SELF DEVELOPMENT | 4 ALASAN KENAPA KITA HARUS BERUBAH DAN BERKEMBANG ? BAGAIMANA CARANYA ?

by - September 14, 2018


personal development tips


[Start Your Day With Ewafebri] 4 Alasan Kita Harus Berubah Dan Berkembang - Perlukah kita melakukan Pengembangan diri atau Self Development ? Atau kita cukup pasrah, gini-gini aja sambil nyalahin keadaan ? . 

SELF DEVELOPMENT  | 4 ALASAN KENAPA KITA HARUS BERUBAH DAN BERKEMBANG ? BAGAIMANA CARANYA ? 



Gaes.. Kehidupan kita gak akan berubah menjadi lebih baik, kalo kita gak berusaha untuk mengubahnya. Sama halnya seperti kebahagian gak akan datang jika kita gak memperjuangkannya.. ? hihi... Perlu komitmen dan usaha keras untuk bisa mengubah diri kita menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Bagaimana cara mengembangkan diri ?

Sebelum kita mengupas tentang caranya, ada baiknya kita mengetahui definis dan 4 alasan kenapa kita mesti berubah dan berkembang. 

Definisi Self Development / Personal Development ( pengembangan diri)


Self Development atau pengembangan diri adalah aktivitas atau kegiatan yang kita lakukan sebagai bentuk untuk merealisasikan mimpi dan aspirasi kita menjadi kenyataan. 


self development adalah


Personal/self development juga bisa diartikan sebagai perubahan kualitas hidup menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Tentu setiap orang memiliki definisi berbeda tentang "kualitas hidup". Bisa saja diambil dari sudut pandang finansial, maupun spritual. 

Apapun itu, tujuan utamanya adalah memperbaiki diri kita sendiri menjadi lebih baik dari versi sebelumnya. 

4 ALASAN MELAKUKAN PERSONAL DEVELOPMENT

Seringkali kita butuh motivasi yang kuat untuk melakukan perubahan. Nah, jika kalian butuh motivasi dan alasan untuk berubah, berikut ini ada 4 yang bisa saya bagikan. 

Ada 4 alasan kenapa kita harus melakukan pengembangan diri : 

  • Dengan mengembangkan diri dari keadaan sebelumnya, kita bisa mendapatkan kesempatan baru yang sebelumnya tidak pernah kita dapatkan. 
  • Meningkatkan kepercayaan diri kita dalam menggapai tujuan hidup dan mimpi kita. 
  • Menjadi pribadi yang lebih baik dari pribadi diri kita sebelumnya. 
  • Menghargai diri kita sendiri. 

CARA MENGEMBANGKAN DIRI



cara mengembangkan diri



Bagaimana cara memulai mengembangkan diri ? Ada beberapa cara dasar untuk bisa mewujudkan perubahan baik yang akan terjadi dalam hidup kita, di antaranya: 


  • Putuskan untuk melakukan perubahan saat ini juga dan tetapkan tujuan yang ingin kita capai. Jangan menunda-nundu lagi. Buat list catatan kenapa kita harus berubah, dan ke arah mana kita ingin berubah ?. Catatan membantu kita menemukan masalah yang ada dengan lebih jelas. Berdasarkan catatan itu kita bisa mencari jalan keluarnya seperti apa. 
  • Buat langkah atau rencana untuk mewujudkan impian kita (mendapatkan solusi dari masalah kita). Dari yang mulai paling mudah dan sederhana dulu, misalnya membaca artikel atau buku tentang personal development. 
  • Jangan takut untuk berubah, karena setiap hal di dunia ini selalu berubah. Walaupun tanpa direncanakan. Hehehe.. tapi alangkah baiknya jika kita bisa berubah dan menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya dengan kemauan kita sendiri tanpa paksaan orang lain. 
  • Fokus dan bersyukurlah terhadap kebaikan yang akan kalian dapatkan nantinya. Dengan sering bersyukur, otak kita terlatih untuk selalu memikirkan hal positif dari keadaan negatif sekalipun. Mulailah bersyukur denagn hal kecil. Misal, bisa menikmati udara pagi sambil minum kopi. hihihi.. 
  • Mulailah berhenti melakukan kebiasaan buruk dan ganti dengan aktivitas yang bermanfaat. Jika kalian suka browsing gosip dan ada kecenderungan untuk mengomentari apapun gosip itu , hentikan sekarang juga ! Hihi.. selain tak bermanfaat juga nambah banyak dosa, mendingan baca buku atau artikel yang bermanfaat, jika tidak suka membaca, kalian bisa melakukan aktivitas lainnya yang bermanfaat, melukis, menggambar, olahraga, membantu orang lain. Temukan Hobbi baru yang baik dan bermanfaat. 
  • Keluarlah dari zona nyaman kalian. Cobalah hal baru, tak masalah jika diawal kalian gagal. Nikmati prosesnya. Keberhasilan tidak datang dengan cara instant. 
  • Untuk membuatmu lebih produktif, fokus dan kreatif, mulailah menggunakan Bullet Journal sekarang. Hehhe.. 
  • Kalian bisa mendengarkan PODCAST yang mengusung tema pengembangan diri sambil, ber-commuter di pagi hari. 
  • Mulailah belajar bertanggung jawab terhadap apapun yang kita lakukan. Jangan lari dari tanggung jawab, karena bukan solusi yang akan kalian dapatkan. Tapi masalah yang makin menumpuk. Hihi. 
  • Kalian bisa membaca juga tentang 3 Cara Utama Membangun Kualitas Diri.


Mengubah diri sendiri memang perlu usaha Gaes.. tapi manfaatnya luar biasa. Suatu hari kalian akan terkejut dengan pencapaian yang akan kalian raih.

KESIMPULAN


Saya dulu adalah pribadi yang pesimis, pengeluh dan selalu berpikiran negatif. Saya sering kehilangan moment dan kesempatan baik karena terlalu sibuk mengeluh dan meragukan kemampuan diri sendiri. Walhasil sebelum mencoba udah ngaku kalah aja.. hahaha... Motto hidup macam apa itu

Tapi dengan bersikap dan memutuskan untuk mengembangkan diri dengan COMPETE WITH MY SELF , hidup saya menjadi lebih punya tujuan, bermanfaat dan tentu saja bahagia.

Tips penting dari saya yang perlu kalian ingat, berubahlah untuk diri sendiri dengan tujuan mengalahkan diri kita sendiri untuk menjadi lebih baik, jangan untuk orang lain. Karena jika perubahan kita tidak diapresiasi oleh orang lain, justru akan membuat kita kesal sendiri.. hihi.. 

"COMPETE WITH MY SELF , I'LL BECOME BETTER, COMPETE WITH OTHERS, I WILL BE BITTER

Tunggu apalagi ? Kalo kalian merasa semuanya seperti musibah, saatnya kita memperbaiki diri Gaes. Memahami dan mengenal diri sendiri sangat penting dilakukan.

Kita akan merasa kesulitan memahami dan menerima pertolongan orang lain, jika diri kita sendiri tidak memiliki keinginan untuk berkembanh lebih baik lagi.

Di saat kita menyadari bahwa kita harus berubah, di saat itulah kita bisa dengan mudah menerima pertolongan orang lain untuk mengubah diri kita.

You May Also Like

1 comments