LIEBSTER AWARD 2020 EWAFEBRI

by - November 13, 2020

Liebster award 2020 ewafebri



[ewafebri.com] | LIEBSTER AWARD 2020 EWAFEBRI
.

Sejujurnya saya telat mengetahui bahwa saya menjadi salah satu nominasi Liebster Award dari postingannya kak Lala, di bulan September lalu. Tapi ngomong-ngomong apa sich Liebster Award itu ? Dan mengapa saya bisa menjadi nominasinya ? hmm.. 

LIEBSTER AWARD 2020 EWAFEBRI


Beberapa waktu lalu saya blogwalking ke Blognya kak Lala, seorang Lifestyle Blogger dari kota Apel, Malang. Awalnya saya tertarik membaca artikelnya yang berjudul Saya Dapat Liebster Award!. Kok judulnya terdengar gak biasa gitu, karena penasaran saya pun membuka linknya. 

Dari kalimat per kalimat saya baca dengan seksama, hingga beberapa paragraf di bagian akhir saya membaca ada nama Blog ewafebri di sana. Lah.. ? saya jadi salah satu nominasi dari Liebster ini ? Hal apa yang sudah saya lakukan hingga mendapat kesempatan ini ? hihihi.. 

APA SIH LIEBSTER AWARD ? 


Usut punya usut, Liebster Award adalah sebuah penghargaan dan recognition yang diberikan oleh satu blogger pada narablog lainnya. Semacam penghargaan berantai gitu, hihihi. Meskipun sebuah penghargaan yang tak membutuhkan sebuah prestasi luar biasa, tapi saya sangat bangga menjadi salah satu nominasinya. 

Setidaknya dengan memasukkan nama Ewafebri dalam nominasi dari postingan lailiving.com, saya merasa disayangi oleh pemilik Blognya. Hihihi.. 

RULES OF LIEBSTER AWARD


Meskipun tanpa prestasi dan bukan blog yang luar biasa, setiap nominasi diminta untuk melakukan sesuatu sebagai rulenya. Apa saja rule yang harus dilakukan oleh setiap nominee ? Ini dia rulenya : 

  1. Ucapan terima kasih kepada blogger yang menominasikan
  2. Menyebutkan 11 fakta mengenai diri sendiri + 3 blog post favorit
  3. Memberikan jawaban untuk pertanyaan dari blogger yang menominasikan
  4. Menominasikan 11 blogger lain
  5. Memberikan 11 pertanyaan kepada blogger yang dinominasikan
  6. Memberitahukan kepada blogger yang dinominasikan mengenai Liebster Award. 

Melihat rule di atas saya jadi penasaran, kenapa kok angkanya harus 11 ya ? Hahaha.. Apa spesialnya angka ini ? Entahlah.. karena saya sendiri gak bisa mendapatkan jawabannya dengan pasti. Tapi dari beberapa artikel yang saya temukan selama membuat tulisan ini, angka 11 kemungkinan besar adalah jumlah tahun di mana award ini diciptakan, yaitu tahun 2011. 

Berhubung sekarang tahun 2020, harusnya list nambah jadi 20 ya ? hahaha.. Bikin kerjaan aja kalo terlalu banyak. Hihihi..

THANK TO


Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk kak Lala yang sudah mengapresiasi dengan memberikan nominasi pada Blog ewafebri. Hal yang membanggakan, jika Blog ini bisa menjadi salah satu prioritas kak Lala dalam menentukan nominasinya. Senengnya luar biasa. 

BUT.. 


Liebster Award 2020



Setelah mempertimbangkan banyak hal dan melihat rule-rule yang ada, saya mempertimbangkan untuk tidak melanjutkan tulisan berantai ini. Hihihi.. Bukan saya tidak menghargai dijadikan sebagai nominasi, tapi saya juga bingung memenuhi rule-rule tersebut. Apalagi beberapa waktu belakangan ini saya sudah gak punya banyak waktu untuk menulis dan Blogwalking. 

11 mungkin jumlah yang tidak banyak tapi cukup menyita waktu juga kalo harus berpikir keras mencari nominasi dan mencari pertanyaan untuk mereka, hahaha.. Agak puyeng mikirnya. Hihihi.. 

Akan tetapi untuk mengapresiasi dan menghormati kepercayaan kak Lala, saya akan menjawab pertanyaannya. 

1. LAGU ATAU PODCAST 


Lagu atau podcast yang belakangan ini sering saya dengarkan berada dalam playlist yang sebenarnya dari dulu itu-itu saja. Hihihi.. Saya adalah orang yang cukup membosankan untuk beberapa hal karena sulit keluar dari Zona nyaman. Hahaha.. 




Buat kalian yang penasaran, bisa mendengarkan playlist saya di spotify seperti di atas. Walaupun lagunya ya gitu-gitu doank. Hahaha.. 

2. REKOMENDASI BUKU 


Saya adalah tipikal orang yang random dalam membaca buku, walaupun buku yang paling saya suka tentang serial killer ataupun thriller. Nah, kalo kalian suka baca buku bergenre tersebut, ada beberapa buku yang saya rekomendasikan dalam bentuk list berikut ini : 


Buat kalian yang penasaran dengan buku-buku rekomendasi lainnya, saya sudah membuat beberapa review tentang buku yang pernah saya baca

3. KOTA ATAU DESA ? 


Untuk alasan ini, saya orangnya cukup realistis. Di mana ada tempat yang bisa memberikan mata pencaharian dan hidup tenang, di situlah keinginan saya untuk menetap. Jadi gak peduli di desa ataupun di kota buat saya oke-oke aja. hahaha.. 

4. HAL YANG SAYA SYUKURI


Banyak hal yang saya syukuri saat ini. Dari mulai hal kecil hingga hal yang menurut saya besar dampaknya. Di antaranya kesehatan, setiap kesempatan dan peluang baru yang hadir, rasa tenang dan kedamaian. Dan segala hal yang menjauhkan saya dari dampak negatif. 

5. TOKOH YANG INGIN DITEMUI DAN APA YANG AKAN DILAKUKAN ? 


Jawabannya : Ayah kandung saya ! 

Saya ingin bertemu dengan Alm. Bapak. Dan ingin menanyakan banyak hal terhadap beliau. Tentang hal-hal sederhana yang ingin ditanyakan anak-anaknya pada orang tua, seperti : 

  • Pernah merasa bangga gak punya anak kayak saya ini ?
  • Pernah merasa bahagia gak saya menjadi putrinya ? 
  • Wejangan apa yang ingin diberikan pada saya tentang kehidupan ? 
  • Marah gak kalo saya melakukan sebuah kesalahan ? 
  • Nilai hidup apa yang ingin diajarkan pada saya ? 
  • dll. 

Ada banyak pertanyaan yang berkecamuk di otak saya, yang mungkin gak bisa saya share di sini. Tapi pada dasarnya pertanyaan seperti di ataslah yang ingin saya ketahui jawabannya. Apalagi saya sama sekali tak memiliki memori tentang Bapak.


6. QUOTE HIDUP 


Quote yang tak pernah saya lupakan adalah " Compete With Your Self ". Sederhana tapi sarat makna bagi saya. Quote itu juga yang membawa dampak baik pada hidup saya. Dengan quote itu saya bisa berubah menjadi versi terbaik untuk diri saya sendiri. 

7. LOVE IS.. 


Cinta bagi saya itu rumit sekaligus general. Saya membicarakan cinta tak sebatas tentang hubungan antara laki-laki dan perempuan tapi lebih luas dari itu. Pandangan saya tentang cinta tak selalu berkonotasi bahagia dan berbunga-bunga, tapi juga menyakitkan dan menimbulkan banyak trauma. 

Jadi cinta bagi saya itu kompleks banget, yang bahkan membuat saya jadi malas membahasnya. hahaha.. Dalam benak saya, hal prioritas dari sebuah hubungan (dengan siapapun) yang paling utama adalah respek dan caring (care). Jika 2 hal itu di kesampingkan, maka cinta yang ada memberikan pengalaman yang buruk. (Halaah.. hahaha..)

8. HAL YANG BERUBAH


Waktu dan rutinitas adalah hal yang berubah belakangan ini. Saya mungkin orang yang terlalu greedy dan rakus soal peluang, hingga akhirnya harus merelakan beberapa hal rutinitas yang sebelumnya sering saya lakukan dengan pekerjaan baru. 

Saya sadar tidak mungkin selamanya multitasking mengingat tubuh saya juga butuh istirahat. Oleh karena itu ada hal yang harus menjadi prioritas untuk diselesaikan terlebih dahulu. Apalagi kalo hubungannya dengan komitmen dibayar. Hahaha.. Tanggung jawabnya lebih besar euy. Serem !    

9. MAKNA KEHIDUPAN


Seringkali saya berpikir tentang. " Mengapa saya harus dilahirkan ?", " Mengapa saya setuju untuk dilahirkan ?". Ketika menghadapi banyak hal yang gak bisa dihindari. 

Tapi dari sekian hal yang tidak menyenangkan, Tuhan selalu memberikan keselamatan dalam kehidupan saya. Dari sinilah kemudian saya berpikir ulang, " Mungkin ini kesempatan saya untuk berubah pikiran dan menjadi orang yang lebih bermanfaat untuk orang lain ".

Mungkin itu titik balik saya untuk bisa lebih banyak bersyukur terhadap kehidupan ini. Dan mulai berhenti untuk mengeluhkan semua hal yang terjadi. Tak masalah sesekali mengeluh, asal jangan tiap detik aja. hahaha.. Puyeng kepala. 

10. YANG INGIN KUKATAKAN PADA DIRIKU TERDAHULU


" Jika kamu bisa kembali ke masa lalu, apa yang akan kamu lakukan atau katakan pada dirimu di masa itu?

Pertanyaan yang sederhana tapi sulit juga menemukan jawabannya. Hahaha.. Entahlah, ada beberapa hal yang telat saya pelajari sebenarnya. Mungkin itulah yang ingin saya sampaikan pada diri saya di masa lalu. Bahwa kamu punya banyak kesempatan dan peluang untuk maju dan menjadi kreatif. Manfaatkan waktumu dengan baik. Jangan rebahan mulu eva !

Lakukan hal positif yang membuatmu berkembang karena kamu menyukainya, bukan karena didikte oleh orang lain. Katakan tidak jika kamu merasa keberatan, jangan menyenangkan orang lain sementara kamu merasa terbebani dan menderita. Jika mereka respek dan care, harusnya mereka tidak pernah menempatkanmu dalam keadaan menderita. 

11. MESSAGE FOR MY SELF


"Apa pesan yang ingin kamu sampaikan pada kamu 10 tahun mendatang?"

Ingatlah terus untuk berpijak, meskipun banyak hal yang membuatmu terbang melayang. Jangan mudah tergoda pada hal yang membuatmu gelap mata. Percaya pada intuisimu, karena itu menjadi salah satu alert yang terbaik. 

  • Jangan sering meragukan kemampuan diri sendiri, sebelum kamu benar-benar gagal mencobanya berkali-kali. 
  • Gak perlu mendengarkan omongan orang, apalagi terlibat perbincangan yang gak banyak manfaatnya. 
  • Mau dibilang antisosial gak masalah, yang terpenting tidak merugikan orang lain. 
  • Hindari terlibat dalam drama-drama gak penting, because sooner or later kamu akan korbannya juga. 
  • Meskipun saat ini dan yang akan datang semua serba menjadi virtual dan digital, jangan lupa hidup di dunia nyata Evva. Itu yang terpenting !
  • It's Okay kalo kamu gak punya cara hidup, tujuan dan value seperti orang lain, tak semua hal harus terbawa arus oleh kehidupan orang-orang. You know what's the best for you the most
  • Sama seperti ketika kamu memilih cara hidup, hormati juga bagaimana orang lain memilih hidupnya. Gak semua hal yang tidak sama dengan pilihanmu adalah buruk. Dan ingat jangan mengolok-oloknya ! Pun kamu gak pernah tahu apa yang mereka alami Eva ! Kadang kamu itu terlalu Judgemental ! Hih ! Hilangin lah atau minimal kurangi ! (Kecuali yang merugikan kamu ya Vaa, harus dilawan, hahaha.. )
  • Branding is good, tapi ingat ! gak semua hal harus butuh pengakuan. Just do what you love and make you grow !

Banyak ternyata pesannya, ini menandakan banyak juga poin yang harus saya perbaiki ke depannya. hahaha.. 

KESIMPULAN 


Menulis jawaban darai pertanyaan kak Lala ini semacam mengintropeksi dan mengevaluasi diri sendiri. Terutama juga untuk mengenali lebih dalam tentang diri kita sendiri. Tanpa saya sadar, beberapa hal yang selama ini gak saya sadari, justru muncul ketika membuat list-list jawabannya. Hahaha.. 

Buat kalian yang ingin membuat Liebster Award seperti apa, bisa langsung baca ke Blognya kak Lala yang lebih lengkap. Saya pingin bikin tulisan ini lebih lengkap lagi, tapi tulisan ini udah banyak banget. hahaha.. 

Paling tidak semoga jawaban yang saya tulis ini bisa menjawab rasa penasaran pembaca Blog ewafebri. Hehehe.. Thank You Gaes !

You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :