JOURNALING BLOG EWAFEBRI

journaling blog ewafebri



[ewafebri.com] | JOURNALING BLOG EWAFEBRI
.

Seringkali saya mendapatkan email atau DM di sosmed tentang Blog ewafebri. Soal platform, cara membuat dan bagaimana mengelolanya. Tulisan ini adalah ulasan singkat tentang pertanyaan yang sering saya dapatkan, semoga ke depannya gak membuat kalian tambah bingung ya ? hehehe.. 

JOURNALING BLOG EWAFEBRI


Ewafebri adalah nama julukan saya saat masih sekolah dulu. Julukan yang awalnya saya benci tapi kemudian saya jadikan branding buat blog ini. hahaha.. Biar saya tuh bisa jatuh cinta sama nama ini, plus supaya gak sakit hati sama yang sering ngledekin saya jaman dulu. hahaha.. 

Ngomong-ngomong saya cewek ya, meskipun nama dan gaya bahasanya sering disangka laki-laki. Hihihi.. mungkin terlalu maskulin ya ?

NICHE BLOG 


Awal saya membuat Blog ini, memang sudah berkeinginan untuk membuatnya memiliki Niche tertentu. Kebetulan tuh, saya suka banget sama yang namanya Journaling. Dan memang rasanya materi tersebut yang bisa saya bagikan dengan lancar. Pun saya berceritanya juga dengan antusias. hahaha.. 

Mungkin kalian gak akan sering mendapatkan cerita tentang pengalaman saya jalan-jalan (meski ada tapi jarang), pengalaman saya mereview makanan, mengulas skin care (karena memang gak ada pengalaman memakainya), pengalaman tentang rumah tangga (saya belum berumah tangga, hahahaha.. ) atau pengalaman yang terlalu personal banget dalam Blog ini. Hahaha.. 

Mohon maaf kalo materi konten ewafebri ini tidak sesuai dengan ekspektasi kalian tentang apa yang dinamakan Blog. hihihi.. Karena memang tujuan awal saya tidak untuk bercerita hal yang terlalu personal banget. Selain saya kurang pinter merangkainya dalam sebuah cerita, juga karena hidup saya gak menarik untuk diceritakan seperti Blog lainnya. hahaha.. 

So.. Semoga kalian tak kecewa datang dan membaca tulisan-tulisan yang ada di blog ini, dan sesungguhnya saya lelah dengan Blogging war (istilah macam apa ini ? hihihi.. ) yang sering kali terjadi tentang sebuah definisi dari blog bagi masing-masing orang. 

Pokoknya buat saya, Blog itu bebas kok. Isinya bisa receh, bisa juga serius. Bisa tips, bisa juga pengalaman. Yang penting sering diupdate aja, karena sesungguhnya hal yang menjadikan web itu menjadi blog adalah sering tidaknya update tulisan. Masalah isi bebas. Mau dikata portal berita juga gak masalah, hahaha.. terserah kalian aja, asal bahagia. 

So..  kalo suka tulisan saya, silakan mengubek-ubek blog ini melalui menu navigasi yang sudah tersedia. Jika gak suka, ya boleh gak kembali lagi, mungkin tulisan dan pengalaman hidup saya yang membosankan bukan niche blog yang ingin  kalian baca. hahaha.. 

SANTAI TAPI BERMANFAAT


Kembali lagi ke tujuan awal mengapa saya membuat Blog ini, yaitu untuk menebar kebermanfaatan. Saya berusaha menulis dan membagikan tulisan yang gak cuma berdampak buat saya, tapi juga berdampak positif pada kalian semua. Alasannya sederhana, supaya kalian tidak membaca cerita saya yang sia-sia. hahaha..

Jika dipertengahan prosesnya saya tergelincir pada pemikiran materialistis, ya itu mungkin memang kerakusan manusia aja. Selalu ingin mendapatkan yang lebih. hahaha.. 

Itulah kenapa banyak tulisan di blog ewafebri yang juga di-monetize. Maklum, saya juga harus nyari tambahan penghasilan untuk memperpanjang umur domainnya, hihihi.. Curhat mulu Va..

Hal lain yang membuat saya bahagia adalah ketika beberapa pembaca mengirimkan pesan melalui DM maupun email tentang perasaan dan apresiasi mereka setelah membaca Blog ewafebri. Dari situ saya yakin bahwa, meski tak semua orang setuju tentang penampilan dan apa yang ditulis di Blog ewafebri, tapi bagi beberapa orang, artikel tersebut bermanfaat.

BLOGSPOT

Blog tentang journaling



Saya beberapa kali mendapatkan pertanyaan apakah Blog saya ini menggunakan platform Blogspot atau Wordpress ? Jawabannya adalah Blogspot gaes. 

Mengapa memilih Blogspot ? 


Alasannya supaya harganya lebih murah pas nyewa domain. Hahaha.. Keren sekali jawabannya. 

Pun blog ini tuh sebenarnya sudah saya miliki sejak tahun 2009, jaman di mana poconggg masih aktif ngeblog. Hanya saja, artikel yang pernah saya publish jaman itu banyak yang saya hapus, karena isinya "hmm... nggak banget deh pokoknya!".

Di tahun 2018 saya memberanikan diri untuk menyewa domain dan mulai serius mengelola Blog ini. Berawal dari situ kemudian saya belajar untuk memajukan Blog ini secara berkala. Dari mulai tampilan, data statistik, dan materi kontennya. Biar gak sia-sia bayar domainnya. hahaha.. 

Langkah dan proses saya memajukan Blog ini juga saya tulis di bagian Blogging Corner kok Gaes, jadi kalian bisa membacanya (kalo bersedia, hihihi..).

THEME BLOG 


Owh iya, banyak juga yang penasaran dengan template Blog ini. Apakah saya membuatnya sendiri atau saya menggunakan gratisan. hihihi.. Jujur nih ya, saya menggunakan template gratisan yang saya download di Gooyabi Template. Nama templatenya Cheer Up

Kalian kalo tertarik dengan templatenya silakan dicari. Akan tetapi... Mungkin hasilnya gak akan sama persis dengan yang saya gunakan. Karena template ini sudah mengalami banyak perubahan di bagian tampilannya. Saya sengaja custom sesuai dengan keinginan saya sendiri. Dari mulai layout, warna, tulisan dan beberapa widgetnya. hehehe.. 

Sebagian prosesnya juga saya sudah pernah tulis di Blogging Corner ya gaes. Kalo kalian penasaran, bisa mencarinya di sana. hihihi Promosi terus eva !

KONTEN BLOG


Sebenarnya konten Blog ewafebri ini apa saja sih ? 

Selain membahas tentang proses Blogging dan Journaling, kalian juga bisa membaca beberapa tulisan saya yang berhubungan dengan seni dalam Art Therapy. Selain itu ada juga cerita receh yang saya kemas dalam 52 Weeks Journaling Challenge. Jadi memang gak 100% Blog ini memiliki Niche journaling. 

Khusus untuk tulisan yang berhubungan dengan seni, saya sudah pindahkan ke Blog khusus seni, ewafebriart. Di sana kalian bisa menemukan tulisan yang tentang material seni dan juga curhatan receh proses saya membuat karya. 

Saking bingungnya dengan tema tulisan, Blog ewafebri juga membahas tentang review buku loh Gaes, hahaha.. Ya habisnya, journaling itu berkaitan erat dengan buku dan hal-hal yang berbau tentang personal development, jadi ya gitu deh. Akhirnya jadi Blog gado-gado. hihihi..

NO TEAM 


Blog ewafebri ini adalah Blog personal yang gak memiliki team. Jadi semua yang ada di sini saya kerjakan sendiri. hehehe.. Pingin meng-hire orang, tapi buat perpanjang domain aja masih ngos-ngosan. hahaha..  

Kalo kalian penasaran , "gak punya team kok ngeshare data statistik mulu tiap bulan, apa faedahnya ?". 

Ah kalo itu sebenarnya trik saya supaya Blog ini ada konten yang terupdate saja. hahaha.. Apalagi kalo saya pas kehabisan ide menulis panjang, Report itu menyelamatkan Blog ini dari aktivitas "diabaikan", begitu kira-kira penjelasannya. Plus pamer juga. hahaha.. 

GAYA PENULISAN


Mungkin bisa dibilang gaya penulisan saya itu semi formal tapi lebih ke santai banget ya ? Kadang bingung juga, mengingat materinya kan walaupun pengalaman pribadi tapi kadang bukan hal yang sifatnya personal banget. Mau saya buat model storytelling, tapi saya sadar gak bisa melakukan itu. 

Apalagi kadang model storytelling kurang cocok dengan beberapa materi yang saya sampaikan, jadilah gaya bahasa penulisan Blog ini acak adul. Concern saya cuma satu, yang penting kalian paham apa yang saya maksud. Dah itu aja. hahaha..

Padahal dulu, saya pingin banget punya Blog dengan gaya bahasa kocak nan ngeselin ala-ala poconggg, tapi sadar, bahwa saya itu gak lucu. Bahkan terkesan garing. Hahaha.. 

KESIMPULAN 


Buat saya ngeblog itu gak cuma buat terapi menulis, tapi juga saya pingin tulisan saya bermanfaat. Ya kalo cuma buat media terapi, saya lebih memilih menulis di buku Journaling tanpa harus membagikannya di Blog ini. Hahah.. 

Tapi, apapun tujuan kamu ngeblog, entah itu mau serius apa receh, dibuat fun atau monetize, ya bebas-bebas aja. Gak perlu diperdebatkan lah ! emang gak capek ngebahas yang itu-itu aja ? hihihi.. 

YOUR BLOG IS YOURS !


Kamu bebas memperlakukannya sesuai dengan keinginanmu. Tak perlu terintimidasi dengan keberhasilan Blog lain, dan gak perlu juga merasa minder dengan Blog orang lain. Setiap orang memiliki tujuan dan pandangan yang berbeda-beda tentang Blog. Pun tentang desain atau materi bahsannya. 

Apabila kalian ingin memonetasi Blog, artinya banyak PR yang harus dipelajari supaya tujuan kalian tercapai, dan gak berdosa juga, bebas mau diapain aja. Kalo kalian hanya menulis untuk bersenang-senang ya gak masalah juga, gak akan jadi penista juga. Semua kendali Blog ada pada pemiliknya masing-masing. 

Perspektif setiap orang tentang Blog gak akan pernah seragam. Dan apapun tujuan kamu ngeblog, jangan lupa having fun ! hehehe.. 


Post a Comment

0 Comments