CERITA SORE HARI | JAKARTA PALEMBANG ASIAN GAMES 2018 - TORCH RELAY

jakarta palembang asian games 2018
© ewafebri

Kemeriahan Jakarta Palembang Asian Games 2018 (Event) yang sedang berlangsung menyisakan cerita lucu, menggemaskan dan haru. Torch Relay Jakarta Palembang Asian Games 2018 atau lebih kita kenal dengan Kirab Obor Asian Games sukses membawa cerita haru biru yang akan saya bagikan melalui postingan ini. Hihi.. Jangan kemana - mana. ! Saya akan kembali setelah kalian klik tombol iklan saya (Lhaaaa.. ?!?). Hahaha...


JAKARTA PALEMBANG ASIAN GAMES 2018 - TORCH RELAY ASIAN GAMES 


Logo Asian Games 18th, 2018

Ada cerita mengharukan dan menggemaskan yang saya alami dalam rangkaian acara Asian Games 2018 Torch Relay (Kirab Obor Asian Games 2018) yang sudah berlangsung 15 Agustus 2018 kemarin.

Melihat riuhnya suasana penyambutan Kirab Obor disepanjang Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan membuat saya terharu dan gembira. Menjadi Tuan Rumah Perlehatan Olah Raga Akbar se Asia belum tentu bisa kita rasakan setiap 5 tahun sekali. Karena yang menjadi Tuan Rumah selalu berganti-ganti setiap kurun waktu 5 tahun.

Tentunya sebuah kebanggaan bagi saya  (rakyat Indonesia), menjadi Negara Tuan Rumah. Saya sangat berbahagi karena kelak saya bisa menceritekan kisah ini kepada anak cucu di masa datang.

SUASANA JALAN AMPERA RAYA, JAKSEL



Warga yang sedang membidikkan kameranya

Sejak pagi hari, gempita menyambut Obor Asian Games sudah terasa. Masyarakat sekitar Ampera Raya sudah mulai hilir mudik menyiapkan penyambutan.

Dari balik kaca etalase saya menyaksikan sekaligus mengabadikan antusias warga dengan jepretan kamera ala kadarnya. Hahha... Mulai dari anak-anak sekolah yang punya peranan masing-masing, warga yang mulai hilir mudik memenuhi jalanan Ampera, sampai para petugas yang ingin menyelesaikan tanggung jawabnya demi suksesnya Jakarta Palembang Asian Games 2018. 


Semangat lari 🤭


Warga lainnya pun juga tak mau ketinggalan. Mereka semua antusias banget menyambut Asian Games 2018. Dari mulai membawa bendera yang akan digunakan untuk meramaikan, hingga atribut lainnya.

Berkibarlah Benderaku

MENJELANG TORCH RILEY


Jam 03.00 siang , warga sekitar Ampera sudah mulai memadati jalanan. Mereka berkumpul di sudut-sudut jalan. Supaya aman dari hilir mudik kendaraan, sekitar Ampera Raya pun akhirnya ditutup.


Kerumunan warga Jalan Ampera Raya


Ada yang menarik penglihatan saya saat itu. Sepinya jalanan dari kendaraan beroda dua dan empat dimanfaatkan oleh warga untuk foto-foto. Hihi.. Kapan Lagi.. ? Iya kan.. ? Seperti gambar di bawah ini. Pegawai Arsip Nasional nampak duduk-duduk sambil mengambil foto berlatar belakang jalanan yang sepi kendaraan.


Yang penting foto !


Ada yang berkelompok, ada juga yang sendirian. Haha.. pokoknya dibikin asyik deh.. Jalanan serasa area bermain ini mah. Seru, yekan ?


Di semediin segala ? Hihi..


Bahkan ada juga yang rame-rame sambil tebar confetti. Ini benar-benar Pesta Rakyat !  Pokoknya semua ikut seru-seruan deh.. hehehe.. Lihatlah betapa gembiranya orang-orang yang ada dalam foto di bawah ini. Dulu saya mengira, saya orang yang paling norak, tapi melihat mereka saya merasa tak sendiri. hahaha.. 


Yang penting Happy


Nggak mau ketinggalan , dari balita hingga orang tua ikutan juga, semua tumpah ruah di jalanan Ampera Raya hari itu. Pasti suatu moment yang bakalan terkenang sepanjang masa ya ? Kalo diperhatikan dengan seksama, bahkan ada ibu-ibu yang pose ala yoga. Hihihi.. Kalo moment begini mah, kadang lupa usia.


Kapan lagi jalan ditengah jalanan ? 


Pengisi acara juga sudah mulai menghibur setelah jam makan siang usai. Anak-anak sekolah pun ikut serta menyemarakkan lewat marching band lengkap dengan tarian mereka menggunakan bendera warna-warninya. 


Marching Bang

BACA JUGA : HAL SEPELE YANG BISA MEMBUAT KAMU BAHAGIA


MENYAMBUT TORCH RILEY


Tepat pukul 03.30 sore, iring-iringan Motor Gede ( Moge ) mulai menyeruak di keramaian. Sambil meneriakkan yel-yel " INDONESIA ” , masyarakat menyemangati para peserta yang terlibat dalam acara itu. 


Semangat !!!!


Lihat saja aksi peserta moge di bawah ini. Mereka pun semangat banget buat konvoi sambil berdiri. Tenang, kecepatannya tidak terlalu cepat kok, mengingat jalanan padat banget sama penduduk sekitar.


Warnanya kece 


Pukul 4.30 sore , kalo tadi Moge, kali ini iring - iringan motor Vespa melewati kerumunan warga sambil membawa Bendera Negara peserta Asian Games. Mereka berkeliling Jakarta mengikuti jalan yang dilewati oleh Torch Riley.

Semakin mendekati puncak Acara.. hihi.. tak tanggung-tanggung, kami menunggu kirab obor ini hampir 4 jam lebih. Tapi yang pasti semangat kami tetep menyala seperti obornya. 😂😂😂


Rombongan vespa pembawa bendera.

BACA JUGA :  GEMPITA ASIAN GAMES 2018

TRAGEDI LUCU


Balikin kursinya pak ! 😭😭😭


Tepat pukul 4.43 sore, kelucuan ini terjadi. Sebelumnya, selama menunggu acara berlangsung, saya menggunakan kursi putih (kursi bakso) yang saya gunakan untuk menambah ketinggian dengan menaikinya, maklum tinggi badan saya tergolong mini 😂😂😂.

Nah, saking serunya menunggu iring-iringan melintas, saya maju kedepan melihat suasana sudah sampai mana iring-iringan ini berjalan. Ketika saya mau mengambil kursi saya, mendadak saya melihat sekelebat orang dengan sigap mengambil terlebih dahulu.


Iring-iringan obor di jalan Ampera Raya.

Tanpa rasa berdosa , bapak ini mencomot kursiku dan berdiri menghalangi pandangan tepat didepanku dengan menaiki kursinya. 😂😂😂😂 .. Dongkol, tapi mau bagaimana, kalah cepet ngambilnya. Hahahaha.. Si Bapak pinter melihat peluang yang ada. Semoga kursi bakso itu memberikan manfaat yang berlipat-lipat untuk bapak. Amin... Saya ikut merasa bahagia jika bapak mendapatkan hasil bidikan yang luar biasa. hihi...   ❤❤❤

Selang beberapa detik, iring-iringan oborpun melintas didepan saya. Rasanya terharu, walaupun cuma menyaksikan obor di kirab. Hahaha.. karena semangat warga dari pagi hingga sore hari gak surut dan membuatku lupa akan kedongkolan akibat tragedi pencomotan kursi 🤭. Sambil terus menyemangati pembawa obor, mereka menyanyikan lagu resmi Asian Games yang dipopulerkan oleh Via Vallen.


Pasti Bannga terlibat dalam Sejarah bangsa ini.

Saya mencoba mengamati siapa gerangan pembawa obor, tapi sepertinya gak kenal sama sekali. Haha.. Ya sudahlah.. yang penting mereka terus semangat menuju pos selanjutnya hingga menuju ke Balai Kota Jakarta. Hehe.. Dongkol, lucu, dan mengharukan, hahhaa...

Emosi yang bercampur-campur saya rasakan dihari itu. Tapi saya tetap bersyukur, meskipun kursiku dicomot, tapi bisa menyaksikan Sejarah yang di ukir Indonesia di kancah Internasional.

Semoga semangat Atlet-atlet kita juga sama seperti masyarakat Ampera Raya yang menyambut Obor dihari itu. Tak kenal lelah sampai akhir. Semangat berjuang atlet-atlet kebanggaan. Semoga kalian bisa menambah keharuman Nama Bangsa Indonesia di Ulang Tahunnya yang  Ke 73 Kemerdekaan Republik Indonesia. MERDEKA... !!! 


ENERGY OF ASIA 

DIRGAHAYU KE 73 REPUBLIK INDONESIA