kita yang mengikuti program ini sebagai salah satu media untuk menuntut ilmu secara gratis karena mendapatkan beasiswa dari negara. Hehehe..

ALASAN MENGIKUTI PRAKERJA ?


Di awal kemunculan program prakerja, sejujurnya saya tidak tertarik untuk ikut serta mendaftar. Terlebih pada saat itu saya masih memiliki pekerjaan tetap. Pada masa itu saya berpikir bahwa program Prakerja akan lebih dibutuhkan oleh teman-teman yang belum memiliki pekerjaan atau justru kehilangan pekerjaan.

Kita tahu Prakerja muncul ketika masa pandemi menyerang negara api. Mau tidak mau kehidupan kita pun berubah drastis. Ada banyak usaha dan perusahaan yang terpaksa harus memangkas pengeluarannya salah satunya dengan cara pengurangan pegawai. Hal ini tentu berdampak pada pengangguran. Alhamdulillah pada masa itu saya masih tetap memiliki pekerjaan, sementara teman-teman saya banyak yang juga yang terpaksa dirumahkan. Meski saat itu sedang hype-nya pada ikut program prakerja, saya justru menahan diri dan tetap bersyukur dengan apa yang telah saya dapatkan sebelumnya.

Sebelum saya memutuskan resign dan kembali ke kampung halaman, saya sudah menghabiskan kurang lebih 15 tahun bekerja di tempat yang sama a.k.a di satu tempat saja. Saya adalah tipikal orang yang betah atau tidak mudah bosan akan sesuatu. Dan cenderung loyal atau lebih tepatnya takut keluar dari zona nyaman. Hahaha... Namun, mindset tersebut perlahan berubah. Terutama ketika secara perlahan saya mulai menemukan makna hidup dan tujuan hidup saya di dunia ini. Saya mulai memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru, salah satunya mengambil keputusan untuk keluar dari pekerjaan dan kembali ke kampung halaman.

Sayangnya, rencana yang cenderung setengah-setengah itu membuat saya justru tidak mampu bertahan dengan pekerjaan wirausaha yang saya bangun. Saya menyadari bahwa saya memang bukanlah orang yang mampu menjalankan bisnis dan wirausaha. Saya adalah tipikal orang yang cenderung "menciptakan" daripada menyalurkan. Sehingga saya memutuskan untuk fokus pada hobi sekaligus aktivitas saya yang sebelumnya, yakni menulis.

MENJADI PENULIS


Saya sadar untuk bisa fokus dan konsisten terhadap suatu pekerjaan salah satunya adalah dengan cara serius mengelolanya. Dalam kurun waktu dua tahun belakangan, saya semakin yakin bahwa menulis tidak hanya menjadi hobi atau kegiatan mengisi waktu kosong saja, tetapi menulis adalah sebuah panggilan hati sekaligus tujuan hidup saya di dunia. Itulah mengapa saya memutuskan secara serius untuk menjadi seorang penulis.

Saya juga menyadari bahwa keputusan yang kita ambil akan mempengaruhi jalan hidup kita di masa mendatang. Ketika saya memutuskan menjadi penulis artinya saya harus bertanggung jawab dengan keputusan yang saya ambil. Salah satunya, saya harus mengedukasi diri agar menjadi seorang penulis yang mumpuni alias tidak asal-asalan. Hal inilah yang kemudian memberikan inspirasi pada saya untuk mengasal skill terutama dalam bidang penulisan.

Masalahnya, untuk bisa belajar dan mengejar ilmu, terkadang kita membutuhkan uang. Sejauh ini, alhamdulillah kebutuhan saya akan kelangsungan hidup sangat terjamin dan diberi rasa cukup oleh Allah SWT. Pun soal keinginan saya yang lainnya. Hanya saja sebagai makhluk yang memang dikarunia fitrah sebagai pekerja, tentu kita tidak bisa diam saja. Tuhan selalu memberikan peluang pada kita untuk terus berkembang dan maju. Tugas kita adalah memanfaatkan peluang tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga di kemudian hari mampu menghasilkan bentuk karya apa pun yang berguna bagi kehidupan umat manusia.

DAFTAR PRAKERJA


Salah satu peluang yang saya manfaatkan adalah dengan mendaftar program prakerja yang disediakan oleh pemerintah. Pada awalnya saya memang tidak begitu yakin akan diterima, mengingat banyak cerita yang mengatakan bahwa lolos prakerja itu tidak mudah. Bahkan ada yang sudah berkali-kali mencoba, tetapi tidak pernah lolos satu kali pun. Saat itu hasrat saya untuk diterima memang tidak terlalu menggebu-gebu, yang terpenting saya memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya.

Alhamdulillah saya tak perlu menunggu lama. Saya lolos program prakerja gelombang 60 pada bulan September 2023 yang lalu. Saya pun sebenarnya juga terkejut, mengingat saat saya mengisi soal-soal psikologi pada waktu mendaftar gak begitu meyakinkan. Meski begitu saya tetap berusaha menjawab soal tersebut dengan berdasarkan logika dan doa. Ada kurang lebih 20 soal yang mirip dengan tes psikotes. Ada soal yang mengandalkan kreativitas, penalaran dan ada juga soal yang mengandalkan wawasan.

Jadi saat mendaftar pada sistem Prakerja, kita akan diberikan soal untuk tes psikotes secara online yang berhubungan dengan banyak hal. Seingat saya, ada sekitar 20 soal dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Saya tidak tahu seberapa besar pengaruh test psikotes tersebut agar kita bisa diterima oleh Prakerja, tapi yang pasti saya berusaha menjawab soal tersebut dengan sebaik-baiknya sesuai kemampuan. Alhamdulillah saya lolos meski baru sekali mencoba !

PROGRAM PRAKERJA


Setelah pengumuman lolos prakerja, kita akan diberi kesempatan untuk memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan membeli kelas-kelas online sesuai dengan kebutuhan dan minat kita. Ada banyak jenis kelas dari berbagai lembaga pelatihan yang bisa kita ikuti. Owh iya, ada juga batas waktu pembelian sebelum bantuannya dibekukan loh ! Pihak prakerja akan memberikan kurang lebih 15 hari dari cairnya dana prakerja. Jika dalam 15 hari kita tidak memanfaatkan saldo dana yang diberikan, maka akun kita akan dibekukan (suspended).

Untuk Gelombang 60 kemarin, saya mendapatkan saldo sebesar Rp. 3.500.000 yang bisa saya gunakan untuk membeli kelas pelatihan. Untuk kelas pertama saya memutuskan membeli kelas pelatihan yang berhubungan dengan Copywriting di GreatEdu dengan nilai Rp. 1.500.000. Proses pelatihan ini saya ikuti kurang lebih selama dua minggu dengan jadwal belajar berselang-seling.

PEMBELIAN KELAS PELATIHAN


Proses pembelian kelas bisa melalui platform yang telah disediakan ya ? kita bisa membayar melalui layanan Tokopedia atau pun Karier.mu. Kebetulan saya mencoba keduanya, jadi saya bisa memahami bagaimana prosesnya.

Pada pembelian kelas yang pertama saya menggunakan layanan tokopedia. Caranya juga gampang kok ! Saran saya belilah kelas online dengan cara memilih kelas yang diikuti melalui dashboard akun prakerja kita. Nantinya kita akan dialihkan ke link Tokopedia untuk melakukan transaksi pembayaran.

Dari pihak tokopedia akan memberikan form pembayaran yang harus kita isi. Dan jangan sampai salah ya, kita harus memasukkan No. Prakerja kita pada saat melakukan pembayaran. Hal ini agar saldo pada akun prakerja kita berkurang, sehingga kita tidak terjebak dalam pembayaran secara mandiri.

Proses pembelian kelas pelatihan ini juga mirip dengan transaksi pembayaran pada platform Karier.mu. Kita akan diminta untuk memasukkan No. Id Prakerja pada saat proses pembayaran. Jangan lupa untuk memperhatikan jadwal kelas yang ingin diambil sebelum proses pembayaran. Supaya tidak terjadi kesalahan. Sehingga kita bisa mengikuti kelas dengan aman.

Setiap transaksi yang berhasil, selanjutnya kita akan mendapatkan notifikasi pada email yang berisi tentang kode Redeem. Kode ini berfungsi sebagai Voucher pada saat akan memasuki kelas pembelajaran berlangsung. Kode ini cukup kita input satu kali saat awal proses pembelajaran. Dan jangan khawatir biasanya setiap lembaga pelatihan akan membantu kita dalam proses redeem. Yang pasti kita juga perlu aktif bertanya pada adminnya ketika mengalami suatu masalah agar dibantu proses penyelesaiannya.

KURIKULUM PEMBELAJARAN


Umumnya kelas prakerja bisa ditempuh dalam waktu satu minggu penuh apabila jadwal belajar setiap hari. Namun kurun waktu pembelajaran merupakan kebijakan dari tiap-tiap lembaga pelatihan. Dalam setiap kelas pelatihan kita akan mendapatkan kurikulum yang berbeda-beda dengan struktur pembelajaran yang hampir mirip. Adapun struktur belajar di antaranya :

  • Pre-Test >> Tahapan pertama yang harus kita lalui biasanya adalah pre-test. Di mana kita akan mengisi soal di awal pelatihan untuk mengenali seberapa banyak wawasan yang kita miliki tentang topik pembelajaran yang kita ikuti.
  • Kelas Online (Daring) >> Namun hal ini tergantung pilihan kelas yang kita ambil. Ada kelas pelatihan yang dilakukan secara luring (offline) dan ada juga yang memanfaatkan daring (online). Di kelas ini, kita akan diberi penjelasan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh tiap-tiap kelas pelatihan.
  • Test Kelayakan >> Setiap sesi pembelajaran usai, kita akan diwajibkan untuk menjawab pertanyaan seputar materi yang telah dipelajari sebelum masuk ke tahap berikutnya. Nilai jawaban dari test ini akan menjadi salah satu syarat agar kita bisa masuk ke level pembelajaran selanjutnya.
  • Tugas Mandiri >> Setelah melewati uji kelayakan dengan menjawab soal terkait materi pembelajaran, kita akan diberikan tugas mandiri atau semacam PR yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang telah kita terima. Setiap tugas yang telah kita ikuti akan di-submit ke Google Classroom sebagai bukti dari pemenuhan.
  • Tugas Akhir >> Setelah melewati tiap-tiap sesi dari kurikulum yang disediakan, kita akan diberikan tugas akhir yang menentukan kelulusan untuk mendapatkan sertifikat. Tugas akhir ini yang nantinya akan diserahkan oleh pihak lembaga pelatihan kepada Prakerja sebagai bukti dari proses pembelajaran yang kita ikuti.

Yang perlu kita perhatikan adalah kita harus mengikuti aturan yang ditetapkan oleh pihak lembaga pelatihan. Seperti :

  • Selalu hadir dalam setiap kelas karena nantinya akan ada sesi foto sebagai bukti dari kehadiran kita di dalam kelas.
  • Mengisi daftar hadir dan evaluasi yang diberikan oleh lembaga pelatihan.
  • Pastikan tepat waktu agar dalam sesi foto kita tidak ketinggalan, dan lain-lain.
  • Aktif dalam proses belajar agar kita bisa lebih memahami setiap kurikulum yang diberikan.

Itulah beberapa tahapan yang perlu kita ikuti selama proses pembelajaran. Meski begitu, tahapan ini sifatnya fleksibel tergantu masing-masing lembaga pelatihannya. Tetapi paling tidak secara umum, tahapannya mirip.

PENCAIRAN DANA INSENTIF


Setelah kita selesai mengumpulkan tugas akhir, biasanya ada jeda waktu sambil menunggu sertifikat kita selesai. Minimal jeda waktu yang harus kita lalui sekitar 3 hingga 5 hari kerja. Karena pihak lembaga pelatihan membutuhkan waktu untuk menilai tugas akhir serta proses verifikasi ke pihak Prakerja sebelum kita mendapatkan sertifikat.

Apabila sertifikat sudah bisa di download pada halaman dashboard prakerja, artinya pelatihan kita sudah lolos verifikasi dan menunggu dana insentif cair. Setidaknya, butuh waktu satu minggu lagi untuk proses pencairan dana insentif. Jangan khawatir, dalam dashboard prakerja, kita akan bisa mengetahui kapan jadwal dana insentif bisa diterima. Pada gelombang ke 60 saya menerima dana insentif kurang lebih Rp. 600.000,-.

Meski kita telah mendapatkan dana insentif, saldo prakerja kita masih ada sisanya kan ? dan sisa saldo ini tidak bisa dicairkan dalam bentuk dana insentif. Jadi kita harus memanfaatkannya untuk membeli kelas lainnya lagi. Saat itu saldo prakerja saya masih tersisa Rp. 2.000.000,-. Rasanya kok sayang banget kalau sisa saldo ini tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya ya ? ya, itung-itung kita bisa belajar gratis dan mengembangkan diri dengan bantuan prakerja. Oleh sebab itu, sisa saldo yang masih ada, saya gunakan untuk membeli kelas baru lagi. Kali ini saya mengambil kelas yang berhubungan dengan Layanan Mail Merge dari Ms. Word melalui LPK Pembangunan.

Setelah selesai mengikuti pelatihan yang kedua, ternyata sisa saldo pada akun Prakerja saya masih ada. Sisa saldo ini saya gunakan juga untuk membeli pelatihan yang terakhir. Kelas pelatihan ini baru akan dimulai pada tanggal 31 Oktober 2023.

Jadi dengan program prakerja, saya tidak hanya mendapatkan bantuan finansial berupa insentif tetapi juga kesempatan belajar yang luar. Selain ini saya juga mendapatkan sertifikat yang bisa saya gunakan pada saat mencari kerja. Alhamdulillah, program ini sangat membantu bagi kita yang senang belajar melalui kelas pelatihan tetapi terbatas finansial.

Menurut saya program prakerja bukan hanya membantu secara finansial saja, tetapi juga pada proses pengembangan diri warga negara. Asalkan kita bisa memanfaatkan kesempatan belajar yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Pun dalam akun prakerja ada juga lowongan pekerjaan yang bisa kita coba, siapa tahu kita akan mendapatkan pekerjaan yang kita impikan. Alhamdulillah ! Allah memberikan saya kesempatan untuk belajar dalam berbagai cara termasuk melalui sistem prakerja ini. Saya bersyukur atas segala karunia dan pertolongan-Nya sehingga saya bisa memperbaiki kualitas diri.

Post a Comment

1 Comments

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏