BULLET JOURNAL INDONESIA | SETUP SEPTEMBER 2016

setup bujo ideas september


Siapa yang sudah siap dengan Bullet Journal layout untuk Bulan September 2016 ? Hehe..  Kali ini saya ingin berbagi setup BuJo ideas September 2016. Apa saja sih komponen yang akan saya setup Bulan ini ? Terutama tentang Wheel Of Life. Yuk kita simak !

SETUP SEPTEMBER 2016


Tinggal satu hari lagi udah september ya. Sudah ada yang membuat setup bujonya.. ? Buat yang bingung, dan ingin mencoba, semoga postingan ini bisa menjadi referensi. Hihi.. 

GOAL


Bulan September, saya awali dengan menentukan Goal atau target 1 bulan ke depan, kali ini targetnya lebih spesifik dan ada banyak aspek.


Bullet Journal Setup Ideas



Ada 8 aspek yang saya ingin capai targetnya. Aspek-aspek tersebut adalah kategori untuk wheel of life yang saya buat. Setelah menentuka target, saya membuat

WHEEL OF LIFE


Apa itu wheel of life.. ? Wheel of life adalah alat/medium yang kita gunakan untuk mengukur kualitas hidup kita supaya seimbang. Ada 8 - 10 aspek dalam hidup kita yang bisa kita track progressnya. Sebenarnya jumlah aspek dalam wheel of life tergantung keinginan kita, jadi gak ada jumlah patokan yang jelas, tapi kali ini saya ingin membuat 8 aspek yang ingin saya ikuti progressnya dalam 1 bulan mendatang. Apa saja.. ?


Bullet Journal Setup Ideas
Wheel of life setup


Saya pertama kali mengenal Wheel Of Life dari Blognya Bohoberry. Awalnya saya tak terlalu menghiraukan. Namun ternyata dari komponen inilah yang kemudian membuat perubahan hidup saya berarti. 

Ke 8 aspek itu adalah :


  • Karir
  • Finansial
  • Intelektual
  • Spiritual
  • Pleasure//kebahagian
  • Public service
  • Personal development
  • Relationship (hubungan antar manusia, famili, atau kerabat lainnya)



Dan 8 aspek inilah yang saya tentukan targetnya, wheel of life saya jadikan sebagai trackernya. Dalam setiap aspek tersebut, saya membuat target yang lebih spesifik. Misal finansial. Target apa yang ingin saya capai , yang hubungannya dengan finansial. Karena bulan ini target utama saya adalah disiplin dalam keuangan, saya mencari cara atau solusi bagaimana caranya saya bisa mencapai target tersebut. Karir, apa yang saya ingin capai dalam karir (step kecil dulu) , misal, menyelesaikan project dan membuat skala priorita. Dan seterusnya.

Jika dalam salah satu aspek saya merasa puas, saya akan memberikan skor untuk diri sendiri berupa poinnt kepuasan. Diakhir bulan nanti akan ketahuan dibagian mana aspek hidup saya uang kurang seimbang dan harus diperbaiki.

KONMARI'S METHODE & TRACKER


Yess.. Bulan september ini saya ingin mencoba menggunakan metode konmari. Konmari sendiri adalah marie kondo yang membuat buku tentang bagaimana membuat rumah kita lebih terorganisir dan teratur. Plus gak banyak barang numpuk, hehe. So di bagian kiri halaman saya membuat, list step by step dalam Konmari's method.


KONMARI'S METHODE &  TRACKER
KONMARI'S METHODE & TRACKER


Bagian sebelah kanan adalah komponen yang sepertinya tidak pernah ketinggalan. Hihi. Entah kenapa saya suka dengan tracker. Hihi..


MEMORIES


Ada dua jenis memories yang saya buat. Gambar diatas adalah memories log yang juga saya gunakan sebagai gratitude log (peristiwa yang baik-baik dan yang saya syukuri).




Dan ditempat terpisah saya membuat memories log yang saya gunakan sebagai daily journal tentang kejadian apa yang terjadi dihari itu, respon apa yang saya lakukan, dan juga sebagai media refleksi untuk menemukan solusi yang berkenaan dengan masalah personal development.

Nah, yang terakhir (belum benar-benar berakhir sih, hihi.. Tapi ini adalah 5 setup yang penting di bulan september)

BRAIN DUMPS SEPTEMBER



Brain dumps

Yess.. Entah kenapa selain tracker saya jadi ketagihan brain dumps ini hihi.. Di dalam brain dumps ini saya mencoba membuat catatan langkah-langkah apa saja yang harus saya lakukan untuk membuat progress dalam mencapai target bulanan. Dengan cara ini saya jadi tahu to do /task apa saja yang harus saya kerjakan setiap harinya.

BUJO HACK








Ada satu hal yang saya coba juga di bulan september. Adalah layout model akordion, selain menghemat ruangan atau halaman, model akordion ini bisa juga sebagai skat untuk halaman yang tidak ingin kita ekspose. Hehe..

Gambar diatas adalah halaman ketika akordion di tutup. Dan gambar dibawah ini adalah gambar disaat akordion saya buka.




Sementara gambar di atas adalah foto ketika akordion dibuka. Teknik ini bisa digunakan untuk menghemat ruang (halaman) Bullet Journal. Hehhe.. Kalian bisa menggunakan kertas lainnya, dan bisa menempelnya dengan menggunakan Washitape.

Itulah beberapa komponen yang saya buat bulan September ini. Semoga setup ideas ini bisa memberikan ide baru buat teman-teman yang sedang belajar Bullet Journal. Untuk artikel lainnya terkait Bullet Journal, kalian bisa mengaksesnya di Start Here.


HAPPY BUJOING !