CARA MEMBUAT SUBDOMAIN DI BLOGSPOT

cara membuat subdomain di Blogspot



[ewafebri.com] | CARA MEMBUAT SUBDOMAIN DI BLOGSPOT.

Ebook.ewafebri.com adalah subdomain baru yang ada di Blog ewafebri ini. Saya memutuskan untuk membuat subdomain baru yang saya dedikasikan untuk pembahasan review buku dan juga ebook. Rencananya saya akan membuat beberapa ebook yang bisa kalian unduh secara gratis tentang kumpulan artikel yang pernah dibahas dalam Blog ini.

CARA MEMBUAT SUBDOMAIN DI BLOGSPOT


Mungkin bagi kalian yang pernah mengunjungi Bowgel dot com, sudah tidak asing dengan tampilan templatenya. Yup, subdomain ewafebri kali ini memang berhubungan dengan Blog yang sebelumnya pernah mati suri itu, hihihi. Berhubung saat ini saya punya waktu untuk mengoptimalkannya, maka blog tersebut saya repurpose agar lebih bermakna dan bermanfaat.

Sejujurnya memiliki beberapa Blog sekaligus memang rumit. Terutama rumit soal bayar domainnya, hahaha. Di sisi lainnya saya ingin setiap Blog memiliki Niche yang memudahkan pembaca untuk mencari informasi sesuai dengan kategori dan topiknya.

Walhasil saya ingat, nasehat mbak Reisha jaman dulu kala waktu masih aktif ikut dalam komunitas 1 Minggu 1 Cerita, di mana ia mengusulkan untuk membuat subdomain dibandingkan membeli domain baru. Selain lebih ekonomis, juga bisa tetap terkoneksi dengan Blog induknya juga. Nah, setelah dipikir-pikir, iya juga ya ? Toh yang terpenting kan informasinya tetap tersalurkan kepada pembaca ewafebri. Hahaha...

TUJUAN MEMBUAT SUBDOMAIN

Rasanya saya sudah lama banget absen ngutak-ngutik tampilan blog. Apalagi memutuskan untuk redesign dan repurpose. Alhamdulillah kali ini Allah memberikan kesempatan itu untuk belajar lagi, sehingga saya bisa menuliskan pengalaman ini di sini.

Sebelum ke proses pembuatannya, saya ingin mengulas sedikit tentang tujuan saya membuat subdomain ini. Siapa tahu saja, teman-teman yang memiliki permasalahan tentang serba serbi domain ini, bisa mendapatkan solusinya setelah membaca postingan ini. 

Adapun beberapa tujuan saya membuat subdomain adalah :

  • Ekonomis. Alasan yang pertama tentu agar lebih ekonomis. Hahaha.. Karena saya gak harus membayar sewa domain untuk beberapa Blog.
  • Terorganisir. Salah satu tujuan saya membuat blog dengan niche yang berbeda-beda adalah supaya topik yang saya sampaikan lebih terorganisir dan memudahkan pembaca dalam mencari informasi yang diperlukan.
  • Menghemat Drive. Untuk setiap email kita mendapatkan 15GB untuk menyimpan file secara online dalam sistem cloud. Nah, kebetulan beberapa Blog ini, saya menggunakan email yang berbeda-beda agar bisa mendapatkan tempat penyimpanan yang lumayan banyak. Hal ini saya lakukan karena saya tidak menyewa hosting untuk website ewafebri. Jadi saya memanfaatkan hosting bawaan dari Blogspot saja. Sekali lagi, biar murah dikantong.
  • Integrasi Blog. Salah satu alasan saya membuat subdomain adalah untuk mengintegrasikan beberapa Blog sekaligus dengan satu nama induk domain. Dengan begitu, meskipun sesungguhnya setiap niche berada pada Blog yang berbeda, namun masih tetap bisa disatukan juga.

Buat teman-teman yang mungkin memiliki beberapa Blog sekaligus, namun terasa berat untuk menyewa domain satu per satu, bisa mengakalinya dengan memanfaatkan subdomain. Terutama untuk blogspot ya ? Karena setahu saya, kasus pada Wordpress lebih banyak pilihan solusinya dibandingkan pada Blogspot.

SETUP DNS MANAGEMENT

setup DNS management di rumahweb


Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat setup pada DNS management di mana kita menyewa domainnya. Sebenarnya ada dua cara yang bisa kita lakukan dalam membuat subdomain. Cara yang pertama adalah dengan membuatnya melalui Cpanel bagi teman-teman yang menyewa hosting. Dan cara yang kedua cukup dengan membuat setupnya pada DNS Management.

Berhubung saya tidak menyewa hosting lagi, kali ini saya cukup mensetupnya melalui DNS saja. Ya semacam membuat Record untuk Cnamenya. Caranya mudah, hanya saja sering lupa. Hahaha. Itulah sebabnya saya membuat artikel ini, apabila suatu hari nanti saya lupa untuk membuat subdomain, saya bisa mengakses catatan ini kembali. Hihi..

Note : langkah ini saya terapkan pada Rumahweb ya ? Kebetulan saya menyewa domainnya di sini. So, kalo kalian menyewa hosting di tempat lainnya, ya mungkin kurang lebih sama ya ?

STEP BY STEP

  • Log in / sign in pada clientzone rumah web
  • Pilih induk domain yang akan kita buat subdomainnya.
  • Masuk ke area DNS Management dengan cara klik bagian Action
  • Pilihlah DNS Management.
  • Nah saatnya kita memasukkan Add Recordnya.
  • Setup informasinya sebagai berikut :
    • Domain : [pada ruang kosong ini isilah dengan subdomain yang kamu inginkan] misalnya : ebook >> setelahnya akan diikuti dengan domain induknya, contohnya ewafebri.com >> maka akan terlihat seperti berikut >> ebook.ewafebri.comh sama).
    • Record Type : A (pilih A)
    • TTL : 86400 (tak perlu diganti jika suda
    • IP or Hostname : 216.239.32.21 (untuk hostname pastikan sama dengan hostname domain induk. Berhubung saya menggunakan Blogspot, saya cukup menuliskan kode angka di atas) yang menjadi catatan adalah saat kita membuat Record hostnamenya pilih salah satu kode saja. Dalam hal ini saya hanya memilih 216.239.32.21 saja meskipun pada domain induknya kita harus merecord 4 jenis kode yang berbeda ya ? Karena ketika saya submit ke empatnya, yang ada justru timbul error. Hehe.. alias blognya malah tidak bisa diakses.
    • Kemudian klik Add Record.
  • Tapi ini belum selesai ya ? Karena setelahnya kita harus membuat record lagi untuk Cnamenya www, agar ketika orang mengetik www, blog kita juga tetap bisa diakses. Caranya pun hampir sama seperti tadi, hanya saja ada beberapa tipe yang harus diganti.
    • Domain : www [pada ruang kosong ini isilah dengan subdomain yang kamu inginkan] misalnya : www.ebook >> setelahnya akan diikuti dengan domain induknya, contohnya ewafebri.com >> maka akan terlihat seperti berikut >> www.ebook.ewafebri.comh sama).
    • Record Type : CNAME
    • TTL : 86400 (tak perlu diganti jika suda
    • IP or Hostname : [isilah dengan rumus : Subdomain_kamu.domain.com] contohnya >> ebook.ewafebri.com << subdomain yang tadi didaftarkan.
    • Kemudian klik Add Record.

Eits, tapi setupnya masih belum kelar ya ? Karena setelah itu kita harus melakukan perubahan pada setup blogspotnya. Nah berikut ini adalah step yang harus dilakukan.

SETUP DI BLOGSPOT

Owh iya, meskipun bagian setup di Rumahweb selesai, tapi kita harus membuat setupnya di Blogspot juga loh ya ? Nah yang ini agak tricky, karena kita butuh beberapa waktu lebih dulu sebelum akhirnya Blog subdomain bisa diakses.

STEP BY STEP

  • Sign in / log ini ke blogspot kamu
  • Masuklah pada bagian setting di dashboard.
  • Pilih bagian Custome Domain di area setting.
  • Masukkan nama subdomain yang telah kita buat di DNS Management tadi.
  • Saat mendaftarkan subdomainnya pada setting di Blogspot tidak perlu ditambahkan www. Cukup dengan menuliskan namadepan.indukdomain.com. Misalnya ebook.ewafebri.com
  • Save. Lalu tinggal ditunggu beberapa waktu maksimal 1 x 24 jam. Jika melebihi batas waktu tersebut, bisa jadi ada error pada saat kita membuatnya tadi.

Untuk mengeceknya, cobalah mencarinya di browser dengan alamat lengkap ya ? Karena kita belum daftarkan ke search console, biasanya tidak akan muncul langsung di mesin pencarian.

Pengalaman saya sih, waktu munculnya tidak sampai memakan waktu hingga 1 x 24 jam. Tapi mungkin tergantung kondisi tertentu juga ya ?

DAFTARKAN PADA SEARCH CONSOLE


Supaya Blog kita muncul di mesin pencarian Google, jangan lupa untuk mendaftarkannya pada Search Console agar mudah di index. Pastikan robot.txt nya juga diperbolehkan untuk di crawling ya ? Agar artikelnya bisa di-index.

Caranya tinggal menambahkan pada propertinya saja. Berhubung induk domainnya sudah pernah kita daftarkan di search console maka subdomainnya pun akan mudah muncul di property yang sama dengan induknya.

PASANG SITEMAP

Langkah selanjutnya setelah mendaftarkan propertynya adalah memasang sitemapnya. Fungsinya agar tulisan kita diindex oleh mesin pencarian, sehingga nantinya bisa diketemukan apabila ada yang ingin mengaksesnya.

Caranya tinggal mengetikkan nama subdomain baru yang kemudian dilanjutkan dengan memberikan kode tambahan di bagian belakangnya seperti ini :

  • /sitemap.xml >> berfungsi agar setiap artikel yang kita buat diindex oleh robot. Contohnya : https:/ebook.ewafebri,com/sitemap.xml
  • /sitemap-pages.xml >> berfungsi agar setiap page yang kita buat diindex oleh robot. >> Contohnya : https:/ebook.ewafebri,com/sitemap-pages.xml
  • Jika konfigurasi berhasil maka akan akan indikasi tulisan “succes” berwarna hijau. Jika gagal, remindernya berwarna merah.
  • Salah satu alasan yang sering terjadi apabila sitemap gagal adalah karena bagian setting blog kita dilarang (disallowed) untuk diindex atau pas kebetulan search console lagi di-maintainance.
  • Perlu digarisbawahi bahwasannya data pada search console pasti masih kosong, butuh beberapa waktu bagi google untuk bisa memberikan data kepada kita, jadi yang sabar ya ?

Begitulah beberapa tahapan yang diperlukan pada saat kita membuat subdomain baru. Gampang sebenarnya kan ? Hanya saja sering lupa step by stepnya nih. Hahaha.. Makanya dibutuhkan catatan agar informasinya bisa diakses lagi apabila lupa caranya.

PRODUKTIF MENULIS


Sambil menunggu datanya dimunculkan oleh Google, langkah selanjutnya tentulah produktif menulis. Hehe..Produktif menulis akan membantu Blog kita mudah diketemukan di mesin pencarian, karena robotnya selalu mondar mandir ke Blog untuk mengindex tulisan baru.

Hal ini bisa menjadi indikator bahwa Blog kita itu hidup loh karena ada aktivitas di dalamnya secara reguler. Cobalah untuk membuat satu tulisan satu minggu. Tidak perlu setiap hari membuat tulisan kok, namun kalo menurut kalian ODOP (One Day One Post) itu penting ya monggo silakan.

Baiklah, sekian dulu cerita berbagi kali ini. Buat teman-teman yang tertarik untuk membuat Subdomain baru, silakan dicoba. Bagi yang membuat subdomain dengan tempat penyewaan yang berbeda dari Rumahweb, kalian bisa meminta tolong admin untuk dibimbing pada saat proses konfigurasinya. Agar apabila terjadi kesalahan, bisa langsung diperbaiki.

Terima kasih sudah membaca, Happy Blogging !

Post a Comment

0 Comments