WEEK 11 : 5 HAL YANG SAYA SUKA DARI DIRI SENDIRI

5 hal yang disukai dari diri sendiri

[ewafebri.com] WEEK 11 OF 52 WEEKS JOURNALING CHALLENGE IDEAS ADALAH 5 HAL YANG SAYA SUKA DARI DIRI SENDIRI. 

Percaya atau tidak saya adalah tipikal yang kurang memberikan apresiasi pada diri sendiri. Ini kadang bikin bingung ketika ditanya orang lain, apa sih yang disukai dari diri kita sendiri. Hahaha.. Hari ini saya akan coba kulik sejujurnya.

WEEK 11 : 5 HAL YANG SAYA SUKA DARI DIRI SENDIRI

Meski challenge ini agak telat terbitnya tapi gak apa-apa lah ya? Setidaknya saya udah berusaha update terus setiap minggunya.

Sejujurnya, belakangan ini kesehatan saya memang kurang baik. Batuk, pilek agak sesak nafas (🥴🥴 tanda-tanda ini mah), tapi saya yakin bahwa saya akan baik-baik saja. Karena saya sudah berusaha sebaik mungkin merawat diri termasuk dengan memperiksakan diri ke dokter.

Baiklah, daripada saya curhat gak jelas dan bikin orang-orang panik dengan apa yang terjadi saat ini, mendingan saya mulai dengan daftar hal yang saya sukai dari diri sendiri.


1. SUKA BELAJAR HAL BARU

Saya adalah orang yang suka belajar hal-hal baru. Hal ini pasti merupakan salah satu kelebihan ya..? Hahhaa.. Tapi sayangnya gak begitu juga.

Saking senengnya belajar baru, terkadang jadi gak tuntas alias tanggung. Misalnya saja ingin belajar membuat DIY crochet, begitu sudah bisa membentuk suatu benda, maka akan berhenti dengan sendirinya dan nyoba hal lainnya.

Padahal kalo dipikir-pikir keahliannya belum seberapa. Jadi bukannya upgrade level ke yang lebih mahir, tapi malah menikung hal baru yang ingin dipelajari, begitu seterusnya. 😜😜😜

Tapi yang saya senang dari sikap ini, saya jadi banyak belajar dan punya rasa penasaran yang tinggi terhadap sesuatu, walaupun selalu berakhir tanggung. Hahhaa..


2. MUDAH MENEMPATKAN DIRI

Jika saya harus memilih lebih nyaman saat sendiri atau saat berkumpul dengan banyak orang, saya akan memilih menyendiri dengan buku, peralalatan gambar ataupun gadget lebih utama.

Ini bukan berarti saya tidak bisa bergaul dengan orang lain. Sesekali saya masih bisa bersosialisasi dan berinteraksi dengan banyak orang. Meskipun kadang saya merasa kurang nyaman.

Anehnya, meskipun saya bisa berkumpul dengan banyak orang, tapi saya kurang suka jika terlalu banyak. Ya maksimal 4 orang gitulah.. Lebih dari itu saya gak bisa fokus terhadap perbincangan yang ada. Walhasil, tanpa sadar saya akan mlipir pergi pelan-pelan. Hahaha..

Itu alasan saya gak pernah datang ke acara reuni apapan. Hahaha.. Ngeliat banyak orang udah engap banget rasanya. Saya juga jarang pergi ke concert. Bikin sesak nafas soalnya. Hahaha..


Baca Juga :


3. KREATIF

Hahaha.. Mungkin ini pengakuan yang sangat *gak punya malu sekali*, masa ngaku-ngaku kreatif. Tapi sebenarnya dari banyak hal aneh yang saya miliki, kreatif (versi ewafebri) adalah hal yang paling saya sukai.

Setelah saya pikir-pikir, kreatif itu ternyata bisa ditumbuhkan, dilatih dan dikembangkan. Jadi bagi yang sekarang kurang merasa kreatif, jangan kuatir! Hahaha.. Pada dasarnya jika kita konsisten melatihnya, lama-lama kita bisa kreatif.

Kreatif tak cuma tentang membuat sesuatu yang berhubungan dengan seni menggambar, melukis maupun craft ya, tapi juga mempengaruhi pada saat mengambil sebuah keputusan. So, tetaplah belajar berpikir kreatif!


4. CURIOUSITY

Saya adalah orang yang memiliki rasa pensaran yang tinggi. Itupula mungkin yang membuat saya jadi senang belajar hal baru.

Namun sayanngnya, pada suatu masa, hal ini saya manfaatkan untuk kegiatan yang kurang berfaedah. Contohnya penasaran dan kepo sama kehidupan orang lain. Hahaha.. Yang membuat saya jadi orang toxic.

Untung saya menyadarinya, kalo gak, mungkin hidup saya tidak akan menuju hal yang lebih baik, karena terlalu sibuk penasaran sama jalan hidup orang lain. Hahaha...

Penasaran itu penting, terlebih jika kita bisa mengontrolnya ke arah yang bermanfaat, bukan hal yang gak berpengaruh pada perkembangan hidup kita.


5. CUEK DAN LESS JUDGING PEOPLE

Ada waktu di mana saya menjadi orang yang seringkali berasumsi terhadap orang lain, tapi itu dulu. Sekarang saya belajar bagaimana memandang sebuah situasi dan kondisi bukan cuma dari perspektif diri sendiri, tapi juga sudut pandang orang lain.

Sikap ini membantu saya mengurangi dan menghilangkan sikap toxic dan suka nge-judge orang.

Inget banget, dulu tuh saya gampang sekali menyimpulkan sesuatu berdasarkan opini sendiri, tanpa mau belajar bagaimana orang lain berpikir. Ini yang kemudian membuat saya jadi overthingking.

Alhamdulilah, sifat ini lama-lama menghilang. Dan berubah menjadi cuek terhadap hal-hal yang gak penting. Apalagi hal-hal yang berbau drama dan bikin gak bisa tidur. Hahaha.. Males banget sekarang ikut-ikutan. Apalagi di sosial media. Hahaha...

Dan mungkin saya bukan tipikal pahlawan berhashtag juga sih ya..? Jadi kalo ada yang viral-viral pake perang hashtag, saya selalu absen. Hihihi..


KONKLUSI

Dari 5 daftar di atas gak ada yang berhubungan dengan fisik ya? Hahaha..

Hamdalah dari 5 hal di atas justru membuat hidup saya lebih baik dibandingkan jaman dahulu. Ya mungkin memang kita harus bisa mengevaluasi diri, kira-kira hal apa yang bisa ubah dari kekurangan menjadi sebuah kelebihan yang pada akhirnya bermanfaat untuk kita.

Rasa penasaran dan cuek bagus, tapi jika tak ada batasannya juga akan menjadi sikap yang buruk. Misalnya saking cueknya, masa bodo sama sekitar kita. Hihihi.. Gak gitu juga kan?

Nah, kalo kalian apa kira-kira 5 hal yang kalian sukai? Bisa dari sudut pandang tentang fisik maupun cara hidup. Bebas! Yuk share di kolom komentar, hihi..