VINTAGE BULLET JOURNAL BY 22CRAFTGIRES

by - December 17, 2017

Hello there.. Welcome back to this blog.. 😂

Setelah mendengarkan beberapa podcastnya the minimalist.com, saya mulai mempertimbangkan perubahan menuju ke minimalist (halaaah) haha..
Kalo teman-teman perhatikan ada perubahan skema warna pada blog ini. Yup.. Hihi.. Semenjak blog ini mulai ramai dikunjungi (terima kasih banyak atas supportnya) , saya mulai mempertimbangkan bagaimana blog ini terlihat lebih simpel, mudah diakses , lebih nyaman dan bisa memberikan informasi kepada pembaca dengan baik dan terstruktur. Diantaranya adalah dengan merenovasi layoutnya, templatenya (supaya mudah mencari), color scheme dan juga menu navigasi, saya berharap ke depannya nanti pembaca lebih mudah mencari informasi yang dikehendaki dan lebih nyaman dan betah membaca postingan di blog ini.

Ah.. Dan gak nyangka segmen ewa guest kali ini adalah segmen terakhir di tahun 2017. Saat memulai segmen ini, saya sempat merasa ragu

apa iya ada teman-teman yang bersedia membantu saya meramaikan blog ini ?

, dan ternyata banyak yang bersedia meluangkan waktunya untuk menjadi guest diblog ini. Terima kasih banyak teman-teman yang sudah berkenan meluangkan waktunya untuk meramaikan segmen ini. Saya terharu sekaligus gembira bisa mengenal kalian semua.



Baiklah.. Hari ini saya ingin membagikan cerita tentang salah satu ewa guest bulan Desember ini kepada pembaca. Membagikan cerita tentang bagaimana dia menggeluti hobbi journalingnya ?, bagaimana dia mendapatkan inspirasinya ?, dan sedikit mengulik (kepo) tentang kesehariannya juga. Hihi..

Saya perkenalkan kepada pembaca : berikut ini adalah....
"Taraaa.." 22craftgires, yang akrab di panggil kak githa. Beliau ini adalah salah satu penggiat journaling diIndonesia, dan lebih tepatnya penggiat art journal.

Mari kita mulai perbincangannya.

Credit : 22craftgires

Hallo kak githaa.. 

Terima kasih udah mau meluangkan waktunya buat ewafebri.com, hihi.. 

Dan berikut ini adalah list pertanyaan seputar journaling, mohon dibantu menjawab.. Hihi.. 

1. Sebelum masuk ke dalam topic tentang journaling, para pembaca pasti penasaran dengan keseharian kak githa ? (Terutama pemilik blognya, haha.. Kepoo), boleh ceritakan tentang keseharian kak githa ? 


Hi! Kak Ewa dan teman pembaca :), ah ntah aku harus bilang apa, karena ini kali pertama aku di'wawancarai' mengenai hobiku (yang sebagian orang memandang, hobiku ini unfaedah, huh). Thanks untuk kak Ewa yang sudah menjadikan aku guest of ewafebri.com edisi (ceileeeh edisi) bulan Desember. Salam kenal semuanya, aku Githa :) saat ini aku berumur 26thn, nah keseharian ku adalah mengajar Bahasa Indonesia untuk jenjang krucil2 SD dan anak2 remaja (SMP), hihi. 

2. Masuk ke topic pembicaraan.. Hihi.., sejak kapan kak githa mengenal journaling.. ? 


Wua sejak kapan yaaaa, hihi.. Sudah lupa nih, sebentar ya (scroll down Instagram ku dulu sebagai patokan waktu, sejak kapannya aku memulai journaling-an). Khaaay, setelah (((menelaah))) foto-foto di Instagram, aku mulai kenal planner itu sejak tahun 2015, dan pada saat itu aku masih memakai sistem ring binder yaa, tapi mungkin karena aku cendrung sukanya tempel-tempel. So, ituuuu spread plannerku juga hampir semuanya ketutupan oleh dekorasian :'). Nah, mulai September 2016 aku sudah menetapkan hati untuk pakai TN (Traveller's Notebook) lokal :). Nah dari situlah aku memutuskan bahwa aku ingin sekali mendalami hobiku, yaitu kegiatan tempel-menempel

3. Ada banyak pilihan tentang materi, cara yang berkaitan dengan journaling, apa saja yang pernah kak githa coba dan tekuni ? 


Jujur, aku gak begitu mendalami dunia planner-ing. Jadi aku hanya tahu, bahwa journaling itu kegiatan untuk 'mengumpulkan' sesuatu di suatu media (buku agenda atau semacam memoar book) dan jika suatu saat kita ingin mengingat2 kembali hal apa saja yang sudah kita lalui, hal apa saja yang sudah kita capai, sooo.. Tinggal buka saja lembar demi lembar halaman buku "memory keeping" tersebut :). Aduh kok jadi ngaco yaa, hahaa. Okay, lanjut ya (bukan ngaconya, tapi kembali ke topik pertanyaan, hihi). Hobi ku dari kecil (umur 3 tahun) memang main kertas lalu dirawis2 (eh kok curhat sik). Berkaitan dengan jurnaling dan hobi ((menempel))), aku melabuhkan hati dengan mengumpulkan berbagai kertas atau something yang bisa ditempel (mendekorasi halaman TN) dan didokumentasikan :), saat kali pertama aku punya TN, saat itu pula aku belum berpenghasilan, maka aku belum bisa jajan printilan yang lucu2, soo.. Aku mensiasati hasrat dekorku dengan memakai bahan yang seadanya, dan murmer. Hihi, yap caranya dengan menggunting gambar2 kertas kado yang lucu, majalah yang sudah tidak terpakai, print gambar dari Pinterest, dan kumpulan apapun itu yang sifatnya untuk dan juga bisa didokumentasikan di halaman TN) serta freebies stickers. Sampai saat ini aku masih suka pakai gaya ku ini (memory keeping; misal struk ATM, struk apapun itu, kemasan yang unyu2 dan lain2) 

Bullet Journal in Art Journal


4. Darimana inspirasi journaling kak githa ? 


Inspirasi jurnalingku pasti dari orang lain yang suka jurnaling dengan memakai dekorasi yaa, terlebih dekorasinya bertema Vintage, seperti @Quinne_abelle, @Joychong, @teachercandy, @Shacee, @Aprilyap, @Pooi_chin, @Raragocrafty, @asakusa_24, @Yulia_pc, saat ini lagi hobi banget kepoin @Zakkiyahnurul, dan masih banyak lagi :'). Oiya oiyaaa..., gak jarang sebelum tidur, sambil mikir+menghayal, aku memejamkan mata (ceilehh~~), aku liat foto2 dekoran salah 1 dari mereka2 tadi yang ku sebuti sebelum memejamkan mata, lalu aku tutup mata, menghayal dan berusaha mengombinasi antara dekoran ala aku dan mereka :). Di pagi harinya atau pas sudah ketemu 'klik'nya, biasanya aku bangun lagi, langsung ancang2 tata letak dekorasi (belum ditempel pakai lem), aku dekor keesokan harinya atau pas ada waktu senggang :)

Vintage style


5. Apa fungsi/peranan journaling untuk kak githa ? 


Peran jurnaling bagi aku ialah sebagai pereda rasa penat, stress, kebetulan aku bisa dibilang sedikit introvert, dan over thinking, suka memendam sesuatu karena sungkan bahkan gak berani mengungkapkan suatu hal. Maka aku menyalurkannya dengan kegiatan mendekor, dan terbukti untuk ampuh meredakan stress ku. Jadi, bisa dibilang aku menjurnal dengan segala dekorasi ialah sebagai penyalur katarsisku :) biar semua plong :). 

Credit by 22craftgires

6. Tool wajib yang harus kak githa miliki apa saja ? 


Bicara tools wajib yaa, yang kudu banget punya selain TN dan gunting wkwkw, diantaranya kertas atau sesuatu yang dapat didokumentasikan itu wajib be ge te, clear stamp atau stamp, inkpad, stickers, dan washi. Serta ide :)

Stickers


7. Bagi para pemula yang ingin journaling, adakah tips dari kak githa biar bisa sebagus dan semahir kak githa ? 


Tips yaa, haduhh aku masih alakadarnya nih dalam jurnaling :D, maaf ya kalau tipsnya 'cemen', hahahaa.. Tips ku, pertama 'TEKAD', hihi, tentunya jika ingin mencoba sesuatu apapun itu. Nah! Kan, selera setiap orang tentu berbeda, mungkin menurut aku ok, menurut orang lain nggak, maka dari itu, kalian bisa coba dengan mencari referensi sebanyak2nya tentang jurnaling, bisa melalui Youtube ((bisa banget diliat jika ingin tau gimana sih si A cara dekornya)), instagram.. bisa search pakai hashtag #traveller'snotebook #artjournal #getmessyjournal #thedailywritting, dan temukan banyak inspirasi di sana, lalu pilih salah 1 atau beberapa akun sebagai bahan penginspirasi bagi kamu! Dan janhan takut kalau harus memakai banyak memakai printilan, kamu bisa DIY-an sendiri tanpa harus beli2!

Follow her page in instagram


Dear, kak Ewa.. thanks ya sudah “mengundang” aku sebagai guest di Ewafebri.com, semoga sedikit jawaban yang melekat di kepala ku ini dapat membantu kak Ewa serta teman lainnya yang ingin tahu tentang apa itu jurnaling atau bagi yang ingin mencoba jurnaling ☺, kalau masih ada yang belum paham sila kan ditanyakan langsung lewat DM Instagram  @22Craftgires yaa ☺

Tanpa disadari, kak githa adalah guest terakhir ditahun 2017. Sampai jumpa kembali dengan ewa guest (yang Tahun depan saya rubah namanya jadi ewa & friends) di tahun 2018. Semoga tahun depan saya bisa berkolaborasi dengan teman-teman yang hebat lainnya, Teman-teman yang bisa menginspirasi kita semua.

Terima kasih sudah setia membaca blog ini..
Jangan lupa follow kak githa. Dan tentu saja ewafebri. Hihi..

Sampai jumpa..

You May Also Like

0 comments

Hi Gaes.. Jika kalian tak menemukan kolom komentar, mohon untuk mencari artikel yang ingin dikomentari melalui Home , atau pilih label, kemudian klik " Link Komentar " , yang berwarna salmon (peach pastel). Akan muncul kolom komentar baru. Mohon maaf ketidaknyamanannya.. 🙏