WEEK 13 : MUSHROOM ART CHALLENGE

Mushroom art challenge


[ewafebri.com] #52weeksjournalingchallengeideas | WEEK 13 : MUSHROOM  ART CHALLENGE. Kalo ditanya challenge apa yang berhasil saya ikuti minggu ini adalah membuat gambar jamur. Siapa yang mengadakan? Saya sendiri 🤭. Ini salah satu bentuk "compete with my self" sebenarnya. Seperti apa hasilnya? Ini dia ulasannya!

WEEK 13 : MUSHROOM  ART CHALLENGE






Membuat branding diri sendiri butuh waktu dan usaha. Ya kan gak mungkin mendadak datang begitu aja kan ya?

Setelah menjadikan diri sendiri Bullet Journalist, kali ini saya ingin sedikit lebih spesifik. Terutama yang berhubungan dengan tema lukisan yang saya gunakan.

Sebetulnya sudah lama saya menyukai obyek jamur untuk dilukis. Awalnya karena bermimpi menjadikan jamur sebagai bentuk rumah untuk si Bowgel.

Namun belakangan ini saya merasa jamur menjadi obyek menarik untuk dikulik. Dari mulai jenisnya yang beragam, manfaatnya untuk tubuh kita, bahkan filosofi hidupnya yang pernah saya bahas juga.

Dari pikiran-pikiran ini kemudian memberi saya ide untuk fokus melukis dan mengulik satu obyek dulu.

Kalo di Blog dan Social Media kan terkenal banget dengan istilah Niche, nah dalam hal melukis pun saya ingin Jamur menjadi niche saya. Hahaha..

Apa saja yang pernah saya ciptakan berdasarkan inspirasi jamur?

1. KARAKTER JAMUR


Mushy


Ide ini munculnya belakangan memang. Saya berpikir, selain Bowgel lucu juga kalo saya membuat karakter baru yang berhubungan dengan jamur. Maka atas ijin Allah SWT (🤭🤭🤭), terciptalah 2 karakter jamur yang berbeda.

2 karakter ini terinspirasi dari jamur Amanita Muscaria atau Fly agaric dan Morchella Galilaea.

Amanita Muscaria mungkin menjadi jenis jamur yang paling sering digunakan sebagai obyek gambar. Kerena penampilannya yang menarik. Warna merah mendominasi permukaan mahkotanya, yang kemudian dihiasi dengan spot-spot warna putih.

Jamur jenis ini juga sering digunakan untuk obyek illustrasi. Tapi sayangnya, jamur ini tidak untim dikonsumsi. Hehhee...

Morchella Galilaea memiliki bentuk mahkota yang unik. Memiliki banyak lubang seperti gua kecil. Hihihi.. Sangat unik dan eye cathing sekali.

2. DRAWING PENCIL


Untuk mengasah skill saya dalam menggambar, rasanya memang harus memulai denga  yang paling dasar, yaitu sketching maupun drawing.

Selain untuk mempelajari anantominya, drawing juga bisa membuat saya lebih memahami teknik shadow dan highlight. Asyik banget...

VIDEO CARA MENGGAMBAR JAMUR 


Jika kalian juga tertarik menggambar obyek jamur, namun bingung dan merasa kesulitan memulainya dari  mana, video berikut ini semoga bisa membantu.




Meskipun tak secanggih dan se-pro para vlogger, semoga hasilnya dan step by stepnya bisa mudah diikuti ya..

3. MIXED MEDIA JAMUR


mixed media mushroom art


Setelah sebelumnya saya membuat karya Hopes, akhirnya jadi ketagihan untuk membuat jamur dengan metode serupa.

Hal ini saya lakukan untuk melatih kemampuan saya dalam hal membuat kesan 3D pada lukisan. Terutama bereksperimen dalam membuat mahkota jamurnya, biar terlihat makin realistik. Kyaaa... Hahaha..





4. MUSHROOM IN WATERCOLOR


mushroom in watercolor


Masih tentang jamur, kali ini saya membuat illustrasi menggunakan cat air.  Selain memilih warna yang ngejreng, saya juga ingin mencoba teknik flash.

Perpaduan warna yang dihasilkan cukup menarik, mengingat saya jarang menggunakan warna orange. Namun ilustrasi kali ini, terkesan lebih warm dan eye cathing.

5. MUSHROOM IN POINTILSME




Demi menguji kesabaran, akhirnya saya menggunakan teknik pointilsm juga. Hahaha..

Buat kalian yang ingin belajar mengembangkan skill membuat shadow dan highlight, sekaligus menguji kesabaran, jangan ragu-ragu menggunakan teknik ini.

KESIMPULAN 


Ternyata satu obyek gambar bisa dimanfaatkan untuk banyak media dan teknik. Cocok banget nih buat mengisi waktu pas lagi keadaan kayak sekarang ini. Di mana kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Dengan banyak berlatih, saya berharap ke depannya kemampuan saya dalam hal seni bisa makin berkembang dan memiliki karakter sendiri.

Bagaimana dengan kalian ? Challenge apa yang sudah terpenuhi ? Hehhee...

HAPPY JOURNALING !