BOOK REVIEW | RANSOM RIGGS - MISS PEREGRINE'S HOME FOR PECULIAR CHILDREN

by - May 20, 2019

review buku miss peregrine's home for peculiar children


Review buku yang saya lakukan kali ini membahas tentang anak-anak yang memiliki kemampuan luar biasa dibandingkan yang lain. Kalo di Indonesia mungkin kita sering mengenalnya dengan sebutan anak-anak indigo (eh tapi bukan kak Roy). Hihihi.

BOOK REVIEW | MISS PEREGRINE’S HOME FOR PECULIAR CHILDREN



review buku miss peregrine's home for peculiar children

⭐⭐⭐⭐



JUDUL : MISS PEREGRINE'S HOME FOR PECULIAR CHILDREN
PENULIS : RANSOM RIGGS
GENRE : FANTASY
TAHUN PENERBITAN : 2011
ISBN :   9781594744761
JUMLAH HALAMAN : 352
BAHASA : INGGRIS


BLURB 


“a tense, moving, and womdrously strange first novel. The photographs and text work together brilliantly to create an unforgettable story.” - John Green 

A mysterious island. An abandoned orphanage. A strange collection of very curious photographs. It all waits to be discovered in Miss Peregrine's Home for Peculiar Children, an unforgettable novel that mixes fiction and photography in a thrilling reading experience.

As our story opens, a horrific family tragedy sets sixteen-year-old Jacob journeying to a remote island off the coast of Wales, where he discovers the crumbling ruins of Miss Peregrine's Home for Peculiar Children.

As Jacob explores its abandoned bedrooms and hallways, it becomes clear that the children were more than just peculiar. They may have been dangerous. They may have been quarantined on a deserted island for good reason. And somehow-impossible though it seems-they may still be alive.

A spine-tingling fantasy illustrated with haunting vintage photography, Miss Peregrine's Home for Peculiar Children will delight adults, teens, and anyone who relishes an adventure in the shadows.


THE REASON I READ 


miss peregrine sinopsis


Alasan saya membaca buku ini adalah karena tertarik dengan covernya. Yang menurut saya creepy dan misterius. Entah kenapa saya tuh gampang banget penasaran sama yang creepy gitu.

Suka atau tidak " judge book by it's cover ", kadang berlaku juga. Hihihi.. Karena tanpa saya sadari, banyak buku yang saya baca justru karena covernya.

Alasan membeli buku ini karena pas banget dapet Gift Card dari Book and Beyond. Buku fisiknya sendiri sudah saya hibahkan ke orang lewat program Random Act Of Kindness 🤭.


CHARACTER 


Ada beberapa character yang menonjol dalam buku ini (ya iyalah Vva...) Biasanya setiap buku juga begitu. 😂

Diawali dengan Jacob, seorang pemuda/pelajar yang memiliki kedua orang tua yang cukup kaya. Yang membuatnya mampu pergi berpetualang ke Wales dengan mudahnya. Sayangnya meski dia orang yang kaya, tapi ia tak punya banyak teman.

Teman-temannya di dunia "normal" sering menganggap dia orang yang aneh, bahkan kedua orang tuanya pun berpikir begitu. Dia selalu berpikir bahwa dia bisa melihat monster, sementara yang lainnya tak melihat penampakannya.

Namun ada salah satu orang yang percaya dan tidak menganggapnya aneh. Dia adalah sang kakek, Abraham Portman.

Sang kakek sendiri memiliki kisah yang ia rahasiakan di depan keluarganya yang lain, kecuali di depan sang cucu. Pada sang cucu, Kakek Abraham berani terbuka tentang petualangannya di masa muda yang penuh dengan misteri.

Opps..  Dan tentu saja, teman-teman barunya yang ia kenal saat ke Wales. Mereka adalah orang-orang yang percaya akan cerita dan hal yang menakjubkan yang dimiliki oleh Jacob.


miss peregrine's cast


Teman-teman barunya ini dikenal Jacob di Rumah Miss Peregrine. Dan mereka adalah anak-anak yang memiliki kemampuan "peculiar" seperti halnya si Jacob.

There was a girl who could fly, a boy who had bees living inside him, a brother and sister who could lift boulders over their heads.” - Ransom Riggs.

Salah satu temannya yang cukup menarik perhatian saya adalah Emma. Sosok wanita yang digambarkan smart dan bijaksana dibandingkan teman-teman sebayanya.

Dengan Emma lah, kemudian Jacob mendapatkan pengalaman yang tak akan bisa dia lupakan sepanjang hidupnya. Terlebih, tentang kisah Emma dengan sang kakek.


MY IMPRESSION



Giphy.com


Pada chapter awal saya sempat dibuat shock, karena terasa sedikit membosankan. Tapi entah kenapa, gaya bahasanya menjadi magnet tersendiri bagi saya. Dari chapter ke chapter membuat saya tak bisa berhenti membaca, karena selalu ada hal menarik yang digambarkan.


miss peregrine's home for peculiar children book review


Foto-foto yang digunakan sebagai pelengkap illustrasi juga membuat saya makin penasaran dengan buku ini. Seperti ketika ada chapter yang membahas tentang anak perempuan dengan kaki melayang (levitating) tanpa menyentuh tanah, dsb.

Buku ini salah satu yang memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari alur cerita, tokoh-tokohnya, hingga bagian illutrasinya. Bisa saya jamin, kita akan dibuat penasaran saat membaca dari chapter ke chapter.

Apakah buku ini menakutkan ? Jawabannya tidak ! Buku ini menurut saya hanya menimbulkan rasa penasaran saja. Bukan jenis buku yang akan membuat bulu kuduk berdiri.

WHAT I LEARN 


Masa muda adalah masa di mana kita mulai mengenal dunia yang penuh dengan teka-teki dan misteri. Misteri bisa bersifat harfiah atau sebatas kiasan saja. Sebuah kejutan yang akan kita ingat sampai mati.

Namun sayangnya, tak seperti kehidupan Jacob yang penuh dengan petualangan di masa remajanya.  Saat muda dulu, saya justru gak punya kenangan yang berarti. Yang saat ini akhirnya saya sesali. Huhuhu...

" Be yourself ! Even people think you are non sense 🤭. Gak ada yang lebih bahagia dari menjadi diri sendiri. Meski orang-orang mengganggap kita aneh. "

Jika saja saya bisa mengulang kembali, ah sudahlah... ! tak ada perlu dikeluhkan lagi. Hahaha...


FAV. QUOTE 



miss peregrine's quote



Sudah seharusnya kita paham kapan kita harus berhenti melakukan suatu hal dan mencoba yang lainnya. Dengan begitu, kita tak akan menghabiskan waktu menjadi sia-sia. 

Contohnya, kita harusnya tahu kapan kita mengakhiri suatu hubungan yang gak akan lanjut kemana-mana. Dengan begitu kita tak perlu menghabiskan waktu mendengar bualannya. #eh.. Hahaha.. malah curhat ! 

Okay, jika kalian merasa review ini agak " kurang menarik ", mohon dimaafkan. Tapi sebenarnya, isinya gak sebosan cara saya mereview sih. Karena kenyataannya saya juga melanjutkan baca buku sequelnya.

Mungkin yang suka dengan tema seperti #JurnalRisa, buku ini memiliki daya tarik tersendiri. Namun, cara penyampaian ceritanya pasti berbeda. Misteri versi Indonesia dan luar negeri kan kemasannya memang beda. Hihihi..

Sekian review buku kali ini. Semoga bisa membantu bagi yang ingin membacanya. Buat yang tidak suka hal-hal berbau peculiar " aneh " , jangan membacanya. Karena sangat membosankan. 🤭 , Tapi bagi yang suka, meski struggle bacalah sampai akhir karena endingnya cukup menarik.

Yang ingin membaca review buku lainnya, kalian juga bisa membacanya dari menu navigasi Review Book, ada ulasan tentang Non Fiction dan Fiction.


Credit photo : playbook google (ebook)



HAPPY READING !

You May Also Like

0 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..