BULLET JOURNAL INDONESIA | SETUP MAY 2017

setup bullet journal may 2017


Welcome Back Gaes ! Setelah kemarin posting tentang Setup April 2017. Saatnya sekarang, membuat artkel tentang Setup May 2017. Hmmm . Kira-kira, Layout apa saja yang akan saya bagikan ? 😌 , Baca sampai akhir ya ? 😜

SETUP MAY 2017


Pre setup diawali dengan pembuatan divider, hihi.. Tujuannya, selain sebagai pembatas, biar lebih seru aja.. 🤭. Saya menggunakan Cat air untuk membuat illustrasinya. Sementara outlinenya, saya menggunakan Drawing Pen.


divider setup may 2017


MONTHLY LOG 


Setup Bulanan memang paling afdol kalo diawali dengan monthly log. Entah kenapa, buat saya monthly log itu seperti kunci pembuka di Bullet Journal.


monthly log may 2017


Untuk layoutnya, saya memilih menggunakan model basic Bullet Journal. Jadi gak perlu memebuat tabel.
Kalo dilihat dari gambar diatas, masih banyak bagian yang kosong.

" Sebenarnya bagian kosong itu diisi apa sih.. ? Kan dalam weekly/daily spread udah ada.. ? "

Nah.. Pertanyaan ini yang sering saya dapatkan dari beberapa temen. Dalam Monthly Log ini biasanya saya isi dengan catatan hari kelahiran kerabat (birthday), events, appointment atau pun peristiwa yang menurut saya penting. Waktu mengisinya fleksibel bisa diawal bulan (jika memang sudah ada janji pertemuan di bulan sebelumnya) ataupun saat menentukan pertemuan dibulan yang sama.

SETUP GOAL & GRATITUDE






Setup Goal menjadi rutinitas setup buat saya. Yes.. Jika sudah pernah membaca beberapa postingan saya sebelumnya, pasti sudah mengetahui kenapa setup goal ini menjadi hal yang penting dalam Bullet Journal saya.

Gratitude Journal merupakan layout untuk mengucap syukur. Mengucapkan rasa syukur dan selalu positif dalam berpikir itu menjadi salah satu hal yang penting buat saya. Cara ini juga mengurangi hal-hal yang berdampak negatif, seperti mengeluh (apalagi di sosial media), tidak bersyukur, dan selalu berpikir negatif.

Hal ini mengingatkan saya, bahwa dalam setiap harinya kita tidak selalu dirundung kemalangan 24 jam. Daripada kita mengeluh tentang hal2 yang sudah terjadi, lebih baik mengingat hal baik yang sudah kita alami.  Dengan begitu otak kita terasupi informasi positif.


NO COMPLAINTS WEEK CHALLENGE & MOVING LIST

Setiap bulan saya selalu mencoba challenge yang berbeda, selain biar seru, challenge ini juga saya maksudkan untuk merubah tingkah laku saya ke arah yang lebih baik. Seperti contoh diatas. Menepis pikiran negatif itu sulit apalagi kalo pikiran kita sudah dipenuhi dengan kebencian, dengki, standar ganda, dll. Yang ada kita hanya bisa nyinyir tanpa batas. Hehe.. (I'd been there hihi.. ).

Salah satu cara mengatasinya adalah merubah cara pikir dan tentu saja rutinitas. Nah.. Challenge seperti ini bisa membantu membangun rutinitas positif dan pastinya mengubah kebiasaan negatif kita ke hal yang positif. Apalagi jika dilakukannya berulang-ulang.



Setup Budget.

Jangan hanya jiwa dan pikiran yang diperbaiki, keuangan juga. Hahaha.. Biar seimbang, iya kan.. ? Hihi.. Selain setup budget, ada spending log juga, fungsinya untuk mentrack kemana uang kita pergi. Hihi..



Nah dompet diatas adalah DIY envelope system yang tutorial pembuatannya juga pernah saya posting disini. Hihi.. Biar makin klop nie.

Bullet journal + you need a budget system + dave ramsey's system = cool bean.

BLOG PLANNING LAYOUT

Blog's layout idea.

Setelah mencoba beberapa layout untuk media sosial dan selalu gagal, tidak lantas membuat saya berhenti begitu saja. Hihi.. Karena gagal adalah proses dari kesuksesan, jadi saya mencoba dan mencoba mencari lagi layout yang pas, dan sekarang sedang menggunakan layout ini. Semoga kali ini sukses ya.. Hihi..meskipun saya belum menjadi seorang blogger sejati, tapi kan gak ada salahnya mencoba mengunakan blog planning dalam bullet journal, iya kan ? hehe..


TAKING A NOTE DARI BUKU HAPPY HOUR IS 9 TO 5

Taking A Note. 

Membaca menjadi salah satu hobi baru setelah pensiun nyinyir di sosial media (hihi..), selain bisa dilakukan dimana saja dan kapan aja, membaca tentu lebih bermanfaat dibandingan mengomentari hal-hal yang berdampak negatif. Bukan begitu.. ? Hihi..

Tahun ini saya lagi belajar membaca genre NON FICTION, genre yang selama ini tidak pernah menarik buat saya, padahal justru banyak ilmunya ya.. ? supaya saya gak lupa tentang apa yang saya baca, saya membuat catatan kecil dalam bullet journal tentang point - point penting dalam buku tersebut. berasa seperti anak sekolah ya.. ? haha.. tapi belajar gak ada batasnya kan ya.. ? hihi.. 

Dan betapa terkejutnya saya (WHAAAATTTT... ???)  setelah saya membuat list, seberapa banyak buku yang sudah saya baca pasca pensiun nyinyir di sosial media. Ada 104 buku yang sudah saya baca dari tahun 2016 sampai saat ini. Seandainya saya pensiun lebih awal.. Ah sudahlah.. Hahaha.. Ingat failure is a process of succes.

BOOK COLLECTICT I'D READ

List koleksi buku yang saya baca beserta pengarangnya. Awalnya saya hanya update di aplikasi Goodread saja, tapi sekarang saya ingin mencoba menduplikat catatannya di bullet journal.

HALAMAN KE 2

Lumayan kan ya.. ? seru juga.. Hihi.. Daripada saya ngomentarin isu-isu yang gak ada habisnya, selain bikin stress karena feedbacknya tentu lebih banyak waktu berharga yang terbuang sia-sia, gak bermanfaat pula. Hihi..

Untuk task/to do list layout, saya mencoba konsisten menggunakan model layout seperti bulan april. Selain lebih simple, layout ini juga lebih efisien dan yang terpenting lebih meningkatkan produktifitas kita. Iya kan.. ? Hehe..




Layout favorit.
Ada :

1. Kalendar
2. Events/appointment
3. Reading Tracker
4. 3 important Tasks
5. Notes
6. Focus (brain dumps)
7. Doodle's space
8. Affirmation
9. Weekly review.

Lengkap kan.. ? Karena itu untuk seterusnya saya akan mencoba menggunakan layout ini.

Begitulah tadi beberapa setup yang ada dibullet journal saya di bulan Mei 2017. Semoga buat teman-teman yang bingung memulai bullet journal dan ingin mencoba hal-hal baru, postingan ini bisa memberikan ide atau jadi referensi. Hehe..

Baiklah... Sampai jumpa lagi di postingan selanjutnya.. jangan lupa memberikan tanda cinta dengan men-share postingan ini di social medianya, yang pasti jangan lupa kreditnya ya, atau boleh juga reblog kok.. hehe.. biar affair cantumkan juga link blog ini, terima kasih..
Bye.. 💖

#BulletJournalIndonesia