5 TIPS MUDAH BIKIN FEED INSTAGRAM KEREN (KAMU JUGA BISA !)

by - August 09, 2018

INSTAGRAM menjadi salah satu platform favorite saya selain blog ini tentu saja. Hehhe.. Ada beberapa alasan kenapa saya lebih suka dengan instagram dibandingakan sosial media lainnya.


  • GALLERY PHOTO ONLINE : Dengan aplikasi instagram , memudahkan saya untuk menyimpan foto secara online. Biar hape gak makin berat  dan ngefroze (berhenti lama) saat dioperasikan gaes. Biasanya saya melakukan declutter digital atau penghapusan data digital setiap 1 minggu sekali,  termasuk diantaranya adalah foto dan pesan singkat (email atau messenger). Dengan cara ini saya merasakan bahwa handphone saya terasa lebih ringan saat memproses data. 
  • SUMBER IDE DAN INSPIRASI : Ada banyak akun inspiratif yang berhubungan dengan hobbi saya di instagram, seperti journaling, bullet journal , illustration bahkan mereka membuat semacam komunitas dengan mengandalkan hashtag sebagai penghubung supaya mudah di track keberadaannya. 
  • LAPAK DAGANG  : Dengan menjadikannya sebuah galeri, tentu memudahkan saya untuk mempromosikan blog atau barang dagangan saya. Hihi.. 
  • MEDIA INFORMASI : Selain menjadi galeri, saya juga menjadikan instagram sebagai media  penyebar informasi tentang hobbie dan hal yang saya senangi.

Disclaimer :
This post may contain affiliate links which means I may receive commissions for purchases made through links in this post. Check out my disclaimer and privacy policy if you're curious!


Credit by ewafebri 😂


Bagaimana cara membuat feed instagram saya menarik untuk diikuti ?


Bagi orang yang tidak punya skill dan peralatan yang mumpuni dalam bidang fotografi , membuat feed instagram nyaman dipandang mata itu perjuangan. 

Ada beberapa trik mudah yang saya terapkan dalam membentuk feed instagram yang lebih menarik, tapi dengan skill yang pas-pasan. Hehe...

MEMILIKI NICHE 


Sama halnya dengan membuat blog, niche dan tema menjadi salah satu syarat utama untuk menciptakan traffic pengunjung dan follower di Instagram kita. 

Feed instagram saya beberapa tahun lalu terkesan amburadul dan asal-asalan, hahhaha.. gak beda jauh sama isi blog saya. Hingga beberapa bulan yang lalu saya fokus memilih materi yang saya unggah ke dalam feed. Terutama yang berhubungan dengan hobi dan kesenangan saya. Hehehe. 

Saya memilih niche tentang bullet journal dan illustrasi karena 2 hal itu yang setiap hari saya geluti dan pahami. 

MEMILIH TEMA WARNA (COLOR PALETTE) 


Karena kemampuan photography saya yang pas-pasan, akhirnya saya mengusung tema black and white photography dan light tone untuk tema feed instagram. (Kalian bisa melihat contohnya di widget terbawah postingan ini).


Instagram ewafebri


Alasannya, selain untuk estetika, biar feed kelihatan lebih rapi aja.. haha.. dan tentu saja berkarakter dan punya ciri khas tersendiri.

SNAPSEED DAN LIGHTROOM


Ngomongin soal fotografi, tentu ngomongin soal aplikasi foto editor, hihi..  Tak bisa dipungkiri Foto editor sangat membantu untuk menciptakan hasil foto yang lebih bagus. Terkadang hasil foto dari kamera langsung tak sebagus dan sejernih yang kita inginkan, terutama soal exposure (pencahayaan) dan saturation gambar.

Snapseed dan Adobe Lightroom merupakan 2 aplikasi yang memiliki banyak fitur yang bisa membantu kita untuk mengedit dan mengolah gambar supaya lebih kece.

Dengan bantuan foto editor seperti snapseed dan lightroom akan memudahkan kita untuk mendapatkan hasil foto sesuai dengan keinginan kita.


Hasil Foto dari Kamera handphone


Sebagai contoh, gambar diatas adalah hasil foto dari kamera bawaan handphonenya. Hasilnya kurang jernih karena adanya bintik-bintik (noise / grain) disekitaran obyek yang terkena cahaya. Mungkin karena pengambilan gambar saya lakukan malam hari. Untuk itu saya perlu sedikit mentouch up gambar, supaya lebih kelihatan rapi untuk di posting di instagram.


Edit : Lightroom


Dengan bantuan lightroom saya menambahkan kontrast dan mengatur exposure serta bagian white dan blacknya. Sekilas nampak tak ada bedanya, tapi sebenernya beda banget. Hehehe..

Snapseed dan Adobe Lightroom bisa kalian dapatkan di playstore, applestore juga yang berbasis windows. Jadi gampang banget diakses ya.

CANVA

Canva juga foto editor favorite saya, jika snapseed dan Adobe lightroom benar-benar bersifat personal, canva justru menyuguhkan banyak variasi template gratis yang bisa kita jadikan sebagai photo graphic. Penambahan teks dan beberapa elemen pada canva, bisa mempercantik tampilan gambar untuk blog atau social media.


Contoh foto asli sebelum di edit 


Dengan menggunakan canva, saya membuat photo untuk postingan diblog ini, seperti gambar dibawah ini :


Setelah diedit di Canva


Yang ini contoh lainnya :


Edit Snapseed 

Kemudian saya tambahkan text dan saya edit di Canva.

Edit Canva

Kali ini hasilnya semacam foto Quote yang banyak bertebaran di Pinterest kan ya.. ? Hahaha..
Canva juga menyedikan template untuk kebutuhan foto kita loh.. dari mulai instagram post, banner blog, twitter header, pinterest graphic, flyer bahkan template kartu nama. Pokok buaaanyaaak banget. Hihi..

KONSISTEN


Sama halnya dengan postingan di Blog, konsistensi juga hal penting yang harus diperhatikan jika ingin membuat feed instagram kamu makin kece. Konsisten tentang niche, tema ataupun pengaturan waktu dalam membuat postingan juga penting. Jangan terlalu sering posting, atau jangan tidak posting sama sekali. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi schedulling (penjadwalan) seperti Planoly untuk membantu kalian mereview dan menjadwalkan postingan di Instagram. 


Semoga 5 tips mudah dari saya bisa membantu teman-teman yang ingin membuat Feed Instagramnya makin tambah kece dan unik. Dan semoga bisa nambah follower juga. hahaha..


HAPPY POSTING !


You May Also Like

0 comments

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏