DIGITAL | APA PENYEBAB WITHDRAWL PAYPAL GAGAL ?

by - May 29, 2019

apa penyebab withdrawl paypal gagal ?


Postingan kali adalah curhatan yang belum ada jawabannya. Namun saya akan terus mengupdatenya nanti. Sementara saya akan bercerita tentang apa yang saya alami dan pelajaran penting saat kalian ingin memanfaatkan pelayanan Paypal sebagai alat pembayaran. Apa penyebab kita gagal withdraw uang dari paypal ? mungkin ulasan saya ini akan menjadi penyebabnya. 

 DIGITAL | APA PENYEBAB WITHDRAW PAYPAL GAGAL ? 


Sebelumnya saya pernah membahas tentang bagaimana cara membuat akun paypal, dan bagaimana cara verifikasinya. Nah sekarang timbul masalah baru. Sumber masalah ini sendiri belum saya ketahui pastimya. Karena prosesnya masih berjalan. Namun saya berasumsi bahwa ada keterangan yang tidak sama antara nama akun dan nama rekening bank. 

Masalah ini sebelumnya pernah saya kuatirkan mengingat verifikasi saya saat itu menggunakan vcc, bukan kartu kredit. Namun saat itu saya berpikir, toh kartu kredit biasanya akan ada pembaharuan setiap tahun. So, mungkin kuatirnya ditunda saja dulu. Siapa tahu dalam kurun waktu itu ada solusinya. Apalagi nunggu penjualan sticker line itu cukup lama juga hahaha.. 

Sayangnya, masalah ini datang lebih cepat dari bayangan saya -gak sampai satu tahun-. Singkat cerita, saya harus menggunakan Paypal karena saat itu upah saya menulis (Alhamdulilah) harus dibayar melalui layanan tersebut. Ini berarti, target saya mendapatkan penghasilan dari Blog terpenuhi Gaes, Alhamdulilah. 

Proses pembayaran ini tak serta merta lancar, karena terkendala masalah teknik dari akun Paypal saya. Soal pihak yang bekerja sama dengan saya, dia ontime banget kok gaes bayarnya, jadi gak masalah. Nah, kayaknya masalah datang justru dari akun Paypal saya. Jadi seperti ini kronologisnya. 

PEMBAYARAN INVOICE MELALUI AKUN PAYPAL 


Jadi beberapa bulan lalu saya diajak kerja sama menjadi content writer dengan bayaran yang sudah ditentukan. Setelah saya melengkapi pekerjaan yang harus saya selesaikan, terbitlah invoice pembayarannya. Owh iya, pembayaran ini setelah 1 bulan artikel saya diterbitkan ya ? Dan bagi saya yang awam soal monetasi Blog, tentu girang banget mendapatkan bayaran dari hobi ngeblog. 

Setelah pihak klien menerbitkan invoice dan di bayar, saya mendapatnya notifikasi dari aplikasi Paypal. Bahwasannya saya menerima pembayaran sejumlah uang yang menggunakan mata uang asing. Ternyata ada proses pennerimaan yang harus saya lakukan. Jadi meski ada notifikasinya, kita juga harus menerimanya dengan verifikasi manual supaya proses lebih cepat. 

STATUS ON HOLD



Namun kenyataanya, uang tersebut tak langsung masuk ke Balance Paypal saya, tapi masuk dengan label on hold. Haduh, ini yang saya takutkan terjadi juga. Dengan keadaan lemah, letih dan lesu saya pun bergerilya mencari tahu. Ternyata status On Hold itu bisa terjadi karena : 

  • Akun Paypal kita tergolong masih baru. 
  • Akun Paypal kita tidak pernah melakukan transaksi apapun dari mulai awal pembuatan.
  • Minimal harus ada 5 kali transaksi sukses tanpa ada proses refund.
  • Setidaknya minimal kita pernah menerima bayaran minimal 100 dolar untuk transaksi barang maupun jasa.
  • Jika kalian menerima pembayaran karena jasa, jangan lupa untuk memverifikasi pekerjaan " sudah diproses ", supaya proses pembayaran cepat diproses.
  • Jika kalian memperjualbelikan produk barang, jangan lupa untuk menambahkan kode trackingnya.

Namun bagaimana jika kita tak bisa melakukan step di atas ? Nah ini yang terjadi pada kasus saya kemarin. Saya tidak melakukan transaksi apapun. Uang yang dikirimpun kurang dari $ 100, yang saya lakukan hanya verifikasi bahwa jasanya sudah saya lakukan. Apa yang terjadi setelahnya ?

Saya harus menunggu 21 hari sebelum uang yang ditranfer masuk ke tab balance saya. Wah, lumayan lama juga kan ya ?

DRAMA WITHDRAWL PAYPAL GAGAL

Eits, drama tak berhenti sampai status on hold, karena ada yang lebih bikin gemez lagi. Yaitu proses penarikan uang dari Paypal ke rekening bank lokal. Dalam hal ini, saya melakukan penarikan di rekening BCA. 

Setelah uang masuk balance, barulah kita bisa withdrawl fund sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Dengan rasa percaya diri tinggi, akhirnya saya melakukan penarikan pertama kali. setelah melayangkan permintaan penarikan, saya mendapatkan penjelasan dari pihak Paypal, bahwasannya proses tranfer membutuhkan 2 hingga 4 hari kerja. 

Wah, gak sabar donk ya ? setelah menunggu 3 hari, akhirnya saya mendapatkan notifikasi melalui email dari pihak Paypal bahwasannya, 

ACH Withdrawal Denied

Hello Eva,

An electronic funds tranfer from your Paypal account to your bank account was rejected today for this reason :

Invalid Bank Account Information


WITHDRAWL PAYPAL GAGAL ! 


giphy.com

O.M.G permintaan saya ditolak. Hadeh ! apalagi ini ? 

Ini sebenarnya adalah masalah yang memang sedang saya alami dan belum terpecahkan. Namun saya menemukan salah satu alasan kenapa permintaan saya ditolak. Salah satu alasan yang baru saya sadari adalah perbedaan nama akun Paypal saya dengan nama yang tertera di Bank BCA. 

Jadi, nama akun Paypal saya tidak selengkap nama yang ada di Bank. Ada satu kata yang gak saya tulis di akun Paypal saya. Dan sepertinya itu yang menjadi masalahnya. Tadinya saya pikir nama akunnya hanya nama yang kita inginkan saja, seperti contohnya " ewafebri ". Namun ternyata harus sama persis seperti nama yang tertera di rekening bank kita.

SOLUSI GANTI NAMA PAYPAL


Ternyata mengganti nama akun paypal itu tak semudah mengedit nama di banyak akun media sosial. Penggantian nama pada akun Paypal membutuhkan dokumen pemerintahan seperti Kartu Tanda Pengenal, Surat Nikah, Surat Perceraian, Surat Kematian atau Bank Statement, minimal 6 bulan terakhir.

Karena nama saya berubah bukan karena pernikahan maupun perceraian, akhirnya saya memilih mengikutsertakan e-statement Bank BCA saya dari bulan April. Artinya ada 2 dokumen resmi yang saya gunakan untuk meminta persetujuan nama akun.


  • KARTU TANDA PENGENAL (saya rasa ini bisa diganti dengan pasport)
  • Dokumen pendukung (Surat Nikah, Surat Cerai, Surat Kematian, Billing Statement Kartu Kredit atau Bank Statement -pilih salah satu saja-)


Butuh 4 hari proses verifikasi. Nanti kita akan mendapatkan notifikasi melalui message center. Owh iya, Pastikan saat kalian ingin apply penggantian nama, menggunakan message center yang sudah disiapkan oleh Paypal. Jangan menggunakan email manual. Apalagi saat mengirimkan data dokumennya.

Sampai proses ini semua bejalan aman. Saya sendiri belum melakukan penarikan lagi, karena masih menunggu satu pembayaran invoice yang ber-status on hold. Semoga secepatnya nanti, saya bisa mengupdate informasi terbaru tentang penarikan melalui akun Paypal.

KESIMPULAN


tenor.com


Jadi, berdasarkan pengalaman yang saya hadapi saat ini, saya ingin mengingatkan ke teman-teman yang baru membuat akun paypal untuk selalu menyamakan nama akun paypal kamu dengan nama yang ada di rekening kamu.

Perhatikan juga, penulisannya, apakah ada spasi atau tidak, jumlah hurufnya. Misalkan nama di Rekening Evva Febri, pastikan menulisanya dengan cara yang sama. Bukan Eva Febri. Beda nama akun, bisa menjadi masalah saat penarikan.

Ngomong-ngomong. setiap penarikan yang gagal, kita terpotong 50.000 untuk biaya transaksinya loh, so jangan sampai uang kamu berkurang dan habis, hanya gara-gara gak matching namanya.

Jika ada informasi tentang Paypal lebih lanjut, saya akan membagikan lagi di Blog ini. Sehingga, kita bisa sama-sama belajar dari pengalaman. Terima kasih sudah membaca postingan ini. Penasaran tentang artikel lainnya yang berhubungan dengan digital, kalian bisa membacanya di sini

You May Also Like

0 comments

ANNOUNCEMENT



Untuk menyambut Ultah Blog Ewafebri yang ke 2 tanggal 16 Agustus 2019, ikuti kesempatan memenangkan giveaway yuk. Ada Tottebag Mingce, Watercolor Pad Ring 300 gsm, dan juga macem - macem sticker.

Caranya gampang banget kok, kalian cukup subscribe Blog ini aja.

Selain kesempatan menang Giveaway, nantinya setiap Minggu inbox kamu dapet update dari ewafebri.com

Periode subscribe per tanggal 1 Agustus - 31 Agustus 2019 ya ! Pemenang akan diinformasikan melalui email secara langsung.

Giveaway hanya berlaku untuk wilayah Indonesia saja. Hihi..