GETTING THINGS DONE

GETTING THINGS DONE.



[ewafebri.com] | GETTING THINGS DONE.

Minggu ini saya memiliki sederet Goal yang ingin saya rampungkan secepatnya. Selain saya udah lelah secara fisik, saya juga sudah mulai lelah secara mental. Mungkin sudah saatnya saya rehat untuk waktu yang lama. Hiatus dan menenangkan diri. Karena ternyata saya merasa uang bukan tujuan utama saya untuk bertahan hidup, tapi rasa bahagia dan ketenangan hidup yang membuat saya mampu bertahan menatap dunia. 

 GETTING THINGS DONE


Pernah gak sih kalian merasa sangat excited di awal project, kemudian merasa kureng dan terbebani luar biasa di pertengahan project hingga ingin menyudahi tapi terbelenggu dengan komitmen dan tanggung jawab yang harus dipikul ?

HARUS SELESAI adalah salah satu tanggung jawab yang wajib dilakukan meskipun secara mental rasanya sudah sangat sulit untuk merasa attach terhadap project tersebut. Sangat disayangkan memang, tapi saya harus membuat keputusan supaya ke depannya bekerja pun bisa dengan nyaman.

Untuk mengatasi masalah yang bikin kepala migrain beberapa hari, saya harus meneraplkan ilmu yang saya pelajari dari David Allen.  Let's Get This Things Done !


FIGURING OUT


Hal pertama yang saya lakukan adalah mengumpulkan masalah yang sedang saya hadapi. Mana yang harus diselesaikan dengan cepat, mana yang perlu diperbaiki, dan mana yang perlu dieliminasi. dengan begitu saya bisa lebih fokus menyelesaikan hal lainnya dengan cepat, tanpa banyak berdrama yang gak penting. 

Pada dasarnya cara ini juga sering saya terapkan pada sistem Bullet Journal saya. Jadi setidaknya tanpa disadari saya juga mengimplementasikan cara ini dalam kehidupan sehari-hari. 

MAKE IT CLEAR


Setelah mengetahui mana saja hal yang perlu diselesaikan, dan mana yang harus dieliminasi, saatnya kita menuju ke step berikutnya. Yaitu Make It All Clear.  Kita harus tahu jelas apa yang harus dikerjakan, sehingga ke depannya tidak lagi dibayang-bayangi hal yang tidak diinginkan.

Hanya saja, gak semua hal bisa kita pegang kendalinya sesuai dengan planning kita. Sementara saya adalah tipikal orang yang tidak ingin menumpuk masalah tanpa menyelesaikan dengan cara yang jelas. Minimal sebelum saya cabut dari peredaran dan hibernasi, saya ingin tidak ada masalah yang menggantung. 

Seringkali rencana tak berjalan seperti yang kita inginkan. Karena setiap orang menyikapinya dengan cara yang berbeda. Ada yang menyepelekan, males-malesan, gak peduli atau bahkan ada juga yang satu frekuensi ingin mengakhirinya dengan baik. 

Lagi dan lagi, jika saya mengalami hal yang seperti ini, biasanya saya memilih untuk mencoba terlebih dahulu, jika pun gagal dan tidak mendapat respon dari yang lain, saya akan memilih diam dan mengikhlaskan alias tidak berharap banyak lagi. Hahaha.. In the end, Cutting It Off  is the best solution. 

GET AWAY FROM DRAMA


Drama kehidupan adalah sia-sia dan sangat melelahkan. Lelah gak sih kita terlibat dalam drama yang diciptakan oleh orang lain hanya untuk mendapatkan perhatian yang berlebihan. Di saat seperti ini, saya memilih untuk tidak terlibat dan menjauh dari keramaian. 

Diam memang kadang menjadi salah satu solusi ketika kita menghadapi drama yang tak berkesudahan dan mulai melebar kemana-mana. Selain untuk menghemat energi, juga supaya saya tidak terlalu banyak menghabiskan waktu pada hal yang gak ada faedahnya sama sekali.  Dan fokus pada prioritas yang ada. 

START NEW PLAN 


Meskipun beberapa hal membuat saya jadi terpuruk belakangan ini, tapi tidak menghambat keinginan saya untuk tetap berkembang dan tumbuh meskipun dengan cara dan jalan sendiri. Terkadang saya baru memahami bahwa fame, uang dan validasi bukanlah bagian dari jalan ninjaku. 

Saya memilih tetap tumbuh dan bergerak meskipun tanpa validasi dari orang lain. Mencoba dan belajar hal baru yang lebih membawa kebermanfaatan tak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain. Sesederhana itu sebenanrnya impian dan goal saya minggu ini. Yang terpenting, saya bisa menyelesaikannya dan menghadapi masalah tersebut sampai akhir. 

KESIMPULAN

LIFE MUST GO ON !

Apapun cara kamu menentukan target minggu ini, jangan luap untuk menyelesaikan hal yang perlu diselesaikan lebih dulu. Sehingga ketika kita memulai project atau planning yang baru, tak terganggu oleh permasalahan yang menumpuk di hari-hari sebelumnya. 

Kalo diperlukan, kita harus mengakhiri beberapa masalah yang nantinya akan menimbulkan permasalahan baru lainnya dalam jangka panjang. Membantu itu baik, tapi jangan biarkan niat kita "membantu" malah menjadi bumerang dalam kehidupan kita sendiri. 




Post a Comment

0 Comments