BAGAIMANA MENDAPATKAN UANG DARI BLOG ?

bagaimana mendapatkan uang dari blog ?



[ewafebri.com] BAGAIMANA MENDAPATKAN UANG DARI  BLOG ? Meskipun Blog ini belum begitu besar, tapi Alhamdulilah saya sudah menikmati penghasilan dari Blog ini. Mungkin belum sebanyak Full Time Blogger, tapi lumayan bisa buat bayar domain. Hihi... 

BAGAIMANA MENDAPATKAN UANG DARI  BLOG ?




Mendapatkan penghasilan dari Blog memang bukan tujuan awal saya menulis. Namun bersamaan dengan berkembangnya Blog ini, saya mulai berpikir tentang memonetize-nya. 

Terlebih lagi, saya membutuhkan dana tambahan membayar domain dan hosting. Hahaha.. 

Ya kan supaya nama unik dari domain ini tetap bisa berdiri, saya harus memperpanjang setiap tahunnya. Hehe.. Ngeri-ngeri sedap kalo gak sanggup bayarnya.

Dan berikut ini pilihan saya untuk menambah penghasilan melalui Blog. 

ADSENSE


Pertama kali terlintas dalam benak saya tentang memonetasi, Adsense menjadi pilihan utamanya. Meski ternyata tak seperti bayangan saya. Hahha...

Kalo boleh saya sarankan, ketika awal membuat Blog jangan langsung berharap mendapatkan penghasilan secara instant. Ternyata untuk bisa mencicipi penghasilan, butuh proses yang panjang. 

Tapi kalo dipikir-pikir, ada baiknya memang memasang Adsense sejak dini. Minimal saat Blog kita sudah bisa dimonetasi. Dengan begitu kita bisa mengumpulkan penghasilan sedikit demi sedikit sambil mengembangkan performa Blog.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan Adsense yang lumayan, diperlukan tenaga extra memang. Tapi percayalah, kerja keras pasti membuahkan hasil. Hehehe.. 

SPONSOR POST


Jenis pendapatan Blog pertama saya adalah sponsor post. Saat itu secara tak sengaja saya membuat sebuah review produk. Niatnya sih waktu itu cuma buat konten pribadi aja. Eh ternyata sama empunya malah dikirim produk untuk direview. 

Pas kebetulan banget saat itu saya pingin banget punya produk tersebut. Maklum kalo saya beli pake kocek sendiri rasanya sayang banget duitnya. Hahaha... Terlalu mahal ! tapi karena merupakan produk gratis, jadi bikim reviewnya pun semangat banget. Dari situlah kemudian saya ditawari beberapa brand untuk mulai kerjasama membuat sponsor post. 

Yang saya suka dari Sponsor Post adalah gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bahasa personal ewafebri. Jadi memang berasa bikin konten untuk diri sendiri gitu. Hehehe.. 


CONTENT PLACEMENT


Beberapa belakangan ini saya justru sering banget mendapatkan tawaran Content Placement. Mengingat saya kadang butuh artikel untuk dijadikan konten akhirnya saya pun menerima tawaran ini. 

Meskipun begitu, saya juga tidak menerima semua tawaran. Saya pilih beberapa konten yang paling tidak masih bisa nyambung sama Nieche Blog ini. Misalnya saja kategori tentang Digital Atau aplikasi. Kebetulan kedua topik tersebut juga ada dalah pilihan kategori Blog ini. 

Ada juga beberapa tawaran yang saya tolak, terlebih jika bahasannya kurang masuk dengan topik yang sering saya bahas di Blog ewafebri. Misalnya saja Review Kosmetik atau skin care. hihihi.. Ini jelas tidak mungkin saya bahas di sini, karena selain bukan topik Nieche, juga bukan hal yang membuat saya tertarik untuk membahasnya. 

Dalam hal menerima tawaran Content Placement, saya juga meminta supaya bahasanya bisa saya edit. Biar terasa seperti bahasa Blog ewafebri. Hehehe.. habisnya suka aneh kan kalo baca tulisan di sini trus kata ganti orangnya saya sebut sebagai "anda". Meskipun itu memang sesuai kaidah. tapi bagi Blog ewafebri, rasanya tuh terlalu kaku. hahahaa.. 

oleh sebab itu, sebelum saya terima saya pastikan dulu kalo artikelnya bisa saya edit dengan gaya bahasa sendiri.

KESIMPULAN 


Masih banyak cara dan sumber lainnya dalam mendapatkan penghasilan dari Blogging. Bisa lewat 3 hal yang saya sebut di atas, affiliate marketing, jual produk ataupun jual jasa/ebook. Nah itu yang belum saya lakukan. 

Ke depannya sih saya berencana untuk membuat Ebook berbayar. Dulu pernah jualan produk, tapi kok rasanya kurang laku. hahaha.. Jujur marketing saya itu gak ada bagus-bagusnya sama sekali. hihihi.. 

Kita lihat lah, aktivitas Blogging ini akan membawa saya ke arah mana ? 

Yang pasti semoga menuju ke hal baik. Hehhehe.. 

Post a Comment

0 Comments