ART THERAPY IDEAS | DIY HANDDRAWN STICKERS

by - June 15, 2019

diy handdrawn stickers


[Start Your Day With Ewafebri] DIY Handrawn Sticker adalah cara membuat sticker dengan cara menggambar langsung obyeknya di atas kertas sticker. Cara ini tergolong sangat mudah karena kita tak perlu membuatnya dalam bentuk digital. Bahannya pun mudah didapat. Seperti apa prosesnya ? Simak Yuk !


ART THERAPY IDEAS | DIY HANDRAWN STICKER



art  theraphy ideas diy handdrawn stickers

Pernahkah kalian terpikir untuk menjadi seorang creator sticker ? Dulu saya pun tak pernah bermimpi bisa menciptakan sticker.

Berawal dari hobbi corat-coret dalam Doodle Journal, akhirnya saya bisa menciptakan bahkan menjualnya.

Buat teman-teman yang ingin mulai menjadi creator sticker, tak ada salahnya membuat DIY handrawn sticker. Caranya mudah, dan peralatannya pun gampang dicari. Begini caranya !

BAHAN MATERIAL YANG DIBUTUHKAN


Material yang kita butuhkan bisa didapat di toko buku terdekat. Sebenarnya sih yang paling utama adalah Kertas Sticker. Tapi untuk memudahkan pemula, berikut ini saya akan berikan list tentang apa saja yang biasa saya gunakan ya ?


  • Kertas Sticker Tom And Jerry (Bisa yang transparan maupun tidak. Tapi kalo saya lebih memilih yang transparan saja, karena hasilnya lebih menarik dan seolah kita membuat langsung doodlenya).
  • Marker untuk pewarna. Saya memilih menggunakan waterbased, karena tidak ingin merusak kertas stickernya. Pilihan saya jatuh pada Sakura Koi Brush Pen, karena bagus dan murah.
  • Snowman Drawing Pen. Saya gunakan untuk membuat outline gambar.
  • Pensil Mekanik dan penghapus. Saya gunakan untuk membuat sketsa awal.
  • Pylox Clear, saya gunakan untuk menjaga supaya warna koi brush tidak luntur.
  • Gunting, untuk memotong obyek sticker jika ingin langsung digunakan.


CARA MEMBUATNYA


tutorial ewafebri


Proses membuatnya sebenarnya sangat mudah banget. Yang terpenting kita punya ide obyeknya. Dan ingat, obyek gambar gak selalu yang rumit. Kalian juga bisa membuat bunga, pattern atau tekstur, dll.

Berikut ini adalah step by step yang sering saya lakukan saat membuat handdrawn sticker :

  • Buat sketsa obyeknya dengan menggunakan bantuan pensil mekanik.
  • Pertebal dengan menggunakan snowman drawing pen sebagai outlinenya. Contohnya seperti gambar di bawah ini.   

cara membuat handrawn sticker

  • Kalo kalian memiliki sticker print out tambahan, bisa juga ditambahkan sebagai aksen seperti contoh di atas. 
  • Warnai bagian sketsa dengan warna-warna yang disukai. Contohnya seperti di bawah ini.


tips mudah membuat sticker


  • Setelah dirasa cukup, jangan lupa memproteksinya dengan menggunakan Pylox Clear, supaya jika terkena hujan atau cipratan air warnanya tidak luntur.
  • Potong dengan menggunakan gunting jika sudah siap digunakan. Untuk memudahkan saat memotong, sisakan area putih sebelum outlinenya. Contohnya seperti gambar di bawah ini.


contoh handdrawn sticker


Taraaa... Stickernya pun siap digunakan. Kalian bisa gunakan untuk journaling, atau menghiasi perabotan sesuka hati. Saya kadang menempelkan pada barang-barang yang mudah tertukar oleh orang lain. Seperti charger dll.

Untuk tutorialnya, kalian bisa menyimak video berikut ini : 



Video tutorial how to make handrawn stickers


Itulah DIY sederhana tentang Handdrawn sticker dari saya. Semoga tutorial kali ini, bisa memberikan ide buat teman-teman yang suka dengan aktivitas crafty. Ngomong-ngomong bisa buat fun project bersama si kecil loh Bun. Hihihi...

HAPPY CRAFTING ! 

You May Also Like

2 comments