BOOK REVIEW | JESSE ANDREWS - ME, EARL AND THE DYING GIRL

me, earl and the dying girl book review


ME, EARL AND THE DYING GIRL adalah buku dengan tema yang sedih namun diceritakan dengan cara berbeda. Tak seperti buku dengan tema yang sama lainnya, di mana sang penulis lebih fokus pada pasiennya, Jesse Andrew justru menyoroti bagaimana interaksi tokoh dalam buku ini serta dampak yang mereka rasakan dari interaksi yang ada, seperti layaknya kita dalam kehidupan sehari-hari. 


BOOK REVIEW | JESSE ANDREWS - ME, EARL AND THE DYING GIRL





⭐⭐⭐⭐






JUDUL : ME, EARL AND THE DYING GIRL
PENULIS : JESSE ANDREW
GENRE : YOUNG ADULT
TAHUN PENERBITAN : 2012
ISBN :  9780307931894  
JUMLAH HALAMAN : 324
BAHASA : INGGRIS

BLURB


Greg Gaines is the last master of high school espionage, able to disappear at will into any social environment.

He has only one friend, Earl, and together they spend their time making movies, their own incomprehensible versions of Coppola and Herzog cult classics.

Until Greg’s mother forces him to rekindle his childhood friendship with Rachel.
Rachel has been diagnosed with leukemia—-cue extreme adolescent awkwardness—-but a parental mandate has been issued and must be obeyed.

When Rachel stops treatment, Greg and Earl decide the thing to do is to make a film for her, which turns into the Worst Film Ever Made and becomes a turning point in each of their lives.

And all at once Greg must abandon invisibility and stand in the spotlight.

THE REASON I READ

Saya membaca buku ini gara-gara dapet rekomendasi dari teman. Dikuatkan lagi dengan membaca review buku dari beberapa sumber. Saya berharap sih, review buku dari saya juga bisa membuat kalian penasaran dan ingin membacanya. hehehe... Semoga !

CHARACTER


Greg Gaines adalah seorang pelajar menengah atas Di Benson High School. Dia adalah pribadi yang unik dan kurang percaya diri. Dalam hidupnya dia berangan-angan bahwa dia tidak ingin berteman terlalu dekat dan masuk ke dalam squad selama masa sekolah. Dia ingin tidak dihiraukan di lingkungan sekolah tapi dia juga tetap berteman dengan siapa saja. 

Earl Jackson sebenarnya adalah sahabat Greg. Lebih tepatnya adalah teman kecilnya yang memiliki hobi sama, membuat Film. Earl adlah pribadi yang humoris dan bisa memiliki interaksi baik dengan Greg dan Rachel.

Rachel Kushner adalah teman kecil Greg yang menderita penyakit akut, leukimia. Sayangnya mereka tidak saling berkomunikasi begitu menginjak dewasa, hingga suatu hari ibu Greg memaksanya untuk berteman lagi dengan Rachel. Ibu  Greag berharap dia bisa memotivasi Rachel dan bisa melewati hari-harinya dengan lebih ceria. 

Madison adalah gadis pujaan Greg. Dia sosok manis dan baik hati. Dia mengundang Greg untuk pergi ke prom bersamanya. 

MY IMPRESSION


COVER. Sebelum saya membahas yang lainnya, mari membahas bagian luarnya lebih dulu. Meskipun banyak yang bilang, " Don't Judge A Book By It's Cover ", buat saya cover selalu menjadi bagian utama yang menarik untuk membaca buku. Tidak bisa dipungkiri itu ! hihi.. 

Foto cover dengan background yang sangat contras satu sama lain, plus penggunaan art paper, menjadi magnet utama saya untuk membaca buku ini. Belum lagi judul bukunya yang sangat provokatif, membuat saya makin penasaran sama isinya.

Buku ini menceriterakan sosok Greg yang unik dan awkward pada saat bersamaan. Bagi saya dia sangat unik karena impiannya adalah lulus sekolah menengah tanpa mencuri perhatian siapapun.


Baca Juga : BOOK REVIEW PAPERTOWNS - JOHN GREEN


Hal ini dia lakukan untuk menghindari bully di sekolah. Meskipun begitu dia bisa berteman dengan siapa pun tanpa peduli latar belakangnya.

Salah satu teman yang dianggap sebagai co-worker adalah Earl. Sebutan Co-worker ia sematkan karena kedua hobbi membuat film bersama. Sayangnya film tersebut tak pernah ia pertontonkan ke khalayak ramai. 

Meski Earl seorang co-worker, sebenarnya dialah leader dalam membuat film. Karena justru ide terbanyak dalam membuat script maupun film datangnya dari Earl. Hihihi..

WHAT I LEARN


Cinta sejati itu kadang tidak disadari oleh banyak orang. Kita sering kali mencarinya sejauh mungkin, eh ternyata justru orang di sekitar kita. 

Seperti halnya cinta Greg yang baru dia sadari pada Rachel di saat-saat terakhir. True love juga tidak selalu berbentuk menjadi sepasang kekasih, bahkan seorang sahabat pun bisa juga menjadi cinta sejati. 

BACA JUGA : THE PERK OF BEING WALLFLOWER

Dari buku ini juga saya bisa belajar bagaimana merespon rasa kehilangan karena orang yang sangat berarti dalam hidup kita. Belajar tentang menghargai persahabatan, karena kita tahu, jika salah satu tidak ada, kita akan merasa sangat kehilangan sosoknya. 

Kadang kita baru menyadari betapa seseorang itu sangat berharga, justru setelah kehilangan mereka. 

FAV. QUOTE




Quote reminder di jaman now. 🤭🤭 Setidaknya quote ini mengingatkan saya bahwa,

"Sebelum saya sibuk ikut campur urusan orang lain, setidaknya pikirkan urusan kita sendiri dulu." - ewafebri

Belakangan ini banyak banget kan yang merugikan dirinya sendiri akibat ulah yang kurang berhati-hati di sosial media. Seperti mengumbar kedengkian yang awalnya terlihat sepele tapi konsekuensinya sangat besar. 

Mungkin inilah yang sering diingatkan oleh agama bahwa janganlah menyimpan kedengkian yang berlebihan, karena akibatnya justru merugikan hidup kita. 

Marilah belajar bijak merespon berita yang ada di media sosial. Jika memang kita tak paham situasinya, bahaslah hal lebih bermanfaat dan berfaedah. Dengan begitu hidup kita jauh lebih tenang dan bahagia.

RECOMMENDATION 


rekomendasi buku dari ewafebri



Buku ini asyik banget untuk dibaca. Karena ceritanya pun berhubungan dengan kehidupan sehari-hari kita. Cerita yang disuguhkan bisa dibilang ringan, bisa juga tidak. Tapi tetap kita bisa mengambil pelajaran dari cerita ini kok.

Buat teman-teman yang ingin membeli buku ini, kalian juga bisa membeli secara online di start up rekomendasi saya nie Gaez. 

Di start up tersebut, tak cuma tentang penjualan dan peminjaman buku saja, tapi juga layanan pendidikan lainnya. Layanan pendidikan yang saya maksud adalah BolehBelajar dan BolehBeasiswa. 

evaBLG004


Jika kalian membutuhkan mentor atau pengajar secara profesional dengan biaya terjangkau, coba ke BolehBaca dot com saja. Gunakan kode referal di atas untuk mendapatkan diskon Rp. 50.000. Hanya khusus untuk layanan Boleh Belajar dan Beasiswa aja ya.. ? Hehhee.. 

(Postingan ini ada kode untuk affiliate linknya, dimana jika kalian menggunakan kode tersebut, Blog ewafebri akan mendapatkan komisi yang akan digunakan untuk membayar hosting dan domain Blog. Terima kasih).

HAPPY READING !