PENGALAMAN PENGKINIAN DATA NASABAH DI BANK CENTRAL ASIA [BCA]

by - January 05, 2019

Pengalaman pengkinian data nasabah bca oleh ewafebri


Pengkinian Data Nasabah adalah proses pembaharuan data nasabah. Dalam hal ini, saya akan berbagi pengalaman pengkinian data nasabah di BCA. Beberapa hari lalu, tepatnya 31 Desember 2018. Saya melakukan pengkinian data di BCA. Sesuai pengalaman saya, prosesnya mudah dan gak ribet. Kalian cukup membawa persyaratan yang dibutuhkan.

PENGKINIAN DATA NASABAH BCA


Pernah membaca pengalaman saya tentang Membuat EKTP beberapa waktu lalu ? Ternyata, drama KTP-EL menyisakan masalah baru. Kesalahan nama pada saat perekaman data, berpengaruh pada hal lainnya. Termasuk masalah Perbankan. Njuk aku kudu piye jal ? (Aku harus bagaimana ?).


Ektp ewafebri


Pengkinian Data Nasabah menjadi pengalaman baru bagi saya. Gara-gara identitas di KTP baru tidak sama. Saya harus merubah data perbankan. Demi untuk kelancaran transaksi di masa mendatang.

Sebelumnya saya sempat bingung dengan regulasinya. Saya cari caranya di internet gak ketemu. Akhirnya saya nekat untuk mengurusnya sendiri.  Alasannya, Biar cepat selesai dan gak banyak pikiran. Hihihi..

BERKAS YANG DIBUTUHKAN


Kantor cabang pembukaan Rekening BCA, di mana saya pertama kali membuat, memang jauh dari domisili. Belum lagi saya tidak punya banyak waktu untuk mengurusinya. Walhasil tanggal 31 Desember 2018, saya berinisiatif meminta ijin untuk mengurus rekening.  Sebelum saya datang ke kantor cabangnya, terlebih dahulu saya mencari informasi melalui twitter BCA. Supaya terhindar " Zonk " di lokasi. Hihihi..




Sesuai pengalaman kemarin, berikut ini hal yang perlu kalian siapkan dalam pengkinian data :


  • KTP asli
  • Kartu Keluarga (jaga-jaga untuk dicocokan dengan data yang ada)
  • Buku tabungan BCA
  • Materai (Buat jaga-jaga, biasanya CS menawarkan apa ingin menggunakan materi dari BCA atau milik sendiri)
  • Kartu ATM (terutama jika ingin ganti kartu) 
  • Dan terakhir, kesabaran (siapa tahu antrian panjang. Hahaha..)

TATA CARA PENGKINIAN DATA NASABAH BCA


Proses Pengkinian data tergolong mudah. Terutama jika kita sudah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Kita cukup mengikuti instrusksi Mbak CS.




Berikut ini, saya bocorkan tata cara pengkinian data nasabah BCA :


  • Mendatangi kantor cabang di mana pertama kali kita membuat account/rekening. (Proses ini penting,  terutama jika sebelumnya kita tidak pernah diambil data fotonya oleh BCA). Menurut informasi dari Mbak CSnya. Jika kita sudah pernah diambil data foto (seperti saat melakukan perekaman data KTP-EL), Kita bisa melakukan perubahan di kantor cabang manapun. Tapi jika belum, kita akan direkomendasikan ke tempat pertama kali kita membuat rekening. 
  • Mengambil nomor antrian. Sambil menunggu giliran. 


Proses pengkinian data nasabah Bca


  • Jika sudah giliran kita, utarakan kepada mbak CS maksud tujuan kita (ya kali gini aja dibahas Vva. Hihihi... ! Biar jadi konten pilar ya Gaes. Panjaaaang ! Hahhaha.. )
  • Mbak CS akan meminta berkas kelengkapan, seperti EKTP, Buku Tabungan, dan ATM. 
  • Dalam kasus saya, Mbak CS sebelumnya mengatakan, bahwa seharusnya yang diubah adalah data EKTP, karena nama dalam Buku Tabungan Saya sudah sesuai data dari kecil. Namun, saya mengatakan bahwa, saya menunggu 4 tahun lebih untuk mendapatkan KTP. Harus berapa lama lagi saya harus menunggu Mbaknya ? 😭😭😭😭. 





Beruntung Bapak Supervisor atau KABAG nya memberikan solusi. " Sebaiknya disesuaikan dengan kartu identitas saja ya Bu ? Biar ke depannya tak banyak masalah berarti. " Dan sayapun mengangguk setuju.

  • Kemudian mbak CS mulai memproses data baru. Dai mulai mengedit data yang ada pada komputer, kemudian mencetaknya di atas kertas. Selanjutnya meminta kita untuk mengecek kembali kebenaran datanya, dan menandatanganinya. 
  • Proses penandatangan memang beberapa kali. Ada yang di atas  pernyataan data terbaru, ada juga di Buku Tabungan dan Surat pergantian ATM baru (jika kita melakukan perubahan juga). 
  • Setelah melewati proses pengkinian data, lengkap sudah dan kita bisa pulang dengan tenang. Hihi.. 
  • Dalam kasus saya, ada pendaftaran layanan m-banking juga. Sehingga saya juga harus melakukan beberapa proses lainnya. Seperti ganti Pin, menandatangani berkas kesediaan menggunakan layanan, dll.


Pengkinian data nasabah Bca di Cabang Suryopranoto


Moment itu sengaja saya gunakan untuk melakukan beberapa proses perbankan sekaligus. Karena saya sulit mendapatkan waktu lagi untuk mengurusnya. Biar sekali jalan, semua proses selesai. Hihi..

Itulah pengalaman dan langkah-langkah pengkinian data nasabah di Bank Central Asia (BCA). Sangat mudah dan cepat (kalo gak banyak yang ngantri, hihi.. ). Dan.. Saya sudah memiliki Kartu ATM terbaru. Hahhaa.. 

Apakah teman-teman memiliki pengalaman yang sama tentang pengkinian data nasabah ? Apakah prosesnya sama ? Atau justru banyak kendala ?. Share di kolom komentar yuk. Siapa tahu jadi banyak yang butuh informasinya. Terima kasih sudah membaca dan berbagi informasi.




You May Also Like

8 comments

ANNOUNCEMENT


Hi Gaes ! Pengumuman Singkat aja nie.. !

Berhubung sekarang saya memiliki Blog khusus tentang Art, maka Art Therapy Idea gak akan saya posting di sini lagi. Saya akan membuat postingannya ewafebriart.com.

Blog ini khusus untuk Journaling, Buku Dan Self Development saja. Terima kasih atas perhatiannya.