NEW BLOGGER VERSION

new blogger version review


[ewafebri.com] NEW BLOGGER VERSION. Hello pengguna Blogspot. Apakah kalian sudah mencoba dashboard Blogger yang baru ? Hehhehe.. Akhirnya ! Seneng banget, dan menurut saya lebih ramah dibandingkan versi Wordpress. Mengapa ? Ini dia alasannya ! 

NEW BLOGGER VERSION


Setelah bertahun-tahun menanti, akhirnya Blogger mengeluarkan versi dashboard terbaru yang lebih user and mobile friendly. Ngeblog makin asyik dan lancar jaya ini. 

DASHBOARD BARU


Dashboard Blogger versi baru sangat memanjakan mata. Lebih user friendly dan mobile friendly. Responsive sekali sesuai dengan layar gadget masing-masing. 

Ada yang saya suka dari dashboard yang sekarang. Lebih clean, mudah digunakan dan bagian toolbar juga cukup gampang diotak-atik. 

Jika dibandingkan dashboard Wordpress, sejujurnya saya lebih suka versi Blogger terbaru. Terutama saat mengedit tulisan beserta dengan linknya. 

Pada dashboard Wordpress, saya sering merasa kesusahan pada saat membuat link list. Apalagi kalo listnya panjang banget ala-ala daftar tulisan pilihan 1 Minggu 1 Cerita. 

Mungkin karena Wordpress menggunakan sistem section pada setiap komponen baru, terkadang saya merasa kesulitan dalam mengedit link listnya.

Bagian list terbawah, terasa sangat sulit saya scroll ke atas. Walhasil saya menyerah dan berakhir mengedit menggunakan versi desktop

Nah yang saya suka dari Blogger kali ini, tulisan yang panjang pun bisa di-scroll ke atas, hingga mendekati area toolbar. Bagi saya, ini menjadi lebih efektif dan efisien. 


FITUR 


fitur terbaru blogger


Tampaknya ada beberapa perubahan fitur pada Dashboard terbaru. Ada yang ditambahkan, ada juga yang diubah. Dan berikut ini beberapa perubahan yang saya temukan. 


PARAGRAF FORMAT 


Sebagian fitur yang ada di dalamnya pun makin oke. Terutama fitur Heading, Sub Heading, dll. Jika sebelumnya pilihannya ada Heading, Sub Heading, Minor Heading dan Normal, kali ini ada Major Heading, Heading, Sub Heading dan Minor Heading


TABLE


Dashboard Blogger terdahulu rasanya tidak ada pilihan membuat table. Itu juga yang dulu membuat saya harus mencari kode html untuk membuatnya. 

Kali ini Blogger menambahkan fitur table dengan beberapa pilihan. Ada yang menambahkan baris, kolom serta pilihan menghapusnya. Membuat table data bisa lebih mudah nantinya. Hehhee.. 


INSERT / EDIT LINK


Blogger versi lama hanya memberikan pilihan Create / Edit Link di mana termasuk email adress dan juga hyperlink. Namun kini, Blogger memberikan pilihan lainnya. Yaitu Create/ Edit Anchor

Sejujurnya saya belum menggunakan fitur anchor ini, saya masih setia memanfaatkan edit Link. Mungkin ke depannya saya akan memanfaatkan fitur ini. 


INCREASE / DECREASE INDENT 


Saya tidak tahu pasti apakah fitur ini sebelumnya sudah ada atau belum. Karena saya kurang memperhatikannya. 

Masalahnya, baru kali ini saya menemukan fitur ini dibagian toolbar. Hahaha.. 

Bagi kalian yang tidak menemukan fitur ini, coba klik tanda titik tiga ke bawah yang ada di bagian kanan atas. Nantinya kalian akan mendapati banyak pilihan fitur yang tidak terpasang pada area taskbar. 


COMPOSE / EDIT HTML 


Masih ingat tentang letak Compose View dan Edit Html ? Kali ini kita gak perlu pusing. Hehhee... 

Kini pilihan edit html berada pada taskbar yang terletak pada bagian atas, samping icon setting. Ada titik tiga ke bawah yang apabila kita klik ada dua pilihan yang tersedia. Yaitu Html View dan Publish.


IMAGE 


Fitur image-pun sekarang juga mengalami perubahan. Ada banyak pilihan sumber untuk insert image. 

Resource-nya bisa berasal dari :


  • Upload komputer
  • Folder foto dari Gadget yang terhubung dengan akun gmail kita. 
  • Dari link url.
  • Dan tentu saja dari image Blogger yang pernah kita publish sebelumnya. 

Pada bagian editting image pun lebih mudah kok. Terutama saat kita ingin menambahkan alt txt - nya. Cukup di klik bagian image nanti akan muncul Image Setting berbentuk icon edit 🖋️ dan juga caption.

Pada bagian Change kita bisa mengubah ukuran imagenya, pada bagian Toggle Caption kita tinggal menambahkan caption fotonya. Semudah itu. 


ICON SETTING 


fitur blogspot terbaru


Bila sebelumnya pilihan label, tanggal publish, Search Description berada pada sidebar bagian kanan. Kali ini merekan dikelompokkan dalam fitur setting yang ditandai dengan icon kecil di samping kanan gambar mata. 

Apabila icon tersebut kalian klik, maka akan ada pop up sidebar yang muncul dengan pilihan setting sesuai kemauan kita. 


PREVIEW


Ini juga agak beda nie. Kalo dulu bagian fitur preview akan membuka tab window baru, pada blogger versi terbaru ini tetap berada pada window yang sama. 

Caranya pun gampang banget, cukup klik pada bagian icon berbentuk mata. Nantinya akan muncul halaman preview meski masih berada pada area dashboard. 

Fitur ini mirip punya Wordpress sih, jadi kita masih tetap berada di area yang sama tanpa pergi ke mana-mana. Hehehe.. 

Eh bahkan per tanggal 20 May 2020 (hari ini) Blogger melengkapi preview dengan pilihan icon Desktop, Tablet dan Mobile version loh. Jadi kita bisa tahu bagaimana penampakan artikelnya pada tiap-tiap gadget. 



FITUR YANG BERHARAP DITAMBAHKAN



Versi terbaru ini dilengkapi juga dengan pilihan format as code. Mungkin fitur ini serupa embedded pada wordpress ya ? Atau fitur untuk menambahkan tutorial kode html ? Saya juga belum tahu sih. 

Harapan saya tentu ada pilihan fitur embed yang lebih mudah seperti di Wordpress. Dan juga adanya Feature Image (meski saya tahu, Di Blogger, image pertama lah yang akan dijadikan Feature-nya). 

Fitur embed video pada blogspot di sebagian Template tidak berhasil menggunakan kode defaultnya. Seperti di Blog ewafebriart, saya harus menyesuaikan kode html embed-nya, supaya videonya bisa muncul saat di-publish.

Syukurlah pada embed video di template Blog ini tidak menjadi masalah. Seperti contoh postingan saya di Short Anime Movies.


KESIMPULAN


Sejauh ini saya sangat menyukai perubahan Blogger. Dari mulai penampilan hingga fitur-fiturnya. Semoga ke depannya ada banyak pilihan fitur dan kemudahan dalam penggunaannya. 

Bagaimana dengan kalian ? Apakah menyukai penampilan baru Blogger ? Atau kah justru ada hal yang ingin ditambahkan ?

Kira-kira fitur apa yang ingin kalian ada pada tampilan mendatang ? Share di kolom komentar yuk !


Post a Comment

0 Comments