TO DO LIST VS MIND MAP

by - September 09, 2019

to do list vs mindmap


[Start Your Day With Ewafebri] Hello, kalian  #TeamToDoList atau #TeamMindmap ? Apa sih nih, tiba-tiba nanya random gak jelas. Hahaha.. By the way, saya pingin membahas tentang kedua hal ini. Kira-kira dari kedua hal metode ini mana yang lebih efektif ya ?

TO DO LIST VS MIND MAP


Sebagai seorang Bullet Journalist, saya sebenarnya terbiasa dengan kedua metode ini. Namun biasanya saya gunakan untuk kebutuhan yang berbeda. To do List lebih enak digunakn untuk membuat list pekerjaan yang banyak, ataupun step by step suatu project. 

Sedangkan Mindmap biasa saya gunakan untuk mendapatkan atau mengurai suatu topik sehingga bisa mendapatkan ide yang lebih detail. Jadi sejujurnya sangat sulit untuk membandingkan keduanya dengan point of view yang sama. Karena saya menggunakannya secara persamaan. 

Daripada saya menulis perbandingannya, saya akan mengulas bagaimana saya memanfaatkan kedua metode ini kedalam rutinitas saya tiap hari. 

TO DO LIST 

 

bullet journalist indonesia


Semenjak saya menggunakan Bullet Journal secara aktif, To Do List sudah menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari sistem produktifitas saya. Hamoir setiap hari saya memanfaatkan metode ini untuk pekerjaan dan juga untuk aktifitas Blogging. 

Biasanya saya menggunakn TO DO LIST jika ada suatu project yang membutuhkan banyak proses dan waktu. Supaya lebih mudah dan fokus saya membuat list pekerjaannya dari yang mulai prioritas utama hingga yang biasa. 

Ini juga brelaku untuk menyusun rapid logging yang saya buat setiap minngunya. Alasanya supaya gak saya lebih fokus mengerjakan mana pekerjaan yang harus diselesaikan terlebih dahulu di minngu tersebut. Sehingga bisa mengurangi pekerjaan yang menumpuk di minggu berikutnya. 

SElain itu saya bisa melihat progres pekerjaan dengan lebih mudah, karena saya bisa melacak bagian mana saja yang sudah saya selesaikan dari project tersebut. 

MIND MAP

 

contoh mindmap simpel

 


Sementara Mindmap saya gunakan untuk mencari detail ide atau pekerjaan yang harus asaya selesaikan. Misalnya saja saya berencana untuk membuat sebuah project baru. Sebelum saya membuat to do listnya, saya terlebih dulu mencari detail yang ingin saya gunakan sebagai patokan pekerjaan. 

Setelah mendapatkan detail yang saya inginkan, berlanjut dengan menyusunnya menjadi sebuah TO DO LIST. Dalam proses ini pula saya memutuskan pekerjaan mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu, pekerjaan mana yang tak perlu dilakukan serta menambahkan alternatif baru jika ada. 

Jadi pada dasarnya saya menggunakan metode Mind Map terlebih dahulu, baru kemudian saya lanjutkan dengan membuat TO DO LIST - nya. Dengan begitu, kedua metode ini bisa membuat saya lebih produktif dan efektif. Dan yang terpenting bisa membuat saya lebih fokus. 


tips ewafebri


Nah, kalo kalian lebih memilih metode yang mana ? To Do List atau MindMap ? Atau justru seperti saya yang memadukan kedua metode ini secara bersamaan ? Hihi.. Yuk bagikan pengalaman kamu di kolom komentar, kenapa kalian memilih dan menggunakan metode tersebut ? 

Bagi teman-teman yang sedang mencari cara untuk lebih produktif dan fokus, semoga tulisan inin bisa memberikan ide dan sudut pandang baru. Terima kasih sudah membaca postingan ini. 

HAPPY BUJOING !   





You May Also Like

0 comments