MOBILE PHOTOGRAPHY IDEAS | KUE JADUL DI PERAYAAN IDUL FITRI 1440 H

by - June 09, 2019

kue jadul idul fitri


Pada perayaan Idul Fitri 1440 H kali ini saya tidak ikutan tradisi mudik seperti yang lainnya. Saya cukup memutuskan untuk menikmati Hari Raya di Ibukota saja. Supaya gak bosan dengan suasana yang gitu-gitu aja, saya menghabiskan waktu dengan belajar memotret menggunakan kamera hape dan peralatan seadanya. Hahhaa..

MOBILE PHOTOGRAPHY IDEAS | PERAYAAN IDUL FITRI 1440 H


idul fitri bowgel


Lebaran kok cuma diisi dengan motret Vva ? Hahaha.. ya gak apa-apalah daripada gabut gak jelas. Mendingan saya memanfaatkan waktu dengan belajar motret aja.

Kali ini saya mau sharing, hasil foto macro menggunakan lensa Aukey. Kebetulan obyeknya adalah kue-kue jadul yang ada di rumah. Kue ini pernah ngetrend sebelum nastar dan castengel menginvasi meja tamu. Alhamdulillah kue jaman baheula muncul kembali, meski sekarang rasanya terasa berbeda 🤭.

Seperti apa sih  contoh kue jaman dulu yang sempat menjadi primadona ?

KUE UDEL


kue udel-udelan


Ini adalah kue jadul banget. Terbuat dari cracker dan toppingnya diberi cream gula warna-warna. Kue ini pernah menjadi kue Hits dijamannya.

Untuk namanya, mungkin di setiap tempat berbeda-beda. Saya memberi nama kue udel karena bentuknya mungil seperti udel. Hahaha...

JIPANG


kue jipang


Sebenarnya ini bukan berbentuk kue. Tapi lebih ke makanan ringan. Umumnya makanan ini terbentuk dari ketan yang dijemur kemudian digoreng, lalu diberi ditambahkan laruran gula supaya menyatu. Rasanya manis dan renyah.

Nah, tapi kue yang ini beda seperti Jipang pada umumnya. Ada tambahan selai kacang di atasnya, sehingga membuat rasanya lebih seimbang, tak terlalu manis.


BANANA CHIPS


banana chips


Keripik pisang (banana chips 🤭) ini salah satu makanan favorite saya kalo pas lebaran. Kalo jaman dulu sih bentuknya kebanyakan memanjang. Kalo jaman sekarang, bentuknya lebih lonjong.

Apalagi kalo keripik yang sekarang banyak dijual itu dibalut dengan gula karamel. Makin maknyuk ! Namun sayangnya saya gak bisa makan terlalu banyak, karena langit-langit mulut sering terluka. Berakibat sariawan 😭.


BIJI KETAPANG


biji ketapang


Makanan khas orang Betawi ini juga makanan jadul yang paling saya cari saar lebaran. Rasanya gak berlebihan, pas di mulut gitu 🤣🤣. Meski katanya bikinnya gampang, tapi saya tetep gak bisa juga. Mendingan makan yang udah ada aja.

NTING NTING KACANG


nting-nting kacang


Ini makanan jadul yang sekarang masih ada. Terbuat dari gula merah dan juga kacang tanah. Rasanya udah pasti maniiiiiss.. Saya pribadi hanya doyan aja, belum sampai kategori suka.

Snack ini juga banyak variannya. Ada yang terbuat dari gula putih dengan kacang tanah yang sudah dicincang, ataupun dihaluskan. Yang pasti bahan dasar utamanya adalah kacang tanah dan gula.


SAGON




Penganan ini banyak menghiasi meja tamu masyarakat Banyuwangi, khususnya area Genteng. Kue jadul ini terbuat dari Gula, kelapa parut dan tepung yang disangrai terlebih dahulu. Rasanya gurih dan manis tentunya. Hihihi..

Bentuknya bisa persegi atau bulat. Bahkan belakangan ini, visualnya makin bervariasi. Jaman dulu, saya sering membantu si mbah mencetak pas dapet pesanan 🤭.

ewafebri.com icon

" Postingan ini terdapat affiliate link, yang jika kalian melakukan transaksi, saya akan mendapatkan beberapa persen dari harga barang. Hasilnya akan digunakan untuk memperpanjang domain dan hosting Blog ini, hehehe "


Itulah contoh penganan yang menghiasi mobile photography hari ini. Semoga Lensa Aukey tak hanya menghasilkan gambar yang ciamik, tapi juga menambah penasaran pembaca atas penganannya. Hahaha..

Kalo di tempat kalian, makanan jadul apa yang masih dilestarikan hingga sekarang ? Seperti apa bentuknya dan bagaiamana rasanya ? Duh.. Saya jadi penasaran sama snack daerah lainnya. Hahaha...

Share di kolom komentar yuk ! 🤭🤭🤭

Baiklah.. Terima kasih sudah membaca. Sekali lagi selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir Dan Batin.



*Postingan untuk #1Minggu1Cerita Minggu 23 dengan Tema : Perayaan.

You May Also Like

0 comments

OTHER ARTICLES :