5 TIPS MUDAH BIKIN FEED INSTAGRAM KEREN ! MESKI KAMU TAK MEMILIKI SKILL PHOTOGRAPHY

5 Tips mudah bikin feed instagram keren
Credit by ewafebri 😂


INSTAGRAM menjadi salah satu platform favorite saya selain blog ini tentu saja. Hehhe.. Ada beberapa alasan kenapa saya lebih suka dengan Instagram dibandingakan sosial media lainnya. Salah satunya adalah karena Feed Instagram lebih editable. Hari ini saya akan berbagi 5 Tips Mudah bikin feed instagram keren.

5 TIPS MUDAH BIKIN FEED INSTAGRAM KEREN ! 


Sebelum saya ungkap rahasia membuat feed instagram yang keren. Terlebih dahulu saya ingin memberitahukan alasan kenapa saya suka dengan platform Instagram. 

Dan Berikut ini 4 Alasan kenapa Instagram itu keren : 


  • GALLERY PHOTO ONLINE : Dengan aplikasi Instagram , memudahkan saya untuk menyimpan foto secara online. Alasannya, biar hape gak makin berat dan ngefroze (berhenti lama) saat dioperasikan gaes. Biasanya saya melakukan declutter digital atau penghapusan data digital setiap 1 minggu sekali. Termasuk diantaranya adalah foto dan pesan singkat (email atau messenger). Dengan cara ini kinerja handphone saya terasa lebih ringan saat memproses data. 
  • SUMBER IDE DAN INSPIRASI : Ada banyak akun inspiratif yang berhubungan dengan hobbi saya di Instagram, seperti Journaling ataupun illustration. Mereka bahkan membuat semacam komunitas dengan mengandalkan hashtag sebagai penghubung supaya mudah di track keberadaannya. 
  • LAPAK DAGANG  : Dengan menjadikan Instagram sebagai tempat Display Foto. Cara ini memudahkan saya untuk mempromosikan blog atau barang dagangan saya. Hihi.. 
  • MEDIA INFORMASI : Selain menjadi galeri online, Instagram juga saya jadikanjsebagai media  penyebar informasi tentang hobbie dan hal yang saya gemari.

Karena Instagram merupakan Galeri online. Tentu kita harus membuatnya sekeren mungkin donk ya ? Tapi bagaimana caranya, apalagi jika kita tak memiliki skill fotografi sama sekali ? Berikut Tipsnya. 

5 TIPS MEMBUAT FEED INSTAGRAM TANPA SKILL 


Bagi orang yang tidak punya skill dan peralatan yang mumpuni dalam bidang fotografi , membuat feed instagram nyaman dipandang mata itu perjuangan. 

Ada beberapa trik mudah yang saya terapkan dalam membentuk feed instagram yang lebih menarik, tapi dengan skill yang pas-pasan. Hehe...

1. MEMILIKI NICHE 


Sama halnya dengan membuat blog, niche dan tema menjadi salah satu syarat utama untuk menciptakan traffic pengunjung dan follower di Instagram kita.


Instagram Feed Keren 2019 by ewafebri



Feed instagram saya beberapa tahun lalu terkesan amburadul dan asal-asalan, hahhaha.. gak beda jauh sama isi blog saya. Hingga beberapa bulan yang lalu saya fokus memilih materi yang saya unggah ke dalam feed. Terutama yang berhubungan dengan hobi dan kesenangan saya. Hehehe. 

Sama halnya seperti Blog ini. Saya memilih niche tentang bullet journal dan illustrasi karena 2 hal itu yang setiap hari saya geluti dan pahami.


2. MEMILIH TEMA WARNA (COLOR PALETTE) 


Karena kemampuan photography saya yang pas-pasan, akhirnya saya mengusung tema black and white photography dan light tone untuk tema feed instagram. Bahkan sekarang saya menambahkan Quote supaya ada white spacenya.



Feed Instagram Keren Ewafebri
Instagram ewafebri


Alasannya, selain untuk estetika, biar feed kelihatan lebih rapi aja.. haha.. dan tentu saja berkarakter dan punya ciri khas tersendiri.

3. SNAPSEED DAN LIGHTROOM


Ngomongin soal fotografi, tentu ngomongin soal aplikasi foto editor, hihi..  Tak bisa dipungkiri Foto editor sangat membantu untuk menciptakan hasil foto yang lebih bagus. Terkadang hasil foto dari kamera langsung tak sebagus dan sejernih yang kita inginkan, terutama soal exposure (pencahayaan) dan saturation gambar.

Snapseed dan Adobe Lightroom merupakan 2 aplikasi yang memiliki banyak fitur yang bisa membantu kita untuk mengedit dan mengolah gambar supaya lebih kece.

Dengan bantuan foto editor seperti snapseed dan lightroom akan memudahkan kita untuk mendapatkan hasil foto sesuai dengan keinginan kita.


Hasil Foto dari Kamera handphone


Sebagai contoh, gambar diatas adalah hasil foto dari kamera bawaan handphonenya. Hasilnya kurang jernih karena adanya bintik-bintik (noise / grain) disekitaran obyek yang terkena cahaya. Mungkin karena pengambilan gambar saya lakukan malam hari. Untuk itu saya perlu sedikit mentouch up gambar, supaya lebih kelihatan rapi untuk di posting di instagram.


Edit : Lightroom


Dengan bantuan lightroom saya menambahkan kontrast dan mengatur exposure serta bagian white dan blacknya. Sekilas nampak tak ada bedanya, tapi sebenernya beda banget. Hehehe..

Snapseed dan Adobe Lightroom bisa kalian dapatkan di playstore, applestore juga yang berbasis windows. Jadi gampang banget diakses ya.

4. CANVA


Canva juga foto editor favorite saya, jika snapseed dan Adobe lightroom benar-benar bersifat personal, canva justru menyuguhkan banyak variasi template gratis yang bisa kita jadikan sebagai photo graphic. Penambahan teks dan beberapa elemen pada canva, bisa mempercantik tampilan gambar untuk blog atau social media.


Contoh foto asli sebelum di edit 


Dengan menggunakan canva, saya membuat photo untuk postingan diblog ini, seperti gambar dibawah ini :


Setelah diedit di Canva


Yang ini contoh lainnya :



Edit Snapseed 

Kemudian saya tambahkan text dan saya edit di Canva.


Edit Canva

Kali ini hasilnya semacam foto Quote yang banyak bertebaran di Pinterest kan ya.. ? Hahaha.. Canva juga menyedikan template untuk kebutuhan foto kita loh.. dari mulai instagram post, banner blog, twitter header, pinterest graphic, flyer bahkan template kartu nama. Pokok buaaanyaaak banget. Hihi..

5. KONSISTEN


Sama halnya dengan postingan di Blog, konsistensi juga hal penting yang harus diperhatikan jika ingin membuat feed instagram kamu makin kece. Konsisten tentang niche, tema ataupun pengaturan waktu dalam membuat postingan juga penting. Jangan terlalu sering posting, atau jangan tidak posting sama sekali.

Kalian juga bisa menggunakan aplikasi schedulling (penjadwalan) seperti Planoly untuk membantu kalian mereview dan menjadwalkan postingan di Instagram. 


Semoga 5 tips mudah dari saya bisa membantu teman-teman yang ingin membuat Feed Instagramnya makin tambah kece dan unik. Dan semoga bisa nambah follower juga. Jangan lupa follow saya di Instagram ewafebri. Supaya bisa lebih uptodate 😊.


HAPPY POSTING !


Post a Comment

0 Comments