TIPS | 10 TIPS BELAJAR EFEKTIF DAN MENYENANGKAN SUPAYA MAKIN PINTAR

by - September 25, 2018

10 tips cara belajar efektif dan menyenangkan supaya makin pintar ! 


Belajar tidak cuma dilakukan untuk anak sekolah atau kuliah saja ya, kita yang sudah berada didunia kerjapun gak ada salahnya untuk terus belajar dan mengedukasi diri sendiri. 

Berikut ini ada 10 Tips Cara Belajar Efektif Dan Menyenangkan Biar Kita Makin Pintar. Hahhaa.. 

10 TIPS CARA BELAJAR EFEKTIF DAN MENYENANGKAN SUPAYA MAKIN PINTAR 


1. SETUP GOALS (STUDY GOAL)


Membuat Goal atau Tujuan belajar itu bisa menjadi motivasi kita. Dan yang pasti membuat kita tahu batasan dan tujuan belajar kita sampai mana. 

Ada beberapa keuntungan menggunakan Goal pada setiap aspek yang kita kerjakan, apalagi belajar.


  • Kita bisa mengira-ngira seberapa jauh dan berapa banyak aksi yang kita perlukan untuk mencapai Goal tersebut. 
  • Kita bisa tahu seberapa banyak progres yang sudah kita kerjakan menuju Goal tersebut.
  • Kita tahu batasan kita belajar sampai titik mana, sehingga kita tidak merasa lelah seolah-olah kita belajar tiada henti (halaaaa).. hahhaa.. 

2. BUAT RUTINITAS ATAU HABIT BELAJAR


Sudah baca tentang Good Habit yang pernah saya posting beberapa waktu lalu ? Memiliki rutinitas belajar itu sangat menguntungkan  loh. Terutama saat kita mendekati ujian semester atau ujian akhir. Dengan Rutinitas belajar, kita tak perlu melakukan BKS (Belajar Kebut Semalam) , hahaha.. 

Beberapa tips membuat rutinitas belajar misalnya : 


  • 1 Jam Sepulang sekolah bisa kalian gunakan untuk mengingat kembali Pelajaran yang sudah kalian pelajari hari ini. Jika hari itu kalian menerima 4 mata pelajaran, kalian bisa membaginya per 15 menit untuk setiap mata pelajaran.
  • Malam hari, luangkan waktu untuk mengerjakan PR atau membaca Pelajaran yang akan kalian terima esok hari. Supaya pada saat dikelas, kalian mudah menerima penjelasannya, atau kalian bisa mengumpulkan pertanyaan yang bisa kalian tanyakan esok hari. 
Bagi yang bekerja kalian juga bisa belajar hal lainya, entah tentang ketrampilan atau ilmu pengetahuan. Kalian bisa mendengarkan Podcast dengan materi belajar yang kalian ingin pelajari saat berada dalam perjalanan atau sambil melakukan hal lainnya. 


3. TRACK PROGRESS  YANG KALIAN PELAJARI 


Merekam progress perjalanan belajar itu bisa membantu kalian untuk memahami kemampuan diri sendiri loh Gaes, kalian juga bisa mencari solusi tentang apa yang sedang kalian alami. 

Umumnya apapun yang kita tuangkan diatas selembar kertas, bisa membantu kita untuk memahami permasalahan dengan lebih jelas, daripada hanya dalam pikiran kita saja. 

Dengan melakukan tracking atau melacak progress kalian juga bisa mereview apa saja yang sudah mampu kalian pelajari, apa saya yang harus kalian tingkatkan lagi dsb. 


4. GUNAKAN BULLET JOURNAL UNTUK MERENCANAKAN KEGIATAN BELAJAR KALIAN


Makin Pintar dengan Bullet Journal


Kalo Tips yang satu ini, gak ada tandingannya. Hahaha.. Kalian bisa memasukan Jadwal kegiatan sekolah, jadwal ujian, rencana belajar, setup goal, tracking belajar, review belajar dengan hanya menggunakan 1 buku saja. Yaitu Bullet Journal ! . Hahhahaa.. 

5. GUNAKAN PENCATATAN CORNELL  SYSTEM


Tool atau metode pencatatan yang paling afdol, salah satunya menggunakan pencatatan Cornel System. Sebagai illustrasinya, misal malam sebelumnya kalian memiliki rutinitas belajar. Seperti yang saya jelaskan diatas, kalian bisa menggunakan waktunya untuk mengerjakan PR dan (atau) membaca pelajaran yang akan kalian terima esok hari. 

Pada saat proses belajar inilah, jika kalian tidak memahami materi yang kalian baca, kalian bisa mencatat pertanyaan yang kalian temukan menggunakan metode cornel system.


Contoh Kolom Cornel System 2 Kolom diatas, 1 kolom dibawah


Seperti yang kita tahu, Cornell System memiliki 3 Kolom pencatatan. Bagian kiri kalian bisa gunakan untuk menulis Judul, Pertanyaan , Summary dan hal-hal yang kalian anggap penting. Bagian kanan bisa kalian gunakan untuk mencatat penjelasan guru atau pengajar, atau mencatat hasil jawaban dari pertanyaan yang berada di kolom sebelah kiri. Bagian bawah, kalian bisa gunakan untuk merangkum apa yang sudah kamu pelajari atau pahami. 

6. GUNAKAN METODE PENCATATAN SKETCHNOTE


Kadang suasana belajar memang membosankan Gaes, dan sering bikin ngantuk. Apalagi kalo malam sebelumnya kalian begadang nonto Bola. Hihi..  Walhasil, untuk mengurangi rasa kantuk, tanpa sadar kita sering corat-coret kertas, atau sekedar doodle ataupun menggambar.


Sketchnoting : Belajar + Menggambar


Supaya gak dianggap meremehkan pelajaran hari itu, kalian bisa membuat doodle sekaligus mencatat penjelasan Guru dengan menggunakan Metode Sketchnoting Gaes. Menyenangkan sekaligus mencerdaskan. Iya kan.. ? Hihi.. Dan yang pasti bisa menjadi kamuflase hobi menggambar ataupun doodle. 


7. GUNAKAN MINDMAP 


Waduh... Mendadak disuruh nyari ide ? Masalah seperti ini kalian bisa mengatasi menggunakan Mindmap. Atau kalian diminta untuk membuat catatan terstruktur ? Kalian juga bisa menggunakan Mindmap. Apapun masalahnya , alat pencari idenya ya Mindmap.. (halaaaah).


Mindmapping 


8. GOAL AND REWARD GAMES


Untuk menyemangati kalian belajar, kalian bisa menggunakan permainan Goal and Reward. Setelah diawal tadi kalian membuat Goal, saatnya memberikan reward jika goal kalian tercapai.


Apapun aspek hidupnya, Goal adalah pondasinya. Hihi.. 


Goalnya Misal : Baca Buku Sejarah Nasional Bangsa dari Bab 1 - Bab 10 dalam kurun waktu 2 hari. Jika kalian bisa mencapai goal yang kalian tentukan, kalian bisa memberikan reward untuk diri sendiri, misal beli buku Novel Jenny Han yang terbaru. Dst..


9. AJARKAN YANG KALIAN PAHAMI KEPADA ORANG LAIN


Membagikan ilmu kepada orang lain juga termasuk proses belajar gaes. Saat kita mengajarkan apa yang kita pahami lebih dulu, akan meningkatkan ingatan kita terhadap materi itu sendiri. Karena tanpa sadar kalian mengulang materi itu lagi. 

Selain itu, dengan membagikan ilmu yang kita pahami, akan membuka komunikasi baru dengan orang lain, dan bisa membangun sebuah diskusi, yang berdampak pada peningkatan pengetahuan kita terhadap materi tersebut. Ingat diskusi loh ya... ? Bukan Debat kusir. Hahhaaha... 


10. MEMBACA SAMBIL DIUCAPKAN


Saya kadang masih melakukan ini hihi.  Pesan saya jangan pas lagi dikeramaian ya gaes. Selain sulit masuk ke otak dan pendengaran kita (karena bising), dikuatirkan juga mengganggu orang lain. Hahhaa.. 

Lakukan jika kalian sedang belajar dikamar atau pas lagi sepi orang. Membaca dengan suara menurut pakar, bisa membuat orang mengingat materinya lebih cepat, dari pada membaca dalam hati saja. Hihi.. 

Mungkin karena indera kita semua aktif ya gaes.. ? Pendengaran, pengucapan, dan penglihatan jadi membuat otak kita lebih mudah menyerapnya. 

Itulah 10 Tips Cara Belajar ala Ewafebri. Hahaha.. semoga bermanfaat dan bikin kita makin kece...

HAPPY READING !

You May Also Like

6 comments

  1. Mind-map itu yang perlu saya lakukan.

    Umumnya apapun yang kita tuangkan diatas selembar kertas, bisa membantu kita untuk memahami permasalahan dengan lebih jelas, daripada hanya dalam pikiran kita saja <- kalimat ini, sering saya lakukan. Makanya saya selalu membawa dompet alat tulis dan buku catatan. Apapun yang menurut saya 'ini bisa lupa nih kalau nggak dicatet' pasti langsung dicatet di situ.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak.. menuangkan pikiran di atas kertas juga membuat pikiran kita berasa lebih ringan bebannya. Hahaha..

      Delete
  2. dulu sih aku selalu rutin belajar jd kalau mau tes tinggakl ngulang karena aku gak bisa cepat belajarnya , jd hrs diulang2, makanya gak bisa dadakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kereen mbak.. saya justru dulu malea banget belajaaaar.. huhuhu.. justru sekarang malah rajin belajar tentang apapun..

      Delete
  3. Kalo saya dulu malah belajar itu sks, sistem kebut semalem. Pagi ujian, semaleman lembur belajar. Pas ujiannya selesai, langsung ilang semua hapalannya ��

    http://www.innaistantina.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. yang penting ada yg nyantol dikepala ya..

      Delete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏