TIPS MENCEGAH DAN MENGATASI LUKISAN BERJAMUR

by - May 18, 2019

tips mencegah lukisan berjamur



Yang hobbi mengkoleksi lukisan, tentu sebel banget kalo tiba-tiba mengalami masalah yang satu ini. Yes, lukisan berjamur memang momok bagi kolektor dan pencinta seni, namun sebenarnya ada cara mencegah dan mengatasi supaya lukisan tidak mudah berjamur. Berikut ini ulasannya.


TIPS MENCEGAH & MENGATASI LUKISAN BERJAMUR 


cara mengatasi lukisan berjamur
At Galeri Nasional Indonesia (model sepupu)


Bagi kolektor lukisan, karya lukis tak hanya disimpan untuk dinikmati keindahannya, tapi juga bisa menjadi salah satu investasi. Biasanya lukisan karya pelukis ternama, seperti Srihadi Sudarsono, atau Arifien Neif memiliki nilai yang fantastis.

Dari nilai yang fantastis tersebut, akan timbul persoalan apabila lukisan tersebut berjamur. Bukan cuma merusak pemandangan karena kusam. tapi juga bisa merusak media kanvasnya dalam jangka panjang. 

Sebelum saya memberikan tips bagaimana mencegah dan mengatasi lukisan berjamur, saya akan membahas terlebih dahulu penyebab lukisan bisa timbul jamur. 

PENYEBAB LUKISAN TIMBUL JAMUR 


Selama kurang lebih 8 tahun saya berkecimpung di dunia lukis, terutama sih tentang product knowledge perlengkapannya. Dalam dalam kurun waktu tersebut saya sering banget mendapat pertanyaan seputar lukisan yang berjamur. 

Sebelum salah paham, saya ingin memberitahukan bahwa saya bukan ahli restorasi lukisan dan saya bukan lulusan di bidang seni. Saya menulis ini karena pengalaman yang saya jalani selama kurun waktu 8 tahun tersebut.

Saya belajar tentang product knowledge yang berhubungan dengan seni. Saya mempraktekkan banyak ilmu dan teknik yang berhubungan dengan produk tersebut. Dan saya sering bertukar pendapat dengan pelukis dan orang yang sering melakukan restorasi.

Dari interaksi yang sering saya lakukan dengan mereka, saya bisa menarik kesimpulan tentang penyebab timbulnya jamur pada lukisan, yaitu : 

  • Lukisan mudah berjamur apabila berada pada tempat yang terlalu lembab. Meski lukisan tak boleh langsung terkena pancaran sinar matahari, pastikan menyimpan diruangan yang sejuk dan kering.
  • Sebagian besar lukisan yang mudah terkena jamur itu adalah cat minyak. Itu dikarenakan cat minyak butuh waktu yang sangat lama untuk benar-benar kering. Sayangnya, banyak pelukis yang menggunakan varnish pada lukisan cat minyak disaat yang belum benar-benar kering. Oleh karena itu, jika ingin mem-varnish lukisan secara permanen usahakan minimal 3 bulan setelah lukisan dibuat. Jika lukisan menggunakan pisau palet, dianjurkan 6 bulan untuk varnish permanent. Tentang varnish, saya pernah membahasnya di artikel Jenis-Jenis Varnish
  • Beberapa pigmen warna pada cat minyak memang sering kali menyebabkan timbulnya jamur. Terutama warna-warna coklat, seperti warna Raw Umber, Sepia Dan Burnt Umber. Jadi mungkin kita bisa lebih waspada terhadap warna-warna tersebut. (Temuan ini saya simpulkan karena berbagai keluhan yang saya dengar, dan juga pengalaman pribadi).
  • Primer kanvas yang kurang bagus. Meski sebagian orang bisa membuat DIY kanvas, pastikan menggunakan formula yang benar. Formula yang salah, bisa mengakibatkan kanvas mudah berjamur. Lapisan primer kanvas yang berfungsi sebagai penutup pori disebut dengan Gesso. Saran saya gunakan Gesso dengan kualitas yang mumpuni seperti Produk Talens, Lefranc, ataupun winsor and newton.

Setelah kita mengetahui faktor penyebab timbulnya jamur, saatnya kita mencari cara bagaimana mencegahnya. Ada beberapa cara yang bisa digunakan nie teman-teman. 

CARA MENCEGAH LUKISAN BERJAMUR



penyebab lukisan berjamur
Lukisan abstrak karya ewafebri 😂



" Melindungi lebih sulit dibandingkan membuatnya pertama kali "

Hihihi.. Mungkin pepatah tersebut sangat cocok untuk masalah ini ya ? Apalagi jika kita sengaja mengoleksi lukisan yang memang bukan karya kita sendiri, hahaha.. Pasti lebih sulit mengelolanya. Beberapa tips berikut ini bisa kalian gunakan untuk mencegah timbulnya jamur. 

  • Simpan pada ruangan yang sejuk dan kering. Seperti diberikan AC pada suhu tertentu gitu Gaes. 
  • Jangan letakkan lukisan langsung terkena sinar matahari, karena akan merusak pigmen warnanya yang mudah berubah kusam. Itulah alasannya kenapa saat mengunjungi Galeri sering dilarang menghidupkan flash camera.
  • Dilarang menyentuh lukisan sembarangan, apalagi kalo tangan kita tidak higienis. Bisa membuat lukisan jamuran, itulah kenapa Galeri-galeri menerapkan larangan menyentuh lukisan yang dipajang 
  • Pastikan menggunakan kanvas dengan primer yang bagus, Jika kalian bingung menentukan kanvas merk apa, kalian bisa menggunakan merk Kanvas Bandung. Produk lokal yang bagus. 
  • Sebelum memberikan varnish pada lukisan, pastikan lukisan benar-benar sangat kering. Terutama untuk lukisan cat minyak. 
  • Bersihkan secara berkala. Bisa menggunakan kuas kering, atau kadang ada yang menggunakan roti tawar ( me like : hmmmmm.... ) 

CARA MENGATASI LUKISAN BERJAMUR 


" Tapi mbak, gimana kalo lukisannya udah timbul jamur ? bisa gak di atasi ? "

Seperti yang sudah saya bahas di penyebab tombulnya jamur, terkadang fungus ini tetap muncul meski lukisan sudah disimpan di tempat yang tepat. Jadi Kezeel kan ya ? Nah, sebenarnya ada caiiran atau obat khusus yang bisa kita gunakan untuk mengatasi maslah ini. 

Tapi sebelum kalian menggunakannya, pastikan untuk bertanya pada ahli restorasi. Karena cairan ini memiliki bahan material yang butuh penanganan khusus. Jika tidak berhati-hati bisa berdampak pada kerusakan pigmen warna lukisan. 

cairan pencegah jamur lukisan
credit Cregalart


WINSOR AND NEWTON'S PICTURE CLEANER 


Tak banyak produk yang mengeluarkan cairan pemberantas jamur untuk lukisan. Salah satu Brand yang mungkin satu-satunya adalah Picture Cleaner dari Winsor and Newton.

Jika diperhatikan, cairannya ini memiliki dua lapisan (meski kadang ada juga yang menyatu/membaur). 2 lapisan tersebut berwarna transparan seperti minyak ( sebagai binder ) dan juga cairan berwarna putih pekat seperti susu. 

Kadang ada beberapa picture cleaner yang warna putih dan bindernya terlihat terpisah, namun ada juga yang menyatu. Dan dua-duanya tetap bisa digunakan. 

Karena berbasis oil (oil based), cara melarutkannya pun harus menggunakan solvent seperti White Spirit dan Turpentine. Sementara penggunaan jumlah solventnya sangat relatif, tergantung kebutuhan masing-masing. 

Picture Cleaner hadir dalam 3 ukuran botol, yaitu 75 ml. 250 ml dan 500 ml. Cara menggunakanya sebenarnya tinggal disapukan seperti kita membersihan wajah dengan cleanser.

Akan tetapi diperlukan waktu yang tepat untuk mengangkat cairannya dari lukisan. Proses inilah yang membutuhkan tenaga ahli, kecuali jika kalian ingin bereksperimen sendiri. 

Setelah proses pengangkatan jamur, biasanya lukisan langsung di varnish menggunakan Retouching Varnish, ini juga dimaksudkan supaya picture cleaner tidak terlalu lama berefek pada kanvas lukisan.

Saran saya, serahkan proses ini pada ahli restorasi. Meski caranya terdengar mudah, namun dampaknya tidak ! apalagi untuk lukisan yang sangat mahal. hihihi... 

Itulah tips mencegah dan mengatasi jamur pada lukisan. Kalo bisa dicegah, jangan sampai kejadian berjamur. hehehe.. Jika teman-teman ingin mengetahui tips dan pengetahuan seputar seni, kali bisa menjelajah kumpulan artikel di Art Therapy

Apakah kalian juga pernah mengalami masalah jamur pada karya lukisnya ? kalo pernah, biasanya apa yang kalian lakukan untuk menghilangkannya ? Share di kolom komentar yuk !


ewafebri.com

HAPPY PAINTING !


You May Also Like

0 comments