MOBILE PHOTOGRAPHY IDEAS | BLACK AND WHITE FLOWERS

by - March 30, 2019

mobile photography ideas black and white


Postingan Mobile Photography Ideas Black And White Flowers ini bukan bermaksud untuk mengikrarkan saya seorang ahli. Bukan ! Hahaha.. Karena secara teknik photography saya memang gak memahami sama sekali. Hasil foto-foto di bawah ini saya posting sebagai bagian memori dan pengalaman saja. 😬 Juga sebagai salah satu bentuk Art Therapy Ideas.

MOBILE PHOTOGRAPHY IDEAS | BLACK AND WHITE  FLOWERS  



Untuk mengurangi memori internal dan eksternal di hape, saya memutuskan untuk memposting beberapa gambar dan kisahnya di Blog ini. Foto-foto ini saya ambil melalui kamera Hp Xiomi A1 saja, dan saya edit melalui photo editor seperti yang pernah saya bahas di postingan Aplikasi Android untuk Blogger.


black and white photography ideas - mushroom


Salah satu langkah saya untuk bisa menjadi Blogger yang mumpuni adalah dengan belajar menyajikan gambar yang baik. Oleh karena itu, di sela-sela kesibukan menulis dan bekerja, saya menyempatkan diri belajar memotret dengan gear seadanya. Gak punya peralatan canggih, bukan berarti menyerah kan ya ? Hahaha.. paling tidak, jangan langsung berputus asa. (Tsaaah elah Vva).

JAMUR 


Foto ini diambil saat perjalanan saya berangkat bekerja. Saya tertarik untuk mengambil gambar ini karena si jamur tumbuh di atas patahan kayu. Selain itu, karena saya memang suka banget makan berbagai jenis jamur.




Saya juga suka banget sama filosofi jamur. Jamur itu bisa hidup meski di atas pohon mati. Hmm.. sepertinya dia bisa hidup di mana saja ya.. ? Hehe.. ! Saya jadi pingin banget bisa bertahan hidup kayak si Jamur.

BUNGA LIAR 1


Kalo ditanya ini bunga apa ? Saya gak tahu. 😁 Sebenarnya ini adalah bunga rumput liar yang tumbuh di sekitaran lapangan dekat rumah. Kalo hanya dilihat sekilas bunga ini kurang menarik, tapi ketika potret dari jarak dekat, hasilnya cukup memukau mata saya. Kelopak keringnya membuat bunga seolah mekar dengan sempurna. πŸ˜†. Padahal justru bunga itu menuju kering atau mati.


mobile photography ideas wild flower


Yang saya suka dari hasil foto di atas adalah hasilnya terlihat seperti macro photography.  Buat amatir seperti saya, mendapatkan foto yang seperti ini membutuhkan kesabaran dan nahan nafas saat mengklik tombol shutter. 🀣 Belum lagi kalo pas ada angin, dan bunganya goyang-goyang. Bikin gemez pingin ikutan kayak rumput yang bergoyang πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚.

Bukan hanya itu, angle yang tepat ternyata juga bisa mempengaruhi hasilnya. Untuk mendapatkan hasil seperti di atas, saya menghindari penggunaan Flash Light pada kamera. Saya justru memanfaatkan manual setting yang ada pada kamera Hapenya, dengan menyesuaikan setting exposure dan focus.

BUNGA PAGI


Sejujurnya saya gak tahu nama bunga di bawah ini. Yang pasti ini juga bunga liar yang tumbuh di lapangan samping rumah. Bunga ini cukup unik, karena mekarnya hanya pagi hari. Menjelang sore bunga ini akan kembali kuncup. Bahkan daunnya nampak layu.


black and white photography flower


Bunga ini saya potret saat jam 9 pagi. Saat di mana kelopak bunganya sedang bermekaran. Supaya hasil fotonya tidak nampak silau karena matahari, saya mengurangi exposurenya. Entah kenapa kalo kita memotret saat matahari bersinar ceria, warna terang pada obyek akan nampak silau. Oleh karena itu, butuh sedikit trik supaya hasilnya gak bikin sakit mata 🀣🀣🀣.

BUNGA RUMPUT LIAR 


Masih dengan obyek yang sama, yaitu rumput liar, 🀣🀣🀣tapi saya ambil di area dan waktu yang berbeda. Niatnya sih, hasilnya semacam macro photography. Meski gak sekeren para photographer (ya iyalah Vva), tapi saya cukup puas dengan hasilnya. 



mobile photography ideas macro photo


Salah satu hal yang membuat saya puas adalah bagian backgroundnya yang nampak Blur. Butuh 3 kali take untuk mendapatkan hasil yang sama mau. 🀭🀭 . Harap maklum, karena yang motret masih amatiran dan hanya bermodalkan kamera Handphone saja.

Sebagian besar gambar saya ambil langsung menggunakan filter mono yang ada pada setting kameranya. Untuk cahayanya saya menggunakan preset manual, dan saya sempurnakan menggunakan aplikasi photo editor.

STARFRUIT ALIAS BELIMBING 


Photo di bawah ini adalah belimbing yang masih kecil yang saya potret jam 8 pagi hari. Saat itu saya ingin mendapatkan kesan bokeh dari efek dedaunan di sekitar pohon belimbing. Saya menggunakan manual setting dengan macro focus untuk mendapatkan efek bokeh.


black and white photography  bokeh ideas


Sebenarnya pingin juga memberikan tutorial bagaimana saya mengedit untuk mendapatkan hasil yang saya inginkan. Sayangnya karena ini foto yang sudah lama saya potret, jadi saya lupa langkah-langkahnya.

Itulah beberapa hasil memotret menggunakan camera handphone. Postingan ini salah satu tracker saya untuk belajar photography. Terutama yang berhubungan dengan Mobile Photograpy ideas. Buat teman-teman, photo seperti apa yang menjadi favorite saat memotret menggunakan camera Hape ? Dan bagaimana proses kalian memotret untuk hasil maksimal ? Share di kolom komentar yuk ! Hehehe..


Bowgels says cheese

You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :