Skip to main content

BULLET JOURNAL : TIME MANAGEMENT GUIDE

Hari ini saya ingin berbagi ide tentang time management guide yang saya posting di Insta story beberapa waktu lalu.
Sebelumnya saya pernah membuat time management guide meskipun gak seartistik yang sekarang. Hehe..
Kenapa saya buat lagi.. ? Fungsinya sebagai pengingat saya untuk melakukan beberapa aktivitas yang ingin saya bangun menjadi habit atau rutinitas.

TIME MANAGEMENT GUIDE


Membangun rutinitas tidak mudah, perlu niat dan yang pasti usaha. Nah, time management guide ini salah satu usaha saya untuk membangun rutinitas dalam kehidupan sehari-hari.

Supaya mudah terlihat (maklum mata saya udah rabun), saya membutuhkan obyek yang eye catching supaya mudah mengenali informasi, makanya saya tambahkan gambar chibi. Bukan cuma itu, letak time management guidepun saya pasang pas di depan ( arah mata memandang ).

Kalo kita lihat gambar diatas, ada beberapa warna diagram yang saya buat berbeda, ini berfungsi untuk membedakan kegiatan yang saya lakukan pada saat itu.

Warna Biru 💙 adalah tentang personal (meliputi spiritual) dimana waktu itu adalah waktu yang harus saya gunakan untuk hal-2 yang sifatnya personal. (Sholat, Membaca Quran, melakukan pekerjaan rumah/kost (karena saya anak kost).

Warna kuning 💛 adalah tentang bullet journal seperti Rapid logging di pagi hari dan Review, Fillng tracker, spending log dll.

Warna Hijau 💚 adalah jam dimana saya bekerja.

Warna ungu 💜 adalah waktu dimana saya melakukan creative work. Seperti melukis, DIY atau yang lainnya.

Jika kita perhatikan gambar diatas, akan ada pembagian waktu siang dan malam. bagian terdalam adalah waktu jam 1 pagi sampai dengan 12 siang, sementara lingkaran terluar adalah jam dari 1 siang hingga 12 malam.



Ada 2 hal yang saya fokuskan pada time management guide ini.
1. Morning Routines.
2. Evening Routines.

2 hal ini yang nantinya saya harapkan akan menjadi rutinitas atau kebiasaan. Apa saja yang saya lakukan di waktu-waktu tersebut.

1. Morning Routine ini saya buat dari jam 5 pagi (bangun tidur) sampai dengan jam 9 pagi sebelum saya berangkat kerja.

Jam 5 sampai jam 6 saya gunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan spiritual
* sholat subuh
* Rapiin kamar tidur
* siapin sarapan (kopi yang pasti, hihi..)

Jam 6 - 7 pagi saya gunakan untuk hal yang berhubungan sama bullet journal.
* planning hari itu , membuat 3 hal terpenting yang harus saya kerjakan saat itu.
* check migration page. Pindahin ke hari itu jika ada yang bisa dilakukan di hari itu.
* 15 minute morning journal ( yang ini akan saya bahas dipostingan selanjutnya).

7 - 8 pagi saya gunakan untuk
* 15 minute membaca entah yang fiksi atau non fiksi
* mempersiapkan diri untuk bekerja (seperti mandi atau menyiapkan bekal buat kerja).

8 - 9 pagi bisa saya gunakan untuk melanjutkan atau menyelesaikan creative work , mencari ide2 di sosmed dll.

Jam 9 pagi sampai dengan jam 6 sore adalah waktu bekerja.

2. EVENING ROUTINE

Sama halnya dengan morning routine , evening routine adalah rutinitas yang saya bangun setelah pulang kerja. Waktunya dari jam 6 sore sampai dengan waktu tidur. (Saya biasa tidur jam 10 / 11 malam).

Jam 6 - 7 adalah waktu personal
* spritual (magrib & Isya')
* 15 Reading Al Quran
* Pekerjaan Anak Kost (seperti nyapu , ngepel, cuci baju, dan setrika dll, hihi..)

Jam 7 - 8.30
* creative work

Jam 8.30 - 9 malam
* update Bullet Journal.

Waktu bersifat fleksible (jika ada perubahan 15 / 30 menit tidak masalah) yang penting, kita punya patokan di jam berapa saja kita melakukan kegiatan tersebut.

Time Management Guide ini jadwalnya tidak harus sama seperti yang saya lakukan. Boleh dirubah dan disesuaikan sama kepentingan kita sendiri.

Dalam Time Management ini saya menekankan pada kegiatan Morning Routine Dan Evening Routine. Karena saya ingin membuat kegiatan tersebut menjadi otomatis nantinya. Selama ini diwaktu-waktu tersebut banyak terbuang sia-sia di sosial media. Dengan cara ini semoga saya bisa lebih produktif didunia nyata daripada produktif di dunia maya. Hehe..

Buat teman-teman yang tertarik untuk mencobanya, silahkan. Jika ada yang ingin ditanyakan mengenai diagram ataupun istilah-istilahnya, monggo ditanyakan. Bisa langsung dikolom komentar atau lewat DM instagram.

Dan saya akan sangat berterima kasih jika teman-teman bersedia menyebarkannya. Supaya kita semua makin produktif di dunia nyata. Hihi..



Selamat mencoba.

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.