Skip to main content

BULLET JOURNAL INDONESIA : GOAL AND REWARD



Hello teman-teman pembaca blog acak adul saya ini, hihi..
Sebelum terlambat dan Bulan syawalnya berakhir, ijinkan saya menyampaikan

" SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN "

Maafkan jika selama membaca blog ini ada bahasa yang kurang berkenan. Sebagai manusia kita memang sering berbeda pandangan dan ide ya. Meskipun begitu, marilah kita terima perbedaan ini dengan baik dan lapang dada. Hihi..

Baiklah, buat teman-teman yang sedang menunggu postingan tentang Bullet Journal, inilah saat yang tepat kita membahasnya, hehhe.
Seperti biasa, para bujoer di awal bulan selalu disibukkan dengan setup untuk satu bulan ke depan. Karena saya gak punya banyak ide dan waktu (habis buat mikirin keperluan mudik), jadi Bulan Juli ini saya buat setup sesederhana mungkin.

Yang sudah saya buat (dan harus) adalah Monthly Log, Setup Goal (Personal dan Pekerjaan), Budgetting, dan Daily Log. Berhubung Bujo saya migrasi ke Midori yang lebih langsing, jadi semua setup saya buat lebih sederhana dan minimalis. Yang menjadi fokus utama adalah efektif dan efisien.

Tapi ada yang beda bulan ini. Gak terlalu banyak challenge yang saya buat bulan ini, karena lagi kejar tayang ngurusin masalah pekerjaan. So Fokusnya menyelesaikan semua project pekerjaan yang ada.

Meskipun begitu, tetep ada hal baru yanga patut dicoba nie. Mau tahu apa itu ? Lanjut baca sampai habis ya.. ! Hihi..


GOAL AND REWARD

Permainan macam apa ini.. ? Hihi..
Jadi, beberapa bulan lalu saya sempet baca tentang the power of habit, dimana loop habit kita itu akan tercipta jika ada rewardnya.
Dan secara kebetulan saya baca tentang layout goal and reward ini di webnya little coffee fox
Saya pikir seru juga nie challenge, selain ngelatih kedisiplinan dan membentuk rutinitas baru, juga bisa mensiasati pengeluaran dalam budgetting saya. Hihi..
Seperti layaknya anak kecil, hanya dapet reward jika menyelesaikan tugasnya. Begitupun cara permainan challenge ini.
Nah, ada beberapa hal yang ingin saya jadikan sebagai habit (rutinitas) diantaranya minum air putih, baca buku, ibadah on time dll.



Demi untuk mensukseskan hal ini, saya juga membuat budget khusus, dan mengurangi beberapa post (yang gak terlalu penting) pada budget. Dengan metode ini diharapkan keinginan berbelanja bisa terkontrol dengan baik. Hihi..
Hanya boleh belanja kalo menyelesaikan tugasnya. Hahaha...
Dan yang terpenting metode ini juga bisa mengetest kejujuran diri sendiri loh. Hahaha..

Seru dan menantang buat orang seperti saya. Dari satu challenge banyak hal yang berpengaruh. Disiplin, budget, kejujuran, konsistensi, menghemat, membangun habit (rutinitas). Lengkap.. Haha..

Bagaimana cara mengetahui kita bisa menyelesaikan tugas ?

Tentu jawabannya dengan bantuan tracker. Semisal air minum, jam ibadah, spending tracker dll.
Berikut contoh layoutnya




Dan semoga minggu ini saya bisa dapet reward Ice Creaam.. ! 🍦 amiin. Hihi..

Buat teman-teman yang ingin mencoba trik dan metode ini, monggo silahkan.. Semoga hasilnya akan memberikan perubahan positif ya ? Amin..

Baiklah sekian postingan tentang bullet journal di awal bulan ini. Tunggu postingan selanjutnya ya..
Yang ingin selalu update silahkan follow instagram ewafebri .

See ya..

Comments

Popular Post

How To Plan - Bullet Journal (Indonesia)

Setelah beberapa kali mengedit buat pengantar di postingan kali ini, saya menyerah dan mencoba menggunakan bahasa ala kadarnya saya aja, hihi. awalnya pingin memulai postingan ini dengan kata-kata dan pengantar yang sedikit beda seperti biasanya, tapi susah. hahaha.. daripada malah nggak dipublish dan anteng di draft aja, mendingan saya mulai postingan ini dengan gaya dan cara saya yang seperti biasanya aja ya. (menjadi seorang pemulispun ternyata susah ya... ? huhu..  baiklah.. hari ini saya ingin berbagi cara saya dan apa saja yang biasanya saya jadikan rapid log di dalam bullet journal saya. sebelumnya saya pernah ditanya bagaimana saya mengisi bullet journal dan apa saja yang harus saya tuliskan dalam rapid lognya.  mari kita mulai. 

BULLET JOURNAL INDONESIA : REVIEW MAY 2016

Wohoooo..,
Udah akhir bulan mei, cepet sekali ya..? Dan hidupku.... Ah sudahlah.. Mendingan lanjut dengan postingan yang seru-seru. Yang baper-baper udah gak jaman ya.. ? Hehee..

Okay.. Kali ini saya pingin share tentang bullet journal review may , 2016  hehe..

Dibandingan bulan-bulan kemarin , bulan mei mungkin lebih lengkap komponen dan to do list yang udah saya kerjakan haha..

First , let's take a look future log (montly log)


BULLET JOURNAL

hello.. I am back. Hahaha..
Gw adalah tipikal orang yang kalo lagi seneng mengerjakan sesuatu semangat banget mengerjakannya dan berulang-ulang sampai jenuh. Dan kemudian mencari hal baru untuk dipelajari dan di coba, dan terus menerus sampai jenuh, dan kembali ke kebiasaan yang lama. Begitu terus, entah sampai kapan. Apa ada yang punya kelemahan begitu.. ? hihi.. Gak bisa menyukai 1 hal saja, bawaanya semuanya pingin dicoba dan dipelajari. Kalo kamu salah satunya, selamat.. ! You're not alone..!! Hihi..
Pernah dengar istilah tentang Bullet Journal ?  Nah, Hari ini gw pingin ngebahas tentang Bullet journal.
Apa itu bullet journal ? (coba click linknya.)
Gw coba jelasin dengan bahasa yg gw mengerti ya.. ? Hihi..

6 CARA MUDAH MEMULAI BULLET JOURNAL

Merdekaa.. Merdekaa..

Dirgahayu ke 72 Indonesia..
Terima kasih kepada Para Pahlawan yang sudah memperjuangkan Kemerdekaan NKRI.
By the way, apa makna 17 Agustus buat teman-teman.. ?
Buat saya pribadi, 17 Agustus itu moment kita mengingat jasa pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan, moment mengingat sejarah bangsa Indonesia, moment mensyukuri nikmat kemerdekaan, moment mengingat Kebhinekaan kita, moment menikmati hiburan dan berburu hadiah, dan tentu moment berburu diskon dan gratisan. Hihi.. Lengkap deh.

Postingan saya kali ini masih berhubungan dengan kemerdekaan. Yup.. Merdeka dari tumpukan pekerjaan dan pikiran kita,  dengan bantuan Bullet Journal.
Loh, emang bisa.. ? Bisa banget.. !

Postingan ini juga sekaligus menjawab beberapa pertanyaan teman-teman tentang bagaimana memulai bullet journal.

Mau tahu caranya.. ? Hihi.