ART THERAPY IDEAS | DIY POSTCARD

by - August 11, 2018

Sudah membaca postingan saya tentang art therapy
Kali ini saya akan berbagi kisah kepada teman-teman, tentang bagaimana saya menggunakan seni sebagai alat terapi mandiri ( Art Therapy ).
Disclaimer :
This post may contain affiliate links which means I may receive commissions for purchases made through links in this post. Check out my disclaimer and privacy policy if you're curious!
Ada berbagai cara untuk menjadikan seni sebagai alat terapi mandiri. Tapi sebelum itu, saya akan sedikit menjelaskan tentang definisi dari seni sebagai alat terapi mandiri. 

Pada dasarnya Art Therapy itu atau Terapi Seni dilakukan oleh seorang pemandu yang disebut Art therapist. Disinilah peranan ilmu psikologi  lebih mendominasi untuk membantu seorang pasien menghadapi permasalahannya. Pada kasus ini, seni dijadikan sebuah media terapi psikologi oleh seorang terapis. Ada tahapan-tahapan yang diberikan oleh seorang terapis untuk mendapatkan progress seperti yang diinginkan. Dan tentu saja akan ada analisa-analisa tentang terapi yang dijalankan.  

Sementara seni sebagai alat terapi mandiri, maksudnya adalah kita melakukan terapi seni tanpa bantuan art therapist (terapis seni). Kita melakukan semuanya sendiri tanpa tahapan-tahapan tertentu (spesifik) seperti yang dilakukan oleh seorang terapis seni. Sifatnya lebih bebas, " semau gue " tak perlu adanya analisa spesifik (terkecuali jika ingin menganalisa sendiri). Dalam kasus ini, seni benar-benar hanya sebagai kegiatan bersenang-senang tapi berfaedah karena bisa membantu mengontrol dan menyalurkan emosi kita dan bersifat terapis. 




Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk seni terapi, diantaranya membuat art journal, melukis, membuat kolase, pottery atau seperti yang saya lakukan baru-baru ini, membuat kustom postcard (DIY POSTCARD). 




DIY POSTCARD 


Membuat DIY postcard seperti yang saya lakukan tidaklah susah. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Hihihi.. yang perlu kalian siapkan adalah beberapa bahan berikut ini : 

BAHAN :

  • Kertas sketch (atau khusus watercolor 200 gsm) 
  • Cat air , pencil watercolor, marker atau bahan pewarna lainnya. Medianya terserah kalian. 
  • Kuas atau pelengkap yang dibutuhkan untuk kegiatan melukis / menggambar.
  • Varnish (pylox clear)
  • Gunting 
  • Ide
  • Kesabaran
  • Doa 🙏 🤗 hehehhe..... 

CARA MEMBUAT


  • Potong kertas sesuai ukuran postcard. Dalam kasus saya, saya menggunakan kertas ukuran A3, dan saya potong-potong menjadi ukuran A6. 
  • Buat sketch pada kertas yang sudah kita siapkan. Gambar bebas sesuai keinginan kalian. Hihihi.. namanya juga terapi, terserah apa yang muncul dikepala aja. Yang penting tertuang diatas kertas.
  • Jika sketch sudah selesai, saatnya menghidupkannya dengan menambah detail, memberikan warna atau apapun yang membuat kita bahagia. Hehhee.. 
  • Jika proses gambar dan mewarnai selesai, proteksi dengan varnish atau yang ekonomis pylox clear.. hahhaa.. tujuannya, jika kita menggunakan cat air, waterbased marker atau watercolor pencil yang mudah luntur terkena air, dengan adanya varnish akan menjaga kertas dan warna dari kelunturan. Jadi lebih aman (apalagi jika ingi dikirim.. hehhe..) 
  • Eksplorasi, jangan takut salah, jelek, atau apapun.. karena tujuan kita adalah untuk terapi diri sendiri. Dan jangan lupa, Have A Fun

Berikut ini beberapa contoh DIY postcard yang sudah saya buat.


Birthday Gift Card


Ada 2 tahapan yang saya lakukan untuk membuat DIY postcard seperti gambar diatas.  
  1. Saya membuat background terlebih dahulu dengan menggunakan cat air wet to wet. Saya menggunakan warna cerulean blue dan Madder Lake Deep dari cat air Van Gogh. Untuk mendapatkan kesan menyebar, terlebih dahulu kertas saya basahi dengan air. Lalu saya tambahkan warna yang sudah saya campur air. Dan tunggu sampai kering. 
  2. Saya membuat obyek gambar baru dikertas lainnya. Dengan proses yang sama, sketch dan mewarnai, lalu obyek saya potong dan saya tempel di atas background ( nomor 3 ). Jika kalian ingin hasil terlihat 3D, bisa menggunakan perekat yang ada busanya. 


Birthday Cakes Card


Sama halnya dengan gambar yang pertama, proses gambar Birthday Cakes Card diatas juga sama. Yang membedakan hanya terletak pada obyek gambar dan tekstur background. 

Untuk backgroundnya, saya menggunakan bantuan washitape untuk membentuk garis-garis sebelum saya warnai. Pada bagian yang terkena washitape, setelah proses mewarnai selesai, hasilnya akan menjadi putih dengan cara melepaskan washitapenya. 



Happy Birthday 


Masih dengan proses yang sama, tapi dengan obyek yang lebih detail saja . Pada bagian tulisan HAPPY BIRTHDAY , saya menggunakan Sakura gelly roll yang glitter untuk menambahkan kesan cute. Hehehe...


Ewa & Iwawa


Nah.. kalo gambar diatas, prosesnya sedikit lain dibandingkan proses sebelumnya. Pada bagian background, saya menggunakan washitape untuk memberikan detail tektur, pun untuk bajunya. Proses ini memang membutuhkan kesabaran ekstra, karena saya harus memotong dan membentuk washitape sedemikian rupa supaya rapi dan tidak tumpang tindih dengan obyek gambarnya. Jika kalian ingin tahu prosesnya, kalian bisa melihat akun jianrou yang memberikan tutorial prosesnya. 


Shopping Time


Jika gambar sebelumnya, washitape saya gunakan untuk background. Gambar diatas, washitapenya saya gunakan untuk memberikan tekstur pada bajunya. Kelemahan saya dalam membuat sebuah illustrasi adalah pada bagian detail, dengan bantuan washitape, membantu saya mendapatkan detail yang saya inginkan. Tidak lupa setelahnya saya proteksi dengan menggunakan pylox clear

Sekarang tinggal nyari alamat yang dikirim nie. Hahaha.. Owh iya, kalo kalian follow instagram saya ewabowgels , kalian pasti akan tahu kenapa saya membuat banyak DIY Postcard. Yup.. Salah satu cara saya mempraktekkan art therapy adalah dengan membuat challenge 30 DIY POSTCARD. Gak harus dalam kurun waktu 30 hari, yang terpenting bisa membuat postcard hingga 30 pcs. 

Cara ini selain untuk terapi seni, juga bisa mengasah dan mengembangkan kemampuan kita dalam hal berkesenian tentunya. Bayangkan 30 Postcard dengan 30 obyek dan proses yang berbeda-beda. Hehehe.. Pasti seru ! Barangkali teman-teman juga mau ikut-ikutan seru-seruan, Yuk kita bikin 30 Project DIY postcard. 

Art Therapy dapet ! Kreatifitas juga berkembang ! 


HAPPY CRAFTING ! 




You May Also Like

6 comments

  1. Kurang lebih mirip journaling, ya. Tapi ini lebih simple.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak.. cuma seukuran postcard aja, dan bisa dikirim gitu.. 🤭

      Delete
  2. Cool. Lihat ini jadi pengen bikin postcard sendiri. Sudah ada ide sih, cuma belum terealisasi. Nice!

    ReplyDelete
    Replies
    1. 🤭🤭 semangat mbak.. ayou dicoba ❤️

      Delete
  3. keren mbak! Jadi pingin coba. Sekarang saya juga suka melihat tutorial menggambar lewat youtube.

    ReplyDelete

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏