LIBRE OFFICE WRITER

libre office writer



[ewafebri.com] | LIBRE OFFICE WRITER.

Belakangan ini hampir semua software untuk menulis sifatnya online ya ? Mulai dari Microsoft Office, Google Docs, dan lainnya. Masalahnya saya terbiasa menulis dengan aplikasi yang sifatnya offline. Beruntung saya menemukan Libre Office yang menjadi salah satu tool menulis yang amat sangat membantu sekali. Hehehe..

LIBRE OFFICE WRITER


Setelah beberapa waktu saya menulis dengan memanfaatkan mobile phone akhirnya saya membutuhkan software menulis untuk desktop. Beberapa waktu lalu saya sempat putus asa, mengingat alat tulis saya adalah sebuah laptop yang amat sangat tua. Karena beberapa hal saya me-reset semua programnya, yang membuat beberapa software aplikasi yang selama ini saya gunakan untuk menulis pun juga ikut terhapus.

Masalah timbul ketika saya akan meng-install ulang aplikasi yang biasa saya gunakan kini semua tersedia dalam bentuk online. Sehingga untuk mengedit atau membuat tulisan mengharuskan saya untuk offline terlebih dahulu.

Bagi orang yang miskin quota seperti saya ini, tentu ini menjadi masalah baru. Hahaha.. Saya terbiasa menulis artikel melalui offline aplikasi, baru kemudian saya tranfer ke bagian dashboard Blog untuk diedit kemudian diposting. Cara ini bisa membaantu saya untuk menghemat quota, hihihi..

Maklum meskipun sekarang sudah zamannya wifi, saya masih setiap dengan quota terbatas mingguan atau bulanan. Hahaha.. So, pemakaian jumlah quota menjadi sesuatu yang terpenting buat saya.

APA SIH LIBRE OFFICE ? 


Alhamdulillah, atas pertolongan Allah SWT saya menemukan sebuah software menulis yang menyerupai aplikasi sebelumnya. Yaitu Libre Office. Libre Office adalah sebuah software desktop yang memiliki banyak fitur untuk membuat document, table bahkan juga presentasi. Secara garis besar menyerupai Microsoft Office.

Jika Office sekarang menerapkan berlangganan atau berbayar, Libre Office memiliki fitur gratis. Layanan ini saya membantu bagi kami penulis yang miskin quote dan uang untuk berlangganan. Hihihi.. Alhamdullillah Allah masih menghadirkan orang-orang yang membagikan kebermanfaatan secara gratis. 

Libre Office memilih layanan berdonasi untuk pengembangan layanan. So, buat kalian yang ingin memanfaatkan softwarenya dan diberikan rezeki lebih untuk berdonasi, bisa langsung melakukannya dengan mengklik button yang telah disediakan di websitenya.  

FITUR-FITURNYA

software pengganti microsoft office



Secara fitur, Libre Office mempunyai banyak pilihan struktur fitur menyerupai Ms. Word. Ada banyak pilihan setting dalam Libre Office, di antaranya :

  • Table : Pada fitur table terdapat icon yang terdapat pada toolbar yang bisa kita gunakan untuk membuat sesuai dengan baris dan kolom yang ingin kita gunakan. Atau kita juga bisa memanfaatkan setting khusus pada tabs Table yang terdapat pada bagian atas toolbar. Kita bisa mengubah ukuran kolom maupun baris, menambahkan formula, bahkan mengedit jumlah baris dan kolom sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Column : Fitur ini adalah untuk memisahkan satu lembar tulisan ataupun paragraf menjadi 2 kolom atau lebih sesuai dengan yang kita inginkan. Sehingga hasil tulisannya nanti akan lebih rapi. Fitur ini bisa digunakan saat kita menyusun makalah atau membuat sebuah buku. 
  • Images : Apalah artinya sebuah artikel jika tidak dilengkapi dengan gambar, yekan ? hahaha.. Fitur ini tentunya berhubungan dengan menambahkan gambar pada tulisan yang kalian buat.
  • Chart : Jangan kuatir ! apabila kalian ingin menambahkan infografik pada laporan atau artikel yang sedang kalian susun, ada fitur Chart yang bisa dimanfaatkan untuk melengkapi laporannya.
  • Text Box : Ingin membuat frame untuk quote yang kalian sisipkan dalam artikel ? tenang, ada fitur text box yang bisa kita gunakan. hmmm.. saya rasa ink juga bisa kita manfaatkan saat ingin membuat bagan yang sederhana. 
  • Word Counts : Jika kalian butuh mengetahui berapa banyak jumlah kata maupun huruf yang telh kita susun, ada fitur word counts pada bagian bawah lembar kerja. Terutama Blogger nie, biasanya kan butuh penghitung kata ya ? hehehe.. 
  • Page Break : Supaya tulisan rapi dan terstruktur dengan baik, kita butuh fitur page break nih. Apalagi jika ingin menyusun buku dalam bentuk pdf ataupun epub. Fitur ini amat sangat berguna sekali.
  • Hyperlink : Ingin menambahkan link sumber referensi pada ebook kalian ? tenang ada hyperlink yang bisa dimanfaatkan.
  • Endnote : Ingin menambahkan endnote atau glossary pada bagian bawah lembar kerja ? bisa kok dengan fitur ini. Sama kayak Ms. Word kan ya ? 
  • Setting Paragraf : Tulisan yang rapi tentu lebih enak dibaca dan dinikmati, tenang ada fitu setting untuk paragraf dan font sesuai dengan yang kalian inginkan.
  • Font setting, dll.


Fiturnya selengkap pada Ms. Word. Alhamdulillah atas ijin Allah SWT akhirnya saya bisa aktif menulis lagi seperti dahulu. Hehehe.. Selain fitur document, Libre Offine juga menyediakan fitur untuk tabel semacam Ms. Excel dan juga fitur untuk presentasi. Jadi lumayan lengkap juga nih software. Dan Alhamdulillahnya lagi juga bisa digunakan untuk Laptop jadul jaman dulu. Hehehe.. Yang masih memanfaatkan Windows 7.

Buat kalian yang memiliki permasalahan yang sama seperti saya, yaitu mencari aplikasi offline yang membantu proses kita dalan menulis, coba aja pake Libre Office. Fiturnya mudah digunakan, dan lumayan familiar seperti Google Docs ataupun Ms. Word.

Untuk file penyimpanan pun Libre Office bisa disimpan dengan extention .pdf maupun epub. Untuk file penyimpanannya utamanya menggunakn file extention .odf ataupun html. Dan jangan kuatir software ini juga compatible dengan file .docs. Jadi lumayan kan ya untuk tool menulis. hihihi.. 

Post a Comment

0 Comments